Jumat, 05 Oktober 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2010 (Bgn 3)


Manusia di dunia melimpahkan kasihnya, dari cakupan yang paling kecil, mulai dari mencintai dirinya sendiri, mengasihi Ayahbunda, menyayangi putra-putrinya, familinya, kemudian berkembang semakin meluas.

Para Bodhisattva mengembangkan welas asih hingga mengasihi seluruh semesta alam, welas asih ini sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati. Maka itu kekuatan ini sungguh besar, niat pikiran ini dapat memutar kondisi, lingkungan dapat berubah menuruti perubahan hati dan pikiran.

Lihatlah dirinya sepanjang hidup takkan jatuh sakit, mengapa demikian? Dia dapat memulihkan sel-sel tubuh yang terinfeksi virus penyakit menjadi normal kembali.

Praktisi sekalian hendaknya tahu bahwa tulus, suci, setara, Maitri Karuna adalah normal, yang sejak semula telah sempurna di dalam jiwa sejati; sebaliknya keserakan, kebencian, kebodohan, keangkuhan dan kecurigaan, mementingkan diri sendiri, mengejar ketenaran dan keuntungan, lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur), enam kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), tidak ada di dalam jiwa sejati, setelah kita melekat barulah ada, dan mulailah problema bermunculan, sehingga sel-sel tubuh terinfeksi virus penyakit.

Apabila anda mengubah sikap mental, selalu merenungkan apa saja yang ada di dalam jiwa sejati, yakni ketulusan, kesucian, kesetaraan, tercerahkan, maitri karuna, inilah Bodhicitta, dengan demikian sel-sel tubuh yang terinfeksi akan pulih seperti sedia kala.

Jiwa raga jadi sehat, orang jaman dulu berkata, menua namun takkan melemah, meskipun usia mencapai seabad atau bahkan dua abad, juga tetap awet muda. Sikap mental merupakan pengendali, bukan faktor lainnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2010

我們世間人講你愛人,愛自己、愛父母、愛子女、愛家親眷屬,慢慢向外擴大。那些真正覺悟的菩薩,他那個愛是虛空法界、剎土微塵,那個愛在自性裡頭充滿,所以他那個力量很大,那個念頭能轉境界,境隨心轉就非常明顯。在自己一身,你能看到,他不生病,為什麼?把帶著病態的細胞統統恢復到正常。諸位要知道,真誠清淨平等慈悲那個是正常的,是你自性裡頭本來有的;貪瞋痴慢疑、自私自利、名聞利養、五欲六塵,自性裡頭沒有。自性裡沒有的,我們執著,執著就有了,它就產生麻煩,讓你身體細胞就帶來疾病、帶來病毒,跟外面一感染,病就生了。如果你改變你的心態,你常常念著自性裡面的、與性德完全相應的真誠、清淨、平等、正覺、慈悲,你念這個,你念這個就是發菩提心,你帶著病態的細胞全部恢復正常。真的正常,跟諸佛菩薩完全沒有兩樣,你身心健康,古人常講的老而不衰,你活到一百歲、二百歲,你的身體狀況跟年輕人一樣,不衰。心態在做主,不是別的做主。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十三集)  2010/5/18




 

Lebih luas lagi cakupannya adalah lingkungan alam, mengapa banyak bencana alam? Kembali lagi pada sikap mental kita, mengapa demikian? Lingkungan berubah mengikuti perubahan hati dan pikiran.

Orang Tiongkok jaman dulu sering berkata “Insan berberkah menempati tempat berberkah, tempat berberkah didiami oleh insan berberkah”. Manusia asalkan mau menimbun berkah, anda tinggal di tempat tersebut, maka tempat tersebut jadi tempat berberkah, inilah yang disebut sebagai Feng Shui.

Walaupun tempat itu Feng Shui-nya buruk, tetapi ditempati oleh insan berberkah selama 3 tahun kemudian, tempat tersebut segera berubah Feng Shui-nya jadi bagus, menjadi tempat berberkah. Mengapa demikian? Insan yang memiliki berkah, punya berkah punya kebijaksanaan, lingkungan berubah mengikuti perubahan hati dan pikiran.

Sebaliknya insan yang tidak memiliki berkah, setiap niat pikiran yang muncul adalah mementingkan diri sendiri, suka bergunjing, keserakahan, kebencian, kebodohan, kesombongan, melawan etika moral, orang begini tidak punya berkah.

Orang sial begini meskipun menghuni tempat berberkah, setelah tiga tahun kemudian, tempat tersebut segera rusak Feng Shui-nya. Segala jenis musibah dan petaka segera menimpa tempat tersebut.

Teori ini telah teruji kebenarannya selama beribu-ribu tahun. Di dalam budaya warisan leluhur dikatakan sebagai “Ketika bertemu masalah, jangan salahkan orang lain, tapi lakukan introspeksi diri”, takkan mencari penyebabnya di luar diri.

Ketika problema terjadi, alasannya ada di dalam diri sendiri, ketika diserang penyakit, atau keluarga ditimpa musibah, karir tidak lancar, lingkungan hunian bermasalah, bagaimana mengatasinya?

Segera lakukan introspeksi diri, pasti ada yang tidak beres, pasti ada kekuatan karma buruk, kekuatan karma buruk mengundang musibah. Insan suci dan bijak mengajari kita bertobat, menghapus rintangan karma, setelah rintangan karma lenyap barulah kita memperoleh kebebasan tanpa rintangan.

Sesungguhnya dengan satu kalimat ini, “Membangkitkan Bodhicitta, menfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”, maka permasalahan dapat terselesaikan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2010

再擴大到我們今天講山河大地、講自然災害,什麼原因?還是我們的心態,為什麼?境隨心轉。中國古人常講,傳了千萬年,這兩句話,現在好像講的人比較少,我在年輕的時候,二、三十歲之前,社會上這個話很多人講,常聽,「福人居福地,福地福人居」。人只要修福,你住在這個地方,這個地方沒有福報,叫風水,不是個風水寶地,你有福的人在這裡住上三年,這個地方的風水都轉變了,自然變成風水寶地。為什麼?人有福,有福有慧,境隨心轉,這是真的。人要沒有福,起心動念自私自利、是非人我、貪瞋痴慢,違背倫理道德,這個人沒有福。這個地方是風水寶地,他在這裡住上三年,這地方就變壞了,許許多多所謂自然災害就發生。這個話是老祖宗傳下來的,千萬年經歷的考驗,證明這個話不錯,是事實。在中國傳統文化裡面,在大乘佛法裡面,無不是「行有不得,反求諸己」,他絕不向外求。有了問題,個人有了問題、有了疾病,家裡面遇到困難,事業遇到困難,我們居住環境遇到困難,怎麼辦?反省,一定有過失,一定有不善的業力,不善的業力感得來的災害。古聖先賢教導我們,懺除業障,業障懺除了,我們就通達無礙,暢通無阻。跟誰通?西方宗教裡面講的,跟造物主通了;在佛法裡面講,我們跟自性通了;在中國過去民間講,跟老祖宗、跟鬼神通了,問題就化解。在本經,實在講就是這麼八個字,「發菩提心,一向專念」,問題就解決了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十三集)  2010/5/18

 


 

Proses muncul dan lenyapnya sel-sel di dalam tubuh kita dikendalikan oleh pikiran. Ada orang yang mengalami proses menua dengan lamban, sehingga tampak awet muda, ada pula yang begitu cepat menua-nya, apa sebabnya? Semuanya terletak pada “pikiran”.

Tempo dulu ketika saya berada di Taiwan, saya mempunyai banyak kenalan, waktu itu mereka masih sibuk berkarir dan bekerja, sehingga melupakan sudah berapa usia sendiri, oleh karena bergelut dengan kesibukan pekerjaan, tiap hari yang dipikirkan cuma bekerja saja.

Sampai usia 50 atau 60 tahun, satu persatu mulai memasuki masa pensiun, menganggur dan tidak punya kegiatan, apa yang mereka pikirkan? Saya sudah tua, digantikan generasi muda, begitu dia berpikir demikian, maka dirinya segera menua.

Hanya 2 tahun tidak bertemu, ketika kami bersua kembali, saya jadi tercengang, sepertinya dalam sekejab dia sudah menua 10 atau 20 tahun, apa sebabnya? Mentalitas.

Makanya teman-teman sekolahku ketika melihat penampilanku, jadi kagum. Tempo dulu ketika saya memilih belajar Ajaran Buddha, mereka menertawakan diriku, mereka beranggapan, kenapa insan yang begitu cerdas sekarang malah jadi ceroboh, memilih kepercayaan takhayul? Apa yang menyebabkan dia jadi stress sehingga memilih jalan begini?

Namun setelah memasuki masa pensiun, barulah mereka jadi salut, memuji : “Master Chin Kung, pilihanmu sudah betul”. Melihat proses penuaan diriku tidak begitu cepat, apa sebabnya? Saya tidak memikirkan hari tua, saya juga tidak memikirkan jatuh sakit, setiap hari saya sibuk belajar ajaran sutra, bahan apa yang harus saya ceramahkan, inilah yang setiap hari saya pikirkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2010

所有一切細胞的生滅統統是受意念主宰,原因在此地。有的人老化比較慢一點,有的人老化得很快,什麼原因?全是意念。早年我在台灣,同學、朋友很多,大家都有工作,忙於工作,把年齡常常也就忘掉了,工作很繁忙,天天想著工作。到五十幾歲的時候退休了,六十歲退休了,一退休沒事幹了,這個時候才想到什麼?我老了,社會上新陳代謝,我這一代退下來,下頭一代起來,他就想老。兩年沒見面,我們碰在一起,我看到我都嚇了一跳,好像一下老了十幾二十年,這什麼原因?心態。所以我的同學們看到我,都對我很羨慕。最初我學佛,他們都笑話,都不以為然,為什麼這麼一個聰明的人糊塗了,搞迷信?受了什麼打擊,受了什麼刺激,怎麼會走這條路上去了?可是退休之後他們都讚歎,你的路走對了。看到我老化沒那麼快,什麼原因?我沒想到老,我也沒想到病,我天天想的是經教裡講些什麼東西,我要跟大家講,我天天想這些。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十三集)  2010/5/18