Minggu, 12 Agustus 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 April 2010 (Bgn 1)


Kelebihan dari Pintu Dharma Tanah Suci adalah kekotoran batin dan tabiat sejak kalpa tanpa awal boleh dibawa serta terlahir ke Alam Sukhavati, tetapi ada syaratnya, membawa karma lama dan tidak membawa karma baru.

Apa yang dimaksud dengan karma lama? Umpamanya hari ini anda mengenal Ajaran Sukhavati dan mulai melafal Amituofo. Maka karma yang anda lakukan sebelumnya disebut sebagai karma lama. Hari ini anda mulai melafal Amituofo, tetapi masih saja menciptakan karma buruk, maka ini yang disebut sebagai karma baru.

Yang paling ditakutkan adalah saat menjelang ajal masih saja menciptakan karma buruk, masih saja muncul niat mementingkan diri sendiri, menginginkan ketenaran dan keuntungan; siapa-siapa saja yang pernah bersalah padaku, saya masih belum sempat balas dendam; tidak sanggup mengikhlaskan keluarga dan harta benda, kalau niat pikiran begini timbul, maka tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Makanya dalam keseharian harus belajar melepaskan kemelekatan, tidak ada kekhawatiran sama sekali, barulah dapat terlahir ke Alam Sukhavati, kuncinya ada pada sebersit niat pikiran terakhir. Bila hari ini Buddha Amitabha datang menjemput, saya sudah siap mengikutiNya. Jika sebaliknya, anda bilang ke Buddha Amitabha : “Tunggu bentar ya, saya masih ada sedikit urusan yang belum diselesaikan”, Buddha Amitabha takkan menantimu, Beliau segera beranjak pergi, kesempatanmu jadi terlewatkan begitu saja.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 April 2010

這一門它的好處是帶業往生,無始劫以來的煩惱習氣可以帶著走,但是它有條件,帶過去的,不帶現行,過去所造的罪業能帶去。什麼是過去?昨天造的都是過去,能帶去,今天再造不行。我們要求往生,昨天造的罪業可以懺悔,我今天改過自新,今天念佛能不能往生?肯定能往生。什麼不能往生?今天還在造就沒法子,你看這個法門多殊勝!昨天帶的都行。就怕臨命終時還造業,那就一點辦法都沒有,造什麼業?最後一口氣沒嚥氣的時候,還有自私自利的念頭,還有名聞利養的念頭;還有哪個人對我過不去,我還沒報復的念頭,這些念頭起來的時候,就不能往生;對家親眷屬的貪愛,對自己擁有的財富念念不捨,那就不行。都要捨得乾乾淨淨,一塵不染,一絲毫罣礙都沒有,這才能走得了,關鍵在最後那一念。因為這個緣太殊勝,也太難得,佛祖教導我們天天都做往生想。換句話說,天天都要想到放下,徹底放下,沒有任何留戀,天天作如是想。今天佛來接引我立刻就去,什麼牽掛也沒有,那你就真走了。你不能說「阿彌陀佛等等,我還有事情沒處理完」,阿彌陀佛不會等你,他就走了,你的機會就失掉。  

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第十三集)  2010/4/17

 


 
  
Anak-anak sekarang, sebagian besar tidak tahu budi Ayah, Bunda dan Guru, namun Ayahbunda jaman sekarang tidak tahu mendidik anak, mereka terlampau sibuk dengan urusan mereka sendiri. Anak sendiri tidak dijaga dan dididik, tanggung jawab ini malah diserahkan kepada orang lain. Kalau Ayahbunda tidak berbudi pada anak-anaknya, bagaimana mungkin menyuruh anaknya membalas budi?

Guru tidak mendidik murid-muridnya dengan baik, tidak mengajar dengan serius, maka itu murid-murid juga tidak tahu balas budi. Persoalan ini sangat rumit, kenapa bisa jadi begini?

Buddha Sakyamuni membabarkannya di dalam Sutra Usia Tanpa Batas, “Insan terdahulu tidak mengenal kebajikan”. Kenapa Ayahbunda kita tidak mengenal kebajikan? Oleh karena Kakek dan Nenek kita tidak tahu, sehingga tidak mendidik Ayahbunda kita. Lantas kenapa Kakek dan Nenek kita tidak tahu? Oleh karena Kakek Buyut dan Nenek Buyut kita tidak tahu, sehingga tidak mendidik mereka.

Cobalah menelusuri ke bagian atas silsilah keluarga, minimal ada 5 generasi yang terputus pendidikan etika moralnya, mengapa demikian? Oleh karena selama 8 tahun Tiongkok berperang melawan invasi Jepang, masyarakat mengungsi dan keluarga jadi bercerai berai. Sampai hari ini keluarga telah tiada, dari mana lagi ada pendidikan keluarga?

Sebelum invasi Jepang, kita masih memiliki keluarga, kita masih mempunyai pendidikan keluarga. Orang-orang yang seusia denganku, masih sempat mengecap pendidikan etika moral, waktu itu adalah awal masa pemerintahan Tiongkok Nasionalis, namun sekitar 23 tahun kemudian, sekolah di dusun kami diubah menjadi Sekolah Dasar modern, tidak lagi belajar ajaran insan suci dan bijak.

Kelak di kemudian hari terbentuklah generasi yang makin terpuruk, yang tidak sebanding dengan generasi di atasnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 April 2010

現在我們不知道父母恩,也不知道老師恩,說實實在在的,現在做父母的不會做,都忙著自己的事情。小孩自己不教不養,都交給別人去養,對不起小孩,對小孩沒有恩,小孩怎麼會報恩?老師沒教學生,沒有真正教,所以學生對老師也不知道感恩。這個問題非常複雜,為什麼社會搞成這個樣子?學一句佛法講的,無量因緣,不是很簡單的。

  佛教給我們用什麼心態來過日子,來應對當前的社會?佛講得好,你自己要認知,「先人不善(無知)」,這《無量壽經》上講的。我們的父母不知道,父母為什麼不知道?祖父母不知道,沒教他。祖父母為什麼不知道?曾祖父母沒教他。你一代一代往上推,至少推到五代,五代以前父母真教,為什麼這五代之後父母不教?父母不是不教,社會動亂,中國從滿清亡國之後軍閥割據,社會動亂,接著中日戰爭,八年抗戰把我們的家打掉了。所以一直到今天,至少有四代到五代疏忽了家教,家沒有了,現在家沒有了,哪來的家教?抗戰之前還有家,還有家教。我們這個年齡還算非常幸運,生長在農村,如果生長在都市,家教也沒有了,農村還有,還保存著古老的文化。我們家鄉又比較特殊一點,明清兩代桐城派的發源地在我們老家,我們老家讀書的風氣盛,鄉村裡面有私塾,所以對家教還沾到一點邊緣。大概民國二十幾年之後,二十三、四年之後沒有了,鄉村的私塾改成小學,不再念古書,往後當然更沒有人知道這些事情,所以形成現代這教育真是一代不如一代,現在完全看不到了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第十三集)  2010/4/17




 

Hari ini para makhluk begitu menderita, tidak ada yang mendidik. Pengajaran yang membuat orang jadi tercerahkan disebut sebagai Pendidikan. Jadi bukan mengajari ilmu pengetahuan, ini bukanlah pendidikan.

Orang Tiongkok sejak kecil telah dididik untuk tercerahkan akan hubungan interaksi sesama manusia, barulah anda dapat menjalani kehidupan yang bahagia. Bila anda dapat menjalin hubungan yang baik dalam kehidupan bermasyarakat, inilah yang disebut dengan kebajikan.  

Memahami Hukum Sebab Akibat, bukan saja takkan berbuat jahat, bahkan niat pun takkan timbul. Berbuat baik mendapat balasan yang baik, demikian pula sebaliknya, sepanjang hidup menikmati pahala, pahala berasal dari kebajikan.

Manusia di dunia mengira pahala adalah kekayaan, sesungguhnya kekayaan hanyalah sebagian kecil dari pahala. Seberapa kekayaan yang dinikmati sejak awal telah ditetapkan di dalam garis hidup, tidak bisa dipaksakan, anda ingin lebih kaya lagi merupakan hal yang mustahil.  

Demikian pula sebaliknya, kekayaan yang sudah digariskan, anda ingin menguranginya juga tidak bisa; bagaimana kekayaan ditetapkan dalam garis hidup?  Yakni dari dana materi yang dilakukan pada masa kehidupan lampau, kini berbuah kekayaan.

Kecerdasan juga bagian dari pahala, pada masa kehidupan lampau melakukan Dharma Dana. Kesehatan dan usia panjang juga merupakan bagian dari pahala, pada masa kelahiran lampau melakukan Abhaya Dana (menghilangkan ketakutan di hati para makhluk).

Tiga jenis dana ini menghasilkan tiga jenis buah akibat, inilah bentuk pahala. Bila pada masa kelahiran lampau tidak menimbunnya, pada masa kelahiran sekarang juga masih sempat dipupuk.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 April 2010

今天眾生這麼苦,沒人教,教什麼?教人覺悟,這就叫教育。不是教這些科學技術,那個不是教育;中國人講教育是教人覺悟,那是教育,這樁事我們要明白。中國古聖先賢從小就教人覺悟,懂得人與人的關係,你的一生才能過幸福美滿的生活,你會把關係處得非常好,關係處好那叫德。懂得因果的關係,不但不會做惡事,連惡念都不會生起。善有善報,惡有惡報,你的心善、思想善、言語善、行為善,你一生享不盡的福報,福報從這麼來的。物質上的享受,我們世間人看這個為福報,其實那是福報裡面一小部分,財富,財富是命裡有的。命裡有多少,你沒有辦法強求,你想超越你命裡的財富是不可能的事情,你做不到;你命裡有,你想把它減少一點也減不掉。你命裡怎麼有的?你過去生中種的因,這一生果報現前。財富是果報,布施財物是因。這一生當中得大財富的億萬富翁,前世修財布施修得多,到處散財。看到貧窮人需要的時候,他一絲毫吝嗇都沒有,到這一生得大財富,這麼來的。聰明智慧是果報,過去生中法布施;健康長壽是果報,過去生中是無畏布施。修這三種布施他就得這三種果報,財富、聰明智慧、健康長壽。過去生中沒修,這一生要是運氣好,遇到高人指點,你能相信,這一生修來得及。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第十三集)  2010/4/17