Hukum Sebab Akibat berlaku untuk tiga masa kehidupan, yakni masa
lampau, sekarang dan yang akan datang. Jadi bukan berarti setelah mati maka semua
permasalahan sudah selesai, mana ada hal segampang begini?
Tempo hari saya pernah bilang bahwa manusia tidak boleh mati, kalau
sudah mati maka urusan pun jadi besar! Anda harus mempertanggung jawabkan semua
perbuatan-mu.
Lantas bagaimana supaya tidak mati? Melafal Amituofo. Dengan melafal
Amituofo, anda takkan mati, oleh karena saat menjelang ajal sebelum
menghembuskan nafas terakhir, terlebih dulu anda akan dijemput Buddha Amitabha,
terlahir ke Alam Sukhavati. Jadi anda terlahir ke Alam Sukhavati bukan dalam
kondisi sudah mati kaku, hal ini mesti dipahami.
Saat menjelang ajal, pikiranmu masih jelas dan sadar, telinga dan
mata juga masih berfungsi, anda melihat kehadiran Buddha Amitabha datang
menjemputmu, lalu anda ikut denganNya, tubuh kasar ini tidak dihendaki lagi,
ikhlaskan saja, jadi perginya dalam kondisi hidup, bukanlah setelah mati
kaku.
Maka itu Pintu Dharma ini disebut sebagai Pintu Dharma tanpa
kematian, asalkan anda memenuhi tiga persyaratan ini, “Yakin, Bertekad,
Mengamalkan”, maka tiada seorang pun yang bakal ketinggalan, semuanya pasti
terlahir ke Alam Sukhavati.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 Juli 2010
如果你看到三世因果,你就知道了,因果通三世。人不是說這人身體死了就完了,哪有那麼容易?我們在講席,過去我常講,不能死,死了就不得了!這是真話。那不能死,怎樣才能做到不能死?念佛就不死。你要知道,往生西方極樂世界,活著去的,不是死了去的,你得要搞清楚。你在臨終的時候,頭腦清楚,耳目聰明,你看到阿彌陀佛來接引你,跟他走了,這身體不要了,丟了,活著去的,不是死了去的。所以這個法門是不死的法門,誰能問得出來?所以《彌陀經》無問自說。而且任何一個人,只要你相信,三個條件,信願行,只要具足這三個條件,沒有一個不往生的,這個法門到哪去找?
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十二集) 2010/7/17
Tak peduli berapapun banyak dosa yang pernah diperbuat, asalkan
bersedia bertobat dengan setulusnya, begitu niat pikiran anda berubah,
membulatkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, mendekatkan diri dan belajar pada
Buddha Amitabha, maka rintangan karma pun tereliminasi.
Baik pada masa kelahiran lampau maupun masa kehidupan sekarang, kita
banyak berutang pada makhluk lainnya, baik itu berupa utang nyawa, utang budi,
utang harta, kelak ketika anda mencapai KeBuddhaan, anda akan menyelamatkan
mereka semuanya, tak peduli mereka terlahir di alam manapun, anda dapat melihat
dan mengetahuinya dengan jelas.
Anda takkan mengingkari janji sendiri, anda pasti akan membantu
mereka supaya mencapai pencerahan, melafal Amituofo dan mencapai KeBuddhaan.
Dengan demikian segala utang piutang jadi lunas! Terhadap para musuh
berbuyutan, kita membalas mereka dengan kebajikan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 Juli 2010
無論造多少罪業都不怕,只要你念頭一轉,真的求生西方極樂世界,親近阿彌陀佛,業障就消掉了。過去今生所欠眾生的那些命債、情債、錢財的債,到你成佛之後,他們在任何一道,你都看得清清楚楚。你不會違背你的本願,你一定去幫助他們,幫助他們覺悟,幫助他們念佛往生成佛。這就恩怨都報了!對那些冤家對頭以德報怨。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十二集) 2010/7/17
Praktisi sekalian bila mendengar istilah “Samadhi” pasti langsung
terpikir akan duduk bersila lalu menghadap ke tembok, tetapi aktivitas ini
hanyalah diperuntukkan bagi praktisi Zen yang masih pemula.
Anda harus mengetahui bahwa istilah “Samadhi” memiliki makna yang
luas dan bukan sempit adanya, di dalam 84 ribu pintu Dharma, seluruhnya juga
ada melatih samadhi (konsentrasi), hanya saja caranya berbeda-beda, oleh karena
caranya berbeda-beda makanya ada 84 ribu pintu Dharma!
Kalau tidak melatih Samadhi (konsentrasi) maka tidak bisa disebut
sebagai Buddha Dharma, oleh karena Buddha Dharma pasti melatih Samadhi.
Demikian pula dengan Aliran Tanah Suci, cara apa yang digunakan untuk
melatih Samadhi? Yakni dengan melafal Amituofo untuk melatih Samadhi. Begitu
hati yang membeda-bedakan muncul, langsung melafal Amituofo; begitu hati yang
melekat muncul, langsung melafal Amituofo!
Seperti apa yang diucapkan oleh guru sesepuh Aliran Zen sebagai “Jangan
takut niat pikiran timbul, hanya saja ditakutkan terlambat menyadarinya”, jadi
begitu niat pikiran muncul, tak peduli itu adalah niat pikiran baik atau buruk,
tetap saja salah. Mengapa demikian?
Di dalam hati yang suci takkan ada niat pikiran baik maupun niat
pikiran buruk. Maka itu, begitu niat pikiran muncul, langsung melafal Amituofo,
seluruh niat pikiran diredakan dengan lafalan Amituofo, jangan biarkan niat
pikiran muncul ke permukaan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 Juli 2010
這個禪定,諸位要知道,我們一說到禪定,大家頭一個觀念就想到盤腿面壁,那叫參禪,那是禪宗初學的方法。你必須知道,禪定是廣義的,不是狹義的,八萬四千法門統統是禪定,修學禪定的方法不一樣,門道不一樣,叫法門!它不是修禪定,那就不是佛法;它要是修禪定,這就叫佛法。淨土宗,我們現在用什麼方法修禪定?我們現在用阿彌陀佛這一句佛號,執持名號的方法修禪定。怎麼個修法?你先要懂得禪定是什麼意思,禪定兩個字怎麼講法,什麼叫禪?什麼叫定?外不著相叫禪,內不動心叫定,八萬四千法門全是修這個方法。我們才有一點執著,才有一點分別,阿彌陀佛!宗門祖師所謂「不怕念起,只怕覺遲」,禪定是覺,念頭才起,不管是善念是惡念,念頭一起就錯了。為什麼?清淨心裡頭沒有念頭。念頭一起怎麼辦?歸到阿彌陀佛,統統落在阿彌陀佛上。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十二集) 2010/7/17