Raja Langit arah utara bernama Vaisravana. Tangannya memegang payung,
maknanya adalah mencegah pencemaran batin, untuk memulihkan suci, setara dan
tercerahkan, guna melindungi diri sendiri (dari pencemaran batin).
Empat Raja Langit mengajarkan pada kita cara untuk melindungi diri
sendiri. Apa yang digunakannya untuk melindungi dirimu? Dengan menggunakan
namanya, makna apa yang diwakilinya, setelah anda memahaminya, barulah dalam
kehidupan keseharian, anda berinteraksi dengan orang lain, akan menggenggam
prinsip ini, sehingga memperoleh ketenteraman jiwa dan raga, anda akan
memperoleh hati yang suci dan setara, inilah pemberkatan yang sesungguhnya.
Jadi bukan dengan cara membakar dupa, bersujud dan memohon, minta
dilindungi, ini adalah kepercayaan takhayul. Padahal sesungguhnya makna dari Empat Raja Langit adalah mengembangkan
kebijaksanaan, tetapi hari ini malah berubah jadi kepercayaan takhayul.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010
北方天王多聞,西方廣目,北方多聞,多看多聽。北方天王手上拿的是傘蓋,傘蓋的用意防止污染,現在我們這個社會上提倡的環保,那個傘蓋是代表環保。它引申的意思防止身心的染污。你看,多看多聽,防止污染,恢復到清淨平等覺,真的護自己。他教我們怎樣護自己,這就是四大天王那個塑像、名號加持我們的功德,這個你要曉得。他用什麼保佑你?用這個名號,用他代表的意義,你真的明白了,你曉得在日常生活當中,處事待人接物,你守住這些原理原則,你得到身心安穩,你得到清淨平等,這是真的加持。不是燒香禮拜、磕頭求願,你保佑我,那叫迷信。迷信怎麼能傳二千五百年?可是今天真的是迷信,它本來是智慧,現在變成迷信。智慧能傳二千五百年;迷信,恐怕二十五年都傳不下去,這是真的,不是假的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第九十二集) 2010/8/1
Sutra
mengajarkan pada kita supaya memahami kebenaran, mengajarkan kita supaya
mematuhi sila, bagaimana cara kita menjalani kehidupan ini, dengan sikap yang
bagaimana kita menekuni pekerjaan kita, memperlakukan orang lain, makhluk hidup
dan benda mati, meningkatkan kualitas batin, inilah yang diajarkan oleh Sang
Buddha kepada kita, jadi Sang Buddha tidak mengajarimu membaca sutra tapi tidak
mengamalkannya, terlebih-lebih lagi melakukan upacara ritual pelimpahan jasa (Chao
Tu).
Lantas
bagaimana cara yang benar untuk melakukan pelimpahan jasa? Yakni bersumbangsih
pada masyarakat, membawa manfaat bagi semua makhluk, dengan jasa kebajikan
inilah, dilimpahkan kepada leluhur kita.
Di
dalam “Ksitigarbha Sutra” disebutkan dengan cara begini untuk melakukan
pelimpahan jasa, jadi tidak ada upacara ritual pelimpahan jasa. Hal ini mesti
dipahami, jangan sampai tidak tercerahkan.
Setiap
hari kami memberi ceramah Dharma, setiap hari kita belajar bersama, menjadikan ajaran
sutra menjadi pola pemikiran kita, pandangan dan pemahaman kita; menerapkannya
dalam kehidupan keseharian kita, dalam segala tindakan dan ucapan kita, hal ini
membawa manfaat besar bagi diri sendiri.
Dari
ajaran sutra, kita belajar bagaimana menjadi insan bajik, kemudian dengan
kebajikan kita mempengaruhi orang lain, sehingga keluarga sendiri menjadi
keluarga yang bahagia, lebih meluas lagi, menciptakan masyarakat yang harmonis,
kemudian membawa kedamaian bagi seluruh dunia, inilah sumbangsih yang
sesungguhnya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010
經典是教我們明理,教我們守規矩,教我們怎樣生活,用什麼樣的心態去工作、待人接物,提升自己的靈性,佛是教我們這些,沒有教我們念經,更沒有教我們超度。超度是要把自己真實的功德,對社會、對一切眾生真實貢獻的功德,迴向給你的親人,《地藏菩薩本願經》是這種方法超度的,沒有經懺佛事,這理上都講得通。所以這些我們不能不知道,不能不覺悟。我們每天教學,每天在一起學習,經上所講的道理變成我們的思想、我們的見解;經典裡面許許多多的勸告,都變成我們自己生活行為,它對我們的貢獻太大了。我們從經典當中學習會做人,會做一個好人,自己會做了,影響到我一家,我這一家是真正幸福美滿的家庭,這幸福美滿是佛教給我們的。再推廣,我們有個和諧的社會,有個和諧的世界,那諸佛菩薩對於世界、對於人類有真實的貢獻,一點都不假。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第九十二集) 2010/8/1
Ketika menginjakkan kaki ke dalam vihara Mahayana, ruangan pertama
yang akan kita lihat adalah ruang pemujaan Empat Raja Langit, di ruangan ini
selain terdapat rupang Empat Raja Langit, juga terdapat rupang Bodhisattva
Maitreya. Jadi inilah pelajaran pertama yang dapat kita petik, begitu memasuki
gerbang vihara.
Namun sangat disayangkan, kini banyak orang yang telah mengabaikan
makna-nya, sehingga menempatkan Bodhisattva Maitreya dan Empat Raja Langit
sebagai Dewa yang disembah, membakar dupa dan minta berkah, ini sudah menjadi
kepercayaan takhayul.
Kalau begini terus, Ajaran Buddha akan kian terpuruk, bahkan suatu
hari nanti akan kehilangan makna yang sesungguhnya. Jika Ajaran Buddha sampai
di generasi kita jadi lenyap, apakah generasi kita ini masih bisa meraih
keberhasilan? Masih berharap bisa terlahir ke Alam Sukhavati? Menurutku adalah
mustahil, semuanya bakal jatuh ke Neraka.
Buddha Sakyamuni merupakan Guru yang baik, tetapi kalian malah
membiarkan masyarakat salah paham pada Ajaran Buddha, menurutmu, apakah dirimu
ini tidak berdosa?
Lantas bagaimana cara kita supaya tidak bersalah pada Guru kita?
Hanya dengan satu cara, yakni kembali ke jalan yang benar, belajar ajaran sutra
dengan bersungguh-sungguh, menerapkannya dalam kehidupan keseharian, meningkatkan
kualitas batin, mempersembahkan manfaat yang sesungguhnya bagi semua makhluk, dengan
demikian barulah Ajaran Buddha dapat berlangsung lama di dunia ini,
mempertahankan supaya Saddharma (Dharma Sejati) berlangsung lama di dunia ini.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010
天王殿上四位天王,一位彌勒菩薩,給我們上第一堂課。非常可惜,現在大家把這個意思都疏忽、都忘掉,把彌勒菩薩、把天王都當作神仙看待,燒香膜拜去求福,哪有這種事情?這十足的迷信。這樣下去,佛教慢慢也會衰滅,也會沒有了。佛教在我們這一代滅了,我們這一代人能有成就嗎?念佛能往生嗎?在我想不可能,統統都下地獄。老師這麼好,你們讓社會大眾對老師產生這種嚴重的誤會,你有沒有罪過?我們怎麼對得起老師?唯一的方法,回頭,真的回頭是岸,認真學習經教,落實在我們生活當中,提升我們生活品質,做出真實的貢獻,這才是佛法久住人間,這正法久住。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第九十二集) 2010/8/1