Kamis, 11 April 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Juli 2010 (Bgn 2)


Para Dewa memiliki lima jenis kemampuan gaib adalah karena dia terlahir di Alam Dewa atau Alam Surga. Demikian pula dengan setan dan malaikat, memiliki lima jenis kemampuan gaib adalah karena dia terlahir di Alam Setan.

Sesungguhnya manusia juga memiliki lima jenis kemampuan gaib, karena dia terlahir di Alam Manusia, namun sayangnya kekotoran batin dan tabiatnya terlampau berat, makanya kemampuan alaminya jadi sirna.

Apabila hati kita kian suci, maka kemampuan gaib ini akan pulih dengan sendirinya. Ada sebanyak 84 ribu pintu Dharma, ini hanyalah metode saja, yang sesungguhnya jumlah pintu Dharma adalah tak terhingga.

Lihatlah di dalam “Empat Tekad Agung Bodhisattva” tercantum “Bertekad mempelajari pintu Dharma yang tak terhingga”, jadi jumlah pintu Dharma sesungguhnya adalah tak terhingga.

Lantas dari pintu Dharma yang tak terhingga itu, apa yang mesti kita latih sesungguhnya? Tak peduli pintu Dharma yang mana pun juga, mestilah melatih “suci, setara, tercerahkan”, inilah yang harus dilatih.

Hari ini kita memilih pelafalan Amituofo sebagai metode melatih diri kita, metode ini mudah dan praktis, tidak ada ikatan, baik berjalan, berdiri, duduk maupun berbaring, juga boleh melafal di dalam hati.

Sampai tahapan mana kita harus melafal? Kita harus melafal sampai kesucian hati muncul ke permukaan. Tiap hari melafal Amituofo, sehari melafal hingga beberapa puluh ribu lafalan, tetapi kalau di dalam hati masih saja merisaukan ini dan merisaukan itu, inilah yang disebut melafal Amituofo, namun tidak mencapai ketrampilan apapun.

Yang penting adalah ketrampilan itu dapat muncul ke permukaan, lihatlah di dalam “Amitabha Sutra” tercantum “Pikiran terfokus tak tergoyahkan”, sedangkan di dalam “Sutra Usia Tanpa Batas” tercantum “Menfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan”, dengan demikian kesucian hati akan muncul ke permukaan.

Dengan munculnya kesucian hati maka enam jenis kemampuan gaib berangsur-angsur akan pulih kembali.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Juli 2010

Enam Jenis Kemampuan Gaib :


天神他的五通是報得的,你生到天上自然就有,還有鬼神也有這五通,也是報得的。說老實話,人也有這報得的五通,就是因為煩惱習氣太重,所以喪失掉了。我們的心愈清淨,它就恢復。你看這個經題上,學佛學什麼?雖然講是八萬四千法門,那是方法,方是方法,門是門徑,方法門徑很多很多,不止八萬四千,你看四弘誓願裡面講「法門無量誓願學」,這是真的,它沒有限量的。修什麼?不管是哪個法門,在我們這個經題上,都是修的「清淨平等覺」,就修這個。那我們今天採取的是淨土宗持名念佛的方法,這個方法方便,沒有任何拘束,行住坐臥都可以修。真正修到功夫相應,說實在話,也不亞於密宗的三密相應,淨宗持名跟密宗沒有兩樣。心裡面觀想,我們念佛心裡要有阿彌陀佛,這是心觀想。口裡面念,出聲不出聲都可以,默念,或者是金剛持,所謂金剛持是口動沒有聲音。手結印,我們手用念珠也是結印,不用念珠也是結印。所以這個方法非常方便,非常善巧。

  要念到什麼?要念到清淨心現前,這要知道。天天念佛,一天念幾萬聲,心裡還亂糟糟的,這個雖然念,沒功夫。最重要的是功夫現前,你看《彌陀經》上講的「一心不亂」,《無量壽經》講的是「一向專念」,這個清淨心可以現前。清淨心現前,這六種本能就漸漸恢復了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第八十八集)  2010/7/23


 

 
 
“Kemampuan gaib untuk membaca isi pikiran orang lain”, apa yang dipikirkan orang lain dapat diketahuinya, hebat sekali, apakah benar ada hal begini? Ada. Di Taiwan ada seorang Bhiksu bernama Master Zhu-yun, sahabat lamaku, usianya lebih tua 5 tahun dari usiaku, sekarang telah tiada.  

Master Zhu-yun menulis sebuah buku berjudul “Jin Shan Huo Fo (Buddha Hidup dari Vihara Jinshan)”, Vihara Jinshan terletak di sebuah pulau kecil di Sungai Yangtze, merupakan sebuah vihara aliran Zen yang sangat tersohor, “Buddha Hidup Jinshan” muncul di tempat ini, nama Dharma-nya adalah Miao-shan, Dharma Master Miao-shan.

Rekam jejaknya serupa dengan Jigong (Chi Kung), penampilannya lugu, jorok dan amburadul, sepanjang tahun hanya mengenakan satu stel Cheongsam (pakaian zaman dulu), setahun empat musim dia juga berpenampilan begini, kala musim dingin tiba, dia tidak merasa kedinginan, kala musim panas tiba, dia tidak merasa kepanasan.

“Buddha Hidup Jinshan” memiliki kemampuan membaca isi pikiran orang lain. Master Le-guan pernah tinggal bersamanya selama 4 bulan, orang yang memujanya sangat banyak, Master Le-guan ingin mengujinya, berharap bisa menemukan kelemahan atau kekurangan-nya, makanya mengamati setiap gerak-geriknya dengan seksama.  

“Buddha Hidup Jinshan” langsung mengetahui niat pikiran Master Le-guan, makanya saat mereka berbincang, dia langsung mengungkapkan isi pikiran Master Le-guan.

Sepanjang hayatnya, “Buddha Hidup Jinshan” tidak pernah mandi, pakaiannya sudah berminyak dan kehitaman, tetapi ketika orang lain mendekatinya, malah tercium keharuman Bunga Lotus, ini merupakan pengalaman Master Le-guan secara langsung.

Master Zhu-yun sendiri sangat mengagumi sosok “Buddha Hidup Jinshan”, makanya selalu mencari info seputar riwayatnya, kemudian menghimpunnya menjadi satu buku; di kemudian hari, Master Le-guan sendiri juga menuangkan pengalamannya ke dalam karya tulis, mengisahkan kisah hidupnya secara langsung bersama “Buddha Hidup Jinshan” selama 4 bulan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Juli 2010

「他心」是別人心裡面動念頭他知道,這很厲害,有沒有這個事情?有。早年我在台灣,那個時候初學佛還不久,已經出家了,樂觀老法師,現在這些法師都不在了,老一輩的。台灣有個煮雲法師跟我是老朋友,年齡他大我五歲,也都不在了,他寫了一本書《金山活佛》,就是中國大陸南京江天寺,就是金山寺,在長江裡面一個小島,這是很有名的禪宗道場,金山活佛就出現在這個地方,他的法名叫妙善,妙善法師。那個行跡很像濟公,也是很邋遢,一年到頭就穿一件長衫,裡面一套小褂褲,外面一個長褂,不修邊幅,春夏秋冬就是這個打扮,冬天他也不冷,夏天他也不熱。他有他心通。樂觀法師跟他在一起住過四個月,崇拜他的人很多,樂觀法師就常常想,看看他有沒有破綻能被他發現,很注意看他。好像起心動念的時候,金山活佛都知道,他在說話當中就把他心裡想的全給他揭露出來。這法師告訴我,他真有他心通,真有他心通。你看這個法師,一生不洗澡,衣上這個領子都是油膩、都是黑的,但是你聞聞是蓮花香,這是他親自見到的。煮雲法師很羨慕,是到處打聽他的一些故事,把它寫成一本書;以後樂觀法師也寫了一部,樂觀法師是親自跟他住了四個月,對他有相當的了解。確實這些能力在他日常生活當中可以能看到,他心。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第八十八集)  2010/7/23




 

 “Kemampuan mengetahui kejadian masa lampau dan mendatang”, Buddha Sakyamuni membabarkan, Arahat dapat mengetahui 500 masa kehidupan lampau dan 500 masa kehidupan mendatang, Arahat dapat mengetahui kejadian masa lampau dan yang akan datang.

“Kemampuan menjelma”, praktisi yang memiliki kemampuan gaib ini dapat menjelma, serupa dengan legenda Sun Go-kong yang mampu menjelma hingga 72 wujud, namun Sun Go-kong masih kalah jauh bila dibandingkan dengan praktisi yang memiliki kemampuan gaib ini.

“Kemampuan gaib yang diperoleh setelah melenyapkan kekotoran batin”, yakni telah menghapus kekotoran batin pandangan dan pemikiran, mencapai tingkatan kesucian Arahat.

Inilah enam jenis kemampuan gaib yang tercantum di dalam sutra Buddha. Selain kemampuan gaib jenis ke-6, lima jenis kemampuan gaib lainnya, pengikut kepercayaan lainnya di India, mereka juga melatih samadhi, sehingga sedikit banyak juga bisa memiliki lima jenis kemampuan gaib tersebut.

Maka itu kita jadi memahami mengapa Buddha Sakyamuni lahir di India. Meskipun waktu itu Bangsa Tiongkok juga telah memiliki peradaban yang maju, namun orang Tiongkok tidak melatih samadhi. Walaupun ada yang melatih samadhi, namun tidak mencapai tahapan tertentu, makanya tidak menemukan  adanya kemampuan gaib.

Andaikata dia melatih diri hingga mencapai samadhi; maka kemampuan gaibnya akan muncul, namun satu hal yang pasti adalah kemampuan gaib berasal dari lenyapnya kekotoran batin (klesa).

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Juli 2010

  「宿命」,宿命是知道過去一世、二世,佛說阿羅漢能知道過去五百世、未來五百世,他能知道過去未來,這是宿命通。「神足通」,神足是變化,他能分身,他能變化,像小說孫悟空七十二變,實際上,阿羅漢不止七十二變,孫悟空跟他相比差太遠了。「漏盡」是見思煩惱斷了,那就是證阿羅漢果,這是在小乘。這是舉出神通,通常佛經上講的六種神通。這六種神通,除了漏盡通之外,在印度其他許多宗教,甚至於學派,他們都修禪定,多少都得到一些。所以佛出世在那個地方,我們能夠想像而知,是應該的。在中國雖然學術也很發達,但是中國人疏忽了修禪定。也修,修身養性也講,但是沒有達到這一個程度,神通沒有發現。這在佛門裡面稱之為修定,叫未到定,他是在修定,功夫沒有到;功夫要到了,神通就現前,這個功夫一定是從斷煩惱來的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第八十八集)  2010/7/23