Kamis, 06 September 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Mei 2010 (Bgn 3)


Ketika Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma di dunia ini, usia 19 tahun meninggalkan keduniawian, usia 80 tahun memasuki Parinirvana, selama kurun waktu 60 tahun, bagaimana dengan kehidupan yang dijalani-Nya? Petapa pengelana yang sangat bersahaja, makan satu kali sehari yakni pada siang hari, menginap semalam pada sebatang pohon, memiliki tiga helai jubah dan sebuah patra (mangkok), selama 12 tahun menuntut ilmu, selama 49 tahun membabarkan Dharma, inilah yang disebut mewakili para makhluk menjalani penderitaan, memperagakan penampilan ini untuk diperlihatkan kepada semua orang, benar-benar telah melepaskan.

Ketenaran dan keuntungan, lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dan enam kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan dan bentuk-bentuk pikiran), semua ini telah dilepaskan, Sang Buddha telah memperlihatkannya pada kita.

Maka itu Beliau mengajari kita, kita sendiri juga harus tahu mengukur kemampuan diri sendiri, kita tidak sanggup menjalani kehidupan sedemikian rupa, kita harus senantiasa merasa malu, dalam memenuhi kebutuhan hidup jangan terlampau, kalau terlampau, bagaimana tidak merasa malu pada Sang Buddha!

Adakah kita terpikir untuk mewakili para makhluk menanggung penderitaan? Buddha Sakyamuni sepanjang hidup memperagakan, hingga akhir hayatNya masih membabarkan Dharma kepada para siswaNya, menyampaikan pesan terakhir buat generasi berikutnya.

Ingat budi balas budi, bagaimana caranya kita membalas budi? Yakni menerima dan mengamalkan sesuai dengan ajaran yang tertera di dalam sutra.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Mei 2010

釋迦牟尼佛當年在世,從十九歲出家,到八十歲圓寂,六十年的時間,住世,用什麼方式?苦行僧,示現那個樣子,苦行僧,日中一食、樹下一宿、三衣一缽,十二年求學,四十九年教學,這是代眾生苦,做出這個樣子給大家看,真放下了。名聞利養、五欲六塵全放下,邊都不沾,他真做出來了。所以他老人家教我們,我們自己衡量,體力不行,他那種生活方式我們做不到,我們要常常生慚愧心,生活需求不能太過分,太過分怎麼對得起佛陀!我們有沒有想到代眾生苦?釋迦牟尼佛一生的表演,臨走的時候還給學生說法,還給後人交代。知恩才真正懂得報恩,不知恩他不曉得報恩。怎麼報法?依教奉行。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十二集)  2010/5/7


 

 
 
Praktisi sekalian hendaknya mengetahui bahwa di dalam enam alam tumimbal lahir, kurun waktu menjalani siksaan di tiga alam sengsara lebih panjang, sedangkan kurun waktu menikmati kesenangan di tiga alam bajik adalah lebih singkat.

Dalam hal usia, masa hidup manusia begitu singkat, orang yang bisa mencapai usia 100 tahun tidaklah banyak; meskipun manusia dapat hidup hingga usia 100 tahun, namun cuma sehari bagi penghuni Surga Trayastrimsa. Sehari di Surga Trayastrimsa sama dengan 100 tahun waktu di alam manusia.

Kalau dibandingkan dengan Surga Caturmaharajika, maka sehari di sana sama dengan 50 tahun waktu di alam manusia, jadi walaupun usia manusia bisa mencapai 100 tahun, tapi cuma 2 hari bagi penghuni Surga Caturmaharajika.

Sehari di alam setan kelaparan adalah sebulan di alam manusia, makanya manusia sembahyang dan memberi sesajian pada makhluk halus setiap bulan lunar che-it dan cap-go, bertepatan dengan waktu mereka sarapan dan makan siang.

Jadi sebulan di alam manusia adalah sehari di Alam Setan Kelaparan. Usia mereka bisa mencapai seribu tahun, maka itu jatuh ke Alam Setan Kelaparan, bukan gampang untuk terbebas.

Kalau jatuh ke Neraka lebih parah lagi masalahnya, Neraka banyak jenisnya, yang hukumannya tidak terlalu berat, tempo dulu Guru Li bilang padaku, sehari di Neraka sama dengan 2700 tahun di alam manusia. Ini bukan yang paling panjang usianya, bayangkan betapa sulitnya untuk keluar dari Neraka.

Ruang dan waktu, sesungguhnya hanyalah khayalan semu, yang muncul dari alaya-vijnana, maka itu kondisi yang dirasakan jadi tidak serupa. Ketika berada dalam kondisi yang susah, sehari dilewati bagaikan setahun rasanya, tetapi waktu sedang gembira, rasanya waktu berjalan begitu cepatnya, sebentar saja sudah berlalu.

Konsep waktu yang dirasakan para makhluk di semesta alam ini adalah sedemikian rupanya, di kala kesusahan, waktu yang dirasakan begitu lama dan sulit dilewati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Mei 2010

諸位一定要知道,在六道裡面,決定是在三惡道的時間長,在三善道的時間短,這要知道。以壽命來講,人間時間很短,一生能活到一百歲的人不多;縱然活到一百歲,要跟天上相比,跟忉利天相比,忉利天的一天是人間一百年,人間活一百歲,忉利天一天。如果跟四王天相比,四王天的一天是人間五十年,也不過是兩天,四王天的兩天。這是跟上面比。跟下面比,跟鬼道比,鬼的壽命長。鬼道裡面的一天是人間一個月,所以人間祭祀鬼神,初一、十五去祭祀供養,正好是早餐、晚餐,他十五天一次供養,我們人間一個月他們一天。他們的壽命大概活一千歲很平常,你就曉得在鬼道裡頭不容易出來。那要是墮地獄更麻煩,地獄時差很大,普通的地獄,不是很嚴重的,從前李老師講經的時候給我們說,大概是人間二千七百年,地獄的一天,這還不是最長的,你說你想出來多難。時間實在講,時間、空間都不是真的,是個抽象概念,都是從你意識心裡面變現出來的,不同的感受。我們在苦難的時候,度日如年,在歡樂的時候感覺到時間過得很快,怎麼一下就過去了。十法界裡面所有一切眾生對時間觀念都是這種性質,苦日子很難熬。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十二集)  2010/5/7




 

Tubuh para Buddha dan Bodhisattva memancarkan cahaya, kalau manusia umumnya disebut sebagai aura, setiap manusia memiliki pancaran aura yang berbeda-beda. Ada orang yang memancarkan aura yang baik, ketika kita berdekatan dengannya, dapat merasakan kedamaian dan ketenangan hati, beban pikiran jadi berkurang, pikiran jadi jernih.

Seorang praktisi umumnya memancarkan aura positif. Master Zhangjia memancarkan aura yang baik, sangat mudah dirasakan, ketika memasuki pintu viharanya, suasana yang dirasakan sungguh istimewa, ketika masuk ke ruang tamu terasa sangat damai, sungguh nyaman, membuat orang tidak ingin beranjak pergi.

Meskipun Master Zhangjia tidak melontarkan sepatah kata pun, namun juga rela duduk di sana beberapa menit lagi, menikmati suasana yang tenang, inilah yang disebut di dalam Ajaran Buddha sebagai tubuh memancarkan cahaya. Cahaya para Buddha dan Bodhisattva dapat memberi manfaat bagi semua makhluk.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Mei 2010

諸佛如來身相光明,現在人講什麼?講磁場,我們中國人講氛圍,每個人有每個人的磁場,每個人有每個人的氛圍。你看有人磁場好,我們接觸到他的磁場就感受到祥和,能叫你的心安定,妄念就少,頭腦就清楚了,這是磁場攝受人。真正有修行、有德行的人不一樣。章嘉大師的磁場好,非常明顯感觸到,進入他住宅的大門,氣氛就不一樣,進入他的客廳就感到非常安詳,非常的舒適,你就有這種感覺,你就不想離開。縱然他一句話不說,也願意在這裡多坐幾分鐘,享受他的磁場,這就是佛法裡面講身相光明,氣功裡面是講氣場,他有個場讓你感受到。諸佛菩薩他們的身相確實是有利於一切眾生的磁場。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十二集)  2010/5/7


 

 
Para Buddha mempunyai 32 tanda utama, yang merupakan buah akibat dari 32 jenis perbuatan baik. Salah satu dari 32 tanda Buddha adalah lidah yang bila dijulurkan keluar dapat menutupi wajahNya. Ini dikarenakan selama kelahiran demi kelahiran tidak pernah berbohong.

Buddha Sakyamuni membabarkan di dalam sutra, bila seseorang selama 3 masa kehidupan tidak pernah berdusta, maka lidahnya bila dijulurkan dapat mencapai ujung hidung.

Sang Buddha menampilkan 32 tanda utama, tujuannya untuk mengajari kita supaya menimbun benih karma baik. Dengan berbuat baik barulah ada balasan yang baik, hati yang baik barulah memiliki rupa yang bagus, perbuatan baik menghasilkan tubuh yang sehat.

Jiwa dan raga mewakili hasil pelatihan diri kita, apakah anda benar-benar melatih diri atau tidak, bagaimana hasilnya, begitu melihat rupa dan kesehatanmu, maka tak perlu lagi bertanya, semuanya sudah jelas. Hasil pelatihan dirimu terlukis di wajahmu, bagaimana anda bisa mengelabui orang lain? 

Senantiasa memandang rupang Buddha, mengagumi Buddha, menghormati Buddha, bersukacita pada Buddha, meneladani Buddha, saya bertekad serupa dengan Buddha, maka empat dosa berat (membunuh, mencuri, berzinah dan berbohong), Pancanantariya Karma (membunuh ayah, membunuh ibu, membunuh Arahat, melukai Buddha, memecah belah Sangha) dapat tereliminasi, selamanya takkan jatuh ke tiga alam sengsara.

Kemudian sesuai dengan keinginan sendiri, umpamanya saya ingin terlahir ke Alam Sukhavati, maka harapan ini pasti terwujud.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 7 Mei 2010

我們常常能看佛像,佛的三十二相是什麼意思得要懂,三十二相是果報,三十二種善行感得這個果報。這在佛學大辭典能查到,過去我講《金剛經》,江味農居士《金剛經講義》裡面講得很詳細,三十二相的業因一條一條說出來,八十種隨形好。佛的舌頭伸出來可以把面孔蓋住,叫廣長舌相,因是什麼?生生世世不妄語。佛在經上講,如果一個人能夠三世不妄語,舌頭可以舔到鼻尖,舌頭伸出來能舔到鼻尖,三世不妄語。佛是生生世世不妄語,所以他舌頭很薄,伸出來之後可以把臉蓋住。相好修成的,佛展現三十二相八十種好,就是教我們要修好因。好因就有好的果報,人心好,相就好,行為好,身體就好。身心是我們修行的代表,你是不是真修行,修得怎麼樣,一看你的相、看你的身體就知道了,什麼都不用問,清清楚楚。你的功夫就在你臉上、就在你行為上,你怎麼能騙人?所以常常稱念觀察佛像,這是什麼?這就是《觀無量壽佛經》上講的十六觀。你真的能修,能修就是仰慕佛陀、恭敬佛陀、喜愛佛陀,向佛陀學習,我自己要跟他一樣,那你四重罪、五逆罪都能夠化解。永背三途,你永遠不會墮三惡道。「隨意所樂,常生淨土乃至成佛。」這是講利益,能隨你自己的意思,我想到西方極樂世界去,你肯定能滿所願。常生淨土,一直到成佛。這是佛身業的利益。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十二集)  2010/5/7