Jumat, 17 Agustus 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 April 2010 (Bgn 2)


Perbedaan dan kemelekatan kita masih ada, tabiat ini dapat dibawa serta ke Alam Sukhavati. Tidak masalah, penduduk Alam Sukhavati seluruhnya telah melepaskan perbedaan dan kemelekatan, sesampainya di sana, dengan cepat anda akan terbiasa dan beradaptasi, sehingga dalam waktu singkat, perbedaan dan kemelekatan dapat dilepaskan. Mengapa demikian?

Perbedaan dan kemelekatan adalah akibat dari nafsu keinginan kita untuk memperoleh sesuatu, oleh karena keinginan tidak tercapai makanya anda melekat, andaikata segala sesuatu dapat terpenuhi sesuai dengan keinginan, begitu anda berpikir, benda yang diinginkan langsung muncul, ketika tidak dihendaki lagi, benda tersebut langsung sirna, lihatlah, betapa leluasanya.  

Sesampainya di Alam Sukhavati, 48 tekad Buddha Amitabha akan memberkatimu, apa yang dipikirkan akan muncul dengan sendirinya. Baik sandang, pangan dan papan, semuanya terwujud sesuai dengan harapan, tidak perlu tukang bangunan, tukang jahit, semuanya sudah siap huni dan siap pakai.

Hidangan apa yang diinginkan, langsung muncul di hadapanmu, ketika tidak menghendakinya lagi, semuanya akan lenyap dengan sendirinya dan bersih.  Apakah hal ini masuk akal?

Ilmuwan menjelaskan pada kita, energi dapat berubah menjadi material, demikian pula sebaliknya, material juga dapat berubah jadi energi. Di alam manusia ini, material dapat berubah menjadi energi, salah satu contohnya adalah bom nuklir. Tetapi untuk mengubah energi menjadi material, manusia masih belum sanggup mewujudkannya, namun mereka tahu bahwa hal ini bukanlah sesuatu yang mustahil.

Penduduk Alam Sukhavati mampu mewujudkannya, setiap insan memiliki kekuatan sedemikian rupa, tidak membutuhkan peralatan, namun mereka menggunakan niat pikiran, apa yang dipikirkannya, energi segera berubah menjadi material, kemudian dia menggunakannya; usai itu dia tidak menghendakinya lagi, material kembali berubah menjadi energi dan sirna.

Jadi penduduk Alam Sukhavati tidak butuh lemari buat menyimpan barang-barangnya, ketika dibutuhkan dia akan muncul dengan sendirinya, betapa leluasanya. Dalam lingkungan begini, perlahan segala nafsu keinginan dan khayalan takkan ada lagi.

Segala keinginan sudah terwujud, mau apa lagi? Uang? Mau dipakai buat apa? Mendambakan emas? Di Alam Sukhavati, emas dipakai untuk mengaspal jalanan. Anda tidak mungkin menyimpan bahan aspal di rumah bukan? Lain halnya di Planet Bumi ini, emas tergolong langka makanya begitu bernilai, di Alam Sukhavati emas terlampau banyak makanya jadi bahan aspal.

Anda penggemar batu permata? Di Alam Sukhavati terdapat beragam batu permata, namun batu permata merupakan bahan bangunan. Makanya sampai di Alam Sukhavati, tiada alasan untuk timbul niat serakah.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 April 2010

我們分別執著沒斷,這個習氣不就帶到極樂世界?沒關係,極樂世界的人統統沒有分別執著,你到那個地方去,很快,幾天就習慣了,你那個分別執著習氣也會放下了。為什麼?分別執著是因為你想得的東西、你的欲望得不到,你才執著,如果一切你所需要的,你念頭一想就來,不要就沒有了,你看這個多自在。西方極樂世界阿彌陀佛四十八願加持你,你到極樂世界,你想什麼都有,統統能得到。古德常講「思衣得衣,思食得食」,不需要人工的,衣服不要去買衣料,也不要裁縫,一想就穿在身上了。想吃的時候百味飲食,經上常講「百味飲食」,它有典故的,吃飯的時候是一百道菜,這是從前皇帝的,皇上的飲食是一百道菜,不管他吃不吃,他每餐是一百道菜,百味飲食。你的物質生活跟帝王一樣。也不需要人工,你這一想,東西就在面前,吃了,不要了,不要就沒有了,乾乾淨淨,一塵不染。這真的嗎?真的。為什麼是真的?科學家告訴我們,能量可以變成物質,物質可以變成能量。現在在我們這個世界,能把物質變成能量,核子彈就是從這裡發明的,可是能量變成物質現在做不到,知道有這個可能,做不到。極樂世界做到了,每個人都有這個能力,他不需要用儀器,他用意念,念頭,他心想要什麼東西,能量就自然變成物質,他受用;受用不要了,物質化成能量,烏有了,不需要儲藏。他們居住的宮殿乾乾淨淨什麼都沒有,要什麼有什麼,沒有儲藏室,你說多自在。在這個環境,你住下去之後,你的妄想慢慢就沒有了。你還想要錢嗎?錢要多少有多少。你要黃金,人家黃金是鋪地的、鋪馬路的,你有沒有把馬路柏油放一堆擺在家裡?我相信你不會。為什麼?我們這裡黃金太少,稀有金屬,他那裡太多了。你要七寶,一顆小小金鋼鑽做個戒指戴著很美,人家那個是幹什麼的?人家大塊金鋼鑽是建築材料,是蓋房子用的材料。所以到那個世界,對物質享受的貪心馬上就沒有了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第十五集)  2010/4/19


 


 

Tempo dulu ketika saya memberi ceramah, waktu itu saya berusia 40 sekian tahun, usia 33 tahun saya mulai berceramah. Ada seorang Bhiksu datang bertanya padaku, di dalam kisah-kisah para praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati, sebagian besar melafal Amituofo selama 3 tahun lalu terlahir ke Alam Sukhavati, apakah ini dikarenakan ajal mereka sudah tiba?

Saya jawab, hal ini tidak sesuai logika, kalau cuma 1 atau 2 orang saja yang mengalaminya, mungkin ini masih masuk akal, namun jumlah mereka terlampau banyak. Lantas kenapa dalam kurun waktu 3 tahun, mereka sudah terlahir ke Alam Sukhavati? Ini dikarenakan setelah ketrampilan melatih dirinya efektif, dia bebas menentukan kapan dia ingin pergi. Begini barulah masuk akal.

Ada orang yang melafal Amituofo sampai tahapan demikian, namun dia masih belum pergi, mengapa demikian? Oleh karena dia berjodoh dengan para makhluk di dunia ini, berharap semoga dapat menyeberangkan lebih banyak orang ke Alam Sukhavati, atas alasan ini, dia memutuskan tinggal lebih lama di dunia ini.

Dia memiliki kemampuan untuk menentukan kapan dia ingin terlahir ke Alam Sukhavati. Bila diamati dengan seksama, orang begini takkan mementingkan diri sendiri, juga tidak tertarik pada ketenaran dan keuntungan, takkan ada keserakahan, kebencian, kebodohan, kesombongan.

Dalam menangani urusan, kadang kala dia bisa emosi, namun takkan meninggalkan kesan di hati. Seperti kata pepatah “Mulut ibarat belati, hati bagaikan tahu”, hatinya begitu lembut, ini adalah upaya kausalya, amarahnya tidak mengandung kebencian.

Dia menetap beberapa tahun di dunia ini, demi menyelamatkan para makhluk yang berjodoh dengannya. Andaikata tidak ada lagi makhluk yang berjodoh dengannya, tidak ada lagi yang mendengar ceramahnya, tidak ada lagi yang mau percaya dengannya, maka dia akan segera angkat kaki, meninggalkan dunia ini buat selama-lamanya.

Saat meninggal dunia, dia juga akan menampilkan berbagai fenomena istimewa, sehingga orang-orang yang melihatnya, membangkitkan keyakinan hati dan ikut belajar Ajaran Buddha.

Maka itu semasa hidup di dunia ini adalah demi menyelamatkan para makhluk, saat meninggal dunia juga adalah demi menyelamatkan para makhluk.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 April 2010

早年我講經的時候,那時候大概我四十多歲,我三十三歲出來講經的,有法師來問我,他有懷疑。他說是不是《往生傳》、《淨土聖賢錄》講的這些人,他們開始念佛到往生,他壽命剛剛就是三年,壽命到了,阿彌陀佛來接引他去了?拿這個問題問我。我說你這個想法不合邏輯,一、二個人,三、四個人,可能是的,那太多了,太多這講不通了。他為什麼三年去了?只要他功夫成片,他有壽命他不要,他提前走了,念到功夫成片就生死自在。這才講得通,才講得圓滿。有人念到這個程度,他還不走,那是什麼?他跟這個世間眾生有緣,既然有緣,他就得多帶幾個人去,帶的人愈多愈好,他就留下來。他生死自在,想什麼時候去就什麼時候去,他真有這個能力。這樣的人你細心去觀察他,他絕對沒有自私自利,他決定沒有名聞利養,決定沒有貪瞋痴慢,你細心觀察。但是辦事的時候他有表演,他也發脾氣,那像唱戲一樣,不這樣事情辦不通,心裡頭確實沒有。我們中國諺語形容這個人「刀子口,豆腐心」,心地很軟,那是屬於辦事的,那叫善巧方便,不是真的,細心觀察你能夠看到。這是我們一般所講的再來人,他可以去,他能夠緩幾年,多住幾年幫助有緣眾生。如果沒有緣,他就走了,沒有緣就是他來教沒人聽,人家不相信他,他就走了。走也是度眾生,他走的那個瑞相,讓一般人看到生起信心,發心學佛。所以,他走也是度眾生,留在世間也是度眾生。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第十五集)  2010/4/19


 


 

Guru Sesepuh Zen yang ke-6 adalah Master Huineng, oleh karena tidak mengenal aksara, makanya Sesepuh ke-5 membacakan “Sutra Intan” kepadanya, belum lagi usai, Huineng telah mencapai pencerahan mendadak, menemukan kembali jiwa sejati.

Saat itu Master Huineng baru berusia 24 tahun, Sesepuh ke-5 mewariskan jubah dan patra kepada Huineng. Saat itu adalah tengah malam, kemudian menyuruhnya pergi menyembunyikan diri, apa alasannya? Bahkan guru sesepuh juga sulit terhindar dari kecemburuan orang lain.

Shenxiu merupakan murid senior Sesepuh ke-5, memiliki prestasi yang paling menonjol, ketua kelas serta asisten pengajar. Karena itu, semua murid percaya bahwa pewaris jubah dan patra Sesepuh ke-5 pasti adalah Shenxiu, tapi kenapa sekarang malah beralih ke orang lain?

Penghuni vihara yang berjumlah seribu orang, merasa sungguh tidak adil, apalagi jubah dan patra diserahkan kepada sosok yang selama ini dipandang sebelah mata. Siapa yang sanggup menerima kenyataan ini?

Mustahil, pasti ada kekeliruan, makanya harus dikejar dan direbut kembali, mungkin saja Sesepuh ke-5 karena sudah lanjut usia makanya bertindak gegabah.

Untunglah sejak awal Sesepuh ke-5 menyuruh Huineng melarikan diri dan bersembunyi di dalam barisan pemburu selama 15 tahun. Setelah kondisi sudah tenang, orang-orang sudah mulai melupakan hal ini, barulah dia berani keluar.

Buddha Sakyamuni ketika membabarkan Dharma, juga mengundang kecemburuan dari banyak orang. Dari pihak luar, berupa rintangan dari penganut aliran luar; sedangkan dari pihak dalam? Keluarga sendiri? Ada, yakni Devadatta. Buddha Sakyamuni memiliki kebijaksanaan sejati, kemampuan untuk memaafkannya, menghindarinya.

Semua perumpamaan ini menunjukkan pada kita, untuk meraih keberhasilan itu tidak gampang, bahkan bagi Buddha sekalipun, kalau kita menginginkan segala sesuatu berjalan lancar-lancar saja, mustahil ada pahala yang sedemikian besarnya!

Maka itu yang namanya rintangan itu pasti tak terhindarkan, harus memakai kebijaksanaan, etika moral dan kesabaran untuk mengatasinya. Segala rintangan adalah cobaan, apabila kita dapat melewatinya, barulah dapat maju selangkah menuju keberhasilan; sebaliknya bila gagal, maka jatuh dan merosot, entah sampai masa kelahiran yang mana, barulah berkesempatan melanjutkan melatih diri lagi. Hal ini mesti dipahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 April 2010

《金剛經》上所說的一句話,「無住生心」。為什麼說它作道妙?惠能大師在這一句開悟的,我們中國人俗話講在這一句裡頭得道的。五祖忍和尚給他講《金剛經》,當然是講大意,因為六祖不認識字,肯定沒有看經本,講到「應無所住而生其心」,他就豁然大悟,明心見性。那個時候六祖二十四歲,很年輕,五祖把衣缽就傳給他。半夜,衣缽傳給他,叫他趕快走,什麼原因?祖師也是表法給我們看的,也是叫我們學習,就是嫉妒障礙不能避免。神秀跟五祖多少年了,在同學當中他是首座,就是班長,是忍和尚的助教。同學們講五祖要傳法,大家心目當中想肯定是傳給神秀,怎麼會是別人?現在衣缽傳給一個從別的地方來的、大家都瞧不起的。寺院裡那麼多人,一千多人,那些人心能服嗎?五祖怎麼能把衣缽傳給別人?不可能的事情,肯定要去把它追回來,大概老和尚年歲大了,一時糊塗,把衣缽傳給不相干的人。所以五祖說你趕快躲,最後躲在獵人隊裡躲了十五年,十五年大家把這個事情淡忘了,他才出來。這個教訓我們要記住。釋迦牟尼佛當年開悟,到處講經說法,嫉妒的人多。六師外道的嫉妒,那是其他宗教方面,這是外人,家裡面人有沒有嫉妒的?有,提婆達多,這是頭一個嫉妒他的。佛有真實的智慧、真實的德能,能包容他,能夠迴避他,他有這個能力。這些都是示現給我們看的,佛祖成就都是那麼樣的艱難,我們要想平平安安、穩穩當當的成就,哪有那麼大的福報!所以這一切障礙是不能避免的,要用智慧、要用德行、要用耐心去克服。一切障礙對我們來講都是考驗,我們關關都通過,及格了,你就成就了;有一關通不過,你就墮落,這一墮落,不知道要到哪一生哪一世才能夠再接著修。真修行人,真正想在一生成就的人不能不知道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第十五集)  2010/4/19