Minggu, 19 Mei 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Agustus 2010 (Bgn 1)


Hidup di dunia masa kini, tak peduli apapun yang dilakukan, tetap harus memperlihatkan teladan yang baik, memiliki perilaku yang baik, kalau tidak ada, siapa yang bakal percaya padamu?

Buddha Dharma begitu bagus, sebagian praktisi telah memperagakan dan memperlihatkan pada kita, manfaat yang diperoleh, sehat secara lahiriah maupun batiniah, keluarga harmonis, karir lancar, hidup berdampingan dengan warga di lingkungannya dengan harmonis, masyarakat aman sentosa, dunia damai sejahtera, semua ini dapat diwujudkan.

Patut diketahui bahwa ini merupakan kebijaksanaan sejati, serupa dengan yang dikatakan di dalam “Maha-prajnaparamita Sutra”, yakni “Segala sesuatu adalah semu, kosong (atyanta-sunyata) dan tidak bisa diperoleh”.

Banyak orang yang beranggapan pernyataan ini terlampau pesimis, kalau memang tidak ada yang bisa diperoleh, buat apa lagi kita belajar Ajaran Buddha? Justru tidak ada yang bisa diperoleh, barulah anda berhasil memperoleh seluruh jagat raya.

Apabila anda berharap ada sesuatu yang bisa diperoleh, lalu anda mengejarnya mati-matian, yang anda peroleh itu amatlah terbatas, cuma secuil doang, bahkan yang secuil itu pada akhirnya juga tidak bisa dibawa pergi, apapun tidak bisa anda bawa serta; ketika tiba saatnya apapun tidak bisa anda peroleh, sesungguhnya anda akan memperoleh seluruh Dharmadhatu (catatan : Dharmadhatu lebih luas dari jagat raya).

Lihatlah para Bodhisattva, bukankah telah mendapatkannya? Di seluruh jagat raya, dimanapun ada para makhluk yang memohon bimbinganNya, maka Dia segera menjelma membabarkan Dharma di sana, bukankah Dia telah memperolehnya? Betapa bebas dan leluasanya!

Walaupun menjelma ke dalam segala wujud, meskipun telah membabarkan segala Dharma, namun hatiNya yang suci dan setara, sama sekali tak tercemarkan, tidak mempersoalkan seberapa besar jasaNya, takkan mengatakan, saya sudah banyak menimbun kebajikan lho, takkan ada niat pikiran seperti ini, melakukan namun takkan menaruhnya di dalam hati.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Agustus 2010

Atyanta-sunyata :


在現前這個世界,無論幹什麼,都要有個好的榜樣,有個好的典型,沒有,人家不相信。佛法這麼好,真有幾個做樣子的為我們顯示出來,確確實實對自己身心健康、家庭和睦、事業很順利,居住的地方鄰里鄉黨和諧,社會安定,世界和平,能做到,不是不能做到。所以你一定要曉得,這是真實智慧,跟《大般若經》上講的完全相同。《大般若經》裡告訴我們,「一切法無所有,畢竟空,不可得」。有很多人看到這個,好像太消極了,不可得,我學它幹什麼?不可得,你一切都得到,你得到什麼?你得到的是盡虛空遍法界。你有所得,在拼命求,你得到的非常非常有限,就那麼一點點,而且那一點點確確實實到最後你還是帶不去,你什麼都得不到;你到不可得的時候,你什麼都得到,你得到的是法界全體。你看這些菩薩們不是得到了嗎?遍法界虛空界,眾生有感,他就能現身說法,這不就他得到的嗎?他多自在!雖現一切身,雖說一切法,自己心地那個清淨平等心,絲毫都不沾染,他不居功,不說我今天做了好事,沒有這個念頭。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一一八集)  2010/8/16





 

Buddha Sakyamuni mengajarkan pada kita supaya membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, apa alasannya? Oleh karena lingkungan di dunia saha ini, terutama masa kini, sungguh tidak mendukung bagi pelatihan diri, jodoh penghalang itu terlampau banyak, di dalam lingkungan begini tidak ada kalyanamitra sejati, Kalyanamitra Sejati adalah Buddha, Sang Buddha sudah tidak berada di dunia ini; tidak adanya sahabat melatih diri, makanya dalam belajar itu sungguh sulit adanya.   

Makanya Buddha Sakyamuni menasehati kita supaya membangkitkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, dengan perkataan lain, mengganti lingkungan belajar dengan lingkungan yang lebih baik, tiada rintangan, di sana ada Guru yang membimbing yakni Buddha Amitabha, selain Buddha Amitabha, masih ada para Buddha Tathagata yang tersebar di sepuluh penjuru, yang merupakan asisten pendidik yang membantu Buddha Amitabha, Mereka senantiasa berkunjung ke Alam Sukhavati.

Makanya begitu kita terlahir ke Alam Sukhavati, kita mempunyai kesempatan untuk bertatap muka dengan semua Buddha, mendengar pembabaran Dharma dari Mereka, memohon bimbingan dari Mereka, betapa bagusnya lingkungan belajar begini.

Di Alam Sukhavati, segala kebutuhan hidup terpenuhi sesuai dengan keinginan, ketika kita tidak menghendakinya lagi, benda tersebut akan sirna dengan sendirinya.

Lain halnya dengan di dunia saha ini, betapa merepotkannya. Di sini ada sejumlah buku yang harus dirapikan dan tentunya harus membeli sebuah rak buku untuk menaruh buku-buku tersebut.

Kalau di Alam Sukhavati, mana lagi perlu rak buku? Saat anda ingin membaca bahan apa saja, materi tersebut akan muncul dengan sendirinya, kalau sudah tidak menginginkan-nya lagi maka materi tersebut akan sirna, tidak perlu di-save (tidak perlu hardisk), alangkah praktisnya!

Maka itu di Alam Sukhavati lingkungannya adalah sedemikian bersihnya, tak terkotori oleh setitik debu pun, takkan ada barang-barang yang tidak dibutuhkan. Saat diperlukan muncul dengan sendirinya, saat tidak dihendaki lagi, lenyap dengan sendirinya, betapa bebas dan leluasanya, segala sesuatu terpenuhi sesuai dengan apa yang dipikirkan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Agustus 2010

我們學佛,佛還叫我們發願,叫我們求生淨土,為什麼?這種境界,我們在此地六道這個環境學不到。現在環境不利於修行,障緣太多,在這個環境裡面沒有真正的善知識,真正善知識是佛,佛不在世;沒有真正的同參道友,所以學就非常困難。佛叫我們發願求生淨土,換一個學習的環境,那個環境好,沒有障礙,那個地方老師是阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外,還有十方諸佛如來都是阿彌陀佛的助教,他們經常不斷到極樂世界來,常常來。我們要是生到極樂世界,就有機會時常跟他們見面,聽他們說話,向他們請教,這環境太好了。在那個環境裡,要什麼就有什麼,不用它的時候就沒有了。我們這邊要一些資料,還得用書架擺一大堆;他那裡要想什麼資料就擺在面前,不要了,不要了就沒有了,不需要儲存,你說多自在!所以西方極樂世界講堂是乾乾淨淨,一塵不染,一點多餘東西都沒有。要的時候就變現在面前,不要的時候就沒有,你說多自在,真的是隨心所欲。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一一八集)  2010/8/16