“Master Zhi-zhe
membaca Sutra Lotus, mencapai pencerahan, memasuki Samadhi Lotus, menyaksikan
langsung Persamuan Sutra Lotus di Lingshan atau Gunung
Grdhrakuta, ternyata sampai kini masih belum bubar, kemudian Master
Zhi-zhe menetap di Gunung Tiantai mendirikan Sekte Tiantai, meninggal dunia
dengan berbaring menghadap ke kanan, melafal nama Buddha Amitabha dan
Bodhisattva Avalokitesvara dan wafat”.
Alinea di atas
mengenalkan Master Zhi-zhe secara ringkas, beliau mendirikan Sekte Tiantai,
merupakan sosok yang sangat penting. Di dalam biografi Master Zhi-zhe ada
sebuah kisah, suatu hari ketika beliau sedang membaca Sutra Lotus pada “Bab
Bodhisattva Bhaisajya-raja” kemudian memasuki samadhi yang
dinamakan Samadhi Lotus.
Kondisi batin ini
memecahkan konsep ruang dan waktu, dia dapat menyaksikan secara langsung
Persamuan Sutra Lotus, dimana Buddha Sakyamuni sedang membabarkan Sutra Lotus
di Gunung Grdhrakuta atau Lingshan, dia sempat mengikuti pembabaran satu bab
ini.
Usai itu Master
Zhi-zhe keluar dari samadhinya, memberitahu semua orang bahwa persamuan di Gunung
Grdhrakuta masih belum bubar, Buddha Sakyamuni masih membabarkan sutra di sana.
Master Zhi-zhe mendirikan Sekte Tiantai, saat menjelang ajal, beliau
berbaring dengan posisi tubuh menghadap ke kanan, melafal nama Buddha Amitabha
dan Bodhisattva Avalokitesvara dan terlahir ke Alam Sukhavati.
Maka itu para Guru Sesepuh dan praktisi senior Sekte Tiantai, saat
menjelang ajal juga melafal Amituofo dan terlahir ke Alam Sukhavati. Termasuk
juga praktisi Tiantai masa kini, misalnya Master Dixian, Master Tanxu, Master
Baojing, mereka juga melafal Amituofo dan terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.
Dari sini dapat dilihat keunggulan dari Aliran Tanah Suci.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 14 Mei 2010
「智者大師誦《法華》,身心豁然,得入法華三昧,親見靈山一會,儼然未散,後住天台山創天台宗,臨終右脅西向,稱念彌陀觀音而寂。」這是簡單的介紹天台智者大師,這是天台宗,也叫法華宗,一位非常重要的人物,天台宗的圓滿建立可以說是在大師手中完成的。傳記裡面有這麼一段記載,他有一天誦《法華經》,讀到「藥王菩薩品」入定了,這個入定,這個定就是法華三昧。定中境界突破時間跟空間,他就見到釋迦牟尼佛在靈鷲山講《法華經》,他參加了這一會,就是這堂課,參加了一堂課。聽完之後出定,回來了,告訴大家釋迦牟尼佛靈山一會還沒散,還在講。這是什麼境界?這是《華嚴經》上十玄門的境界。
智者大師建立天台宗。他老人家往生的時候,「臨終右脅西向」,臨終的時候跟釋迦牟尼佛示現的是一樣的。「稱念彌陀觀音而寂」,智者大師這四種念佛,他是用觀想念佛,他不是持名,觀想念佛,依《十六觀經》,他往生西方極樂世界。所以天台宗以後的這些祖師大德,很多走的時候全是念佛往生。包括在近代,我們看到諦閑法師、倓虛法師、寶靜法師,這些天台宗的,全都是念佛往生淨土,由此可知淨土宗的殊勝。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三十九集) 2010/5/14
Master Yongming Yanshou mencapai pencerahan berkat guru
pembimbingnya. Guru pembimbingnya ini merupakan praktisi Zen dari Fa-yan-zong (Sekte
Mata Dharma). Setelah wafatnya Sesepuh Zen ke-6, Master Huineng, Aliran Zen
terpecah jadi lima sekte, salah satunya adalah Sekte Mata Dharma.
Master Yongming Yanshou kemudian beralih menjadi praktisi Aliran
Tanah Suci, beliau merupakan jelmaan Buddha Amitabha. Pada era tersebut, Aliran
Zen sedang berjaya, banyak orang yang mempelajarinya, Master Yanshou juga ikut
belajar Zen, setelah mencapai pencerahan, beliau membangkitkan Bodhicitta,
menfokuskan diri melafal Amituofo berkesinambungan, melatih Pintu Dharma Tanah
Suci.
Mengapa Master Yanshou bertindak sedemikian rupa? Maknanya sungguh
mendalam! Menyadari bahwa Aliran Zen hanya merangkul insan yang memiliki akar kebijaksanaan
tertinggi, sementara kita sendiri kalau dapat mencapai samadhi saja sudah
lumayan, tidak mampu menemukan kembali jiwa sejati.
Mencapai samadhi, kelak terlahir di mana? Yakni di empat tingkatan
Alam Jhana di Rupa-loka, atau lebih tinggi lagi yakni di empat tingkatan alam
di Arupa-loka, namun masih saja tidak berhasil melampaui enam alam tumimbal
lahir.
Buddha dan Bodhisattva ber-Maitri Karuna, menampilkan peragaan untuk
diperlihatkan pada kita semuanya, anda menasehati mereka supaya melatih Pintu
Dharma Tanah Suci, mereka tak percaya, meremehkan bahwa metode ini cuma cocok
buat Oma Opa, melatih metode Zen, dia lupa mengukur kemampuannya sendiri, tidak
memenuhi syarat karena tidak memiliki akar kebijaksanaan tertinggi.
Praktisi sekalian hendaknya tahu bahwa ini merupakan tabiat
keangkuhan, dia masih belum melepaskannya. Maka itu Buddha dan Bodhisattva
menampilkan peragaan untuk diperlihatkan padanya, anda melatih Zen saya juga
melatih Zen, anda belum mencapai pencerahan tetapi saya telah menemukan kembali
jiwa sejati, setelah menemukan kembali jiwa sejati, saya beralih melatih metode
Tanah Suci, menuntun para praktisi Zen supaya beralih melatih Pintu Dharma
Tanah Suci.
Dengan upaya kausalya ini, Master Yanshou menuntun para praktisi Zen beralih
melatih Pintu Dharma Tanah Suci, di dalam Pintu Dharma Tanah Suci, setiap
praktisi mencapai keberhasilan. Di dalam Aliran Zen cuma meraih prestasi
secuil, namun di dalam Aliran Sukhavati, semuanya berhasil terlahir ke Alam
Sukhavati.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 14 Mei 2010
再看下面一位,「永明大師於天台韶國師發明心要」,這句就是講的永明大師他開悟的因緣。他的老師,現在講指導的老師、傳法的老師,幫助他、指導他大徹大悟,發明心要就是大徹大悟。他老人家原先也是修禪宗的,「法眼宗嫡孫」,這是六祖以後,六祖的學生分了五派,這一個大宗裡分了五個小宗,法眼宗。「後專志淨宗」,這我們知道了,他的身分暴露了,他是阿彌陀佛再來的。在那個時代禪風很盛,大家都學禪,他也學禪,從禪宗裡面大徹大悟之後,再發菩提心、一向專念,修淨土。大師為什麼這麼做?用意很深!知道禪宗裡面許許多多人不是上上根器,禪是接上上根人的,他不是這個根器;換句話說,他這一生在禪宗裡開不了悟,見不了性,頂多得禪定而已,那算不錯的了。得禪定,他將來到哪裡去?命終之後多半生四禪天、四空天,出不了六道輪迴。佛菩薩慈悲,為這些人做示現,你勸他修淨土他不相信,他說那是老太婆教,他瞧不起,參禪他又不具條件,不是那個上上根人。諸位要知道,貢高我慢的習氣在,他放不下。所以佛菩薩做這樣的示現給他們看,你學禪我也學禪,你還沒開悟,我開悟了,我已經明心見性,回過頭來專修淨土,把他們帶到淨土來。做這樣方便的示現,善巧方便把這些修禪的人帶到淨土,在淨土裡頭沒有不成就的,個個成就。禪裡面得一點小成就,回過頭來修淨土宗,沒有一個不往生的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三十九集) 2010/5/14
Tak peduli pintu
Dharma manapun yang dilatih, cara boleh berbeda namun prinsipnya adalah sama, yaitu
mencapai samadhi (pikiran terfokus atau konsentrasi). Yakni mengajarimu supaya
melepaskan kemelekatan. Dengan melepaskan kemelekatan maka samadhi akan
tercapai.
Master Zhi-zhe
praktisi Sekte Tiantai, memasuki samadhi Lotus, dimana di dalam samadhinya, dia
menyaksikan langsung Buddha Sakyamuni sedang membabarkan Sutra Lotus.
Praktisi Aliran
Sukhavati ketika melafal Amituofo hingga mencapai Pikiran Terfokus Tak
Tergoyahkan, memasuki samadhi pelafalan Amituofo, menyaksikan langsung Buddha
Sakyamuni sedang membabarkan Sutra Usia Tanpa Batas.
Kondisi batin ini
mengungkapkan bahwa di dalam Alayavijnana (gudang kesadaran) tertanam benih
tabiat ini, benih tabiat ini terjalin dengan Pintu Dharma yang anda pelajari, maka
muncullah kondisi batin tersebut.
Pintu Dharma mana
yang kita latih, sutra mana yang kita pelajari, maka di dalam samadhi akan
muncul kondisi batin yang terjalin dengan metode pelatihanmu, setiap lafalan
Amituofo terjalin dengan Buddha Amitabha.
Anda tidak memohon
bertemu dengan kondisi batin seperti ini, namun anda memiliki tabiat ini,
Buddha dan Bodhisattva meresponnya sehingga muncullah kondisi batin tersebut.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 14 Mei 2010
無論修哪個法門,諸位必須要知道,只是方法不一樣,門徑不相同,它的原理原則完全是一樣,全是修禪定,就是全是教你放下。放下,自性本定就現前,三昧現前,甚深三昧裡面那個境界就是佛境界。天台大師所入的法華三昧,釋迦牟尼佛還在那裡講經,講什麼經?講《法華經》。淨宗的大德念佛,念到一心不亂,事一心不亂,甚至於事一心不亂還不到,功夫成片裡的上輩上三品,都是念佛三昧。他見到佛,見到釋迦牟尼佛,釋迦牟尼佛還在講經,講什麼經?講《無量壽經》。這個境界就是說你的阿賴耶裡有習氣種子,這習氣種子與哪一個相應,那個境界就現前。我們自己學哪一個法門、學哪一部經教,你在三昧裡面一定遇到跟你相應的境界現前,一念相應一念佛,念念相應念念佛,它相應。你沒求,你有這個習氣,這個習氣就是冥感,佛菩薩顯應,冥感顯應,你見到這個境界了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三十九集) 2010/5/14