Praktisi yang memiliki samadhi dan prajna yang tidak mencukupi, akan
memperoleh pemberkatan dari Buddha dan Bodhisattva. Tetapi perlu kita ketahui
bahwa para Buddha dan Bodhisattva memberkati kita, baik dalam hal kebijaksanaan
dan kemampuan serta rupa, cuma bisa memberi pemberkatan sebanding dengan
keterampilan melatih dirimu saja.
Umpamanya anda memiliki satu bagian keterampilan melatih diri, maka
hanya bisa memperoleh pemberkatanNya sebanyak satu bagian saja; sama halnya
pula bila kita memiliki 10 bagian ketrampilan melatih diri, maka hanya bisa
memperoleh pemberkatanNya sebanyak 10 bagian saja.
Jadi bukanlah karena Buddha pilih kasih, namun anugerahNya sesuai dengan
jerih payahmu, seberapa besar upayamu, maka sebesar itu pula pemberkatanNya.
Kalau jerih payahmu besar, mustahil anugerahNya kecil; sama halnya pula
kalau jerih payahmu kecil mustahil anugerahNya besar. Makanya kita mesti giat
berdaya upaya.
Namun keterampilan melatih diri itu mesti dilakukan secara benar, jadi
daya upaya itu mesti benar barulah ada hasilnya. Jadi cara melatih diri itu
mesti dipahami dengan benar, jangan sampai bersikap takhayul.
Pemikiran kita selama ini telah keliru, sekarang kita harus
meluruskannya kembali. Ucapan dan tindakan kita selama ini telah keliru, sekarang
kita harus meluruskannya kembali. Inilah yang disebut sebagai melatih diri.
Jadi melatih diri itu bukan membaca sutra atau mengikuti ritual
pertobatan, tetapi melatih diri itu adalah mengamalkan dengan serius, ke mana
kita harus melatih diri? Yakni dari setiap butir niat pikiran yang timbul.
Inilah yang disebut melatih diri dari akarnya, hasilnya sungguh efektif.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 30 Agustus 2010
定慧不足的人,會得到佛菩薩加持,像經上講的一樣,佛菩薩肯定加持。但是佛菩薩的加持,我們要知道,我們在這麼多年學習過程當中知道,諸佛菩薩加持我們,無論是智慧德相,他能加的全是相對的。也就是說我們有一分修持,得到他一分的加持,那感應就是這樣的;我們有十分的修持,就得到諸佛如來十分加持。不是佛有意對這個人好、對那個人差一點,不是的,你做得多他加持得多,你做得少他加持得少,他這是相對成正比例的,是這麼樁事情。做得多的不會加持少,做得少的也不會加持多,我們了解事實真相就要認真努力去修。這個去修就是去做,修是修正,把我們錯誤修正過來這叫修。所以修行兩個字,一定要把它搞得很清楚、很明白,它不是迷信,我們思想錯誤,把錯誤的思想修正過來;我們言語造作錯誤,依照佛所講的標準修正過來,這才叫修行。修行不是念經、不是拜懺,而是真幹,在哪裡修?在起心動念之處。這叫什麼?這叫從根本修,效果非常之大。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (一二八集) 2010/8/30
Melatih diri itu mesti mencari akarnya, kalau bukan dari akarnya,
hasilnya tidak terlalu besar, bagaimanapun berdaya upaya namun hasilnya
tidaklah seberapa. Apa yang dimaksud dengan akarnya? Yakni berbakti pada
Ayahbunda, praktisi sejati mesti memulainya dari sini.
Manusia bila tidak berbakti pada Ayahbunda, sama artinya etika
moralmu tidak memiliki akar. Dua butir pertama dari “Tiga Berkah Karma Suci”
adalah “Berbakti pada Ayahbunda, menghormati guru”, mengapa demikian? Ayahbunda
melahirkan dan membesarkan kita, guru mengembangkan kebijaksanaan kita,
membantu kita menghancurkan kesesatan dan mencapai pencerahan.
Di dalam masyarakat ini, andaikata setiap orang adalah anak berbakti,
setiap orang juga merupakan murid yang baik, maka akan menciptakan masyarakat
yang sejahtera, wilayah tersebut takkan dilanda bencana, hujan dan musim tiba
pada waktunya, panen berlimpah, rakyat hidup dengan aman sentosa, setiap
keluarga bahagia, indah sempurna.
Bagaimana caranya menerapkan bakti pada Ayahbunda? Yakni dengan
mengamalkan “Di Zi Gui”, “Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal” dan “Sepuluh
Kebajikan”.
Sejak zaman dulu hingga sekarang, masyarakat Tiongkok menanam tiga
akar pendidikan kesusilaan ini, maka itu Negeri Tirai Bambu mencintai
perdamaian, menyebarluaskan kemuliaan, mengasihi, harmonis dan perdamaian ke
seluruh pelosok dunia, sama sekali tidak memiliki niat untuk menginvasi wilayah
bangsa lain, apalagi tindakan yang melukai orang lain.
Ajaran Konfusius, Ajaran Buddha dan ajaran Tao merupakan semangat
membangun Negeri Tirai Bambu, apabila kita mengabaikannya, maka musibah pun
datang melanda.
Ditinjau dari sisi individu, kesehatan kita akan terganggu, ditinjau
dari sisi masyarakat adalah kondisi sosial yang tidak stabil, ditinjau dari
sisi global adalah bencana alam.
Hari ini saya dengar ada berita dari Sumatera Utara, Indonesia, ada
gunung berapi yang meletus, kabarnya cukup parah.
Gempa, tsunami, bencana kekeringan, banjir, wabah penyakit, semua ini
telah muncul di berbagai belahan dunia, ini dikarenakan kita telah mengabaikan
ajaran insan suci dan bijak, ajaran insan suci dan bijak merupakan kebajikan
sejati (kebajikan yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati). Oleh
karena kita telah mengabaikan kebajikan sejati, maka bencana pun datang
melanda.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 30 Agustus 2010
Di Zi Gui :
Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal :
Sepuluh Kebajikan :
所以修行要找到根,不從根上修效果就不大,怎麼用勁都不大。根是什麼?世出世法的根都是孝道,孝順父母,所以我們真正修行的人從這個地方開始。人要不孝父母,等於說你的德行沒有根。淨業三福前面兩句話,佛教導我們「孝養父母,奉事師長」,為什麼?我們的身命得自於父母,這父母給的;我們的慧命得自於老師,老師幫我們破迷開悟。你看一個是孝,孝親;一個是敬,敬師,尊師重道。中國人對老師看得很重,把老師看著跟自己的父母沒有兩樣,諸位在中國《儀禮》、《禮記》裡面可以讀到。這個社會上,如果人人都是孝子,人人都是好學生,這個社會祥和,這個地區沒有災難,真的是風調雨順,五穀豐登,人民安樂,家家幸福美滿,這是真的不是假的,只要把兩個根修好。佛菩薩、聖賢人給我們提個綱,孝親怎麼落實?我們能夠把《弟子規》做好,不但孝親做到,尊師也做到;如果再能夠把《感應篇》也能做到,你的根就深了,《感應篇》幫助你這個根深;《十善業》能幫助你那個根會成佛,更深的根,我們想想這多重要!中國自古以來這幾千年都是紮三個根。所以在歷史上這個國家、地區長治久安,這個族群是個和睦的族群,愛好和平,真正能發揚性德裡面所講的「仁愛和平」,沒有侵犯別人的念頭,沒有傷害別人的行為,儒釋道都是這樣教人的。儒釋道是中國立國的精神,如果我們把它失掉,災難立刻就會現前。從我們的正報身體來講就會有疾病,我們個人的災難就是病苦,社會的災難就是不安,山河大地的災難就是災變。今天我聽說印尼蘇門答臘的火山爆發,也相當嚴重。地震、海嘯、旱災、水災、瘟疫全都出現了,我們違背聖賢教誨,聖賢教誨全是自性的性德,違背性德什麼災難都出現。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (一二八集) 2010/8/30
Berkah dan kebijaksanaan mesti ditimbun berkesinambungan hingga pada
akhirnya ketika terlahir ke Alam Sukhavati, barulah berkah dan kebijaksanaan
jadi sempurna.
Setelah memperoleh pemberkatan
kewibawaan Buddha Amitabha, barulah kemampuan gaib yang tak terbayangkan jadi
efektif. Dengan kemampuan gaib yang menakjubkan ini, mewujudkan “Dalam waktu
sebersit niat pikiran, menjelajahi seluruh alam Buddha”, sehingga hanya dalam
waktu sekejab saja, berkah dan kebijaksanaan telah sempurna.
Oleh karena anda pergi berkunjung dan memberi persembahan pada Buddha
adalah menimbun berkah. Dengan apa kita memberi persembahan kepada para Buddha?
Yakni dengan sebutir hati yang penuh rasa hormat, hati yang tulus, inilah
bentuk persembahan kita kepada para Buddha. Anda akan memperoleh pemberkatan
kekuatan Buddha, yakni memperoleh pahala.
Kemudian anda akan mendengarkan pembabaran Dharma dari para Buddha,
menerima dan mengamalkannya, kebijaksanaan pun terbuka.
Maka itu dimanakah kita dapat menimbun berkah dan kebijaksanaan yang
terbesar? Di dalam pintu Buddha. Terpisah dari pintu Buddha, bagaimana anda
dapat menimbun pahala yang sedemikian besarnya? Bagaimana dapat mengembangkan
kebijaksanaan yang sedemikian besarnya?
Zaman dulu, Leluhur kita, yakni Kaisar Han Ming-di, mengirim utusan
ke India untuk mencari dan mengundang anggota Sangha senior datang
menyebarluaskan Ajaran Buddha ke Tiongkok.
Sesampainya di Tiongkok, Kaisar segera mengangkat mereka jadi Guru
Negara, yakni Kaisar menjadi murid mereka. Selain itu, Guru Negara juga
bertugas mengajarkan Buddha Dharma kepada rakyat, barulah Negeri Panda memiliki
pahala yang sedemikian besarnya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 30 Agustus 2010
不能不修福,不能不修慧,儒釋道三家都是教我們求福求慧。最後求生淨土你的福慧才能圓滿,不求生淨土福慧總是不圓滿。得佛威神加持,這才出現如是不可思議的神通妙用,這真的是不可思議,真實的神通妙用。「於一念頃,遍遊佛土」,遍遊佛土這是真實的修慧修福。因為你去見佛,你供養佛,用什麼供養?恭敬心、真誠心,用這個去供養。你得佛力加持,是得福報;恭恭敬敬聽佛講經說法,依教奉行,你智慧開了,這是求慧。所以,無量的福慧,最大的福慧在哪裡修?佛門當中修。離開佛門,你怎麼能修這麼大的福報?怎麼能成就這麼大的智慧?佛教在印度,當年是我們的老祖宗,國家的帝王漢明帝,在歷史上有記載,派特使到西域去尋求,到處去打聽哪個地方有高僧、有大德,禮請到中國來。來到中國,帝王拜他做老師,帝王做為弟子,所以到中國來是國師的身分,幫助帝王教化眾生,中國人才有這麼大的福報,這個不能不知道。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (一二八集) 2010/8/30