Tak peduli apakah anda ini insan baik atau orang jahat, namun Buddha
Amitabha juga membantumu dalam satu kelahiran mencapai KeBuddhaan, ini
menunjukkan kesempurnaan buah pencerahan yang dicapaiNya. Buddha Amitabha
menunjukkan kesempurnaanNya dengan tekad ke-18 yakni Sepuluh Lafalan Pasti
Terlahir ke Alam Sukhavati.
Praktisi yang sepanjang hidupnya merupakan pelaku kejahatan,
menciptakan Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan, pasti jatuh ke Neraka
Avici, namun saat menjelang ajal, praktisi ini masih dapat terlahir ke Alam
Sukhavati apabila memenuhi tiga persyaratan sebagai berikut :
Yang pertama, pikirannya masih jernih, tidak boleh pikun. Ada orang
yang bertanya padaku, kalau pasiennya terserang penyakit pikun, bagaimana cara
membantunya? Hanya bisa melafal Amituofo supaya dia dapat mendengarnya, “Begitu
lafalan Amituofo melewati indera pendengaran, selamanya tertanam menjadi benih
vajra”, menanam benih Amituofo di Alayavijnana (gudang kesadaran)-nya.
Jadi syarat pertama adalah pikiran harus tetap jernih, oleh karena
saat menjelang ajal, praktisi dengan pikiran yang masih jernih pasti takkan
jatuh ke tiga alam penderitaan. Mengapa demikian? Dia takkan memilih tempat
tersebut, pastinya Alam Manusia dan Alam Surga. Makanya orang Tionghoa bilang
lima berkah, salah satunya adalah meninggal dunia dengan damai, saat menjelang
ajal pikiran masih jernih, tidak pikun, takkan jatuh ke alam sengsara.
Syarat yang kedua adalah bertemu dengan Kalyanamitra yang
menasehatinya supaya melafal Amituofo, seperti yang dialami oleh Upasaka Zhou
Guangda yang tinggal di Washington, D.C., Amerika Serikat.
Upasaka Zhou Guangda sepanjang hayatnya belum pernah mempelajari
Buddha Dharma, 3 hari sebelum wafat, keluarganya mengundang sahabat Dharma dari
“Pure Land Learning Society”, selain membantunya melafal Amituofo, sahabat
Dharma juga memberitahunya tentang keunggulan dari Alam Sukhavati,
menasehatinya supaya melafal Amituofo.
Syarat ketiga adalah setelah mendengar nasehat Kalyanamitra, pasien
dapat membangkitkan keyakinan dan membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati.
Tiga persyaratan ini harus sempurna, tidak boleh kekurangan salah
satu syarat, seperti Upasaka Zhou Guangda yang melafal Amituofo hingga 3 hari 3
malam, akhirnya meninggal dunia dan terlahir ke Alam Sukhavati, alhasil
keluarganya juga ikut melafal Amituofo, memberi manfaat bagi diri sendiri dan
orang lain.
Lihatlah peragaan Dharma yang ditampilkannya, seluruh keluarganya
yang semula tidak percaya, akhirnya jadi membangkitkan keyakinan. Para sahabat
Dharma dari “Pure Land Learning Society” yang mendengar kejadian ini, terhadap
metode pelafalan Amituofo, keyakinannya semakin kokoh.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 Mei 2010
Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan baca di :
不管你是什麼樣的眾生,行善也好,造孽也好,五逆十惡也好,都能幫助你一生成佛,這叫究竟方便度生之法。這才真正顯示出來如來果覺究竟,他真的是圓滿的,沒有欠缺的。如果這一點做不到,他欠缺,他不是圓滿的。阿彌陀佛用什麼方法達到究竟圓滿?臨終十念必生。一生迷惑顛倒糊塗,造作五逆十惡大罪,決定是墮阿鼻地獄,阿彌陀佛在臨終的時候用一念、十念必生,這是究竟方便,沒話說了。可是這個地方諸位要知道,往生的這個人,他必須要具足三個條件,這三個條件不具足,他臨終的時候他不會念佛,他往生不了。第一個頭腦清楚,所以臨終最怕老人痴呆症。有人曾經問過我,老人痴呆症怎麼幫助他?沒法子,只能夠念佛讓他聽進去,「一歷耳根,永為道種」,在阿賴耶裡面給他種阿彌陀佛的種子,對這種人。所以往生頭一個要清楚,凡是臨命終的時候頭腦清楚的人,給諸位說,他決定不會墮三惡道。為什麼?他不會選擇那個地方去,肯定是人天。所以中國人講五福,最後一條就是好死,死的時候清清楚楚、明明白白,他不會墮惡道。這是五福裡的一條,所以這個是臨終頭腦清楚。第二個,遇到善友提醒他,有人教他,像美國華盛頓DC周廣大居士。周廣大先生一生沒有接觸過宗教,臨走的前三天家人才找到我們淨宗學會,我們的同學去幫助他,跟他講極樂世界的好處,勸他念佛,要有這個機會。第三個,你聽了之後要相信、要發願,那就行了。這三個條件缺一條都不行,周廣大就具足這三條,所以他不是十念,他念了三天。三天三夜,他的家人跟我們學會的同參道友一起幫他助念,三天真成功了,一家人都相信了,都是自行化他。他這一表演,你看全家原來都不相信的,統統相信了。我們這些淨宗同學聽到這個信息,對於念佛的信心就加強了,知道這個事情不是假的是真的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四十二集) 2010/5/17
Bagi insan yang bertubuh sehat, melafal Amituofo adakah manfaatnya? Kita
memiliki kekotoran batin dan tabiat yang sangat berat, dosa yang sangat
mendalam, kita juga ingin menghapus rintangan karma, sehingga jiwa dan raga senantiasa
berbahagia, manfaat ini bisa diperoleh dengan melafal Amituofo.
Bumi yang kita huni ini sedang sakit-sakitan, bencana menyerang
bertubi-tubi, apakah Buddha Amitabha dapat mengurainya? Tentu saja. Lantas cara
apakah yang digunakan Tathagata? Yakni dengan membabarkan sutra.
Sutra apa yang dibabarkan? Yakni Sutra Usia Tanpa Batas. Segala macam
problema dan cara mengatasinya, sudah ada di dalam ajaran sutra ini. Masalahnya
apakah anda percaya atau tidak? Kalau percaya barulah terselamatkan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 Mei 2010
Video cara membaca Sutra Usia Tanpa Batas :
我們再問,我們現前身體健康,阿彌陀佛能不能幫忙?我們現在煩惱習氣很重,罪業很深,我們都想懺除業障,都想身心愉快,好好來學佛,阿彌陀佛能不能幫忙?我們現在居住這個地球,地球病了,災難這麼多,阿彌陀佛能不能幫我們化解?答案都是肯定的。如來的究竟方便是什麼?給諸位說,就是講經教學。講什麼經?講《大乘無量壽經》。你所有一切疑難雜症,對治的方法,療癒的方法,統統在這個經裡頭。問題信不信?信,宗教裡面講信的人就得救了,你信不信?信,你就得救了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四十二集) 2010/5/17
Sutra Usia Tanpa
Batas menyebutkan bahwa “Kebijaksanaan Tathagata tiada halangan dan tanpa batas”.
Tiada yang tidak sanggup diatasiNya.
Masa kini beragam
ramalan bencana bermunculan, namun setelah sampai pada hari H tidak terjadi apa-apa,
sesungguhnya banyak alasan yang terdapat dibaliknya.
Benarkah ramalan
tersebut akan jadi kenyataan? Semua ini kembali pada hati manusia itu sendiri,
hati manusia dapat mengurai bencana juga dapat mendatangkan musibah. Maka itu
apakah ramalan tersebut jadi kenyataan atau tidak, semua ini terpulang pada
sikap mental kita.
Ibarat sekarang ini
anda sedang menderita penyakit kritis, ajal telah menjelang, segala pengobatan
juga tidak efektif lagi, apakah usia anda masih bisa diperpanjang? Bisa.
Bagaimana bisa?
Masa hidupku di dunia ini telah usai, namun sekarang saya hidup demi semua
makhluk, usia para makhluk adalah panjang, apabila anda dapat mengorbankan diri
sendiri demi semua makhluk, mengabdikan hidupmu demi meladeni semua makhluk, takkan
lagi memikirkan diri sendiri, maka usiamu segera bertambah panjang.
Berapa panjang
pertambahan usia tersebut? Tergantung berapa besar niat yang anda bangkitkan.
Bila niatmu kecil maka usia yang bertambah cuma beberapa tahun saja; bila
niatmu besar maka usia yang bertambah bisa mencapai hingga berpuluh-puluh
tahun, tidak ada patokannya.
Di Tiongkok ada
seorang yang bernama Peng Zu hidup hingga usia 800 tahun. Siswa Buddha
Sakyamuni yang bernama Maha-kasyapa memasuki samadhi di Gunung Jizu (Mount Kukkutapada),
masih hidup, sekarang sudah berusia sekitar tiga ribu tahun.
Usianya terlampau
panjang, beliau menanti Bodhisattva Maitreya lahir ke dunia, lalu menyerahkan
warisan jubah dan patra Buddha Sakyamuni kepada Bodhisattva Maitreya, harus
menunggu hingga 5,67 miliar tahun lagi, dia harus bertahan hidup hingga
sedemikian lamanya.
Ketika kami
berkunjung ke Dali, Yunnan (Gunung Jizu terletak di Prefektur Dali, Provinsi
Yunnan), mendengar banyak orang mengaku pernah melihat kemunculan Y.A.
Mahakasyapa.
Maka itu segala
sesuatu di dunia ini tidak ada kepastiannya, termasuk ramalan bencana. Masa
depan diciptakan oleh diri sendiri, tidak ada kaitannya dengan orang lain,
kalau masih saja suka menyalahkan orang lain, maka dosa ini akan berat sekali,
dirimu juga tersesat.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 Mei 2010
彌陀究竟成就之最極方便處,真的一點不假,他有,他不是沒有,正是本經中「如來定慧,究暢無極」處,這兩句是經裡面的經文。沒有一樣不能解決的,科學家也證明了,古今中外的預言是不是真的?大家也肯定是真的,但是這個真的是他在那個時候所看的,事情到的時候還有許許多多變化的因素存在其中。那就是看什麼?所以每個預言後頭都看,看你們的人心,你們會不會改變,都有這麼一句。這就是說預言是說的可能性,不是必然性,它說可能,完全在我們的心態。你現在病重,病危了,你的壽命到了,壽命到了就沒辦法,能不能延長?能。為什麼能?我自己的壽命到了,沒有了,我為眾生,眾生的壽命長,你要是能捨己為人,我把這個身體捐出來,為一切眾生服務,再不為自己了,馬上就延長。看你發心大小,你發的心小一點,延長幾年;發大心,延長幾十年,不是定數。中國有個年歲最大的人彭祖活了八百多歲,釋迦牟尼佛的大弟子大迦葉尊者在雞足山入定,還在,三千歲了。他壽命可長了,他要等彌勒菩薩出世,把衣缽交給彌勒菩薩,那還要等多少年?我們這個世間算法是五十六億七千萬年,他要活這麼久,等待交衣缽。我們在雲南大理觀光旅遊的時候,還聽到有人說迦葉尊者常常出現,有緣人就能遇到他。所以法沒有定法,道理要搞清楚、搞明白。自己的一生前途是自己心念造成的,與別人統統不相干,要是怨天尤人,那罪業可造重了,那你是迷惑顛倒。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四十二集) 2010/5/17