Buddha Sakyamuni menyampaikan bahwa “Segala sesuatu muncul dari hati
dan pikiran”, makanya melafal Amituofo pasti mencapai KeBuddhaan. Lantas kenapa
saya sudah melafal Amituofo tetapi tidak bisa mencapai KeBuddhaan?
Oleh karena anda melafal Amituofo bercampur dengan kekotoran batin,
bercampur dengan tabiat mementingkan diri sendiri, bercampur dengan ketenaran
dan keuntungan, bercampur dengan ketamakan, kebencian, kedunguan, kesombongan,
makanya keterampilan melatih dirimu tidak efektif.
Apabila di dalam lafalan Amituofo tidak mengandung keraguan, tidak
terpencar, tidak terputus, maka tidak ada alasan untuk gagal!
Bodhisattva Mahasthamaprapta mengajarkan kita “Mengendalikan enam
landasan indria”, artinya adalah tidak berpencar, tiada keraguan.
Ada orang yang sepanjang hidupnya melafal Amituofo, tetapi tidak punya
kepastian terlahir ke Alam Sukhavati, mengapa dia tidak yakin dirinya sendiri
dapat terlahir ke Alam Sukhavati? Oleh karena di dalam lafalan Amituofo-nya
tidak terfokus dan mengandung keraguan.
Dia ragu, apakah benar saya bisa ke sana? Lantas bagaimana caranya
menghapus keraguan ini? Bagaimana caranya mengenyahkan pikiran yang berpencar
alias tak terfokus? Satu-satunya cara adalah dengan mendengar ceramah Dharma.
Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma 49 tahun lamanya, tujuannya tak
lain supaya kita dapat menghapus keraguan, melenyapkan pikiran yang
bercabang-cabang.
Apa yang diajarkan di dalam ajaran sutra? Yakni menjelaskan kebenaran.
Setelah anda memahaminya barulah bersedia melepaskan kemelekatan. Mengapa
demikian? Mengetahui bahwa segalanya adalah kekosongan, seperti yang disebutkan
di dalam “Maha-prajnaparamita Sutra” sebagai “Segala sesuatu adalah semu,
kosong (atyanta-sunyata) dan tidak bisa diperoleh”, bahkan tubuh jasmani ini
saja juga tidak bisa diperoleh.
Setelah memahaminya, takkan berkhayal lagi, keterampilan melatih diri
jadi murni, melafal Amituofo jadi efektif, sekarang bertanya kembali padamu,
apakah punya kepastian terlahir ke Alam Sukhavati? Anda pasti akan menjawab, tentu
saja, saya pasti terlahir ke Alam Sukhavati.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 28 Agustus 2010
Atyanta-sunyata :
我們從佛在大乘經上常說的,「一切法從心想生」、「心現識變」,這是佛告訴我們的總綱領、總原則,所以念佛就成佛,心想生。我念佛成不了佛,我念佛夾雜著髒東西在裡頭,夾雜著自私自利、夾雜著名聞利養、夾雜著貪瞋痴慢,所以你功夫不得力。如果你這句佛號裡面沒有懷疑、沒有夾雜、沒有間斷,哪有不成功的道理!大勢至菩薩教導我們「都攝六根」,都攝六根就是不夾雜、不懷疑。不懷疑是攝意根,不夾雜是前五根,眼耳鼻舌身。功夫純,效果不可思議!一念相應一念佛,念念相應念念佛,佛是這麼念的。佛家重實質不重形式,形式沒有關係。實質是什麼?與這個相應就是實質,與清淨平等覺相應,與都攝六根、淨念相繼相應,這個人叫會念,他真念佛,他會念。
所以往生西方極樂世界,你真明白之後,你就曉得真容易,一點都不難,端在放下。它會變得這麼困難,有人念一輩子,往生有沒有把握?沒有把握,他講真話,他不是講假話。為什麼沒有把握?一句佛號裡頭有夾雜、有懷疑。有懷疑,我能不能去?這懷疑。如何把這個疑去掉?如何把夾雜去掉?唯一的辦法,聽教,就是聽經。釋迦牟尼佛為我們講經說法四十九年,就是教我們斷疑惑、斷夾雜。經教講的是什麼?把事實真相講清楚、講明白。你也真搞清楚、真搞明白,你就徹底放下了。為什麼?知道這玩意一場空,就像《大般若經》上所說的,「一切法無所有,畢竟空,不可得」,連這個身體都不可得。真搞清楚、真搞明白,再也不打這些妄念,你的功夫就純了,你念佛就得力,不要多久,你念七天的佛,你就覺得不一樣了,再問你有沒有把握往生?你可以敢說,我有把握往生。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一二六集) 2010/8/28
“Ketahuilah bahwa jasa kebajikan dari melafal Amituofo tak
terbayangkan, lautan tekad Ekayana tak terbayangkan”.
Melafal Amituofo adalah benih sebab, lautan tekad Ekayana adalah buah
akibatnya. Sebab dan akibat juga tak terbayangkan!
Kini di dunia ini banyak bencana bermunculan, praktisi Buddhis yang
mendengar hal ini apakah ikut terpengaruh? Praktisi pelafal Amituofo takkan
terpengaruh sama sekali, mendengar berita begini, dia segera melepaskan segala
kemelekatan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo.
Menyadari bahwa sekarang kita berada bersama adalah karma kolektif!
Apabila dalam karma kolektif, saya juga punya bagian di dalamnya, maka setelah
meninggal dunia, saya akan terlahir ke Alam Sukhavati, ini juga merupakan hal
yang bagus.
Yang namanya karma kolektif, semua orang juga tidak bisa lolos
darinya, tetapi tempat yang akan dituju setiap insan adalah tidak sama,
praktisi yang menfokuskan pikiran melafal Amituofo akan terlahir ke Tanah Suci
Sukhavati, insan yang berhati baik akan bertumimbal lahir di Alam Dewa (Surga),
pelaku kejahatan akan jatuh ke tiga alam rendah, tempat yang dituju setiap
insan itu tidak sama, sungguh adil, tidak ada yang dirugikan sama sekali.
Praktisi Buddhis memahami dengan jelas, apa yang ditabur, itulah yang
dituai, makanya tak tergoyahkan. Memahami dengan jelas adalah prajna (kebijaksanaan),
tak tergoyahkan adalah samadhi (konsentrasi). Lihatlah alangkah bebasnya,
alangkah bahagianya, betapa sempurnanya!
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 28 Agustus 2010
Catatan :
Lautan tekad adalah 48 tekad agung Buddha Amitabha
Ekayana berarti ajaran yang membimbing para makhluk dalam satu
kelahiran mencapai KeBuddhaan yakni Pintu Dharma Pelafalan Amituofo
「故知持名功德不可思議,一乘願海不可思議」。持名功德是修因,一乘願海是果報,因果都不可思議!現在這個世間災難那麼多,學佛的人聽到這些信息,有沒有受影響?真正念佛的人一絲毫的影響都不受,聽到這個信息,他趕快放下,認真念佛,知道我們現在在一起,共業!如果共業裡頭有我一分,我在共業裡面也會往生,好事情,提前走了。共業,大家一樣遭難,各人去處不一樣,一心念佛的人,他到淨土去了、到極樂世界去了,心地善良的人生天,天道去了,造作不善到三惡道去了,各人去的地方不一樣,很公平,沒有一絲毫冤枉。學佛的人清清楚楚、明明白白,什麼樣的因,什麼樣的果,都擺在面前,自己了了分明,如如不動。了了分明是智慧,如如不動是三昧,你說多自在、多幸福、多麼圓滿!
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一二六集) 2010/8/28