Minggu, 07 Oktober 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2010 (Bgn 4)


Ajaran sutra mengandung kebenaran yang takkan pernah berubah selamanya, maka itu praktisi yang belajar ajaran sutra tidak mudah menua. Setelah menghayati ajaran sutra, saya merasakan manfaatnya, tahun demi tahun tubuh jadi lebih sehat; keadaan juga jadi lebih baik, gerakan takkan jadi melamban, dalam melakukan namaskara, saya masih tetap tidak pakai alas.

Kalau asyik memikirkan saya ini sudah tua, sudah lemah, perlu ada yang jaga, maka ini akan jadi masalah besar, saya sendiri tidak memikirkan hal begini. Ada beberapa umat yang merisaukan diriku, usiaku yang sudah lanjut, sehingga menyarankan supaya saya mencari seorang dayaka (pendamping Bhiksu), saya bilang tidak perlu, saya masih sanggup menjaga diri sendiri.  

Upasaka Li Bing-nang saat usia 95 tahun barulah bersedia menerima usul orang banyak yang mencarikan untuknya 2 orang dayaka, sebelum usia 95 tahun, beliau mengurus dirinya sendiri, tidak melemah, masih sanggup mengurus segala keperluan diri sendiri, ini membuktikan kesehatannya masih lumayan, buat apa dibantu orang lain? Hanya saja usia yang sudah lanjut, dalam bergerak mesti agak hati-hati, juga tidak selincah dulu lagi, biar lambat asal selamat.

Membuang segala sikap tergesa-gesa, anak muda sekarang, terutama masyarakat masa kini, selalu saja ada orang yang bersikap tergesa-gesa, tidak tenang hatinya, ini sudah menjadi fenomena umum.

Kita renungkan kembali diri kita sendiri juga memiliki tabiat begini, dalam kehidupan keseharian hal ini patut diperhatikan, belajarlah untuk bersikap tenang dan stabil.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2010

經教永遠不老、永遠不衰、永遠不變,我告訴諸位就是這麼個道理。果然契入之後,我現在就有個感覺,我覺得我今年的身體比去年、比前年都好;一年比一年好,動作都不衰,我拜佛還是平地上拜,不用拜墊。沒想到嘛!想到老、想到衰了、想到要有人伺候,那就麻煩了,我統統沒想到。有些在我旁邊的居士很關心我,年歲大了,要找個侍者,我說不必要,我自己還能照顧自己。李炳南老居士九十五歲才同意大家給他找兩個人照顧他,九十五歲之前,自己照顧自己,不衰,有能力照顧自己,這說明自己身體不錯,何必要別人照顧?年歲大了,動作小心一點是真的,動作慢一點,不至於發生意外,小心謹慎,動作、言語都慢一點,愈慢愈好。把浮躁的習氣要真的斷掉,年輕人,特別是現前這個社會,總有些心浮氣躁,雖然程度不等,都有,普遍的現象。我們自己想想也有這個習氣,一定在日常生活當中留意,學穩重。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十三集)  2010/5/18





 
 
Melatih diri ada di dalam kehidupan keseharian, bila memisahkan diri dari masyarakat ini, ke mana lagi kita dapat melatih diri? Avatamsaka Sutra menyebutkan Sudhana Kumara mengunjungi 53 Kalyanamitra, apa maksudnya? Yakni sejak pagi bangun tidur hingga malam hari tertidur pulas, dalam sehari ini, anda berinteraksi dengan orang-orang dan urusan, inilah yang dimaksud dengan mengunjungi 53 Kalyanamitra, anda bertemu dengan pria, wanita, tua dan muda, yang berasal dari beragam bidang pekerjaan.

Sudhana Kumara ketika mengunjungi 53 Kalyanamitra, dia serius belajar dari mereka, dengan seksama dia melihat, mendengar, belajar, namun takkan memiliki pendapatnya sendiri.

Yang paling ditakutkan adalah mengkritik, Sudhana Kumara tidak memberi kritikan, namun hanya memuji dan berterimakasih; memuji karena telah melihat kebenaran, berterimakasih karena telah mencapai kemajuan batin.

 Dharma ada dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam pekerjaan, menangani urusan dan berinteraksi dengan orang lain. Bagaimana cara menerapkan Avatamsaka Sutra dalam kehidupan keseharian? Sudhana Kumara telah memperagakannya kepada kita.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2010

學習在日常生活當中,沒離開生活,離開生活到哪裡去學?善財的五十三參是什麼?就是從早起床到晚上睡覺,你這一天所接觸到一切人事物就是五十三參,你看到的男女老少、各行各業。善財童子真的是參,你細心去讀五十三參,他虛心在看、在聽、在學,沒有意見。最怕的是批評,善財童子從來沒有批評,都是讚歎、都是感恩,這個要學;讚歎是看到了真理,感恩是自己提升了境界。吉祥雲比丘代表的是初住菩薩,普賢菩薩代表的是圓滿,一生從初住達到究竟圓滿,五十二個階級。這是表法,法就在日常生活、工作、處事待人接物,五十三參是活的,不是死的,是實際的生活,《華嚴》怎麼落實在實際生活當中?善財表演出來了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十三集)  2010/5/18