Bodhisattva Maitreya bertekad pada era peperangan, yang menunjuk pada
era kita sekarang ini, Beliau akan melindungi para makhluk. Lantas apakah kita
perlu setiap harinya bakar dupa lalu menyembahyangi-Nya? Bukan begini caranya,
ini sudah keliru, ini namanya kepercayaan takhayul. Lantas harus bagaimana?
Hendaknya menyebarluaskan semangat Maha Maitri Maha Karuna
Bodhisattva Maitreya, dunia sekarang ini sedang mengalami krisis kasih sayang, Bodhisattva
Maitreya melambangkan cinta kasih universal.
Dengan membangkitkan Maha Maitri Maha Karuna, maka dengan sendirinya
akan berbakti pada Ayahbunda dan menghormati guru. Apabila Maha Maitri Maha
Karuna-mu tidak memiliki kekuatan untuk menyebar hingga pada tetanggamu,
menyebar hingga negara dan bangsa, maka ini bukanlah cinta kasih sejati.
Orang Tiongkok zaman dulu mengatakan “Mengasihi manusia, alam semesta
beserta seluruh isinya”. Inilah Buddha Dharma Mahayana yang memperkaya budaya
warisan leluhur Tiongkok.
Hati kasih kita adalah serupa dengan apa yang disebutkan di dalam
Buddha Dharma sebagai “Maitri Karuna memenuhi Dharmadhatu, niat baik memenuhi
Alam Manusia”, jangan cuma teori saja, tapi mesti diwujudkan hingga sempurna.
Setelah berhasil mewujudkannya barulah kita dapat memasuki Pintu
Buddha, setelah melewati ruang pemujaan Empat Raja Langit, barulah anda dapat
bersua dengan Buddha dan Bodhisattva (ruang kebaktian utama).
Apabila anda belum berhasil menguasai materi pelajaran di ruang pemujaan
Empat Raja Langit, maka anda tidak dapat bersua dengan Buddha dan Bodhisattva (memulai
belajar Ajaran Buddha), betapa mendalamnya makna ini!
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010
彌勒菩薩發願在刀兵劫中,就是指這個時代,他來擁護眾生,我們一般講,來保佑眾生,來加持眾生。那我們天天去燒香拜拜他,行嗎?不行,錯誤了,那是迷信。應該怎樣?發揚彌勒菩薩大慈大悲的精神,現在這個世間沒有愛,彌勒菩薩是代表愛。你們想,大慈大悲能不孝父母嗎?不孝父母,沒有慈悲;能不敬師長嗎?不敬師長,沒有慈悲。你的大慈大悲沒有能力推廣到你的鄰里鄉黨、你的國家族群,不是真愛。中國古人有一句話說「仁民及物」,仁是仁慈,對待一切人仁慈,清淨平等的愛心,然後還推及到物。這就是大乘佛法豐富中國傳統文化。物是什麼?物是萬物,天地萬物。我們這個愛心像佛法講的,「慈悲遍法界,善意滿人間」,不是口號,真正做到了,做得很圓滿、做得很殊勝。真能做到,我們才是真正入佛門,通過天王殿了,你才見到佛菩薩;天王殿這一關沒有通過,見不到佛菩薩,這個意思多深!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第九十二集) 2010/8/1
Bodhisattva
Maitreya kelak akan lahir dan mencapai KeBuddhaan di dunia ini, “Tiga Persamuan
Nagapuspa, menyelamatkan para makhluk yang tak terhingga”.
Pada
era keberlangsungan Dharma Buddha Sakyamuni, praktisi yang melatih diri dan
tidak berhasil terselamatkan, namun mereka telah menanam akar kebajikan, kelak
pada masa yang akan datang, 5,67 miliar tahun lagi, para praktisi ini akan
diselamatkan oleh Bodhisattva Maitreya.
Selama
kurun waktu 5,67 miliar tahun, Bodhisattva Ksitigarbha akan mewakili Buddha
Sakyamuni untuk membimbing para makhluk, memupuk akar kebajikan, menanti hingga
Bodhisattva Maitreya lahir ke dunia, mereka ini akan ikut menghadiri Tiga
Persamuan Nagapuspa.
Lantas
apakah kita perlu begini? Kalau menanti penyelamatan dari Bodhisattva Maitreya,
tentunya harus menunggu hingga 5,67 miliar tahun lagi, waktu yang panjang
sekali.
Kalau
anda ingin selekasnya mencapai KeBuddhaan, maka pilihlah metode melafal
Amituofo, sesampainya di Alam Sukhavati langsung bersua dengan Buddha Amitabha.
Sampai
5,67 miliar tahun kemudian, ketika Bodhisattva Maitreya lahir ke dunia mencapai
KeBuddhaan, anda boleh turun dari Alam Sukhavati ke dunia ini guna membantu
Buddha Maitreya, serupa dengan siswa utama Buddha Sakyamuni, Sariputra dan
Maudgalyayana.
Anda
bertekad kembali lagi ke dunia ini guna membantu Buddha Maitreya untuk
membimbing para makhluk, menjadi siswa utama dalam Persamuan Dharma Buddha
Maitreya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010
Tiga
Persamuan Nagapuspa :
彌勒佛將來下生作佛,「三會龍華,度生無量」。他跟釋迦牟尼佛不一樣,釋迦牟尼佛一生講經三百餘會,彌勒菩薩將來下生只有三會。他的會很大,人數很多,釋迦牟尼佛的會不大,有些小會二、三個人,也是一會。一天向他請教,他給他說法,都記載在《阿含經》裡,你看經文很短,二、三百個字,一會。大的會,有好幾年的,這個不一樣,長短不一樣,地方也不一樣。龍華三會是一處三次大法會,度生無量。這個經典裡有這麼一個說法。
現在在釋迦牟尼佛這個法運裡面,學佛而不能夠得度的,種了善根,將來到五十七億六千萬年,咱們在這段時間,在這個世界上輪迴不知道多少次。佛不在了,有代替佛的,這很難得,地藏王菩薩代替佛,所以地藏王菩薩很辛苦!五十七億六千萬年,這個佛法都是地藏王代替,他在這裡教化眾生,培養善根,等到彌勒佛下生的時候參加龍華三會。那我們要不要這樣做?這樣做也可以,時間很長。如果你要想快點成佛,念佛到極樂世界見阿彌陀佛,那就很快了。到那個時候,彌勒菩薩下生來作佛,你從極樂世界再下來幫助他,那就是像舍利弗、目犍連這一類的人,你乘願再來,幫助彌勒佛來教化眾生,成為彌勒會上的大弟子。我把這個信息透給諸位,怎麼做法自己可以決定。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第九十二集) 2010/8/1