Mari kita
lihat kalimat berikutnya, “Di dalam Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou
Yi disebutkan bahwa sepatah Amituofo merupakan Dharma Anuttara-samyak-sambodhi
yang dicapai oleh Buddha Sakyamuni di dunia yang dipenuhi oleh lima kekeruhan
dan kejahatan”.
Kalimat
ini sungguh sulit sekali, siapa yang mengucapkannya? Master Ou Yi. Maka itu
mengapa Master Yin Guang memuji “Penjelasan Amitabha Sutra Karya Master Ou Yi”,
oleh karena Master Ou Yi menjabarkannya dengan sangat bagus sekali.
Bagaimana
cara Buddha Sakyamuni mencapai penerangan sempurna? Master Ou Yi mengatakannya,
yakni dengan melafal Amituofo. Mana buktinya? Ada tercantum di dalam “Amitabha
Sutra”.
Lihatlah,
banyak praktisi yang membaca Amitabha Sutra namun tidak menyadarinya, akhirnya
ditemukan oleh Master Ou Yi, Master Ou Yi telah menyadarkan kita semuanya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 14 Mei 2010
Lima
kekeruhan dan kejahatan baca di :
http://daunbodhi.blogspot.com/2015/12/panca-kasayah-lima-kekeruhan.html
我們再看下面這段,這還是接著說,「又《要解》云:故一聲阿彌陀佛,即釋迦本師於五濁惡世所得阿耨多羅三藐三菩提法」。這一句太難了,誰說的?蕅益大師說的,所以印光大師讚歎,讚歎蕅益大師的《要解》,他講得太好了,古人沒講過。釋迦牟尼佛是怎麼成佛的,是怎樣得到無上正等正覺?蕅益大師說,是念阿彌陀佛得到的。證據呢?證據就在《阿彌陀經》上。你看,那麼多年講《阿彌陀經》、念《阿彌陀經》沒有發覺,被他老人家發覺了,真的,一點都不錯!蕅益大師把我們點醒了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三十九集) 2010/5/14
“Buddha
Amitabha menggunakan keseluruhan buah pencerahan yang diperolehNya,
menganugerahkan-nya kepada semua makhluk di enam alam tumimbal lahir yang
dipenuhi oleh lima kekeruhan dan kejahatan”.
Masyarakat
masa kini dipenuhi oleh lima kekeruhan dan kejahatan, bahkan sudah sedemikian
parahnya, apa yang dimaksud dengan kekeruhan? Pencemaran batin.
Sekarang,
kalau kita membahas tentang pencemaran atau polusi, semua orang memiliki kesan
yang mendalam, terutama pencemaran lingkungan. Makanan yang setiap hari kita
konsumsi sudah tercemar, air yang kita minum juga sama, pakaian yang kita kenakan
juga mengandung bahan kimia. Orang Tiongkok jaman dulu mengenakan pakaian dari
bahan katun, ini masih alami.
Namun kemajuan teknologi telah merusak
keseimbangan alam, meskipun pakaian yang diproduksi tampaknya cantik namun
tidak menguntungkan kesehatan manusia.
Maka itu
baik sandang, pangan dan papan masa kini, telah membawa pada manusia penyakit
yang aneh-aneh. Lebih luas lagi adalah pencemaran alam, Bumi telah sakit.
Melihat
kembali pada diri sendiri, hati dan pikiran kita lebih menderita pencemaran
yang lebih parah berkali-kali lipat! Polusi batin ini berada di dalam dan bukan
di luar diri kita. Kalau di dalam saja sudah mengalami polusi hebat, apalagi di
luar?
Lingkungan
berubah menuruti perubahan hati dan pikiran. Jiwa saja sudah tercemar, maka
dengan sendirinya raga juga ikut tercemar sehingga lingkungan juga ikut
tercemar, inilah yang merupakan penyebar beragam penyakit yang diderita oleh
manusia masa kini.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 14 Mei 2010
Lima
kekeruhan dan kejahatan baca di :
http://daunbodhi.blogspot.com/2015/12/panca-kasayah-lima-kekeruhan.html
「今以此果覺全體授與濁惡眾生」,今天,佛,阿彌陀佛,把果覺全體傳授給六道的濁惡眾生,五濁惡世的眾生。現在我們這個社會濁惡到了極處,濁是什麼?染污。現在談到染污,每個人都有很深刻的感觸,最容易感觸什麼?環境的染污。我們在日常生活當中,我們的食物有嚴重染污,我們的飲水有嚴重染污,我們穿的衣服有一些化學品製作的,都有染污。中國人古時候,衣服是穿棉穿紗,這是自然的。現在科學發達了,要改變這些物種的基因,這一改就壞了,看到樣子是好看,對人體很不利。所以現在這個衣食住行,讓很多人得到奇奇怪怪的病痛。再擴大,大家曉得,地球被染污了,地球病了。這是境界上。回過頭來,心理的染污比環境染污不知道重多少倍!染污的根源是在內,不在外。內染污了,外面什麼?外面境界隨心轉,境隨心轉。心被染污,身自然染污,外面環境也染污,這是現代人事物病痛的真因。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三十九集) 2010/5/14
Untuk mengurai bencana alam, harus tahu dari mana sumber bencana,
serupa dengan dokter yang mengobati penyakit pasiennya. Baik di dalam maupun di
luar Tiongkok, terdapat banyak ramalan tentang bencana, ini serupa dengan
gejala penyakit yang diungkapkan keluar. Setiap orang yang mendengarnya jadi ketakutan,
padahal sesungguhnya tidak ada yang perlu ditakutkan.
Pertama-tama kita harus menelusuri dari mana datangnya penyakit itu,
orang yang mulanya sehat-sehat saja, kenapa sekarang jatuh sakit? Di dalam
Buddha Dharma, sumber penyakit itu ada 3 jenis, yaitu :
Yang pertama, dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, kebiasaan
hidup yang salah, sehingga menyebabkan sakit. Untuk penyakit jenis pertama ini,
dokter dapat menyembuhkan-mu.
Yang kedua adalah penyakit yang disebabkan oleh musuh kerabat penagih
hutang. Utang nyawa dibayar nyawa, utang uang dibayar uang, ada pula yang
datang tagih uang dan nyawa.
Untuk penyakit jenis kedua ini, dokter tak berdaya menyembuhkannya.
Lantas harus bagaimana? Mediasi, menawarkan syarat untuk berdamai, bila pihak
lawan menerimanya, maka dia akan pergi, penyakit pun sembuh.
Yang ketiga adalah penyakit rintangan karma, oleh karena karma buruk
yang diperbuat sudah terlampau banyak. Jenis ketiga ini sangat merepotkan, oleh
karena dokter tidak bisa menyembuhkan-nya, juga tidak ada jalan mediasi, perbuatan
sendiri ditanggung sendiri.
Anda cari rohaniwan juga tidak ada gunanya karena di sini mediasi
tidak efektif, penyakit ini merupakan balasan karma. Lantas apa yang harus
diperbuat? Bertobat dengan setulusnya.
Asalkan berjanji takkan mengulanginya lagi, menghapus kejahatan
menimbun kebajikan, memupuk kebajikan secara berkesinambungan, masalah pun jadi
terurai.
Maka itu asalkan kita mengetahui sumber penyakit maka anda tahu
bagaimana cara mengobatinya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 14 Mei 2010
化解自然的災難,我們講自然災害,你要知道這個災害怎麼來的,這就跟看病一樣,醫生治病一樣。中國、外國,古今這些預言都說了很多災害,這是什麼?這就好像把病狀說出來。說出來,很多人聽了害怕,其實錯誤了,用不著怕。你一定要知道這病怎麼生的,本來是個健康的人,為什麼會長病?在佛法裡面,病有三種原因,第一種是生理的,你的飲食、你的生活方式有錯誤,帶來的疾病。這一類的疾病,醫生可以幫助你治療,幫助你恢復正常,這第一類的。第二類的,是你的冤親債主找到你了。他來幹什麼?欠命的要命,欠債的要還錢,他是來要錢要命的。這一類的病,醫生治不好,它不屬於生理的。那要怎麼辦法?調解。所以宗教裡面有很多傳教師幫這些信徒治病,大多數這一類的病,提出調解的條件,對方接受了,他就走了,你的病就好了。第三類叫業障病,是你自己造的罪業太多。這一類病很麻煩,為什麼?醫生治不好,它也不屬於調解,是你自己造的業很重,很麻煩。你要找這些宗教來幫忙他幫不上,因為它不是調解,是你自己做的罪業太重,你該得這個報應。這還是有辦法,真正懺悔,普賢菩薩教給我們「懺除業障」,真懺悔,真正改過自新,斷惡修善、積功累德,問題能化解。我們人身上這種病,你知道它是什麼原因,你也有辦法治。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第三十九集) 2010/5/14