Para makhluk memiliki akar kebijaksanaan yang berbeda, kesukaan yang
tidak serupa, semua ini berkaitan dengan apa yang dipelajarinya pada masa
kehidupan lampau.
Umpamanya pada masa kehidupan lampau dia belajar ajaran Theravada,
maka pada masa kelahiran sekarang ketika berjumpa dengan aliran Theravada, dia
akan merasa gembira, sedangkan terhadap Ajaran Mahayana, dia tidak dapat
menerimanya.
Sama halnya pula dengan orang yang pada masa kehidupan lampaunya
belajar ajaran Zen, pada masa kelahiran sekarang ketika bertemu dengan aliran
Zen, dia akan merasa gembira.
Jadi bukan hanya pada satu masa kehidupan ini, tetapi merupakan
tabiat dari masa kehidupan lampau, kelahiran demi kelahiran beragam metode yang
dipelajarinya.
Dari beragam metode yang dipelajari, pasti ada satu yang paling
disukai, pada masa kelahiran mendatang ketika bertemu lagi dengan pintu Dharma
tersebut, benih yang tertanam di Alayavijnana (gudang kesadaran) akan efektif,
inilah alasannya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2010
眾生很多,根性不相同,愛好不一樣,這些與過去生中所學習的有關係。過去生中學小乘的,他遇到小乘他就歡喜,大乘他就不能接受;學禪的,遇到了就喜歡,喜歡禪;學教,教有很多,有人喜歡天台,有人喜歡賢首,有人喜歡法相。這不是這一生的,是過去生中習氣,生生世世學得很雜、學得很多。在諸多學習當中,你對哪一種真正心裡歡喜,以後再遇到了,阿賴耶識這個種子就又被它引發出來,是這麼樣一個原因。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十四集) 2010/7/9
Hari ini kita menerima Pintu Dharma Tanah Suci adalah tidak mudah.
Saya sendiri setelah belajar Buddha Dharma, 20 tahun kemudian barulah dapat
meyakini Ajaran Sukhavati.
Setelah meyakini Ajaran Sukhavati, saya merasa begitu bersukacita,
oleh karena hal ini berarti pada masa kehidupan lampau saya juga melatih Pintu
Dharma ini, meskipun sekarang butuh waktu 20 tahun barulah dapat menerimanya.
Tidak seperti sebagian orang yang begitu mengenal Ajaran Sukhavati
langsung timbul perasaan sukacita. Kami begitu salut pada mereka, menyesali
diri sendiri yang tak sebanding, saya sendiri butuh waktu 20 tahun baru dapat
meyakininya, kenapa dia bisa langsung percaya? Namun sayangnya dia baru belajar
sebentar saja, tidak lama kemudian sudah mundur hatinya, dia pergi belajar
metode lainnya.
Kasus begini ada banyak sekali, tidak mengherankan. Tak peduli pintu
Dharma manapun yang anda latih, kami juga memuji dan ikut bersukacita, takkan
ada hati yang membeda-bedakan.
Kita mesti meneladani Sang Buddha, Buddha memandang semua makhluk
dengan setara, takkan timbul niat pikiran. Kita harus belajar untuk tidak
timbul niat pikiran, takkan terpengaruh oleh kondisi luar, barulah kita
memiliki ketrampilan melatih diri dan kekuatan samadhi!
Kita harus memahami mengapa dia selalu berubah-ubah dalam memilih
metode melatih diri, hal ini dikarenakan pada masa kehidupan lampau, dia
belajar beraneka ragam, tidak terfokus.
Jadi pada masa kehidupan sekarang, ketika bertemu dengan metode A,
dia merasa suka, beberapa waktu kemudian, dia bertemu dengan metode B, dia juga
merasa suka, akhirnya dia membuang metode A dan beralih memilih metode B,
demikian pula ketika bertemu dengan metode C, D, E dan seterusnya, oleh karena
pada masa kehidupan lampaunya dia hobi belajar metode gado-gado.
Lantas, adakah kemungkinan dia bisa berhasil? Yah tinggal
angan-angan. Fakta ini justru tidak diketahuinya, andaikata dia menyadari hal
ini, dia pasti akan kembali melatih metode Tanah Suci. Mengapa demikian? Dengan
melatih metode Tanah Suci, pada satu masa kehidupan ini dapat meraih
keberhasilan, yang lainnya belum tentu.
Meskipun pada masa kehidupan lampau dia menanam akar dengan sangat
mendalam, namun pada masa kelahiran sekarang ini, untuk meraih keberhasilan,
mesti melenyapkan kekotoran batin dan melepaskan kemelekatan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2010
我們今天接受淨土法門不容易,我接受淨土很難,差不多學佛二十年之後才真正接受。真接受之後非常歡喜,也就是說,從前有修,那個根埋得很深,慢慢挖,挖二十年才把它挖出來。不是像有些人一接觸他就歡喜。我們看到很歡喜,自嘆不如,我要搞二十年才相信,他怎麼一接觸就相信、就歡喜?可是這裡頭有很歡喜接觸,學了之後不久他就退心,他又去搞別的去了。這個事情很多,也很平常,我們都見怪不怪。無論你修學什麼,我們都讚歎,我們都歡喜,不要有分別心。我們要學佛,佛對眾生一律平等,佛對一切眾生,眾生起心動念,佛沒有起心動念,我們要學不起心不動念,不受外面境界的影響,我們才算真有功夫,有定力!這在佛法一般講,三昧,不受外面環境影響。我們知道他為什麼會這樣,知道他過去學得很雜、學得很多。一見歡喜,肯定過去學過,學到中途他會改變,這是他對那個法門過去學得也有相當深度,這一生遇到緣了,他會把這個捨棄去搞別的。能不能有成就?這樁事情他並不知道,如果他要是知道,肯定又回來搞淨土。為什麼?淨土可以一生成就,其他的不見得。雖然過去有很深的根,這一生要成就,成就沒有別的,你煩惱能不能斷?這個很現實,我能不能放下?
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十四集) 2010/7/9
Buat apa kita terlahir ke Alam Sukhavati?
Untuk menuntut ilmu, Buddha Amitabha adalah Guru kita, Bodhisattva Manjusri,
Bodhisattva Samantabhadra dan Maha Bodhisattva lainnya adalah kakak kelas kita,
setiap hari kita berada bersama dengan Mereka, tempat berkumpulnya insan berkebajikan
tinggi, dengan lingkungan belajar sedemikian rupa, apakah mungkin anda takkan
berhasil?
Keunggulan Alam Sukhavati, para Buddha di
sepuluh penjuru serentak memberikan pujian, jadi bukan semu adanya. Serupa
dengan yang dikatakan Master Shandao sebagai “Sepuluh ribu orang yang
melatihnya, sepuluh ribu pula yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati”.
Lantas kenapa sekarang praktisi yang
melatih metode Tanah Suci jumlahnya banyak, tetapi yang berhasil terlahir ke
Alam Sukhavati jumlahnya sedikit? Apa sebabnya?
Ini dikarenakan dia melatih diri secara
tidak benar. Praktisi zaman dulu sebelum melatih diri, terlebih dulu memahami
ajaran sutra. Fungsi sutra adalah untuk memperkenalkan Alam Sukhavati kepada
dirimu.
Setelah anda memahami teori dengan jelas,
barulah menuruti kebenaran yang tercantum di dalam sutra pergi melatih diri, dengan
demikian pasti bisa meraih keberhasilan.
Praktisi yang gagal terlahir ke Alam
Sukhavati, kalau bukan karena teori yang bermasalah (salah tafsir), pasti dalam
pelaksanaannya yang timbul masalah, maka itu tidak boleh tidak belajar.
Ada 4 tahapan dalam melatih diri yakni “keyakinan,
pemahaman, pengamalan, pencapaian”, terlahir ke Alam Sukhavati merupakan
pencapaian. Hasil apa yang dicapai? Yakni KeBodhian tertinggi yang tiada
taranya.
Ini merupakan salah satu tekad Buddha
Amitabha, yang mengatakan bahwa setiap praktisi yang terlahir ke Alam
Sukhavati, pasti menjadi Bodhisattva Avaivartika. Siapakah Bodhisattva
Avaivartika? Yakni Bodhisattva yang telah menyempurnakan tiga ketidakmunduran.
Praktisi zaman dulu berkata, Bodhisattva Avaivartika merupakan Bodhisattva di
atas tingkatan Bhumi ke-7.
Lantas mengapa praktisi yang terlahir di
Alam Sukhavati pada Bunga Lotus tingkatan paling rendah juga bisa menjadi
Bodhisattva Avaivartika? Ini merupakan pemberkatan dari kewibawaan tekad Buddha
Amitabha. Yang juga berarti meskipun belum melenyapkan kekotoran batin, tetapi
segala keistimewaan yang anda nikmati di Alam Sukhavati adalah setara dengan
Bodhisattva tingkatan Bhumi ke-7, kebijaksanaan dan kemampuan gaib yang anda
miliki adalah setara dengan Bodhisattva tingkatan Bhumi ke-7.
Hanya satu-satunya di Alam Sukhavati yang
memiliki keistimewaan sedemikian rupa, setelah memahami hal ini dengan jelas,
apakah hatimu masih goyah? Anda pasti takkan menaruh minat lagi pada pintu
Dharma lainnya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 9 Juli 2010
Tingkatan Bodhisattva:
到極樂世界幹什麼?到極樂世界去求學,阿彌陀佛是老師,文殊、普賢是同學、學長,天天見面,諸上善人俱會一處,你能夠參與這種學習的環境,你能不成就嗎?淨土的殊勝,十方諸佛如來讚歎,不是假的,真的是像善導大師所說「萬修萬人去」。
為什麼現在學淨土的人多,真正往生的人少?那是什麼?那是他修學得不如法。古人修學先明瞭經典,經典是什麼?介紹的,經典的作用是介紹,把西方極樂世界介紹給你。有理論、有境界、有方法,這方方面面你都搞清楚、搞明白了,依照道理方法去修學,沒有一個不成就的。凡是念佛不能往生的,不是在理論上出了問題,就是在方法上出問題,所以不學還是不行。佛法講的「信、解、行、證」這四個階段,往生西方極樂世界就是證果,證什麼果?無上菩提之果。這是真的不是假的,這是四十八願裡阿彌陀佛自己說的,只要生到西方極樂世界,你就是阿惟越致菩薩。阿惟越致是什麼樣的人?古大德跟我們講圓證三不退。我們曉得,證三不退是《華嚴經》上初住菩薩,出離十法界,生到如來實報莊嚴土,這還得了!圓教的初住,別教的初地,這證三不退。為什麼?圓證,圓是圓滿,圓滿證得三不退,那就不是初住,古人講是七地以上,這個品位太高了。怎麼凡聖同居土下下品往生也是的?那是阿彌陀佛本願威神加持你。也就是說,實際上你是凡聖同居土,一品煩惱還沒斷,但是在西方極樂世界的待遇,阿彌陀佛給你的待遇,是七地菩薩的待遇,你的智慧、神通、道力好像跟七地菩薩差不多的樣子。這到哪裡去找!除了極樂世界之外,你去看《大藏經》,釋迦牟尼佛從來沒有說,哪一個佛世界像極樂世界一樣,沒講過,只有極樂世界有。真的把這樁事情認清楚、肯定了,你還會動心嗎?什麼法門你都會不動心。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十四集) 2010/7/9