Hadirin di
Persamuan Sutra Usia Tanpa Batas ada sebanyak 12 ribu orang, seperti yang
tercantum di dalam kalimat sutra “Yang menghadiri pesamuan ini adalah Maha
Bhiksu beserta para hadirin lainnya yang semuanya berjumlah 12 ribu orang,
berkumpul bersama”, mereka yang datang menghadiri Persamuan Sutra Usia Tanpa
Batas bukanlah orang biasa.
Para Buddha
Tathagata, Bodhisattva Dharmakaya, Mereka datang membantu Buddha Sakyamuni
menyelamatkan para makhluk, menampilkan beragam peragaan, seperti yang
dikatakan sebagai “Seorang Buddha muncul di dunia, seribu Buddha datang
mendukung”, bukan hanya seribu saja.
Para Buddha dan
Bodhisattva Dharmakaya, ada yang berperan menjadi siswa Buddha Sakyamuni, baik
anggota Sangha maupun siswa yang berkeluarga, ada pula yang berperan menjadi
pendukung Dharma, bahkan ada pula yang melakonkan peran antagonis, yang
menghalangi penyebaran Buddha Dharma, yang suka cari gara-gara dengan Buddha
Sakyamuni, jadi Mereka ini bukanlah orang biasa, bahkan juga Devadatta dan
kelompok 6 orang Bhiksu pendukungnya.
Setelah kita
memahami kenyataan ini, ketika anda membaca tentang Kumara Sudhana mengunjungi
53 orang Kalyanamitra, barulah terasa lebih bermakna, anda akan menyadari bahwa
semua sosok tersebut merupakan jelmaan para Buddha Tathagata, guna mewujudkan
keberhasilan seorang praktisi.
Seorang praktisi
yang telah paham, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai KeBuddhaan?
Satu masa kehidupan; ini adalah orang awam, bukan insan yang memiliki akar
kebijaksanaan tertinggi. Insan yang memiliki akar kebijaksanaan tertinggi,
untuk mencapai KeBuddhaan hanya dalam sebersit niat pikiran.
Untuk mencapai
KeBuddhaan butuh waktu satu masa kehidupan, sebagian besar praktisi pasti dapat
mewujudkannya, asalkan anda benar-benar memahami, membulatkan tekad melepaskan
kemelekatan.
Mulailah dengan
melepaskan niat mementingkan diri sendiri, melepaskan ketenaran dan keuntungan,
Lima Nafsu (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dan Enam Objek (rupa,
suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), ketamakan, kebencian,
kebodohan, keangkuhan, dari sinilah kita memulainya, tanpa henti meningkatkan
kualitas batin.
Kekotoran batin dan
tabiat sangat berat, ini nyata adanya, godaan di luar, kekuatannya besar
sekali, ini juga nyata adanya, apabila kita tidak sanggup menahan kesabaran,
tidak sanggup menahan derita, maka takkan berdaya sama sekali.
Lantas apa yang
mesti kita lakukan? Yakni membaca sutra, mendengar ceramah Dharma, ini
merupakan cara yang paling bagus.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 22 Juli 2010
參加這個法會一萬二千人,「與大比丘眾萬二千人俱」,今天來參加無量壽經法會的這些人不是普通人,佛經上所謂的大權示現。那個大,諸佛如來、法身大士,他們來協助釋迦牟尼佛教化眾生,做種種示現,正所謂是「一佛出世,千佛擁護」,這是說多,也不止一千。這些諸佛、法身大士,有的示現做佛的學生,出家、在家的,有些示現做佛的護法,還有一些示現反派的,來障礙佛法的、來找釋迦牟尼佛麻煩的,不是平常人,提婆達多也是古佛再來的,他來示現的,六群比丘。我們明白這個事實真相,你讀善財五十三參就有味道了,你就曉得,那都是諸佛如來做種種示現,成就一個修行人。
修行人如果真會,成佛要多久?一生;這是普通人,不是上上根人,上上根人成佛是一念之間。一般人成佛,在一生當中肯定可以做得到,你真正能夠理解、真正能夠下定決心放下。先從自私自利開始,從名聞利養、五欲六塵、貪瞋痴慢,從這下手,不斷向上提升。煩惱習氣很重,這是真的,不是假的,外緣誘惑的力量太大,這都是事實真相,如果我們沒有耐心,不能吃苦、不能忍辱,那就一點辦法都沒有。怎樣幫助我們?讀經、聽教,這是最好的方法。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十七集) 2010/7/22
Sepanjang hidupku, saya belajar Ajaran Buddha telah 59 tahun lamanya,
memberi ceramah sudah 52 tahun lamanya, apa yang membuatku tidak tercemar oleh
duniawi? Yakni tiap hari memberi ceramah Dharma, tiap hari membaca sutra, tiap
hari tak terpisahkan dari ajaran sutra.
Tidak terpisah dari ajaran sutra, tidak terpisah juga dengan Buddha
dan Bodhisattva. Setiap hari berceramah ada begitu banyak pendengar, para
pendengar ini adalah jelmaan Buddha dan Bodhisattva, merupakan Kalyanamitra-ku,
Mereka datang untuk mengawasi diriku, tiap hari mendengar ceramahku, sehingga
tiap hari pula saya harus belajar, kalau tidak belajar, apa yang bisa saya
sampaikan pada Mereka?
Dalam hatiku, Mereka bukanlah pendengar ceramahku, namun adalah
pengawas belajarku, Mereka adalah Guruku, yang memperagakan beragam penampilan.
Lantas siapa yang jadi muridnya? Saya sendiri yang merupakan murid.
Serupa dengan Sudhana-kumara, diri sendiri merupakan murid, selain
diri sendiri, semuanya merupakan Buddha dan Bodhisattva, menampilkan beragam
peragaan, keadaan suka, keadaan duka, jodoh baik, jodoh buruk, guna mewujudkan
keberhasilan diriku, yang datang untuk membantuku, maka itu Sudhana-kumara
berhasil mencapai KeBuddhaan.
Andaikata diri sendiri merasa paling hebat, saya ini adalah guru,
saya adalah Dharma Master, kalian semuanya adalah muridku, umatku, kalau
pemikiranku sudah begini, maka saya bukan saja tidak bisa meraih keberhasilan,
takutnya malah kian merosot. Mengapa demikian?
Dengan adanya niat pikiran begini pasti akan muncul ketamakan,
kebencian, kedunguan dan keangkuhan, oleh karena pongah, anda pasti akan
menciptakan karma buruk.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 22 Juli 2010
我這一生,學佛五十九年,講經五十二年,沒有被世俗所感染,得力在哪裡?得力在天天講經、天天讀經,每天沒有離開經教,沒離開經教,沒有離開佛菩薩。每天講經有這麼多聽眾,聽眾都是佛菩薩,都是我的善知識,他來督促我,他天天要聽,我天天就得要學,我不學拿什麼講給他聽?他們在督導我。我心目當中他不是聽眾,他是我的監學,他們都是我的老師,做出種種的示現。學生是誰?我自己是學生。像善財童子一樣,自己是學生,除自己之外,全是諸佛菩薩,做種種示現,順境、逆境、善緣、惡緣,來成就我、來幫助我,所以善財一生成佛了。如果我自以為是,我是老師、我是法師,你們都是我的學生、都是我的徒眾,給諸位說,我不但不能夠成就,恐怕還要往下面墮落。為什麼?有這些念頭肯定生貪瞋痴慢,傲慢,你肯定造罪業。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十七集) 2010/7/22
Kebajikan sejati sejak
semula telah sempurna dalam jiwa sejati, hanya saja sekarang kita sedang
tersesat. Maka itu kita mesti menemukan kembali kebajikan sejati, bagus sekali!
Bagaimana cara
menemukannya kembali? Yakni melenyapkan kekotoran batin dan tabiat, maka jiwa
sejati akan muncul ke permukaan. Apabila kita sanggup menghapus satu bagian
kekotoran batin, maka jiwa sejati akan muncul ke permukaan satu bagian, apabila
kita sanggup menghapus dua bagian kekotoran batin, maka jiwa sejati akan muncul
ke permukaan dua bagian, jadi tidak perlu harus menunggu sampai bisa
melenyapkan kekotoran batin secara tuntas, ketika anda berhasil melenyapkan
kekotoran batin secara sempurna, maka anda telah mencapai KeBuddhaan.
Asalkan serius
mengamalkannya, maka anda akan penuh dengan keyakinan hati, penuh dengan
sukacita dalam Dharma, inilah yang sering dikatakan sebagai beban pikiran jadi
ringan, kebijaksanaan pun berkembang.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 22 Juli 2010
你看到這些德能我們自性裡面統統都有,只是現在迷失了。看了之後就要有一個意念,咱們要把性德找回來,太好了!如何找回來?把煩惱習氣放下,它就又回來了。我們能放下一分它就顯一分,能放下兩分它就顯兩分,不一定要圓滿放下,圓滿放下你就成佛了,就圓滿的現前。只要真幹,你會充滿信心、會充滿法喜,那就是佛門裡常說的煩惱輕、智慧長。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十七集) 2010/7/22