Dharma Dana menghasilkan kecerdasan dan kebijaksanaan, saya lebih
menekankan pada Dharma Dana daripada dana materi, maka itu uang yang saya
miliki, saya gunakan untuk mencetak buku sutra.
Kalian sudah banyak mendengar ceramahku selama ini, coba amati,
ceramahku berbeda dari tahun ke tahun, kebijaksanaan itu berkembang dari waktu
ke waktu.
Saya belajar pada Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) selama 10 tahun, saat
permulaan mendengar Guru Li berceramah, saya suka membuat catatan, kemudian
Guru Li tidak mengijinkan saya mencatat lagi. Mengapa demikian?
Guru Li berkata, “Buat apa kamu mencatat?”. Saya bilang saya takut
lupa. Beliau memberitahu padaku, “Jangan mencatat, tiap tahun kondisi batin itu
berbeda-beda, tahun ini kamu membuat catatan, tahun depan semua ini sudah tidak
terpakai lagi”.
Saya merenungkan ucapan Guru Li ada benarnya, sejak itu saya mengerahkan
segenap perhatian mendengar ceramahnya, takkan mencatat lagi. Maka itu selama
mengikutinya sepanjang 10 tahun, saya tidak punya catatan.
Kebijaksanaan itu berkembang dari hari ke hari, setiap hari mengalami
kemajuan, anda mana boleh berhenti di sana, mana ada aturan begini?
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2010
法布施得聰明智慧,我把這個看得比財重,所以我有錢都印經,做法布施。你們聽我講經的時間多了、時間久了,你聽我講的東西年年不一樣,你就看出智慧增長,一年跟一年不一樣。我跟李老師學教,十年,聽李老師講經,李老師叫我坐第一排,跟他面對面,不准寫筆記。最初的時候,我寫一點東西,下來他就問我,你剛才在寫,寫什麼?我說寫筆記。「你寫這個幹什麼?」我說怕忘記。他就告訴我,「不要寫,年年境界不一樣,你今年寫的這些東西,到明年一點用處沒有」。我想一點沒錯,專心去聽,不要在這個地方打閒岔。所以我跟他十年沒有筆記本。智慧天天在增長、天天在進步,你怎麼可以停留在那裡,哪有這個道理?可是老師,別的同學寫筆記他也不說,我寫筆記他就告訴我你不要搞。這是培養智慧,法布施。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十五集) 2010/7/10
Master Zhangjia mengajariku
supaya melakukan Amisa Dana (dana materi), Dharma Dana dan Abhaya Dana (menghilangkan
ketakutan di hati para makhluk). Dengan melakukan dana materi, barulah anda
takkan hidup kekurangan, ketika anda butuh uang, uang akan datang dengan
sendirinya, betapa bagusnya, betapa leluasanya.
Dharma Dana membuahkan kebijaksanaan, Abhaya Dana membuahkan
kesehatan dan usia panjang. Buddha Dharma sungguh istimewa, apapun permohonanmu
pasti terkabul, asalkan anda tahu caranya, mesti sesuai dengan yang tercantum
di dalam ajaran sutra.
Jadi memohon itu harus dengan cara yang benar, barulah bisa terkabul.
Umpamanya anda ingin menjadi Buddha, caranya adalah terlahir ke Alam Sukhavati,
maka keinginanmu jadi Buddha bisa terkabul, ini saja bisa terkabul, apalagi hal-hal
sepele di dunia ini, mustahil tidak terkabul!
Kalau permohonanmu tidak terkabul, ini dikarenakan anda memiliki
rintangan karma, apabila rintangan karma ini sudah dihapus, maka permohonanmu
segera terkabul.
Buddha Dharma dapat membantu kita mengatasi permasalahan. Kami
belajar Buddha Dharma, mematuhi perkataan guru, takkan ragu sama sekali,
setelah memahami kebenaran ini, hati pun jadi tenang, kecemasan apapun takkan
ada lagi, beban pikiran apapun juga tidak ingin dirisaukan lagi, dipikirkan
juga tidak ada gunanya, hobi berpikir juga adalah kekeliruan, makanya jangan
banyak pikir, tiba pada waktunya, apa yang bakal terjadi pasti akan terjadi,
sebaliknya apa yang bukan merupakan milik kita, buat apa dipaksakan, memohon
pun tiada gunanya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2010
老師教我,一定是財布施、法布施、無畏布施,你得到的果報,你財用不缺乏,你要用錢自然就有,這個多好,多自在。不用的時候沒有,用的時候它就來了。法布施智慧增長,無畏布施健康長壽。佛法厲害,你想要什麼你就能得到什麼,只要你懂得道理、懂得方法,如理如法去求,沒有一樣得不到。你看看,求成佛、求到西方極樂世界都能得到,這個世間的小事雞毛蒜皮,這算什麼!你求不得是你有業障,你能把業障懺除,你所求的立刻就感應到。佛法真能給我們解決問題,這是講很現實的問題,能解決。我們學佛,聽老師的教誨,我們對老師一點不懷疑,明白之後心就定了,什麼樣的畏懼都沒有了,什麼妄念也都不要想,想它沒有用,想是錯誤,別想,到時候該來的自然就來了,不來的求也沒用。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十五集) 2010/7/10
Master Zhangjia
menenangkan hatiku, saat itu saya masih menjadi praktisi pemula, bertekad
sepanjang hidup mengabdi untuk perkembangan Buddha Dharma, beliau berkata,
sepanjang hidupmu, Buddha dan Bodhisattva akan menjaga dirimu, kamu tidak perlu
risau sama sekali.
Saya percaya pada
ucapan guruku, makanya tidak pernah meragukannya, baik berada dalam kondisi
suka maupun duka, juga merupakan pengaturan dari Buddha dan Bodhisattva.
Dalam keadaan yang
menyenangkan, takkan timbul kemelekatan, maka anda mengalami kemajuan batin;
sebaliknya dalam keadaan yang tidak nyaman, takkan timbul kebencian, maka anda
mengalami kemajuan batin.
Melatih diri itu
tak terpisahkan dari lingkungan orang banyak, dengan menempa diri barulah anda
dapat menghapus ketamakan, kebencian, kedunguan dan kesombongan. Terutama hati
loba, mesti dikikis sampai ke akar-akarnya.
Saat berada dalam
kondisi yang menyenangkan dan lancar, takkan timbul kemelekatan; sebaliknya
saat menghadapi kondisi yang tidak menyenangkan, takkan muncul kebencian,
melatih hati yang suci, setara dan tercerahkan.
Setelah berhasil
mewujudkan hati yang suci, setara dan tercerahkan, maka anda akan memperoleh
kebijaksanaan, kemampuan kebajikan dan rupa yang berwibawa.
Selain rupa yang
berwibawa, kesehatanmu juga akan meningkat dari tahun ke tahun. Tahun demi
tahun kian bahagia, tahun demi tahun kian merasa bebas. Ini merupakan tahapan
yang penting guna menyelamatkan para makhluk.
Buddha Sakyamuni
memiliki rupa yang bagus, sempurna akan 32 tanda utama dan 80 tanda sekunder,
dari mana semua ini berasal? Dari melatihnya.
Pada masa kehidupan
lampau, ketika Buddha Pusya sedang membabarkan Dharma, kala itu Buddha
Sakyamuni masih melatih Jalan Bodhisattva, setelah berhasil, Bodhisattva
menggunakan waktu selama seratus kalpa untuk menyempurnakan rupaNya. Mengapa
demikian?
Rupa yang berwibawa
merupakan salah satu upaya kausalya guna menyelamatkan para makhluk, jadi bukan
demi diri sendiri supaya tampak menarik.
Masyarakat suka
melihat orang yang berparas rupawan, mereka akan mendekatimu, maka itu
penampilan juga merupakan salah satu unsur untuk mempengaruhi orang banyak.
Andaikata wajahmu
kurang ganteng, sehingga orang lain juga enggan mendekat, bagaimana bisa
menyampaikan Dharma padanya? Jadi wajah merupakan unsur penting yang tidak bisa
dipungkiri, wajah rupawan dapat membantu para makhluk menghapus penderitaan,
membantu para makhluk memperoleh manfaat.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 10 Juli 2010
Catatan penerjemah :
Wajah rupawan yang dimaksud di sini bukanlah hasil operasi plastik,
namun merupakan hasil pelatihan diri jangka panjang, cobalah amati rupa
praktisi yang bervegetarian dan non vegetarian, beda bukan? Cobalah amati rupa praktisi yang melafal Amituofo dan tidak melafal Amituofo, beda
bukan?
章嘉大師安我的心,我那時候剛剛初學,發願一生奉獻給佛法,他說你的一生佛菩薩照顧你,你自己不要操一點心。我接受了,我相信,我一點都不懷疑,順境是佛菩薩安排的,逆境也是安排的。以後學了《華嚴》,對這個道理完全明白了,順境決定沒有一絲毫貪戀,你提升了;逆境沒有一絲毫瞋恚,也提升了,都是幫助你提升。善財五十三參歷事鍊心,要在環境上去磨鍊,你禁不起磨鍊就被淘汰掉了。你能禁得起磨鍊,把什麼東西磨掉?貪瞋痴慢磨掉。特別是貪心,這是最嚴重的,根本問題。順境裡頭要學著沒有貪戀,在這裡修清淨心;逆境裡面沒有瞋恚,修清淨心。你修的東西正確的,修什麼?修清淨、修平等、修覺,我們這個經題上的後面這五個字。你真正成就清淨平等覺,前面果報你就得到,果報是什麼?大乘,大乘是智慧,無量壽是德行,莊嚴是相好,你都得到了。莊嚴重要,在我們現前,你的身體是一年比一年健康、一年比一年快樂、一年比一年自在。這是什麼?這是度化眾生的重要的課程。釋迦牟尼佛,我們在經上看到,三十二相八十種好,從哪來的?修來的。在過去,弗沙佛的時代,他成就了,成就之後要用一百劫的時間去修相好。為什麼?接引大眾方便,不是自己要的。社會大眾看到相好的人,他就特別親切,所以說這個東西是誘惑眾生的一個工具。如果你相貌不好,很醜陋,人家一看就討厭,就遠離去了,你還能度眾生嗎?一定要相好,相好能夠攝受一切眾生,不是為自己,為眾生的。這些我們不能不知道,這都是屬於幫助眾生滅苦,幫助眾生得利益。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十五集) 2010/7/10