Praktisi senior
jaman dulu berkata, “Melafal sepatah Amituofo dapat mengeliminasi 8 miliar
kalpa dosa berat samsara”. Saya percaya banyak praktisi yang sudah pernah
mendengarnya. Tetapi coba kita pikirkan, apakah benar sepatah Amituofo ini memiliki
kekuatan yang begitu besar?
Tentu saja, lantas
bagaimana cara melafal Amituofo supaya bisa mengeliminasi rintangan karma?
Yakni pikiran terfokus tak tergoyahkan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo,
barulah bisa menghasilkan kekuatan yang begitu besar.
Hari ini kita
melafal Amituofo bercampur aduk dengan banyak khayalan, bentuk-bentuk pikiran
ini merusak ketrampilan melatih diri kita. Jika saat melafal Amituofo dapat
dilakukan dengan setulus hati, sebutir khayalan pun takkan timbul, maka
kekuatan yang dihasilkan dapat “mengeliminasi beban dosa”. Mengapa demikian?
Buddha Sakyamuni
membabarkan pada kita bahwa “Segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran”. Kita
melakukan karma buruk dikarenakan munculnya niat pikiran buruk, sepatah
Amituofo merupakan niat pikiran yang baik, bahkan sepatah Amituofo ini
merupakan kebajikan sempurna yang mengalir keluar dari jiwa sejati (Jiwa
KeBuddhaan), maka itu segala rintangan karma dapat dilenyapkannya.
Temp0 dulu kita
tidak memahami kebenaran ini, makanya sepatah Amituofo yang kita lafal itu kekuatannya
sangat lemah. Mengapa demikian? Oleh karena kita selalu merasa ragu. Keraguan
inilah yang merusak jasa kebajikanmu dari melafal Amituofo.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 6 Juli 2010
古大德曾經說,這一句佛號,「念佛一聲能滅八十億劫生死重罪」。我想這很多我們淨土宗的佛弟子都聽說過,這祖師說的,這真的不是假的。但是我們想想,有這麼大的力量嗎?我們看這句經文,這裡頭有門道,為什麼?那個念佛一聲怎麼念?一心不亂專持名號,就有這麼大的力量。我們今天念佛,這心妄念很多,夾雜著妄念,我們功力就被破壞了。如果念佛的時候,誠心誠意的念,一個妄念都沒有,力量真是像這個地方所說的「諸罪消滅」。為什麼?佛在經上常說,說了一個原理一個原則,「一切法從心想生」。我們造作罪業是不善念頭生的,我們今天念一句佛號是善念,而且這句佛號是圓滿性德的流露,那什麼罪滅不掉?在以前,我們不懂得這個道理,我們念這句佛號力量就很薄弱。為什麼?我們對它打了很多疑問,懷疑它,懷疑也把你念佛的功德破壞了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十一集) 2010/7/6
Bodhisattva
Mahasthamaprapta mengajari kita metode melafal Amituofo yakni “Mengendalikan
enam landasan indria, dengan pikiran suci melafal Amituofo berkesinambungan”, ketahuilah
dengan cara demikian, sepatah Amituofo yang dilafal akan menghasilkan jasa
kebajikan yang tak terbayangkan.
“Mengendalikan enam
landasan indria”, ketika mata kita melihat rupa, telinga kita mendengar suara, pikiran
berkeliaran di luar, maka harus tahu mengendalikannya. Makna dari mengendalikan
di sini adalah menarik kembali. Bagaimana cara menariknya kembali?
Ketika mata melihat
rupa, jangan taruh di hati, tidak timbul niat pikiran; ketika telinga mendengar
suara juga jangan taruh di hati, tidak timbul niat pikiran; ketika enam indria
(mata, telinga, hidung, lidah, jasmani dan pikiran) melakukan kontak dengan
enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran),
tidak timbul niat pikiran, inilah yang disebut dengan “Mengendalikan enam
landasan indria”.
Praktisi yang
sanggup mewujudkan hal begini, dia pasti bukan orang awam, orang awam bagaimana
mungkin bisa mengendalikannya? Pikiran selalu berkeliaran di luar.
Maka itu hari ini
kita melafal Amituofo menggunakan pikiran yang terpencar, andaikata kita dapat
menfokuskan pikiran melafal Amituofo, maka bisa dibayangkan bagaimana kekuatannya.
Melafal Amituofo
adalah serupa, namun hati yang digunakan berbeda, makanya hasilnya tidak sama.
Hal ini harus kita pahami.
Sudah sekian tahun
kami belajar ajaran sutra, memahami akan hal ini, takkan ada keraguan lagi, jasa
kebajikan dari menfokuskan pikiran melafal Amituofo sungguh tak terbayangkan.
Maka itu dikatakan
sebagai “Setiap lafalan Amituofo terjalin dengan Buddha Amitabha, lafalan demi
lafalan Amituofo terjalin dengan Buddha Amitabha”, bagaimana caranya supaya bisa
terjalin? Yakni mesti satu hati, satu kebajikan, satu tekad, satu pelaksanaan
dengan Buddha Amitabha, dengan demikian anda dan Buddha Amitabha barulah
merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, kalau sudah begini, menurutmu
dosa apa lagi yang tidak tereliminasi?
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 6 Juli 2010
大勢至菩薩教我們念佛,「都攝六根,淨念相繼」,這就有道理,那個一聲佛號功德不可思議。「都攝六根」,我們眼見色、耳聞聲,第六意識在六根往外頭跑,都攝是拉回來。怎麼拉?眼見色不動心,不起心不動念,耳聞聲不起心不動念,六根接觸六塵境界都能做到不起心不動念,那叫都攝六根。這個人還得了嗎?這人是聖人,他不是凡人,凡人怎麼能控制得住?心就是往外跑。所以我們今天用什麼心?散亂心念佛,我們要能一心念佛那還得了嗎?念佛是一樣的,用心不一樣,所以它效果不相同,這個道理我們要懂。我們學教學這麼多年了,對這個了解,不再懷疑,這個一心念佛功德真不得了。所以說「一念相應一念佛,念念相應念念佛」,它相應,與誰相應?與自性相應,與性德相應。與性德相應就是跟阿彌陀佛相應,怎麼個相應法?跟阿彌陀佛同心、同德、同願、同行。能做到這四個同,你跟阿彌陀佛是一體,你說什麼樣的罪不滅?
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十一集) 2010/7/6
Dari pintu Dharma yang tak terhingga dan tanpa batas, melafal Amituofo
merupakan kebajikan terunggul, sepatah Amituofo ini merupakan nama kebajikan
dari jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan) kita sendiri, jadi melafal Amituofo adalah membangkitkan
Jiwa KeBuddhaan diri sendiri.
Apa makna dari A-Mi-Tuo-Fo? A artinya tanpa, Mi-Tuo artinya batas, Fo
artinya pencerahan, “Pencerahan Tanpa Batas”. Pencerahan Tanpa Batas adalah
jiwa sejati.
Setiap hari kita melafal Amituofo, berkesinambungan tak terputus, lama
kelamaan tanpa disadari kita telah menemukan kembali jiwa sejati, bayangkan,
betapa besarnya jasa kebajikan dan manfaat ini.
Sampai kapan menemukan kembali jiwa sejati? Ketika melafal Amituofo
hingga pikiran terfokus tak tergoyahkan, menemukan kembali jiwa sejati.
Hari ini kita melafal Amituofo, hasilnya tak seberapa, ini
dikarenakan kita tidak sanggup terfokus, melafal Amituofo bercampur dengan
bentuk-bentuk pikiran. Di sinilah letak permasalahannya, jadi bukanlah nama
Buddha yang tidak efektif, tetapi kita sendirilah yang tidak mengerahkan
segenap perhatian.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 6 Juli 2010
無量無邊無盡法門裡面,念佛是第一德。阿彌陀佛這個名號是真如自性的德號,它不是別的,念阿彌陀佛就是念我們的自性。這個名號可以翻成中國的意思,不翻是為了尊重,翻出來是什麼意思?阿翻作無,彌陀翻作量,佛翻作覺,「無量覺」。無量覺是自性,是性德,就是我們諺語所謂無所不知、無所不能,就是這個意思,這個名號裡就是這個意思,自性才能夠真正稱得上無所不知、無所不能。我們天天念這個,念茲在茲,念久了不知不覺就明心見性,你說這個功德利益多大,不知不覺就見性。到什麼時候見性?一心不亂專持名號就見性。我們今天念佛效果不大,那就是我們不是一心,雜心念佛,我們是亂心念佛,不是一心。問題出在這個地方,不是佛號不靈,是我們自己不會用心。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十一集) 2010/7/6