Dalam satu masa
kehidupan ini juga kita mesti berhasil, apakah meraih keberhasilan itu sulit?
Dibilang sulit tidaklah sulit, dibilang gampang tidaklah gampang, semuanya
terpulang kembali pada diri sendiri.
Apakah diriku dapat
berhasil? Tepuk dada tanyakan pada hati sendiri, jangan bertanya pada Buddha, juga
jangan bertanya pada Dharma, terlebih lagi, tidak usah bertanya pada orang
lain.
Apabila anda
benar-benar membangkitkan keyakinan dan membulatkan tekad terlahir ke Tanah
Suci Sukhavati, melafal Amituofo dengan setulusnya, maka untuk meraih
keberhasilan tidaklah sulit. Sebaliknya bila anda selalu ragu, masih
mendambakan dunia ini, maka untuk meraih keberhasilan tentunya merupakan hal
yang sulit.
Maka itu mesti
memahami dengan jelas tentang Tanah Suci Sukhavati, setelah jelas barulah hati
ini jadi tenang, sehingga tidak menyia-nyiakan jerih payah Buddha Sakyamuni membabarkan
Dharma selama 49 tahun, dimana tujuannya adalah untuk membantu kita
membangkitkan keyakinan.
Setelah memahami
dengan jelas perbedaan antara alam saha dan Alam Sukhavati, barulah kita
menjatuhkan pilihan kita dengan penuh kepastian, setelah memastikan tujuan
kita, maka kita akan giat berusaha untuk mencapainya.
Kita memilih Alam
Sukhavati, sampai di Alam Sukhavati nanti, menyempurnakan KeBuddhaan. Maka itu
kita memiliki keyakinan hati, takkan tergoyahkan oleh kondisi luar, pikiran
kita tenang dan mampu terfokus, pikiran yang terfokus akan mengembangkan kebijaksanaan,
sehingga tahu bagaimana menghadapi segala situasi termasuk bencana. Dengan adanya
keyakinan hati dan keteguhan hati, kita akan berhasil melewati segala kondisi
dengan selamat.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 21 April 2010
我們在這一生當中決定要成就。成就難不難?說難不難,說不難也相當難,這個難與不難全問自己,不能問佛,也不能問法,也不能去問別人。你真信,真發願求生淨土,真肯老實念佛就不難,確實不難。如果你懷疑,如果你對這個世間還有留戀,想去又捨不得離開這個世間,那就很難。所以一定要把淨土理事因果搞清楚、搞明白,我們信心就清淨。不辜負世尊當年在世講經教學四十九年,他目的是什麼?目的是幫助我們斷疑生信。我們聽清楚、聽明白了,把整個宇宙的緣起,生命的緣起,自己從哪裡來的,娑婆是什麼回事情,極樂又是怎麼回事情,都搞清楚,我們就知道怎樣選擇,知道怎樣去用功,我們取極樂世界,到極樂世界證得究竟圓滿的佛果。這就是後面說的話,「其有眾生值斯經者,隨意所願,皆可得度」。在法滅盡的時候遇到這部經,遇到這六字洪名,都能夠得度,何況現在!現在距離經道滅盡還有九千年。所以我們要有信心,不要被外面傳言所動,我們的心定下來,定下來生智慧,知道如何應對我們眼前的這些災難,有信心、有決心,我們能夠平安度過。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十七集) 2010/4/21
Banyak orang yang bertanya padaku, bagaimana cara mencegah datangnya
bencana? Saya menjawab, dengan pendidikan etika moral. Seperti yang disebutkan
di dalam “Xueji”, “Dalam membangun negara dan menata kehidupan bermasyarakat,
pendidikan harus diutamakan”, pendidikan di sini maksudnya adalah pendidikan
etika moral.
Supaya setiap orang dapat memahami “Lima Bentuk Hubungan Menurut
Ajaran Konfusius”, manusia mesti memahami peranan dan kewajibannya di dalam
kehidupan bermasyarakat.
Lima bentuk hubungan tersebut adalah :
1. Hubungan
antar ayah dan anak
Ayahbunda
harus mendidik dan menjadi teladan yang baik bagi anaknya dan anak harus
berbakti pada ayahbunda.
2.
Hubungan
antar suami istri
Suami
dan istri menunaikan tanggung jawab berdasarkan peranan masing-masing.
3.
Hubungan
antar saudara
Antara
abang, kakak dan adik harus saling hormat menghormati dan saling sayang
menyayangi.
4.
Hubungan
antar pimpinan dan bawahan
Harus
ada makna kesetiaan.
5.
Hubungan
antar sahabat
Harus
dapat dipercaya
Apabila
setiap orang memahami peranan dan kewajiban masing-masing, maka masyarakat
dapat hidup dengan harmonis, keluarga juga harmonis, menjalani kehidupan yang
bahagia. Semua ini berasal dari pendidikan.
Sepanjang
perjalanan sejarah Tiongkok, Dinasti mana yang tidak menjunjung pendidikan
etika moral! Asalkan setiap insan dididik dengan baik, maka segala persoalan
dapat teratasi.
Setiap
orang menjadi insan baik, insan baik melakukan perbuatan baik, seperti yang
disebutkan di dalam sutra Buddha sebagai “Setiap hari adalah hari baik, setiap
saat adalah waktu yang baik”, maka itu solusinya adalah pendidikan etika moral.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 21 April 2010
許多人問我,我們對眼前這些災難,用什麼方法來對待?其實佛告訴我們,我們老祖宗告訴我們,用什麼方法?教學。《學記》裡面講的,「建國君民,教學為先」,教學教什麼?教倫理。讓大家懂得人與人的關係,把關係搞清楚,應盡的義務都能夠做到。五倫十義,父子有親,父慈子孝這就是盡義務,應該要做的!兄友弟恭,君仁臣義,個人把個人的義務做到,關係清楚,義務做到,這個宇宙是和諧的,社會是和諧的,家庭是和睦的,真正是幸福美滿的人生,從哪裡來?教出來的。中國幾千年,你看看哪一個朝代不重視教育!這個教育不是科學技術,是做人的教育,也就是人性的教育。人性的教育是什麼?本善,「人之初,性本善」,本善的教育,把這個教好了,什麼事、什麼問題都解決了。這個教好之後,人人是好人,好人幹的事情決定沒有壞事,所以事事是好事。這個做到之後,那就是佛經上講的「日日是好日,時時是好時」,所以解決的方法、應對的方法就是教育。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十七集) 2010/4/21
Niat pikiran, dapat
mempengaruhi kesehatan kita, apabila niat pikiran kita sejalan dengan etika
moral, maka tubuh akan sehat. Sebaliknya bila niat pikiran kita bertentangan
dengan etika moral, setiap hari memikirkan ketamakan, kebencian, kebodohan dan
kesombongan, melakukan perbuatan membunuh, mencuri, asusila dan berdusta, tubuhmu
pasti tidak sehat, wajahpun buruk rupa, lingkungan hunian banyak bencana. Bencana
diakibatkan oleh pikiran yang buruk, maka itu kita harus membangkitkan niat
pikiran yang baik untuk mengatasinya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 21 April 2010
人起心動念,不但能夠影響我們的身體,我們的善念,是健康的、是長壽的、是美的、是真善美慧的,健康的思想行為與倫理道德相應的。如果與倫理道德相違背的,你天天想的是貪瞋痴慢,造的是殺盜淫妄,你身體一定不健康,你的相貌不好看,你居住的環境也是多災多難,這是什麼?物質它受精神的影響。我們要用善念去影響它,不要用惡念,這些災難都是不善的心行所感應出來的。佛菩薩、古今中外的大聖大賢,是這樣教導我們的,我們應當理解,要認真學習,真的能化解,這不是假的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十七集) 2010/4/21