Selasa, 30 April 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Agustus 2010 (Bgn 5)

 

Keterangan Foto :
Master Chin Kung pada tahun 1977 memberi ceramah berjudul “Surangama Sutra” di Vihara Guangming, Hong Kong.

照片說明 :
老和尚1977年在香港「光明講堂」宣講《楞嚴經》留影


Hari ini bagaimana cara kita untuk memberi persembahan kepada Tathagata? Daripada membangun seribu unit vihara, lebih baik mendukung seorang Bhiksu penceramah.

Ketika melihat seorang Bhiksu muda yang berbakat, yang serius melatih diri dan menaati tata susila, anda mendukungnya, kelak dia berhasil, pahala anda akan sangat besar, sungguh tak terbayangkan!

Hari ini saya sangat berterima kasih pada Pengurus Han (Upasika Han Ying) yang telah mendukungku selama 30 tahun, tanpa dukungannya takkan ada keberhasilanku hari ini, tanpa dukungannya tempo dulu, mungkin saya sudah lepas jubah.

Oleh karena waktu itu saya hanya mempunyai dua pilihan, kalau tidak lepas jubah, maka harus ikut melakukan upacara ritual, vihara tempat tinggalku waktu dulu, tidak mengharapkan kehadiran Bhiksu penceramah, mereka lebih membutuhkan Bhiksu penyelenggara upacara ritual.

Saya tidak berhasil mencari vihara lainnya yang mengijinkan diriku menetap di sana, terkecuali kalau saya bersedia menjadi Bhiksu ritual barulah orang lain akan menyukai kehadiranku, beginilah kondisi kita hari ini.

Maka itu kita harus menyadari bahwa hari ini kita cuma butuh sebuah tempat hunian mungil untuk melatih diri, jangan terlalu luas supaya tidak repot, makin sederhana makin bagus, asalkan dapat digunakan untuk melatih diri; justru kehidupan yang terlampau nyaman akan mengendurkan semangat melatih diri.

Buddha Sakyamuni menyampaikan pada kita bahwa “Dengan sila sebagai guru, dengan derita sebagai guru”, kalau tidak sanggup mengamalkan sila, tidak sanggup menahan derita, bagaimana anda bisa mencapai kemajuan batin!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Agustus 2010

在今天,我們怎樣供養如來?現在供養如來,如果說是你蓋寺院,你蓋一千座寺院,不如培養一個講經法師,人能弘道,非道弘人。看到年輕的,這些初出家的法師,真正有道心,你要發心來照顧他,他將來成就了,你的福報大,那不可思議!我這一生感激韓館長,她護持我三十年,沒有她三十年的照顧,就沒有我今天這個成就,沒有她三十年照顧,大概我就還俗了。因為那個時候逼著我走兩條路,不是還俗就是去趕經懺,寺廟裡不要講經的法師,我們連找個住的地方都找不到,不給你掛單。如果我們拋棄講經做經懺佛事,每一個道場都歡迎,今天是在這個時代。所以我們曉得,要是真正有一個小地方,不要太大,小茅蓬都可以,愈簡單愈好,能養道心;物質生活過好了,道心就沒有了。佛教給我們,「以苦為師,以戒為師」,不能持戒、不能吃苦,他怎麼會有成就!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一0八集)  2010/8/11





 

Sebelum mencapai penerangan sempurna, Buddha Sakyamuni (Pertapa Gautama) berkelana dan menuntut ilmu selama 12 tahun, memperkaya pengetahuan, sesungguhnya peragaan ini untuk diperlihatkan kepada kaum intelektual.

Sesungguhnya untuk mendalami Sutra Pitaka, cuma memilih satu judul sutra saja sudah cukup, setelah berhasil menguasai satu judul sutra, maka semua judul sutra bisa dipahami dengan sendirinya.

Apabila anda bersedia menggunakan waktu 10 tahun untuk mendalami satu judul sutra, maka anda pasti meraih keberhasilan. Jika anda menfokuskan diri belajar “Sutra Usia Tanpa Batas”, membacanya selama 10 tahun, menceramahkannya selama 10 tahun, maka 10 tahun kemudian anda telah merupakan Buddha Amitayus (Buddha Usia Tanpa Batas) yang menjelma ke dunia ini, betapa besarnya jasa kebajikan ini!

Jasa kebajikan ini bahkan mengungguli membangun seribu unit vihara, oleh karena mendukung seorang Bhiksu penceramah adalah membantu melestarikan Buddha Dharma. Kalau ada bangunan vihara tetapi tidak ada ajaran, maka Buddha Dharma tidak bisa berjaya.

Maka itu hari ini saya menasehati anda sekalian, kalau melihat Bhiksu berusia muda, yang memiliki akar kebajikan, yang penurut, nasehatilah dia supaya belajar berceramah.

Langkah awal dalam belajar berceramah adalah menanam landasan pendidikan kesusilaan, mungkin hanya butuh waktu setahun untuk mempelajari “Di Zi Gui”, “Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal”, “Sepuluh Kebajikan”, tiga akar ini mesti dapat diamalkan. Kalau cuma tiga akar ini saja, tapi tidak sanggup diamalkan, maka dirimu ini cuma praktisi ecek-ecek, meskipun memiliki segudang ilmu, namun tidak punya etika moral, anda tidak pantas menjadi guru manusia.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 11 Agustus 2010


Penjelasan “Di Zi Gui” baca di :

Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal :


實在講釋迦牟尼佛一生講經教學,他是參學了十二年,廣學多聞,是給我們現代所謂知識分子做個榜樣。真正深入經藏,只要一部經,一經通一切經通。一部經你要是鍥而不捨,在上下十年工夫,你就成就了。你說這一部《無量壽經》,你要是把它讀十年、講十年,十年之後你就是活的無量壽佛到世間來了,這個功德多大!比建一百所寺院、一千所寺院功德都大,佛教繼承下去了。有廟無道,不能興教。所以今天有道場,我都奉勸大家,年輕的,真正看有善根的、聽話的,要勸他教學。學習基礎很簡單,先把儒釋道這三個根一年完成,把根紮好,就是《弟子規》、《感應篇》、《十善業》一定要做到,這是以戒為師。你這個做不到沒用處,假的,縱然有學問,沒有德行,你不能為人師。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一0八集)  2010/8/11