Jumat, 23 November 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Juni 2010 (Bgn 5)


Praktisi jaman dulu sanggup melakukannya, praktisi masa kini juga tak terkecuali. Hanya saja jodoh orang dulu lebih unggul daripada orang sekarang, jaman dulu kondisi masyarakat lebih stabil, godaan tidak terlalu banyak, pemerintah bertanggung jawab memelihara budaya yang baik dan positif dalam kehidupan bermasyarakat.

Sekarang masyarakat menjunjung tinggi kebebasan dan keterbukaan, lama kelamaan jadi tak terkendali lagi, sehingga pengetahuan sesat dan pandangan sesat merajalela.

Nilai kehidupan itu sudah terbalik, yang sesat dianggap sebagai yang benar, yang benar malah dianggap sebagai sesat, akibatnya manusia diserang bencana bertubi-tubi.

Lingkungan alam sudah tercemar, makanya bencana gempa, angin topan, tsunami, gunung api meletus, suhu Bumi mengalami peningkatan, semua bencana alam ini disebabkan oleh niat pikiran buruk manusia.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Juni 2010

每一樁事情它的性質,也是變化無窮的。我要如何來應對?佛告訴我們,不起心、不動念,法爾如是,一切法本來就是這樣的。諸緣各異,我們看動物,人有人的緣,畜生有畜生的緣,畜生裡面種類太多,每一種種類緣都不一樣,植物的品種也非常之多,也都不一樣,連山河大地各個都不相同,諸緣各異,所以它才能形成。但是總而言之一句話,人的意念,人的意念要好,你的緣就殊勝。本來你這個家庭,這一家人是報恩、報怨、討債、還債來的,很複雜,如果你的意念要正,正的標準是倫理、道德,真正是起心動念、言語造作都能夠與仁義禮智信相應、與禮義廉恥相應、與忠孝仁愛信義和平相應,這個你的意念就得於正,你得到正,所有一切不正都會受你的影響,統統變正了。邪的人雖多,邪不勝正,你只要保持正念,周邊這個邪全部會被你引導都變成正了。

  在佛法裡面就是三學、六和、三皈、五戒、十善,我們現在把沙彌律儀也加進去,六度、普賢十願,就夠了,抓住這幾個綱領、標準,這出家人的意念得其正,這個正是佛菩薩的根機。怎麼能成就?一門深入,長時薰修,你會得三昧,你會開悟。古人如是,現在人不例外,也能做到。現在的緣跟古人的緣一比,古人的緣好,古時候社會是安定的,誘惑很少,政府它有責任保護社會風氣的純正,歪邪的風氣政府干涉。現在不行,現在是民主自由開放,社會風氣沒有人來負責、來管理了,所以邪知邪見全出來了。現在價值觀顛倒了,把邪法當作正法,把正法當作邪法,那人就得遭難了。山河大地也受到感染,所以地震、颱風、海嘯、火山爆發、地球溫度上升,所謂的自然災害,實在講都是地球上居民心態起了劇烈的改變,引發這些現象發生。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十六集)  2010/6/23