Sabtu, 11 Agustus 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 April 2010 (Bgn 2)


Tenangkan hati, lepaskan niat mementingkan diri sendiri, ketenaran dan keuntungan, Lima Nafsu Keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur), Enam Kondisi Luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), ketamakan, kebencian, kebodohan, kesombongan, semuanya harus dilepaskan.

Harus diketahui bahwa semua hal ini merintangi pelatihan diri, bukan saja menghalangi dirimu mencapai kesucian, namun juga menghambat dirimu mencapai pencerahan dan terlahir ke Alam Sukhavati.

Kalau tidak melepaskan hal ini, kerugian yang anda derita akan besar sekali, oleh karena dalam satu masa kehidupan ini, kita dapat meraih keberhasilan. Hendaknya meneladani Bodhisattva Manjusri dan Bodhisattva Samantabhadra, lihatlah Bodhisattva Manjusri adalah Guru dari tujuh Buddha, siswa-siswaNya telah mencapai KeBuddhaan.

Demikian pula dengan Bodhisattva Ksitigarbha, siswa-siswaNya yang telah mencapai KeBuddhaan sudah tak terhitung jumlahnya, Sutra Ksitigarbha menyebutkan di Istana Surga Tavatimsa, para Buddha yang berdatangan dari sepuluh penjuru adalah siswa-siswaNya. Hal ini memberikan keyakinan hati pada kita semuanya.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 April 2010

把心定下來,把自私自利、名聞利養、五欲六塵、貪瞋痴慢統統放下。要知道這些東西是障道的,不但障礙你證果,障礙你開悟,也障礙你往生。這些東西不放下,你的虧可吃大了,這是我們學佛要想在一生成就,你決定要知道。要學文殊、學普賢,你看這樣的菩薩,文殊菩薩是七尊佛的老師,學生都成佛了。地藏菩薩他老人家那些學生成佛的是不計其數,我們在忉利天宮法會上看到,十方來的那些諸佛都是他的學生。這是給我們的信心。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第十二集)  2010/4/16




 
 

Hari ini kita membantu mereka yang tidak percaya untuk menanam benih nama Buddha, bagaimana caranya? Kapan saja dan di mana saja, tangan kita menggenggam tasbih, mulut melafal Amituofo, inilah salah satu contoh untuk membantu para makhluk menanam benih.

Anda berjalan di luar, sambil melangkah sambil melafal Amituofo, orang lain yang sengaja atau tanpa sengaja mendengar atau melihatnya, di Alayavijnana (Gudang Kesadaran) mereka telah tertanam benih, menjalin jodoh dengan Ajaran Tanah Suci. Benih ini disebut sebagai Benih Vajra, yang selamanya takkan rusak, pada masa kelahiran mendatang, ketika bertemu dengan jodoh, benih ini akan efektif.   

Maka itu anggota Sangha yang seburuk apapun, namun jasa kebajikannya sungguh besar, mengapa demikian? Oleh karena jubah yang dikenakannya, sehingga begitu orang lain melihatnya, langsung teringat pada Buddha, umat awam tidak memiliki kelebihan ini. Bayangkan sepanjang hidupnya, dia telah membantu banyak orang menanam akar kebajikan, sepatutnya dihormati, alasannya terletak di sini.

Saya pernah mengajar di universitas selama 5 tahun, ada seorang mahasiswa yang takut ditertawai teman-temannya dibilang percaya takhayul, sehingga belajar Ajaran Buddha secara sembunyi-sembunyi.

Saya bilang padanya, belajar Ajaran Buddha mesti terang-terangan, apalagi kamu harus menyelamatkan makhluk lainnya, pergelangan tangan mengenakan tasbih, tangan menggenggam tasbih, tidak ada orang yang akan menertawaimu.

Walaupun ditertawai orang lain, mengatakan dirimu percaya takhayul, namun anda telah membantunya menanam benih vajra, bukankah ini merupakan hal yang baik.

Buku-buku kuliah juga jangan ditulis nama sendiri, tapi tulislah “Amituofo”, begitu orang lain melihatnya, langsung melafal sepatah Amituofo, lihatlah, bukankah anda telah menyelamatkan orang lain?

Mahasiswa ini mendengar saranku, sejak itu tindakannya malah menjadi tren yang membudaya.

Maka itu dengan upaya kausalya menyelamatkan para makhluk, bila kita memahami kebenaran yang terkandung di dalamnya, baik terhadap anggota Sangha maupun praktisi pelafal Amituofo, kita akan membangkitkan rasa hormat. Penampilan kita merupakan peragaan Dharma, jasa kebajikan ini sungguh luar biasa tiada bandingnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 April 2010

我們今天幫助那些不相信的人下種子,怎麼幫助不相信的人下種子?我們在一切時、一切處,手上拿著念珠,口裡念著阿彌陀佛,那就是給眾生下種子。你在馬路上走,一路走一路念佛,旁邊的人有意無意聽到、看到,阿賴耶識都種了種子,跟淨土宗就結了緣。這個種子叫金剛種子,永遠不壞,來生後世遇到緣它會起現行,它起作用。所以說出家人,出家人再不好,說老實話,他就是破戒,他的功德都比你大,為什麼?他穿那個衣服這個形象,一走到外面人家一看到,佛的印象就種下去了,你沒有這個能力。這還得了!你說他一生當中給多少人種善根,應當尊敬,道理在此地。我早年在學校教書,在大學教過幾年書,教過五年,我就告訴同學,那時候同學好像在學校裡覺得學佛別人說他迷信,難為情,偷偷的學。我就告訴他,你要正大光明的學,你要普度眾生,手上戴念珠、戴手珠,不會有人笑你。人家縱然笑你,「你看那個同學迷信」,雖然說你迷信,他那個佛的種子也種下去了,這是好事不是壞事。在學校裡面念的書本,書本上統統寫個名字,我說你不要寫自己名字,你就寫阿彌陀佛,人家一看這個書,一念阿彌陀佛,你看看,這不就又度了一個人嗎?很多同學真的用我這個方法,以後慢慢就形成風氣。所以善巧方便廣度有情,這裡頭大道理、大因緣我們如果懂得,我們會對出家人、會對念佛的人起恭敬心,他們的表相也就是表法,功德無比殊勝。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第十二集)  2010/4/16

 
 


Bila anda serius melatih diri maka hasilnya akan efektif! Ditinjau dari diri sendiri, jika dilanda bencana atau diserang penyakit, bila anda melatih diri sesuai dengan ajaran sutra, maka penyakit akan sembuh, rintangan karma-mu juga akan lenyap; setelah rintangan karma tereliminasi, maka kesehatan pulih kembali.

Seperti apa yang disebut sebagai rupa berasal dari hati dan pikiran, kondisi berubah mengikuti perubahan hati, hal ini tercantum di dalam sutra Buddha, wajah berubah mengikuti perubahan niat pikiran, demikian pula kesehatan, niat hati yang baik akan menghasilkan kesehatan dan umur panjang, terutama niat pikiran yang melafal Amituofo, lebih menghasilkan kesehatan dan panjang usia.

Pikiran dan perbuatan baik, wilayah yang dihuni takkan dilanda bencana. Meskipun daerah tersebut lebih banyak dihuni orang jahat, tetapi sebagian orang sedang melatih kebajikan, walaupun tempat ini dilanda bencana, dampaknya juga takkan terlampau parah.

Praktisi senior tempo dulu berkata, dari seratus orang, bila ada satu orang saja yang melatih kebajikan, maka 99 orang akan ikut menikmati manfaatnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 April 2010

你要是真幹,它真有效!從什麼地方見效?從自己,自己有災難、有病苦,如果你依照這個方法去修,你的病苦就好了,你個人的業障就消了;業障消了,身體健康就恢復。所謂是相由心生,境隨心轉,這都是佛經上常說的,相貌隨著你的念頭在轉變,身體健康也如是,你心地是善念,健康長壽,如果心裡是淨念,那就更是健康長壽。心行都善,我居住這個環境不會有災難。縱然這個地方造作惡業的人很多,可是有一部分人在修善,這個地方縱有災難,它也輕,不嚴重。古德曾經說過,一百個人當中有一個人修善,那九十九個人都沾光,百分之ㄧ。這話都是真的,都不是假的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第十二集)  2010/4/16