Kamis, 11 Oktober 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Mei 2010


Hukum Alam ditemukan oleh insan suci dan bijak jaman dulu, orang yang mematuhi Hukum Alam, hidupmu barulah bahagia, anda tidak boleh melawan Hukum Alam.

Tetapi hari ini alam telah berubah jadi kacau, bencana ini sungguh besar adanya. Sejak dulu hingga sekarang, sektor agraria di Tiongkok mengandalkan musim untuk bercocok tanam, tetapi sekarang dalam sebulan bisa terjadi 2 musim. Menurut penanggalan lunar, dalam setahun ada 24 periode, kapan benih harus ditaburkan, kapan panennya, takkan lari dari musim yang telah ditetapkan.

Di pekarangan dekat rumah kediamanku, ada sebatang pohon yang bunganya menyerupai Bunga Lotus, saat bersemi bunganya banyak dan indah sekali. Pohon ini sesungguhnya belum waktunya bersemi, tetapi sekarang sudah keburu bermekar, kami jadi keheranan.

Cuaca telah berubah, tidak normal lagi, 24 periode dalam setahun, susunannya sudah kacau, ini bukan fenomena yang baik, sehingga tatanan kehidupan manusia juga ikut semrawut, tidak tahu bagaimana cara mengatasinya.

Kita tidak menaati peraturan alam, makanya alam pun berubah jadi kacau, hal ini patut kita renungkan. Lantas apa yang harus kita lakukan? Mencari kembali ajaran insan suci dan bijak, menerapkannya dalam kehidupan keseharian.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Mei 2010
 
大自然的規律,古聖先賢發現了,遵守大自然的規律,你的生活才能得到幸福美滿,你不能違背大自然。可是今天大自然也亂了,整個亂了套,這個災難可大了。中國自古以來是以農立國,農耕,農耕播種、收成靠節氣,一個月兩個節氣,二十四個節氣,什麼時候播種、什麼時候收成,不會錯過時節因緣。我住的這個院子裡,有一樹開的花像蓮花一樣,樹上開的,開得很多、很美。這個樹本來不應該在這個時候開的,可是今年現在開了,我們感到很奇怪。就是氣候變化了,氣候反常,二十四節氣亂了,這不是好現象,把我們整個生活規律也就亂了,不知道怎麼樣應付。

在這個時代,誰來教我們?到底是什麼原因發生的?這講理事因果。我們用什麼方法來應對?這是大問題,也是大事,這不是小事。我們自己不守規矩,大自然規矩也就亂掉了,值得我們警惕。我們應該怎麼做?把這些老的規矩、好的東西要把它找回來,身體力行。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十七集)  2010/5/22



 

Praktisi senior jaman dulu berkata, dari 100 orang asalkan ada 1 orang saja yang tercerahkan, kembali ke jalan yang benar, maka masyarakat dan lingkungan tersebut dapat terselamatkan.

1 dari 100 orang yang tercerahkan, sudah dapat menyelamatkan masyarakat dan Bumi ini, sehingga pulih kembali seperti sedia kala. Maka itu berdoa bukanlah kepercayaan takhayul, kekuatan doa adalah nyata adanya.

Dr.Masaru Emoto melakukan eksperimen, mengumpulkan lebih dari 150 orang untuk berdoa bersama di Danau Biwa, Jepang. Mereka mengundang seorang Bhiksu yang telah berusia 90 tahun sekian untuk memimpin doa bersama selama 1 jam.

Peserta diarahkan untuk melepaskan segala niat pikiran, khayalan, memusatkan perhatian pada satu objek. Air di danau tersebut kotor, sudah lebih dari 20 tahun, mengeluarkan bau yang tidak sedap, semua peserta mendoakan : “Air danau jadi bersih”. Di dalam pikiran mereka membayangkannya, di mulut mereka terus mengulang, hingga 1 jam lamanya, lebih dari 150 orang peserta.

Setelah 3 hari berlalu, air danau berubah jadi bersih, bau yang tidak sedap juga hilang. Media di Jepang segera memberitakan kejadian ini, mereka menjadi keheranan. Berapa lama kejernihan air danau bertahan? Hanya setengah tahun, setengah tahun kemudian air danau kembali kotor lagi.

Saya bilang pada Dr.Masaru Emoto, kalian sebaiknya 2 bulan sekali menyelenggarakan doa bersama, barulah air danau dapat mempertahankan kemurniannya untuk kurun waktu yang lama. Tetapi ini hanya buat sementara saja, oleh karena solusi permasalahan harus mengatasi akarnya.Bagaimana cara mengatasi akarnya? Yakni menemukan kembali hati yang suci. 

Buddha Sakyamuni membabarkan pada kita, “Giat melatih sila samadhi prajna, memadamkan lobha dosa moha”, inilah cara kita mengatasi akar permasalahannya. Apabila masyarakat yang tinggal di tepi danau dapat menghapus kejahatan menimbun kebajikan, maka pencemaran lingkungan di luar takkan ada lagi.

Maka itu Buddha membabarkan pada kita, “Hati yang suci maka lingkungan pun jadi bersih”, andaikata masyarakat dapat memelihara sebutir hati yang suci maka lingkungan hunian mereka pasti ikut lestari dan bersih.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Mei 2010

古大德告訴我們,一百個人當中有一個人覺悟、回頭了,這個社會、這個環境還能救。百分之一的人回頭,能幫助這個社會、能幫助這個地球,讓它恢復正常。所以宗教裡面的祈禱有道理,那不是迷信,眾多的人意志集中去念一樁事情。有很多人問我有沒有效?有效,但是治標不治本。日本江本勝博士做了個實驗,找了有一百五十多人,在琵琶湖一個海灣裡做祈禱。請了個老和尚九十多歲,祈禱的時間一個小時,就讓大家把念頭、妄念統統放下,想一樁事情。那個湖水很骯髒,二十多年了,氣味很難聞,大家發出一個信念,「湖水乾淨了」,心裡想著、口裡念著,念一個小時,一百五十多人。過了三天,湖水真乾淨了,氣味真的沒有了。日本的媒體都報導,都感覺到很驚訝。維持多久?半年,半年它又恢復老樣子。所以我跟江本博士說,你們最好兩個月去禱告一次,那個水就會長遠維持下去。這治標不治本!怎樣治本?我們回歸到清淨心。佛給我們說的,「勤修戒定慧,息滅貪瞋痴」,那是治本。居住在湖邊這些人都能夠斷惡修善,都能夠積累功德,外面環境的這種骯髒、染污自然就沒有了。所以佛法告訴我們,「心淨則國土淨」,如果我們居住這個地方人心都很清淨,這個地方就沒有染污,自然沒有染污,那是治本。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十七集)  2010/5/22


 
 
 
Prestasi terbesar dari Konfusius adalah mengutip teori yang dikemukakan oleh insan suci dan bijak terdahulu, Konfusius tidak pernah menciptakan teorinya sendiri, juga tidak menciptakan teori baru.

Konfusius yakin pada kebenaran yang diungkapkan oleh insan suci dan bijak jaman dulu, beliau bersukacita. Sepanjang hidupnya, apa yang telah dipelajari, diterapkan, mengajari orang lain, mewarisi ajaran, semua ini adalah diperolehnya dari insan suci dan bijak terdahulu.

Jadi Konfusius hanyalah menyampaikan ajaran para pendahulu, mengutipnya lalu merangkumnya sehingga menjadi sebuah buku untuk diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Cara belajar begini barulah benar, kita patut meneladaninya. Jadi janganlah suka berlagak, janganlah menonjolkan diri, janganlah merasa diri sendiri yang paling hebat, memandang berat pada diri sendiri, sikap ini adalah salah.

Orang-orang hebat Tiongkok jaman dulu, mereka merupakan kaum terpelajar yang bermoral, menjunjung tinggi ajaran para pendahulu, ini adalah sikap yang benar.

Kali ini saya menceramahkan Sutra Usia Tanpa Batas sudah ke-11 kalinya, berpedoman pada penjelasan sutra karya Upasaka Huang Nian-zu. Menjunjung tinggi para pendahulu, buat apa menyanjung diri sendiri?

Upasaka Huang Nian-zu merangkum dari 193 jenis sutra dan sastra. Sutra dibabarkan oleh Buddha sedangkan sastra merupakan karya Guru Sesepuh dan praktisi senior jaman dulu.

Jadi janganlah menonjolkan diri sendiri, segala pujian dan kejayaan dilimpahkan kepada para pendahulu, dengan demikian kita sendiri barulah bisa memperoleh manfaat yang sesungguhnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 22 Mei 2010

孔夫子一生最大的成就叫集大成,他老人家自己沒有創造、沒有發明,「述而不作,信而好古」,他對古聖先賢傳的他相信、他喜歡,喜歡就是愛樂。他一生所學的、所修的、所教的、所傳的全是古聖先賢的,所以他叫集大成。把古人傳說,以前是傳說,他把它寫成文字流傳給後世。這種修學態度正確,我們應當學習。不要好高騖遠,不要自以為是,抬高自己,錯了。中國過去有德行、有學問的,推崇古人、尊重古人,這是正確的。所以,這次我是第十一次講這部經,我選的是黃念祖老居士的註解。推崇這位老人,我們跟他學習,何必要標榜自己?這個就是我們落實夫子的教誨,「述而不作,信而好古」。很難得,黃老居士這個註解裡,你看他所引用的經論,經是佛說的,論是祖師大德說的,一共一百九十三種,我們這樣的學習,也就是學習了一百九十三種經論,這個好。不要標榜自己,一切榮耀給古人、給別人,我們自己得真實利益。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十七集)  2010/5/22