Sabtu, 01 Juni 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Agustus 2010 (Bgn 4)


Mengapa sekarang menasehatimu supaya menanam tiga jenis akar pendidikan kesusilaan (Di Zi Gui, Risalah Balasan dan Ganjaran yang Setimpal, Sepuluh Kebajikan)? Oleh karena anda tidak sanggup melepaskan kemelekatan! Oleh karena tidak sanggup melepaskan kemelekatan, makanya harus menaati tata susila.

Andaikata anda sanggup siang malam menfokuskan pikiran melafal Amituofo, selain sepatah Amituofo ini tidak ada lagi niat pikiran kedua, maka anda tidak perlu belajar tata susila lagi.

Bagi praktisi yang keterampilannya bagus, hanya dalam waktu sehari saja sudah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati. Bagi yang rintangan karmanya berat, tujuh hari kemudian pasti meraih keberhasilan, rintangan karma apapun yang diakumulasi sejak kalpa tanpa awal, sepatah Amituofo dapat meluluhkan semuanya.

Masalahnya apakah anda bersedia melakukannya? Asalkan anda bersedia mengamalkannya pasti ada hasilnya. Makanya kalau bencana terjadi, apakah kita masih dapat terlahir ke Alam Sukhavati? Tentu saja dapat! Tiada keraguan sama sekali.

Cobalah pikirkan, Amitabha Sutra menyebut waktu sehari, dua hari,.......jadi cuma butuh waktu sehari saja sudah dapat terlahir ke Alam Sukhavati, apakah anda bersedia melakukannya? Kenapa punya niat tapi tidak sanggup melakukannya?

Oleh karena saat melafal Amituofo masih ada keraguan, pikiran bercabang-cabang, sering-sering terputus, makanya keterampilanmu tidak murni, jadi bukanlah nama Buddha yang tidak efektif, masalahnya ada pada diri sendiri, bukanlah metodenya yang keliru.

Metode dan caranya selamanya takkan berubah, anda harus memahaminya, hal ini sangat penting, oleh karena menyangkut keberhasilan dan kegagalan kita pada satu masa kehidupan ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Agustus 2010


  現在再勸你要紮三個根是什麼?你到不了這個功夫,你放不下!你放不下你得守規矩,這三個根是基本的規矩,一定要把它守好。你要是果然心裡一心念佛,只有一句佛號,那你什麼都不需要。所以功夫好的,一天就成功,業障深重的,七天肯定成功,無始劫來什麼樣的業障,一句阿彌陀佛全都消掉。問題你是不是真幹?真幹真有效,決定不是假的。所以災難來了能不能往生?能!一點懷疑都沒有。你們想想看,一天功夫可以往生,你肯不肯幹?為什麼想幹又做不到?做不到是什麼?你不如法。念佛要不懷疑、不夾雜、不間斷,你能夠做到不間斷,你有懷疑,你還有夾雜,你的功夫不純,不是佛號不靈,問題出在你自己,不出在方法上。道理、方法永恆不變,你得要搞清楚、搞明白,這樁事情太重要了,關係我們這一生的成敗。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二六集)  2010/8/28




 

“Samadhi Pelafalan Amituofo disebut sebagai Raja Mustika Samadhi”, kalimat ini juga serupa dengan “Samadhi Pelafalan Amituofo adalah Rajanya dari segala jenis samadhi”.

Pintu Dharma Pelafalan Amituofo begitu unggulnya, tidak ada pintu Dharma yang dapat sebanding dengannya, cocok buat semua kalangan, tak peduli yang memiliki akar kebijaksanaan yang tinggi, menengah maupun rendah.

Aliran Zen hanya cocok bagi praktisi yang memiliki akar kebijaksanaan yang tinggi, sedangkan Aliran Tanah Suci dapat merangkul semua kalangan, asalkan anda bersedia melafal Amituofo, seperti yang tercantum di dalam sutra, “Membangkitkan Bodhicitta, menfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”.  

Bagi praktisi yang melatih metode lainnya, asalkan melimpahkan jasa kebajikan dengan bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, saat menjelang ajalnya juga dapat terlahir ke Alam Sukhavati, betapa mulianya Pintu Dharma ini! Tidak membeda-bedakan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Agustus 2010


「是以念佛三昧,稱為寶王三昧」,這也就是經裡面所謂「念佛三昧,三昧中王」,這就是寶王三昧。念佛法門殊勝,沒有任何法門能跟它相比,三根普被,利鈍全收。禪接引上上根人,淨土接引的從上上根到下下根統收,不像禪,禪只收上上根,上中下根都沒有分。淨宗不然,只要你肯念,像這個經上教給我們的,你看三輩往生都是這一句話,「發菩提心,一向專念」。不是修淨土法門的,修其他法門的,臨命終時將自己修行功德迴向求生淨土,也能往生,這個法門多大!沒有分別。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二六集)  2010/8/28


 

 

Ketekunan tanpa gentar tak lain adalah melepaskan kemelekatan secara menyeluruh, setiap niat pikiran yang timbul takkan demi diri sendiri lagi. Kalau masih memikirkan diri sendiri maka ini namanya mendambakan tumimbal lahir, masih tidak ikhlas meninggalkan enam alam tumimbal lahir, anda masih begitu mementingkan diri sendiri.

Untuk terlahir ke Alam Sukhavati, hal pertama yang harus dilakukan adalah melepaskan kemelekatan pada diri sendiri, takkan melekat pada anggapan bahwa tubuh jasmani ini adalah diriku, hal ini mesti dilepaskan.

Jika kemelekatan ini tidak dilepaskan, maka walaupun selama kelahiran demi kelahiran anda sibuk melafal Amituofo, namun masih saja gagal terlahir ke Alam Sukhavati, apa sebabnya? Inilah alasannya, selama kelahiran demi kelahiran tidak sanggup mengikhlaskan keakuan.

Selama masih ada keakuan, maka setumpuk problema akan bermunculan, sanak keluarga-ku, properti-ku, rumah-ku, harta-ku, permasalahannya banyak sekali, semuanya gara-gara keakuan, tidak ada satupun yang sanggup diikhlaskan, cobalah pikirkan, yang mana yang bisa anda bawa pergi nantinya? Bahkan tubuh jasmani sendiri saja tidak bisa dibawa pergi, apalagi barang lainnya?

Maka itu praktisi pelafal Amituofo hendaknya memiliki sikap mental sedemikian rupa, saya datang ke dunia ini cuma buat berwisata, tempat hunianku adalah penginapan, tidak lama lagi saya sudah harus angkat kaki, saya takkan mendambakannya. Saya menginap sehari di sini, menggunakan segala fasilitas di sini tanpa beban pikiran, tidak perlu merisaukannya, besok segala sesuatu yang ada di sini harus ditinggalkan.

Saya datang ke dunia ini cuma buat berwisata, menambah wawasan, mengembangkan kebijaksanaan, meningkatkan samadhi (konsentrasi).

Setelah mengamati fakta di dunia ini, anda jadi tercerahkan, mengembangkan kebijaksanaan. Setelah mengetahui fakta di dunia ini, hatimu tetap teguh tak tergoyahkan, ini adalah kekuatan samadhi.

Tidak ada satupun benda yang ingin dimiliki dan dikuasai, tiada niat pikiran apapun, orang begini lebih mudah terlahir ke Alam Sukhavati, di dalam pintu Buddha disebut sebagai insan yang memiliki akar kebajikan besar.

Sebaliknya kalau ini juga mau, itu juga mau, segalanya juga diinginkannya, orang begini tidak punya akar kebajikan, juga tidak punya berkah kebajikan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Agustus 2010


勇猛精進不是別的,勇猛精進就是徹底放下,起心動念再不為自己了。為自己是什麼?為自己是你貪戀輪迴,你還捨不得離開六道輪迴,你為你自己。

  我們要求生西方淨土,頭一個,把自己放下,不要這個身了,再不執著這個身是我了,這個東西要放下。這個不放下,生生世世念佛沒有往生,為什麼原因?就這個道理,生生世世不肯把我捨掉。只要有我,那一大堆的麻煩都來了,我的家親眷屬、我的土地房舍、我的財產,麻煩多了,全是你的,樣樣都捨不得,這個東西你能帶走嗎?你想想看,連身體都帶不走,何況身外之物?所以念佛人常常要有一種心態,我到這個世間來是旅遊的,這世間我住的地方是旅館,過兩天我走了什麼也不是我的,我對它毫無留戀,我住一天,我用一天,用得很自在,用得很舒服,明天走了就什麼念頭都沒有。真的,是來住旅館的、來旅遊的,到這裡來觀光、來考察的,看看這個世界,增長智慧,增長三昧。看看這個世界什麼樣子,你明白了,這增長智慧,看了之後如如不動,那就是定功。沒有一樣東西想佔有,沒有一樣東西想得到,也沒有一樣東西想去控制,什麼念頭都沒有,這種人往生就太容易,在佛門裡面稱這種人是有大善根的人。這個也想要,那個也想要,這個人沒有善根、沒有福德。大乘經教裡面,佛這樣的開示,處處都可以看到。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二六集)  2010/8/28