Kini bencana ada di
mana-mana, gempa bumi telah menjadi fenomena umum, gunung api meletus, tsunami,
lapisan es di kutub utara dan kutub selatan mencair dengan cepat, kenaikan
permukaan air laut, kota-kota yang berada di daerah pesisir kelak akan
tenggelam.
Kali ini ketika
berkunjung ke Italia, saya sengaja mendatangi Venesia, oleh karena kota ini
sudah digenangi air, mungkin lain kali kalau berkunjung lagi, kota ini sudah
tidak tampak lagi.
Kami melihat turis
yang berkunjung ke Venesia begitu banyak, penduduk setempat memberitahu kami,
rata-rata sehari ada seratus ribu wisatawan yang berkunjung. Mungkin mereka
ingin melihat Venesia sebelum kota ini tenggelam di kemudian hari.
Bumi telah jatuh
sakit. Lihatlah berbagai ramalan kuno baik dari dunia timur maupun barat,
mengeluarkan peringatan bagi kita. Para ilmuwan menilai bahwa bencana di Bumi ini tidak normal, kutub
magnet di Kutub Utara dan Selatan secara bertahap bergeser lima derajat dalam
50 tahun terakhir, sehingga iklim jadi tidak normal, ini merupakan petanda yang
sangat tidak biasa.
Apakah kita
memiliki cara untuk menyelamatkan Bumi ini? Di dalam Buddha Dharma Mahayana
disebutkan bahwa pasti ada caranya. Segala ramalan dan spekulasi ilmiah,
merupakan kondisi batin pada waktu itu, apa yang dilihatnya memang tidak salah.
Tetapi ramalan
dan spekulasi apa pun tidak bisa menjadi kesimpulan yang pasti, mengapa demikian?
Segala sesuatu muncul dari hati dan
pikiran, niat pikiran kita senantiasa berubah-ubah, apabila niat pikiran kita
tidak baik, maka ramalan tersebut jadi kenyataan, bencana pun terjadi.
Tetapi apabila kita mengubah niat pikiran
kita menjadi baik, mengubah sesat menjadi tercerahkan, maka bencana pun takkan
muncul lagi.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 11 Juni 2010
現在大家所說的自然災害,地震很頻繁,火山爆發,嚴重的海嘯,南北極的冰快速的在融化,海平面上漲,將來沿海地區的城市都會被淹沒。
這一次我去訪問義大利,特別去到威尼斯看了一下,因為那是水上城市,可能下一次再去就不見了。我們看到威尼斯的遊客很多,當地人告訴我們,平均每一天差不多有十萬人,觀光旅遊。大概都是想去看看,可能再過幾年沒有了,再看不到了。這些是什麼?這都是病發了。能不能救?你看看東西方古老的預言,都給我們提出警告;科學家根據數據判斷,這個地球上的災變不正常,南北極的磁極,大概在最近的五十年當中逐漸偏了五度,所以這個氣候不正常,這都是很不尋常的徵兆。我們有沒有辦法來拯救?在大乘佛法裡面講,有,肯定有。任何的預言,科學的推測,都是當時的境界,他所看到的,看得沒錯。但是任何預言跟推測都不能是定論,為什麼?一切法從心想生,我們那個心的念頭是常常在變,如果我們念頭不善,真被他說準了,那災難就會現前。如果我們知道這個事情,把念頭轉變一下,轉惡為善,轉迷為悟,這災難就沒有了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五十四集) 2010/6/11
Kita harus merenungkan apa tujuan kita datang ke dunia ini? Di dalam
sutra, Buddha memberi kita satu jawaban yakni “Manusia datang menerima ganjaran
dan balasan karma”, jawaban ini bagus sekali.
Pada masa kelahiran lampau anda menimbun kebajikan, maka pada masa
kelahiran ini anda datang ke dunia menikmati berkah, menerima ganjaran atas
karma baikmu.
Apabila pada masa kelahiran lampau anda menciptakan karma buruk, maka
pada masa kelahiran ini anda datang ke dunia ini menjalani kesengsaraan, menerima
balasan karma.
Jenis yang ketiga adalah insan yang tercerahkan, yang telah mengerti,
baik suka maupun duka takkan berpengaruh bagi dirinya lagi, lantas apa
tujuannya datang ke dunia ini? Untuk meningkatkan kualitas batin, mengurai
penderitaan para makhluk, begini barulah bermakna dan berharga.
Maka itu diri sendiri serius melatih diri bukan hanya demi diri
sendiri, namun juga demi para makhluk yang menderita di dunia ini, kita harus giat
melakukan dan mewujudkannya.
Buddha Sakyamuni mengajarkan kita “Dengan sila sebagai guru, dengan
penderitaan sebagai guru”. Ketika Sang Buddha membabarkan Dharma di dunia ini, menampilkan
teladan untuk diperlihatkan bagi kita semuanya.
Sepanjang hidupNya, melewati kehidupan mengembara, sehari makan satu
kali yakni pada siang hari, malam hari istirahat di bawah sebatang pohon dan
esoknya pindah lagi, beginilah kehidupan Sang Buddha.
Harta bendaNya cuma tiga helai jubah dan satu patra (mangkok).
KarirNya adalah tiap hari mengajar, usia 30 tahun mencapai penerangan sempurna,
kemudian menggeluti bidang pendidikan, usia 79 tahun wafat, membabarkan Dharma
selama 49 tahun, tiada sehari pun terputus, meskipun pendengarnya cuma 1 atau 2
orang, beratus-ratus orang, beribu-ribu orang, juga diajari dengan sepenuh
hati.
Buddha Sakyamuni adalah tenaga pendidik, Guru yang baik, kita mesti
mengenaliNya dengan jelas.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 11 Juni 2010
我們自己要想想,這一生到這個世間來作人,是來幹什麼的?佛在經上給我們一個答案,「人生酬業」,這個答案答得好。你過去生中行善積德,你這一生到人道裡面來享福,酬償你的業報,你是來享福的。如果過去生中造的是罪業,你到人間來你是來受苦的,你是來受報的。第三種,覺悟的人,明白了,苦樂都不受,來幹什麼?來提升自己的境界,來化解眾生的苦報,這個有意義、有價值。所以自己認真修行不但為自己,為這個世界上苦難眾生,我們要真幹,要認真努力去做。佛陀教導我們「以戒為師,以苦為師」,這兩句話講得太好了。他老人家在世,一生自己做出榜樣給我們看。你看他一生,過著流浪的生活,日中一食,樹下一宿,這是釋迦牟尼佛的生活。他的財產,三衣一缽,什麼都沒有。他的事業是天天教學,三十歲開悟,開悟之後就教學,七十九歲圓寂,講經教學四十九年,沒有一天空過,一個人也教,兩個人也教,幾百人、幾千人都教。佛陀是個教育家,佛陀是個好老師,我們得認清楚。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五十四集) 2010/6/11
Saya mengenal Ajaran Buddha dari Ilmu Filsafat, guruku Mr.Fang
Dong-mei merupakan seorang Filsuf, beliaulah yang memperkenalkan Buddha Dharma
kepada diriku, memberitahukan padaku “Buddha Sakyamuni merupakan Filsuf yang paling
mulia di dunia ini, sutra Buddha merupakan filsafat tertinggi di dunia, belajar
Ajaran Buddha merupakan kenikmatan hidup tertinggi”, beginilah saya memasuki
Pintu Buddha.
Guru khusus berpesan padaku, hari ini bila ingin belajar filsafat
sutra Buddha, tidak di vihara, lantas di mana? Di dalam sutra. Petunjuk ini
sangat bagus. Jaman dulu para anggota Sangha di vihara masih memiliki
pengetahuan, etika moral. Tetapi sekarang kondisi masyarakat telah berubah, mereka
tidak belajar lagi. Dengan demikian barulah kami mengetahui arah mana yang
harus kami tuju sepanjang hidup ini, tujuan yang harus kami capai.
Kemudian saya bertemu dengan Master Zhangjia, beliau menasehatiku
supaya meninggalkan keduniawian, meneladani Buddha Sakyamuni, saya menerimanya.
Saya belajar Ajaran Buddha sudah 59 tahun lamanya, berceramah sudah 52 tahun
lamanya, tidak punya vihara, mengembara sendirian, untunglah masih punya jodoh
Dharma yang lumayan, tak peduli sampai di mana, masih ada orang yang menyambut
dan meladeniku dengan senang hati.
Tetapi yang paling disesali adalah sekarang sangat sedikit orang yang
sudi belajar Ajaran Buddha, mengapa demikian? Terlalu menderita. Belajar Ajaran
Buddha harus tahan menderita, wajib menjalani sila, oleh karena sila merupakan
landasan menuju pencapaian KeBuddhaan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 11 Juni 2010
我進佛門是從哲學裡面進來的,我的老師是哲學家,他把佛法介紹給我,告訴我「釋迦牟尼佛是世界上最偉大的哲學家,佛經哲學是全世界哲學的最高峰,學佛是人生最高的享受」,我這麼進來的。老師還特別叮嚀這一句話,今天你想學佛經哲學,不在寺院,在哪裡?在經典。這個指示很好。如果一到寺院,看不出哲學、科學,那我就覺得老師有問題。他把話說清楚、說明白了。過去寺院裡這些出家人真有學問,有道德、有學問。他說現在社會變了,為什麼?他們不學了。這才知道我們自己這一生應該走的方向,應該追求的目標。
章嘉大師勸我出家,勸我學釋迦牟尼佛,我接受了。我學佛五十九年了,講經教學五十二年,沒有道場,一個人到處流浪,還算法緣不錯,無論走到哪裡都有人歡迎、有人接待。但是非常感嘆,現在很少人願意學佛,為什麼?太苦了。所以不能吃苦不行,學佛要能吃苦,要能持戒,戒是無上菩提本,無上菩提就是成佛,成佛的根本在戒律。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第五十四集) 2010/6/11