Rabu, 24 Oktober 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Juni 2010 (Bgn 1)


Di dalam  Jie Jing (Sutra Sila) tercantum “Seluruh pria adalah Ayahku, seluruh wanita adalah Bundaku”, jadi kalau Ayahbunda menyalahkan kita tanpa alasan yang jelas, apakah kita boleh membenci mereka? Mana boleh!

Tanpa alasan yang jelas lalu menyalahkan dirimu, untuk menguji dirimu, sampai dimana pembinaan etika moral-mu. Menurutmu apakah ini niat baik atau niat buruk?

Niat baik atau buruk bukan terletak pada orang lain, namun pada diri kita sendiri. Apabila diri sendiri berniat baik, maka segala niat jahat yang berada di luar, sampai pada diriku akan berubah jadi niat baik; sebaliknya bila orang lain di luar berniat baik, tetapi pikiran dan tindakanku buruk, maka sampai pada diriku, niat baik tersebut berubah jadi niat jahat.

Di dalam masyarakat sekarang ini, fenomena begini sudah jadi umum, cobalah amati dengan seksama, anda dapat melihat dengan jelas. Asalkan berhati suci, berhati baik, maka anda dapat mengamatinya dengan jelas, sangat memahaminya.

Apabila diri sendiri yang dihadapkan dengan kondisi begini, maka ingatlah pada Buddha Sakyamuni, ingatlah pada para Buddha Tathagata, para Bodhisattvaya Mahasattvaya, maka kondisi tersebut segera terurai.

Kita menggunakan hati yang berterimakasih, mengapa demikian? Andaikata dia berniat baik, maka takkan ada masalah; sebaliknya bila dia berniat buruk, iri hati lalu menghalangi, maka dia menciptakan karma buruk yang sangat berat, dia akan jatuh ke tiga alam rendah.

Tindakannya padaku tidak menimbulkan luka apapun, tetapi dia sendiri mengalami luka yang sangat parah, makanya setiap hari kita menimbun jasa kebajikan, ingatlah melimpahkan jasa kebajikan kepada dirinya, membantunya mengeliminasi musibah, meskipun jatuh ke alam rendah, juga meringankan siksaannya, dapat bebas secepatnya.

Kita mesti memiliki sebutir hati yang serupa dengan para Buddha Tathagata, meneladani para Bodhisattvaya Mahasattvaya, tidak boleh menggunakan kekotoran batin, bila menggunakan kekotoran batin menghadapinya, maka kelahiran demi kelahiran akan saling balas membalas, tiada usainya.

Lagi pula ini menunjukkan bahwa dirimu juga mirip dengannya, memiliki pandangan dan pengetahuan yang sama dengannya, sudah begitu lama belajar Ajaran Buddha, tapi masih berpandangan dan berpengetahuan yang sama dengan orang begini, lantas apa yang anda pelajari selama ini?

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Juni 2010

在《戒經》裡面講,有兩句話,「一切男子是我父,一切女人是我母」,他真做到了,他這不是假的、不是比喻,我們知道一體的關係就明白了。那父母責備我們,無理責備我們,我們還能夠怨恨他嗎?不可以。無故冤枉你的時候,看你有沒有德行,考考你。你說是惡意是善意?惡意善意不在別人,在自己。自己如果是善意,外面所有一切惡意到我這裡都變成善意;外面人是善意,我的心行不善,到我這裡都變成惡意。這種現象在今天的社會很普遍,諸位細細去觀察,你都能看得好清楚。只要心地清淨、心地善良,你就能看得很清楚、很明白。自己如果遭遇到了,那你就想到釋迦牟尼佛、想到諸佛如來、諸大菩薩,立刻就化解了。而且用什麼心?感恩心對待。為什麼用感恩心?如果他真的是善意,沒有問題;如果他是不善的意思,真的有嫉妒障礙這種心理的話,他造了很重的業,他要墮三惡道。他對我沒有傷害,對他的傷害大,所以我們自己在日常生活當中,修積一切功德要給他迴向,要幫助他消災免難,縱然墮惡道,少受一些苦,早一天能夠離開。我們要學諸佛如來的存心,要學諸大菩薩,不能用煩惱,用煩惱就冤冤相報,那你就大錯特錯了。那就是什麼?你跟他一般見識,學佛學了這麼多年,還跟這些人一般見識,那你學到哪裡去了?

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五十八集)  2010/6/15

 


 
 
Sutra Usia Tanpa Batas Bab 21 Teratai Mustika Memancarkan Cahaya, salah satu baitnya berbunyi “Bunga teratai mustika memancarkan warna cahaya tak terhingga, di setiap cahayanya menampilkan tiga puluh enam ratusan, ribuan bahkan ratusan juta Buddha jelmaan”.

Praktisi sekalian hendaknya mengetahui bahwa Bunga Lotus memancarkan cahaya, di dalam cahaya terdapat Buddha jelmaan, sekuntum Bunga Teratai memancarkan cahaya yang tak terhingga, di dalam tiap cahaya terdapat Buddha jelmaan yang tak terhingga, menurut anda berapa jumlah Buddha jelmaan tersebut?

Setiap Buddha jelmaan yang ditampilkan di dalam cahaya, memancarkan lagi ratusan bahkan ribuan cahaya. Mereka memenuhi sepuluh penjuru alam untuk membabarkan Ajaran Sukhavati kepada semua makhluk.

Para Buddha jelmaan ini dengan sendirinya menuju ke sepuluh penjuru, ke mana Mereka akan menuju? Tempat mana yang berjodoh denganNya, ke sanalah Dia akan menuju, para makhluk memiliki keinginan untuk belajar maka Sang Buddha segera meresponnya.

Serupa dengan para makhluk di Planet Bumi ini, sangat berjodoh dengan Buddha Amitabha, memiliki jodoh yang mendalam dengan Alam Sukhavati. Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta, sebelum mencapai KeBuddhaan, Mereka melatih diri di alam saha ini, yang juga merupakan satu kampung dengan kita, hubungan ini sangat erat adanya. Sekarang Mereka merupakan siswa utama Buddha Amitabha.

Lantas apakah Buddha Amitabha memancarkan cahaya, cahayaNya bisa menyinari kita? Tentu saja kita senantiasa berada di bawah siraman cahaya Buddha, tetapi kenapa kita tidak merasakan apa-apa?

Oleh karena kita menggunakan perisai besi yang sangat tebal untuk menghindari cahayaNya. Perisai besi ini adalah khayalan, perbedaan dan kemelekatan. Asalkan bersedia melepaskan perisai besi ini, maka anda akan merasakan siraman cahaya Buddha, menerima pemberkatan dari cahaya Buddha, yang membantu mengembangkan kebijaksanaanmu, mengurangi kekotoran batinmu.

Namun sayangnya anda melindungi diri sendiri hingga sedemikian ketatnya, anda tidak sudi menerima pancaran cahaya Buddha, Buddha juga takkan memaksa dirimu untuk menerimaNya.

Buddha dan Bodhisattva senantiasa menuruti kehendak para makhluk, lihatlah di dalam “Bab Pelaksanaan Tekad Bodhisattva Samantabhadra” menyebutkan “Menuruti kehendak para makhluk, bersukacita pada jasa kebajikan yang ditimbun para makhluk”.

Buddha dan Bodhisattva takkan memaksakan kehendak pada orang lain, anda berbuat baik, Mereka bersukacita, anda berbuat jahat, Mereka juga takkan mengeluh, Mereka takkan mencampuri urusanmu, oleh karena Mereka tahu bahwa lambat laun anda pasti akan kembali ke jalan yang benar, persoalannya hanya cepat atau lambat saja, yang pasti anda akan kembali ke jalan yang benar.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Juni 2010

  「一一光中,出三十六百千億佛」。諸位要知道,蓮花放光,光中化佛,一個蓮花無量光,一個光裡頭無量佛,你說它有多少佛?「一一諸佛,又放百千光明,普為十方說微妙法」。這些化佛自自然然往十方去了,光到哪一方?哪一方跟他有緣他就到哪一方,眾生有感佛就有應。我們要說了,我們現在這個地球上的人,跟阿彌陀佛應該是很有緣分,沒錯,確實跟極樂世界緣分很深。觀世音、大勢至過去沒有成佛之前,都是在娑婆世界修的,也就是跟我們是老同鄉,有這樣的關係。現在在極樂世界是阿彌陀佛兩個助手,關係確實密切。佛放光有沒有照我們?有,我們都在佛光當中,為什麼沒有感覺?我們有一層很厚的鐵甲包覆著我們,光透不進來,這個鐵甲是什麼?妄想、分別、執著,這真的,一點不假。如果我們的妄想分別執著淡一點,你就感覺到,你感覺到佛光加持你,佛光加持幫助你長智慧,煩惱輕、智慧長。很可惜你自己保護得太緊,你不願意接受,佛也不勉強你。佛菩薩對眾生總是隨緣,你看《普賢行願品》講的隨喜功德,「恆順眾生,隨喜功德」。諸佛菩薩從來不勉強一個人,你造善他歡喜,你造惡他在那裡嘆息,他不干涉你,都隨你,知道慢慢將來你都會回頭,這是早遲的問題,肯定會回頭。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五十八集)  2010/6/15

 


 

Sutra Usia Tanpa Batas Bab 21 “Teratai Mustika Memancarkan Cahaya”, kalimat yang terakhir adalah “Buddha jelmaan yang ditampilkan cahaya, membimbing para makhluk yang tak terhingga dengan metode pelafalan nama Buddha mencapai KeBuddhaan”.

Dengan wujud yang bagaimana, para Buddha membabarkan Dharma kepada para makhluk? Yakni dengan wujud yang bagaimana supaya para makhluk terselamatkan, maka Sang Buddha akan menjelma dengan wujud tersebut.

Apabila para makhluk dapat diselamatkan dengan wujud Bodhisattva, maka Sang Buddha akan menampilkan wujud Bodhisattva; apabila para makhluk dapat diselamatkan dengan wujud seorang Bhiksu, maka Sang Buddha akan menampilkan wujud Bhiksu; tidak punya wujud yang tetap, seperti yang disebutkan di dalam Surangama Sutra sebagai “Menjelma menuruti kehendak para makhluk”.

Hanya menghitung jumlah para Buddha jelmaan di Alam Sukhavati, angka ini sudah tak berdaya dikalkulasi, melampaui jumlah penduduk Bumi. Penduduk Bumi baru berjumlah 6 atau 7 miliar, tak sebanding!

Di Alam Sukhavati, sekuntum Bunga Teratai Mustika dapat memancarkan cahaya tak terhingga, di dalam tiap cahayanya terdapat Buddha jelmaan yang tak terhitung, cuma seberkas cahayanya saja, jumlah Buddha jelmaan-nya sudah melampaui populasi Bumi.

Maka itu apabila anda mengenal dan memahami Alam Sukhavati, akankah anda tidak berkeinginan ke sana? Mana ada aturan begini! Tempat yang sedemikian bagusnya, anda masih ragu, mengapa demikian? Ini dikarenakan anda tidak punya pahala, akar kebajikan dan berkah kebajikan tidak mencukupi.

Setelah menyadari hal ini, maka lepaskanlah segala kemelekatan, mengerahkan segenap hati bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, dengan demikian dalam satu masa kehidupan ini pasti meraih keberhasilan.

Kalau melatih pintu Dharma lainnya, meskipun sudah berdaya upaya, namun dalam satu masa kehidupan ini, belum tentu bisa berhasil. Mengapa demikian? Oleh karena belum berhasil memutuskan kekotoran batin dan tabiat.

Lain halnya dengan Alam Sukhavati yang memperbolehkan anda membawa serta karma terlahir di sana, meskipun anda belum berhasil memutuskan kekotoran batin dan tabiat. Ini merupakan keunggulan yang tiada bandingnya.

Bertemu dengan kesempatan ini, jika dalam satu masa kehidupan ini, anda tidak membangkitkan niat hati, sehingga tidak terlahir ke Alam Sukhavati, maka betapa kasihannya dirimu ini!

Sepanjang hayat kesalahan terbesarmu adalah gagal terlahir ke Alam Sukhavati, sedangkan hal lainnya cuma persoalan sepele, kebenaran ini tidak boleh tidak dipahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 15 Juni 2010

「如是諸佛,各各安立無量眾生於佛正道」。這就是這些諸佛到十方世界教化眾生,以什麼身分?應以什麼身分得度就現什麼身。都是諸佛!到十方世界去化身,應以菩薩身得度就現菩薩身,各個宗教都不例外。在佛門裡應以阿闍梨身就現阿闍梨身,這我們講出家人,我們稱法師;應以牧師身得度他就現牧師身,基督教的;應以阿訇身得度就現阿訇身,伊斯蘭教的;應以童男童女身就現童男童女身,不一定,這是恆順眾生,像《楞嚴經》上所說的,「隨眾生心,應所知量」。單就極樂世界這些化佛,這個數量就無法計算,比我們地球上的人多,地球才六十幾億,算什麼!極樂世界一朵花,花裡的一個光,就比我們地球上的人多多了,我們就比不上它了。所以你要真正了解極樂世界、認識極樂世界,你能不發心去嗎?哪有這個道理!你不想到極樂世界去,你無知!那麼好的地方你還在懷疑,你還在猶豫,這什麼?這是你自己沒福報,你善根福德不夠。你真曉得之後,真的是萬緣放下,一心一意求生淨土,肯定是這樣的,你求生淨土,你這一生當中決定成功。你修其他法門,你就是全心全意,你一生當中未必有成就。為什麼?你煩惱習氣沒斷。極樂世界能成就是你帶業往生,你煩惱習氣不斷都行,這是無比的殊勝。遇到這個機會,你這一生要沒有發這個心,要去不了極樂世界,你可冤枉!你錯了。你一生當中最大的錯誤就這樁事情,其餘事情那叫雞毛蒜皮,小事,這是不能不知道的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第五十八集)  2010/6/15