Senin, 20 Mei 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Agustus 2010 (Bgn 2)


Dalam menjalani kehidupan keseharian, tak peduli mengerjakan apa saja, kita masih memiliki tabiat, lantas bagaimana? Setiap insan pasti memiliki tabiat masing-masing, tapi yang penting bisa ditawarkan sedikit, jangan dibiarkan terlampau kental.

Hendaknya tahun demi tahun kian menipis, begini barulah melatih diri jadi efektif; andaikata dapat melakukannya hingga bulan demi bulan kian menipis dan hambar, maka anda telah memasuki gerbang keberhasilan.

Terutama mesti mengingatkan diri sendiri, yakni diri sendiri mesti bermawas diri, dalam segala kondisi, kemelekatan pada perasaan, janganlah dibiarkan terlampau berat, oleh karena hal ini merupakan rintangan karma.

Kemelekatan pada perasaan ini perlahan-lahan ditawarkan, mesti menggunakan Buddha Dharma guna mempengaruhi sanak keluarga. Andaikata dapat melatih diri dengan baik, maka sekeluarga akan harmonis dan bersukacita.  

Sebagai bagian dari keluarga, hendaknya diri sendiri dapat memberi teladan yang baik, ketika keluargamu melihat dirimu senantiasa bersukacita, mereka juga akan ikut bersukacita dan mau belajar darimu.

Melihat ada sanak keluarga yang melakukan keburukan, anda harus menggunakan upaya kausalya untuk menasehatinya, janganlah karena tidak suka melihatnya lalu menciptakan karma buruk.

Terutama karena anda telah belajar Ajaran Buddha, bervegetarian, sedangkan sanak keluargamu masih belum bervegetarian, anda tidak boleh memaksa mereka supaya ikut bervegetarian, hendaknya menuruti apa adanya, mereka pun jadi ikut bersukacita.

Sebaliknya kalau anda begitu hobi mengkritik mereka, tentunya mereka jadi begitu bersedih hati, menciptakan konflik di dalam keluarga, anda telah melakukan kekeliruan. Hendaknya membiarkan mereka perlahan-lahan tercerahkan dan kembali ke jalan yang benar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Agustus 2010


我們在日常生活當中要學習,無論做什麼事情,我們有習氣,怎麼學?我們的習氣淡一點就好。一年比一年淡薄,這就很得力;如果能說一個月比一個月淡薄,那你就快到成功的境界。特別要警告自己,就是自己要有警覺性,在一切境界裡頭,情執不可以太濃,那個不是好事情,那是業障。情執要慢慢把它淡化,家親眷屬要用佛法去感化他們。我們修得很好,一家和睦,一家歡喜。他看到你很歡喜,他自然就向你學習。他不如法的事情,你要有善巧方便,你不能說看不慣,你在造罪業了。尤其是你學佛了,吃素,他們還在吃肉食,你不能障礙他,隨順,他就歡喜。你要是批評他,他心裡多難過,他跟你兩個對立,你就錯了。讓他慢慢自己覺悟,回頭。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一一九集)  2010/8/16





 

Ketika Perang Dunia Kedua berakhir, saya pindah ke Taiwan sendirian.  Di Taiwan saya mengenal Buddha Dharma, lalu meninggalkan keduniawian, kemudian berkeliling memberi ceramah juga di Taiwan.

Tahun 1977 pertama kalinya saya memberi ceramah di Hong Kong, menjalin jodoh dengan umat Buddha di sana. Sekitar tahun 1982-1983 saya berhasil menjalin komunikasi dengan keluargaku di Daratan Tiongkok, komunikasi kami terputus sudah 36 tahun lamanya, barulah mengetahui ibunda dan adikku (laki-laki) masih hidup.

Selang setahun kemudian, saya memberi ceramah di Hong Kong, saya menjemput mereka ke Hong Kong, akhirnya saya dan ibundaku bersua untuk pertama kalinya setelah 36 tahun lamanya berpisah. Beliau melihat diriku telah menjadi seorang Bhiksu, juga melihat ketika saya memberi ceramah, jumlah hadirin yang banyak, beliau amat bersukacita.

Selama berada di Hong Kong, kami tinggal di Perpustakaan Buddhis Zhonghua yang didirikan oleh Master Tan Xu, malam harinya saya memberi ceramah di sini. Siang harinya, kami juga makan di sini.

Saya bertanya pada ibundaku, beliau ingin makan apa? Bunda bilang ingin makan ikan. Saya berpesan pada pengurus bagian dapur supaya setiap hari menghidangkan dua ekor ikan rebus kecil buat ibunda.

Beliau tinggal di Hong Kong seminggu lamanya, saya tidak memaksa beliau harus ikut bervegetarian. Namun selama kurun waktu seminggu ini, saya menyampaikan padanya manfaat dari belajar Buddha Dharma, menasehatinya melafal Amituofo, kalau bisa ikut bervegetarian tentunya yang paling bagus.

Saya bilang pada ibunda bahwa saya sendiri sudah bervegetarian selama berpuluh-puluh tahun, kondisi fisik sangat bagus. Kemudian beliau pulang ke Shanghai, beliau tinggal di rumah adikku, begitu pulang, ibunda mulai bervegetarian. Ini sangat bagus!

Jadi jangan memaksa, kalau dengan paksaan, dia pasti akan melawan. Hendaknya menggunakan hati welas asih memberi perhatian guna membantu dirinya, pelan-pelan mengubah dirinya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Agustus 2010

我在二次大戰結束之後,我到台灣去了,一個人去的。在台灣遇到佛法,也在台灣出家,當年在台灣也是環島到處講經。一九七七年,我第一次到香港講經,跟香港同修結了法緣。好像是在八二年還是八三年,我跟家人取得聯繫,中斷三十六年,三十六年音信不通,知道我母親、弟弟還在。隔了一年,我到香港講經,就把他們接到香港,母親跟我見面,就是中斷三十六年,第一次在香港見面。她看到我出家了,看到我講經很多聽眾,她也很歡喜。在香港,我們住在倓虛老法師所建的中華佛教圖書館,晚上我在那邊講經。中午,飯都在那邊吃。我問我母親想吃什麼?她想吃魚。我就吩咐廚房裡頭每天給她燉兩個小魚。她在那裡住了一個星期,看到我們這個樣子,我不勸她吃素,把佛法這些好處告訴她,勸她念阿彌陀佛,能吃素當然最好。我告訴她,我吃素已經幾十年了,身體很好。她回到上海之後,她住在我弟弟家裡,他們住上海,回去之後她就吃長素了。這個好!不要勸,勸會起反感。所以一定要以關懷愛心幫助他,慢慢的去轉變他。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一一九集)  2010/8/16




 

Sebagian orang tidak mengetahui manfaat vegetarian, mengira vegetarian tidak bergizi, ini adalah pemikiran yang keliru. Kita memahami manfaat dari vegetarian, menjadikan tubuh sehat.

Selama bertahun-tahun, terutama belasan tahun terakhir, ruang lingkup aktivitas kami bertambah luas, menghadiri Konferensi Perdamaian Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa, berkunjung ke berbagai belahan dunia, mengenal banyak sahabat baru.

Saat bercengkerama dengan mereka, pertanyaan yang dilontarkan tak lain adalah bagaimana cara saya memelihara kesehatan sehingga tampak awet? Banyak yang mengajukan pertanyaan yang sama, dapat dilihat betapa pentingnya kesehatan bagi setiap insani.

Saya memberitahukan pada mereka, untuk memelihara kesehatan tubuh ada dua cara yakni yang pertama adalah memelihara kesucian hati, yang kedua adalah bervegetarian. Anda datang bertanya padaku, maka saya memberi jawaban padamu, beginilah cara saya memelihara kesehatan, tidak butuh segala suplemen, juga tidak mengonsumsi obat dokter.

Bahkan dalam keseharian, porsi makanku sangat sedikit, tidak punya kebiasaan makan camilan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Agustus 2010


一般人不知道素食的好處,以為吃素沒有營養,這是錯誤的觀念。我們懂得素食好處,素食健康。這麼多年來,尤其是最近十幾年,我們的活動範圍擴大了,參與聯合國的國際和平會議,到處走,認識許許多多的新朋友。這麼多年來,最熱的一個問題,就是朋友們聚會在一塊,問我這身體怎麼保養的?大家都問這個問題,可見得對身體很關心。我告訴他,保養身體兩個方法,一個是清淨心,第二個是素食。我說你來問我,我就是這樣保養的,沒有用任何的補品,也沒有醫藥。我的生活很簡單,而且吃得很少,不吃零食,沒有零食的習慣。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一一九集)  2010/8/16