Selasa, 16 April 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010 (Bgn 2)


Sutra menyebutkan, balasan karma sendiri ditanggung sendiri. Kalau sudah keburu melakukan kesalahan, janganlah takut, sebersit niat pikiran kembali ke jalan yang benar, masalah pun segera teratasi.

Orang Tiongkok zaman dulu berkata, “Ketika bertemu masalah, jangan salahkan orang lain, tapi lakukan introspeksi diri”, kalimat ini sangatlah penting! Menyalahkan orang lain, ini adalah dosa ditambah dosa, bukan saja tidak dapat menyelesaikan masalah, malah akan membuat masalah jadi bertambah parah. Hanya dengan melakukan introspeksi diri, bertanya kembali pada diri sendiri, barulah dapat menemukan solusi permasalahan.

Orang lain tidak bersalah, alam juga tidak bersalah. Lantas mengapa permukaan alam bisa muncul banyak bencana? Semua ini timbul karena niat jahat kita. Bencana alam itu menurut pada perintah siapa? Menurut pada niat pikiran kita.

Jadi apabila niat pikiran kita baik, maka permukaan alam akan ikut berubah jadi baik, sebaliknya bila niat pikiran kita buruk, maka lingkungan alam pun ikut berubah jadi buruk, beginilah kebenarannya.

Niat pikiran dapat mengendalikan segalanya, niat pikiran juga dapat mengubah segalanya, jadi lingkungan alam ini mau anda ubah jadi bagus atau jelek, semua ini hanya terletak pada sebersit niat pikiran.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010

經典裡面常說的,各人生死各人了,各人的業報各人承當。做錯了,不怕,一念回頭,問題馬上就解決。中國古人講的話,「行有不得,反求諸己」,這句話重要!怨天尤人,那是罪上加罪,不但不能解決問題,會把問題搞得更嚴重,只有回過頭來問自己,問題真正得到解決。別人沒有過失,大自然沒有過失。大自然為什麼會有這麼多災難變現?我們不善的心所感,不是它有意的,它無意的。大自然的變化聽誰的?聽我們念頭;我們念頭善,它就變善,我們念頭不善,它就變成不善,就這麼個道理。意念主宰了一切,意念改變了一切,你把它改變向善或者改變向惡,都是意念。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第九十二集)  2010/8/1

 


 

 
Raja Langit yang berada di urutan ketiga bernama Virupaksa, merupakan Raja Langit arah barat. Arah barat dan arah utara mengingatkan kita akan cara melatih diri.

Bagaimana cara kita memperoleh kebijaksanaan? Oleh karena kunci dari segalanya terletak pada kebijaksanaan, tujuannya adalah melindungi negara, dengan memiliki kebijaksanaan barulah dapat melindungi negara.

Jadi untuk melindungi negara mestilah mengembangkan kebijaksanaan, lantas bagaimana caranya mengembangkan kebijaksanaan? Dengan memperkaya pengetahuan.

Satu tangan Raja Langit Virupaksa memegang naga atau ular, naga dan ular melambangkan banyak perubahan, kehidupan manusia banyak perubahan, demikian pula masyarakat dan segala sesuatu juga mengalami perubahan.

Satu tangannya lagi memegang sebutir mutiara, apa maknanya? Mutiara melambangkan tidak berubah. Dari banyak perubahan tersebut, anda berhasil menggenggam yang sejati tidak berubah. Yang berubah itu adalah rupa, yang tidak berubah itu adalah jiwa sejati.

Anda menggunakan hati suci, setara dan tercerahkan, selamanya takkan berubah, untuk mengamati alam semesta dan dunia ini, maka kebijaksanaanmu akan muncul ke permukaan, maka anda akan tahu bagaimana cara untuk mensejahterakan masyarakat ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010

第三位天王,廣目天王,西方的。西方跟北方提醒我們修學的心態。我們要怎樣真正得到智慧?因為整個關鍵是在智慧,目標是在護國,有智慧才能護國,沒有智慧你護不了國。護國是大願,增長智慧是大德大能,如何能夠求到?多聞,廣學多聞,成就真實智慧。這個地方偏重在後得智,無所不知,你得廣學多聞。你看他拿的道具,一個手上拿的是龍,或者是蛇,龍蛇代表多變,人事的多變、社會的多變、萬物的多變,千變萬化。一個手上拿的一個珠,這個珠代表什麼?代表不變。在多變當中,你掌握到不變,多變是事,不變的是理,多變的是相,不變的是性。也就是說,你用清淨平等覺,永恆不變,觀察這個世界、觀察這個宇宙,你的智慧就現前,你就曉得用什麼方法安定這個社會。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第九十二集)  2010/8/1


 

 
 
Membangkitkan Maitri Karuna yang sejak semula telah sempurna di dalam jiwa sejati, guna membantu semua makhluk untuk menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan, menghancurkan kesesatan mencapai pencerahan.

Bagaimana caranya membantu dia menjauhi penderitaan dan memperoleh kebahagiaan? Bukanlah karena dia tidak punya uang lantas anda memberinya uang, dia tidak punya makanan maka anda memberikan makanan kepadanya, dia tidak punya pakaian lantas anda berikan pakaian padanya, ini hanyalah merupakan Maitri Karuna yang paling kecil.

Buddha adalah Maha Maitri Maha Karuna, cara apa yang digunakan para Buddha untuk membantu semua makhluk? Membabarkan Dharma, hal ini mesti dipahami. Mengapa demikian?

Dari mana penderitaan berasal? Penderitaan berasal dari pikiran sesat, terhadap kebenaran alam semesta beserta seluruh isinya, anda tidak memahaminya, anda telah tersesat.

Oleh karena tersesat, maka anda akan berpikir secara sembarangan, sehingga bertindak sembarangan, menciptakan berbagai karma buruk, melanggar Hukum Alam, menciptakan ketidakseimbangan alam, mengundang datangnya bencana.

Lantas mengapa di Alam Sukhavati tidak pernah terdengar ada bencana? Oleh karena di sana, Buddha Amitabha setiap harinya membabarkan Dharma, para penduduk Alam Sukhavati setiap hari juga ikut mendengar pembabaran Dharma, inilah alasannya, hal ini mesti dipahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010

真正的將自性本有的慈悲圓滿的流露出來,幫助一切苦難眾生離苦得樂,破迷開悟。怎樣幫助他離苦得樂?不是說他沒錢送錢給他,他沒吃送吃的給他,他沒有穿送穿的給他,這種慈悲救濟是小的,最小的。佛是大慈大悲,佛用什麼方法幫助世出世間一切眾生?教學,這道理要懂。為什麼?苦從哪裡來的?苦從迷來的,你對於諸法實相(宇宙萬法的真相)你不了解,你迷了。迷了,你就胡思亂想,你就胡作妄為,你造種種不善,違背大自然的法則,破壞大自然的規律,造成一切不平衡,這災難就來了。本來沒有災難,我們沒有聽說極樂世界有災難,也沒有聽說華藏世界有災難,天上有災難聽說過,佛菩薩居住的地方沒聽說有災難的,什麼原因?天天教學,天天上課,道理在此地,我們不能不知道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第九十二集)  2010/8/1