Mengapa
anda bisa lahir ke dunia ini? Pada masa kehidupan lampau mengamalkan Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan, beginilah jalinan jodohnya sehingga anda bisa sampai ke
dunia ini.
Apabila
pengamalan Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan tingkatan menengah maka praktisi itu
dapat terlahir di Alam Manusia. Apabila pengamalan Lima Sila dan Sepuluh
Kebajikan tingkatan atas maka praktisi itu dapat terlahir di Alam Dewa.
Selain
pengamalan Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan menjadi faktor penentu anda terlahir
ke dunia ini, masih ada faktor lainnya yakni tabiat, dia suka pada alam manusia
ini.
Ketika
berada di periode Antarabhava, dia tidak bisa melupakan alam manusia ini,
setiap saat merindukan dan memikirkan dunia fana ini, alhasil apa yang
dipikirkan jadi terwujud, niat pikiran mengendalikan segalanya.
Maka
itu mengapa melafal Amituofo merupakan hal yang sangat penting, bila setiap
butir niat pikiran kita adalah Amituofo, maka kita akan menjatuhkan pilihan
pada Buddha Amitabha, ini sangat penting.
Kalau
niat pikiran yang muncul selalu mendambakan kenikmatan Lima Nafsu (harta, rupa,
ketenaran, makanan dan tidur) dan Enam Objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa,
sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), maka praktisi ini akan jatuh ke Alam Setan
Kelaparan. Hati yang serakah adalah Setan Kelaparan.
Hati
yang penuh kebencian adalah Alam Neraka. Makanya jangan mudah terpancing
emosinya, bertemu dengan kesulitan apapun, jangan ada kebencian di hati.
Bagaimanapun
orang lain mencelakai diriku, takkan menyimpan dendam, juga takkan ada niat
balas dendam, hal ini akan menyempurnakan pelatihan diri sendiri, meningkatkan
kemajuan batin sendiri.
Kalau
sebaliknya malah muncul kebencian, maka akibatnya jatuh ke alam penderitaan.
Saya selalu mengatakan, tindakan yang mencelakai/menyakiti orang lain,
menimbulkan kerugian pada orang lain sebesar 30 persen, sementara kerugian yang
harus ditanggung diri sendiri minimal sebanyak 70 persen.
Maka
itu dalam menjalani kehidupan keseharian, mesti meningkatkan mawas diri. Selama
kelahiran demi kelahiran, kita tidak mampu membebaskan diri dari tumimbal
lahir, ini karena belum sanggup melepaskan tabiat, sehingga hanya bisa pasrah
mengikuti kekuatan karma berputar di lingkaran samsara.
Setelah
memiliki benih karma Alam Manusia, terhadap dunia ini masih begitu mendambakannya,
apa yang membuat kita tidak sanggup mengikhlaskannya? Yakni kemelekatan pada perasaan suka dan benci.
Selain
itu hal yang membuat kita tidak ikhlas adalah utang-piutang, kemudian perasaan
suka dan benci, terhadap orang yang disukai kita membalas budi, terhadap orang
yang dibenci kita membalas dendam, beginilah alasan mengapa anda bisa
“terdampar” ke dunia fana ini.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 24 Juni 2010
你為什麼會到人間來?過去生中有五戒十善的緣,這是到人法界的親因緣。五戒、中品十善是人道的業因,上品十善是天道的業因,過去沒有修這個不能得人身,過去修的這個因,你會到人間來,這是講親因緣。有親因緣還得有所緣緣,所緣緣也是煩惱習氣,講習氣種子。他有意,就是我們講意識裡頭,意識裡面喜歡這一道,他在中陰裡面沒有把這一道忘掉,他念念想這一道,心想事成,意念主宰了一切。念頭是我們選擇最重要的第一個因素,所以念佛重要,我們念念都是阿彌陀佛,我們就會選擇阿彌陀佛,這個太重要了。如果念念貪圖五欲六塵的享受,那就到餓鬼道去,貪心是餓鬼。瞋恚是地獄,決定不能有瞋恚,遇到什麼樣的苦難也沒有怨恨心,別人怎樣害我,沒有怨恨心,也沒有報復心,這是成就自己、提升自己。如果一念錯了,一念錯了就到惡道去了,我說對別人不利只有三分,對自己不利至少有七分。今天我們講緣起法,這個比什麼都重要,在日常生活當中真的要小心謹慎。我們無始劫以來,生生世世脫離不了輪迴,就是這些習氣沒放下,所以隨業流轉,這就錯了。有了人道的業因,對人間還有留戀,人間留戀是什麼?親情,這第一,債務,另外就是我們一般講好惡,喜歡的他報恩,怨恨的要報仇,他就是這麼來的。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第六十七集) 2010/6/24
Setelah belajar Ajaran Buddha, mengetahui bahwa hati yang
membeda-bedakan dan melekat adalah kesalahan, dengan melepaskan hati perbedaan
dan melekat barulah kemajuan batin dapat tercapai. Maka itu kita harus sanggup
melepaskan perbedaan dan kemelekatan!
Kalau tidak sudi melepaskan perbedaan dan kemelekatan, siapa yang
dirugikan? Diri sendirilah yang menderita kerugian, selamanya tidak dapat
terbebas dari enam alam tumimbal lahir.
Lingkungan yang sedang kita hadapi, justru merupakan lingkungan yang
bagus buat melatih diri. Apa alasannya? Dihantui dengan berbagai ramalan
bencana, barulah anda menyadari betapa sengsaranya, barulah anda membulatkan
tekad mengakhiri tumimbal lahir.
Andaikata kondisi masyarakat sekarang ini begitu stabil, dunia juga
diliputi perdamaian, maka anda akan terbuai dan tidak terpikir untuk mengakhiri
samsara, anda merasa hidup di dunia ini begitu lumayan, ketika Buddha Amitabha
datang menjemputmu, anda masih tidak sudi mengikutiNya.
“Hidup di dunia ini tidak terlalu menyusahkan, jadi buat apa harus ke
Alam Sukhavati, lagi pula saya kan belum melihat buktinya, entah benar ada atau
tidak ya?”. Ini dikarenakan tekadmu begitu lemah.
Maka itu bagi seorang praktisi sejati, tidak ada perbedaan lingkungan
baik dan buruk, semuanya kembali pada bagaimana sudut pandang atau niat pikiran
anda sendiri.
Andaikata anda membaca berita yang mengatakan bahwa Bumi sudah tidak
layak huni lagi, bukankah ini merupakan jodoh pendukung yang bagus? Membantumu
mencapai pencerahan, membantumu meraih keberhasilan pada satu masa kehidupan
ini.
Makanya saya selalu mengatakan bahwa setiap orang merupakan insan
baik, setiap hal merupakan hal baik. Orang yang menfitnah, menghina, merintangi
dan mencelakai diriku, merupakan insan baik, mana ada orang jahat?
Tak peduli niat pikiran apa yang dia gunakan ketika melakukan
keburukan ini pada diriku, apabila kita telah tercerahkan, yang kita rasakan
hanyalah budi kebajikannya.
Maka itu, manusia hendaknya senantiasa hidup dalam dunia yang penuh rasa
syukur, ini akan membawa beragam manfaat baik bagi diri sendiri. Harus
menggunakan kebijaksanaan dalam mengamati segala permasalahan, jangan gunakan
perasaan emosional, perasaan emosional hanya akan memperumit masalah, jadi
gunakanlah kebijaksanaan dan bukan perasaan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 24 Juni 2010
學佛之後知道分別執著錯誤了,放下分別執著境界就提升,境界提升不了,是你的分別執著放不下。我們今天知道了,真的明白了,一定要放下!不放下誰吃虧?自己吃虧,自己永遠不能脫離六道輪迴。現前我們遇到的環境,對修行人來說是好環境。為什麼?大規模的災難現前,你才知道真苦,你才真想出離。如果這個環境是社會安定、世界太平,你不想離開,你覺得人間還不錯,阿彌陀佛接引你還不想去。這個世界的好處我享受到了,極樂世界只聽說沒看到,那個願心不堅固。所以對真正修行人來講,環境哪有好壞,都是沒有一定的,就是看你的念頭,你是怎麼個看法。如果在這裡警惕到,這個世界真的不能再住,這不是很好的增上緣嗎?幫助你覺悟,幫助你這一生成就。所以早年我說了兩句話,這世間人人是好人,事事是好事。毀謗我的人、侮辱我的人、障礙我的人、陷害我的人都是好人,哪是壞人?不管他是什麼念頭幹這些事情,如果我們覺悟了,我們統統受到恩惠。所以,人要永遠生活在感恩的世界,這對自己的好處太多了。一定要用智慧去觀察,不可以用情緒,情緒很麻煩,用智慧,不用情緒。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第六十七集) 2010/6/24
Buat apa manusia datang ke dunia ini? Buddha Sakyamuni mengatakannya
pada kita, “Manusia datang menerima ganjaran dan balasan karma”. Pada masa
kehidupan lampau anda berbuat baik, sekarang datang menikmati pahala,
sebaliknya bila pada masa kehidupan lampau anda berbuat jahat, sekarang datang
menjalani kesengsaraan.
Andaikata pada masa kelahiran sekarang, anda tidak belajar Ajaran
Buddha serta ajaran insan suci dan bijak, maka anda hanya bisa pasrah menerima
kenyataan bahwa “Manusia datang menerima ganjaran dan balasan karma”.
Ketika anda sedang menikmati pahala atau menjalani penderitaan,
bersamaan itu pula anda juga menciptakan karma baru, makanya tiada
habis-habisnya.
Benih karma masa kehidupan sekarang akan berbuah pada masa kelahiran
mendatang, demikianlah kelahiran demi kelahiran, sebab dan akibat menjadi
sebuah siklus yang tak berujung.
Setelah anda melihat jelas akan hal ini, maka anda akan memahami
mengapa Buddha Sakyamuni menggambarkan enam alam tumimbal lahir sebagai “lautan
penderitaan”! Lautan penderitaan yang tak bertepi, Sang Buddha menasehati kita
supaya kembali ke jalan yang benar.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 24 Juni 2010
佛在經上講得很好,人到世間來幹什麼的?佛講了一句話「人生酬業」。你來幹什麼的?你來酬償你的業報的,過去生中做了善積了德,你來享福的,過去生中做了不善,你來受罪的。佛是跟我們這麼解釋的,我們這個體是起這種作用的,可是這些作用與意念變化它起不同的作用。如果你這一生沒有接受到佛菩薩、聖賢教誨,真的,是這樣的,人生酬業。你在享福,或者是受罪,這個當中你又在造業。所以,業跟報永遠糾纏不清。你造的業,你來生又要受報,生生世世什麼原因?就是業因果報在循環。你要真把這個事情看清楚、看明白了,你就曉得佛形容六道是什麼?苦海!苦海無邊,佛勸我們回頭是岸。為什麼不回頭?不回頭是迷,回頭是覺悟。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第六十七集) 2010/6/24
Jodoh memegang peranan penting dalam perjalanan hidup manusia. Jodoh
baik dan jodoh buruk dijalin dari masa kehidupan lampau. Pada masa kelahiran
sekarang ini, tak peduli anda bertemu dengan jodoh baik atau buruk,
kesimpulannya hanya satu yakni “Jodoh”, diri sendiri mesti menggunakan
kebijaksanaan untuk menanganinya.
Bagi insan yang memiliki kebijaksanaan, akan mengubah semua bentuk
jalinan jodoh menjadi Jodoh Dharma, ini akan membawa faedah besar bagi diri
sendiri.
Faktor yang terpenting dari jodoh duniawi adalah kemelekatan pada
perasaan suka dan benci, ini sulit dilenyapkan, juga sulit diurai, tanpa
kebijaksanaan sejati sulit untuk mewujudkannya.
Pada era sekarang ini, sulit memiliki kesempatan bersua dengan
Kalyanamitra Sejati. Ketika saya masih menetap di Taichung, Guru Li sering
mengatakannya padaku, seorang murid yang baik ingin mencari guru yang baik,
hanya bisa menuruti jodoh dan tidak dapat memaksakan kehendak.
Demikian pula seorang guru yang baik ingin mencari murid yang baik
juga bukanlah hal yang gampang, mau cari ke mana? Makanya banyak praktisi yang
berhasil mencapai pencerahan, namun sayangnya tidak menemukan pewaris
Dharmanya.
Lantas apa yang mesti dilakukan? Menulis buku, menuangkan buah
pemikiran sendiri ke dalam karya tulis, untuk diwariskan kepada generasi
berikutnya, semoga kelak ada orang yang berjodoh membacanya. Inilah yang
dilakukan praktisi jaman dulu.
Lain halnya dengan jaman sekarang dimana kemajuan tehnologi berkembang
dengan pesat, sekarang ceramah dapat disimpan dalam bentuk keping DVD, lebih
leluasa dibandingkan tempo dulu.
Tetapi bila bencana melanda, barang elektronik tak berfungsi, aliran
listrik terputus, bukankah cara ini tidak efektif? Saat itu segala bentuk
rekaman dan televisi sudah tidak efektif lagi.
Kalau sudah begini, maka buku lebih bisa diandalkan, inilah alasannya
mengapa Bangsa Tiongkok memandang berat pada buku. Lalu ada pula orang yang
takut bagaimana kalau bencana banjir melanda dan buku-buku ini tidak sempat
diselamatkan? Mereka jadi timbul ide, bagaimana kalau sutra Buddha diukir di
atas batu.
Bukankah ini merupakan asal usul prasasti Sutra di Fangshan Tiongkok?
Mengukir isi Tripitaka di atas batu. Sekarang kami juga menyadari, apabila
terjadi gempa bumi dahsyat di tempat tersebut, juga bisa menghancurkannya.
Bagaimanapun juga, hasil karya praktisi terdahulu sungguh membuat
kita jadi salut, kesungguhan hati mereka sedemikian murninya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 24 Juni 2010
所以用不一樣,都在遇緣不同,你看緣多重要。緣,善緣惡緣,也是過去生中結的。
這一生無論遇到是善緣跟惡緣,總而言之都是緣,自己要用智慧去處理。有智慧,我就能將一切緣轉變成法緣,這個對自己利益就太大了。古大德常講世緣,這個世間的緣最重的就是情執,很難斷,很難解開,沒有真實智慧做不到。而真實智慧在現前這個環境當中是非常的難遭遇,遇到一個好的善知識不容易。以前我住在台中,李老師常常告訴我,一個學生,好學生想找一個好老師不容易,可遇不可求。好老師要找個好學生來傳他的法,就更不容易,到哪裡去找?這個事情讓我們想起來,在這個世界,不同國家地區,真正有道傳法的人難,到哪裡去找?所以,許許多多真正在道業上成就,找不到傳人。那怎麼辦?寫書,把自己東西用文字記載下來傳給後人,看以後的人有沒有緣分讀到他這個書,在從前用這個方法。現在科技發達,多了幾種方法,現在可以錄音、可以錄像,比從前的方法多。可是災難來了之後,怕科技就斷掉,如果沒電,那不全完了?錄音跟電視都不能起作用。所以還是書本比較可靠,這是為什麼中國人重視書本。還有又怕大災難,書本將來沒有了怎麼辦?刻石頭上,中國房山的石經不就是這個緣起嗎?把《大藏經》刻在石頭上。我們現在也知道,如果這個地方發生大地震,也能把它毀滅掉。古人的用心我們不能不佩服、不能不感恩,他的動機、他的用心太好了,真正是純淨純善。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第六十七集) 2010/6/24