Kamis, 13 September 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Mei 2010 (Bgn 3)


Apa yang dipelajari dari Ajaran Buddha? Mensucikan hati dan pikiran, dari sinilah kita memulainya. Setelah mencapai kesucian hati maka muncullah hati yang setara, kemudian barulah diperoleh pencerahan.

Dalam memperlakukan orang lain dan semua makhluk, baik makhluk hidup maupun benda mati, termasuk alam semesta beserta seluruh isinya, harus menggunakan cinta kasih universal yang setara.

Baik dalam kehidupan keseharian maupun dalam bidang pekerjaan, menangani urusan, memperlakukan orang lain dan makhluk hidup serta benda mati, kita menggunakan hati yang suci, setara dan tercerahkan, ini disebut sebagai Bodhicitta.

Untuk meredam kekotoran batin dan tabiat kita, adalah dengan menfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, melepaskan segala kemelekatan, satu arah yakni penjuru barat; satu tujuan yakni Alam Sukhavati; satu harapan yakni belajar pada Buddha Amitabha.

Inilah tujuan hidupku, sepanjang hayatku berupaya mewujudkannya. Sanak keluargamu tidak percaya, bukanlah masalah, menuruti kehendak para makhluk, saat berhasil nanti, anda pasti dapat menyelamatkan seluruh keluargamu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Mei 2010

學佛學什麼?學清淨心,就從這一點開始。我先修清淨心,清淨到極處,平等心現前,平等到一定的程度就大徹大悟。覺就是大徹大悟,明心見性,那就到理一心。對待別人、對待一切眾生,一切眾生裡面包括著動物、植物、山河大地、自然現象,這都叫眾生,要用大慈大悲,真實平等的愛心。從這上真修,到一定的時候,真誠心現前,那就見性,真誠心就是自性。如果我們在生活當中、工作當中,處事待人接物,我們修的是這個心,我們用清淨平等覺對自己,對一切眾生是無緣大慈、同體大悲,這叫發菩提心。伏住我們的煩惱習氣,那就要用一向專念,我真放下了,我一個方向,西方;一個目標,極樂世界;一個願望,親近阿彌陀佛。我活在這個世間,這一生就幹這樁事情,這樁事情你幹到你就圓滿了。家親眷屬當中不相信,沒有關係,一切隨順,你真做成功,你就會把你全家人得度了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十五集)  2010/5/10




 

Pada masa Dinasti Qing, ketika Kaisar Qianlong bertahta, ada seorang Bhiksu yang bernama Ciyun Guanding, merupakan seorang praktisi senior. Karya tulisnya berjumlah lebih dari 50 judul. Saya pernah membaca beberapa judul, diantaranya tentang penjelasan “Amitayurdhyana Sutra”.

Di dalamnya ada disebutkan bahwa, bila ada makhluk yang melakukan dosa yang sedemikian beratnya, sampai-sampai segala macam jenis sutra dan upacara pertobatan juga tidak sanggup menolongnya lagi, alias sudah tidak efektif lagi, maka cara yang terakhir adalah dengan melafal “Namo Amituofo”, hanya ini satu-satunya jalan penyelamatan.

Ini menjelaskan pada kita bahwa kekuatan sepatah Amituofo ini mengungguli seluruh sutra, juga mengungguli segala bentuk upacara pertobatan, sepatah Amituofo dapat menyelamatkan orang ini.

Maka itu jasa kebajikan dari sepatah Amituofo adalah tak terbayangkan, tiada batasnya. Buddha memuji bahwa “Hanya sesama Buddha yang dapat memahaminya dengan sempurna”, bahkan Bodhisattva Calon Buddha juga tidak sanggup memahaminya secara keseluruhan, apalagi orang awam!

Setelah bersua dengan Pintu Dharma ini, apabila dapat meyakini, memahami dan mengamalkannya, akar kebajikan dan berkah kebajikan praktisi ini sungguh tak terbayangkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Mei 2010

清朝乾隆時代有一位灌頂法師,他的法名,他的號叫慈雲,慈雲灌頂法師,這是佛門的大德,通宗通教,顯密圓融,著作等身。他的著作大部分收在日本的《卍續藏》,好像《卍續藏》收他的東西有二十多種,他的著作總共有五十多種的樣子。我讀過幾種,其中《觀無量壽經》的註解,這是淨土的,叫《觀經直指》,有單行本流通。這裡面說了一句話,他說眾生造作極重的罪業,在佛法裡面所有經教、懺儀都沒有辦法救他,也就是說都不靈了,最後還有一個方法,「南無阿彌陀佛」能救他。這就是說明,這句佛號比所有一切經的力量都大,比所有一切懺悔法的力量都大,這句佛號能救這個人。這是把念佛功德講到了極處。所以名號功德不可思議,理太深了,境界是深廣無際,沒邊際。佛的讚歎,「唯佛與佛,方能究盡」,等覺菩薩都沒有辦法透徹的了解,何況一般人!遇到了,能信、能解、能行,這個人的善根福德不可思議。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十五集)  2010/5/10