Rabu, 29 Mei 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Agustus 2010 (Bgn 3)


Orang zaman dulu selalu berkata, jika berhasil menguasai satu sutra maka seluruh sutra lainnya pasti bisa dipahami dengan sendirinya, walaupun belum pernah anda pelajari, namun juga bisa dipahami.

Bila satu Pintu Dharma berhasil dikuasai, maka segala pintu Dharma lainnya juga dapat dikuasai dengan sendirinya, mengapa demikian? Menemukan kembali jiwa sejati, bukan saja Buddha Dharma dapat anda kuasai, bahkan seluruh Dharma duniawi juga dapat dipahami dengan sendirinya, sungguh menakjubkan tak terlukiskan dengan kata-kata!

Setiap insan pasti memiliki hari dimana dia dapat menemukan kembali jiwa sejati, kapankah hari tersebut tiba, tergantung pada keputusan diri sendiri, hak ini bukan ada pada orang lain, melainkan ada di tangan diri sendiri.

Kalau diri sendiri giat berusaha melafal Amituofo, maka dalam satu masa kehidupan ini pasti bisa meraih keberhasilan, tidak perlu menunggu hingga masa kelahiran mendatang, namun pada masa kehidupan ini juga pasti terlahir ke Alam Sukhavati.  

Tetapi bila melatih metode lainnya maka lebih sulit, apa alasannya? Melatih metode lainnya harus melenyapkan kekotoran batin barulah bisa mencapai pencerahan.

Lain halnya dengan metode Sukhavati, asalkan dapat meredam kekotoran batin, mengendalikannya, maka begini sudah boleh, walaupun kekotoran batin masih belum lenyap namun sudah tidak efektif. Dengan demikian dapat terlahir ke Alam Sukhavati.

Setelah terlahir ke Alam Sukhavati, memperoleh pemberkatan kewibawaan Buddha Amitabha, anda menjadi Bodhisattva Avaivartika, bukan main! Berhasil melampaui sepuluh Alam Dharma (Dasa Dharmadhatu).

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Agustus 2010

Dasa Dharmadhatu baca di :

Penjelasan Bodhisattva Avaivartika baca di :


古人常說,一經通,這一部經真的通了,一切經都通了,你沒有學過的也全通了。一個法門通達,門門都通達,為什麼?見性,不但佛法你通達,佛法之外所有一切法全通達,妙不可言!宗教裡有一句話讚美上帝、讚美神的全知全能,「無所不知,無所不能」,這兩句話在佛法裡面是對明心見性的人的讚歎。任何一個人都有明心見性的那一天,這一天到底是哪一天,那要看自己決定,這個權力不在別人,在自己。自己要是勇猛精進,這要是念佛法門的話,一生可以得到,用不著到來生,一生可以得到,一生可以成就。如果修其他法門就比較困難,為什麼?其他法門一定要斷煩惱才能證菩提。淨宗法門不要斷煩惱,只要把煩惱伏住、控制住,煩惱沒斷,它不起作用,這就行,就能往生。剛才說過,往生之後得阿彌陀佛本願威神加持,你就變成阿惟越致,這還得了!得阿惟越致跟明心見性那些人,就到那個級別,智慧、神通、道力跟他們就相等;換句話說,真的是超越十法界。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二五集)  2010/8/27





Dua hari ini, ada rekan praktisi yang mengabarkan padaku, ada berita bohong yang tersebar di beberapa daerah, katanya Master Chin Kung mendapat kemampuan gaib, mengetahui terlebih dulu waktunya terlahir ke Alam Sukhavati.

Saya katakan pada praktisi sekalian bahwa ini merupakan berita bohong, mereka sudah keliru dalam menanggapi ucapan saya, lalu menyampaikan dari mulut ke mulut, makin disebarkan makin lari maknanya. Jadi di sini mesti diklarifikasi supaya bisa jelas.

Sekarang banyak bencana bermunculan, kalian lebih tahu tentang hal ini daripada diriku, oleh karena kalian ada menyaksikan siaran televisi, membaca surat kabar, setiap hari kalian memperoleh informasi dari media ini.

Seperti yang kalian ketahui bahwa saya tidak baca surat kabar, informasi yang saya peroleh juga berasal dari sejumlah rekan praktisi, kebanyakan adalah diunduh dari internet, lalu disampaikan padaku, sehingga saya mengetahui kejadian di dunia.

Kalau tidak ada orang yang memberitahukan padaku, maka saya jalani hari-hariku yang damai, jika anda menanyakan padaku bagaimana kondisi dunia sekarang ini, saya bilang dunia ini aman sentosa, tidak ada kejadian apapun, tiada kerisauan juga tiada beban pikiran.

Jika ada yang menyampaikan berita dunia padaku, maka bagi seorang praktisi ini juga bukan hal yang buruk. Hal yang paling pokok di dalam Buddha Dharma adalah menghapus pandangan dualisme atau pertentangan. Berkah dan petaka adalah dualisme.

Di dalam Buddha Dharma, dualisme adalah setara, takkan ada pertentangan, makhluk dan Buddha bukan dua hal yang berbeda; demikian pula kelahiran dan kematian juga bukan dua hal yang berbeda, awam dan suci bukan dua hal yang berbeda.

Maka itu berkah dan petaka ada pada sebersit niat pikiran, tidak ada kaitannya dengan lingkungan luar, namun ada dalam sebersit niat pikiran, begitu niat pikiran tercerahkan, adalah berkah, sebaliknya sebersit niat pikiran sesat, adalah petaka.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Agustus 2010


這兩天,同學傳個信息告訴我,說有些地方有謠傳,淨空法師有了神通,預知時至。我告訴諸位這是假的,這不是真的。我有些話說的他們錯傳了,所以愈傳愈訛。講到具足總持百千三昧,我們得把這個話澄清一下。現在這個世界有災難,你們知道的都比我多,因為你們看電視,你們看報紙,你們天天看到。大家曉得我不看電視,我也不看報紙,我的這些信息都是一些同學,大多數從網路上下載重要的新聞給我看看,我才曉得發生什麼事情。沒有人告訴我,我每天都是過的太平日子,你要問我這個世界,很好,沒事,天天天下太平,無憂無惱。告訴我這些事情,對於一個真正修行的人不是壞事,是好事。佛法裡面,頭一個要破邊見,所謂邊見就是對立。禍福就是二邊。在佛法二邊是平等的,沒有對立,眾生跟佛是平等的,生佛不二;換句話說,生死不二、凡聖不二、吉凶禍福也不二,這是真的,不是假的。所以是禍是福在乎自己一念,不在外面境界,都在自己一念,一念覺就是福,一念迷那就是凶,吉凶禍福是從覺跟迷上來決定的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二五集)  2010/8/27




 

Kita harus membangkitkan niat untuk menyelamatkan para makhluk, membantu mereka menghancurkan kesesatan mengembangkan pencerahan, menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan. Dengan cara apa kita mewujudkan hal ini? Yakni dengan pendidikan.

Buddha Sakyamuni telah mengajar sepanjang hayatNya, usia 30 tahun mencapai penerangan sempurna, membabarkan Dharma hingga usia 79 tahun memasuki Parinirvana, semua ini tercantum di dalam sutra, mengajar 49 tahun lamanya, tanpa terputus.

Mengajar itu selain membantu diri sendiri juga membantu orang lain, dengan satu cara ini memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Jadi status Buddha Sakyamuni adalah Guru Pendidik. Kita harus mengenal hal ini dengan jelas, selain mengajar, Beliau tidak bergerak di bidang lainnya lagi, kita harus meneladaniNya.

Hendaknya melepaskan segala kemelekatan, melafal Amituofo hingga terjalin dengan Buddha Amitabha, dimana di dalam hati kita cuma ada sepatah Amituofo, selain sepatah Amituofo ini, apapun tidak ada.

Apabila dapat mencapai kondisi batin sedemikian rupa, maka kapan saja ingin terlahir ke Alam Sukhavati juga bisa, kapan saja mau pergi juga bisa, atau masih ingin tinggal beberapa tahun lagi di dunia ini, bukan masalah, mengapa kita tidak mewujudkannya?

Terhadap dunia ini, takkan mendambakannya sama sekali, hidup sehari di dunia ini, maka harus mengabdikan diri demi membantu semua makhluk, yakni memberi pengajaran. Dengan menyebarluaskan Buddha Dharma, selain membantu mencerahkan orang lain juga sekaligus mencerahkan diri sendiri, sehingga tidak mengalami kemerosotan batin, yakni melindungi diri sendiri supaya tidak muncul khayalan, tidak timbul kekotoran batin, begini barulah merupakan cara efektif guna melindungi diri sendiri, sekaligus memberi manfaat bagi semua makhluk, merupakan cara yang paling sempurna.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Agustus 2010


我們要發心救度一切苦難眾生,要幫助眾生破迷開悟、離苦得樂。我們用什麼方式來做?用教學。釋迦牟尼佛當年在世教了一輩子,三十歲開悟之後,教到七十九歲圓寂,經上記載的,講經教學四十九年,沒有中斷過。幫助自己,教學,教學相長,幫助別人也是教學,自行化他用一個方法。所以,釋迦牟尼佛的身分是職業老師,我們得認識清楚,他除了教學之外,他一生沒做別的事情,這是我們應當要向他老人家學習的。所以並不是預知時至,是我們有這麼一個緣分,應該是知道剋期取證,把這個時期我們自己訂,要在這個時間之內把我們的功夫做好,也就是真正徹底放下,真正念到與佛相應。這個功夫簡單的說,心裡只有阿彌陀佛,除阿彌陀佛之外什麼都沒有。念到這個功夫,往生西方極樂世界,在一般狀況講隨時可以走,想什麼時候走就什麼時候走,想多住幾年也一點都不礙事,我們為什麼不幹?對於這個世間沒有一絲毫留戀,在這個世間住一天,就要幫助眾生,為他們服務一天,這個服務就是教學,教學能保住自己不會墮落,也就是保護自己不生妄想、不生煩惱,這真正保護自己,也能夠利益眾生,兩全其美的好方法。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二五集)  2010/8/27