Kamis, 11 Oktober 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Mei 2010


Apa yang dimaksud dengan Ajaran Buddha? Ajaran Buddha adalah pendidikan dari Buddha Sakyamuni. Ketika Sang Buddha membabarkan Dharma di dunia ini, statusnya serupa dengan Konfusius yakni seorang Guru pengajar, Beliau tidak menyelenggarakan kegiatan lainnya, siang malam hanya mengajar.

Buddha tidak mengajar melalui kata-kata saja, namun memberi teladan dalam bentuk tindakan nyata! Segala sesuatu yang dipelajariNya diterapkan dalam kehidupan keseharianNya.

Benar-benar dapat melepaskan segala kemelekatan! KehidupanNya begitu bersahaja, namun merupakan insan yang paling bahagia. Sepanjang hayatNya hanya memiliki tiga helai jubah dan satu patra (mangkok), ini merupakan total hartaNya.

Makan dengan cara berpindapatra, sehari cuma makan satu kali saja yakni pada siang hari, malam hari beristirahat di bawah sebatang pohon, esoknya pindah lagi, tidak punya tempat menetap. Membabarkan Dharma juga tidak punya tempat yang tetap, di mana saja Beliau dapat mengajar dengan baik. Betapa leluasanya!

Mari kita renungkan sebentar, Sang Buddha bersama rombongan siswaNya memiliki tubuh vajra yang tidak rusak, mengapa demikian? Tinggal di alam terbuka, walau diterpa angin, disiram hujan, dijemur terik mentari, masih tetap bertahan, takkan jatuh sakit.

Kalau kita, bagaimana? Apakah kita juga dapat melewati kehidupan seperti Mereka? Mustahil, coba saja menginap semalam di bawah pohon, esok paginya pasti segera diantar ke ruang ICU, ini membuktikan daya tahan kita bedanya jauh sekali.

Kita ini sehari makan 3x saja belum cukup, masih harus ditambah camilan, sedangkan Mereka sehari cuma makan 1x, porsinya juga sedikit. Lantas apakah kita dapat meniru kehidupan Mereka?

Mereka memperagakan kepada kita, tujuannya untuk mengajari kita melepaskan khayalan, perbedaan dan kemelekatan. Mereka tidak memiliki kekhawatiran, tiada kecemasan, tidak memiliki apa-apa, penuh dengan kebijaksanaan, jiwa dan raga berdiam dalam samadhi.

Samadhi bukan berarti duduk bermeditasi di sana, ini sudah salah, anda tidak memahami makna dari kata samadhi. Samadhi artinya baik berjalan, berdiri, duduk maupun berbaring senantiasa dilakukan dengan penuh konsentrasi, yakni tidak timbul niat pikiran, tidak membeda-bedakan, tidak melekat, inilah yang dimaksud dengan samadhi.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Mei 2010

佛教是什麼?是教育,就是釋迦牟尼佛的教育。他老人家當年在世,跟中國孔子一樣,什麼身分?職業教師,他不幹別的事情,一天到晚就是教學,中國人稱為聖人,那是名符其實的大聖人。他不單單是言教,身教!他把他所知道的全部做到了,他知道的是見性,明心見性,把自性的性德在日常生活當中全流露出來,我們中國人講的道德,一絲毫沒有違背性德,做出來給我們看。真放得下!生活簡單,比什麼都快樂。一生物質生活的條件只有三衣一缽,他全部財產就這麼多,三衣一缽,三件衣,一個缽。吃飯去托缽,日中一食,一天吃一餐;樹下一宿,晚上休息在哪裡?在樹底下打坐。他一生有道場,到處都是道場,他沒有建立一個房屋,沒有。道場在哪裡?露天的,山林、樹下、水邊,到哪個地方去一坐,學生圍成一圈,他就給大家講經說法,就教學,快樂無比!居無定所,每天住在不同的地方,像遊牧民族一樣。

  我們細心去體會一下,他們那些人的身體那叫金剛不壞身,為什麼?都是外面露宿,他禁得起風吹雨打日晒,他能禁得起,他不生病。我們現在能過他的生活嗎?決定不能,我們要到樹下去坐一晚上,第二天到加護病房了,就說明我們比他差遠了。我們想跟他,想想自己條件不夠,沒有法子。我們三餐飯不夠,還要吃點心,人家一餐,而且吃得很少。那種生活方式,我們能過得下去嗎?都做出來給我們看。他教我們放下,放下妄想分別執著,他真放下了。他沒有憂慮、沒有牽掛,一身之外是一無所有,充滿了智慧,身心都在定中。這個禪定不是說坐在那裡是禪定,那你就錯了,你不懂得禪定的意思。禪定是行住坐臥都在定中,什麼叫都在定中?他不起心、不動念、不分別、不執著,那就是禪定。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十六集)  2010/5/21


 
 
 
Ajaran Buddha berubah menjadi kepercayaan takhayul, menurut dugaanku adalah setelah berakhirnya pemerintahan Kaisar Qianlong (Kaisar ke-6 Dinasti Qing).

Ketika Kaisar Qianlong masih bertahta, vihara-vihara masih menyelenggarakan kegiatan ceramah, namun sayangnya ketika Ibu Suri Cixi berkuasa, dia menghapus kegiatan ini, sehingga Ajaran Buddha berubah jadi kepercayaan takhayul. Oleh karena Ibu Suri Cixi suka pada hal-hal berbau mistis dan gaib, percaya pada setan dan malaikat.

Menurut buku sejarah Dinasti Qing, sejak pendirinya yakni Kaisar Nurhaci sampai Kaisar Xianfeng (Kaisar Qing ke-9, suami dari Cixi), istana selalu mengundang Bhiksu datang memberi ceramah, seluruh penghuni istana belajar dengan serius.

Setelah Kaisar Xianfeng mangkat, digantikan putranya yang masih berusia kecil yakni Kaisar Tongzhi (Kaisar Qing ke-10), yang juga merupakan putra dari Ibu Suri Cixi, Ibu Suri Cixi menjadi penguasa dibalik tirai.

Ibu Suri Cixi menghapus kegiatan ceramah di istana, diganti dengan kegiatan Fuji (orang kesurupan yang menulis di atas pasir). Urusan pemerintahan bukannya didiskusikan dengan insan bijak, malah ditanyakan pada Fuji pula. Inilah sumber kejatuhan negara.

Kisah ini diceritakan oleh Master Zhangjia kepada diriku. Master Zhangjia bilang padaku, “Fuji” yang mengaku kesurupan malaikat atau dewa atau Bodhisattva, ini adalah bohong, sesungguhnya arwah yang merasuki tubuh manusia tersebut menyamar sebagai Buddha atau Bodhisattva, menyamar sebagai Dewa atau Malaikat, tetapi kadang kala arwah itu juga sedang beramal.

Untuk peristiwa kecil, dia mampu meramal, oleh karena makhluk halus juga punya sedikit kemampuan gaib, makanya dianggap “sakti”, kalau tidak sakti tidak ada yang percaya; untuk peristiwa besar, anda tidak boleh percaya padanya, kalau percaya maka anda akan menderita kerugian besar.

Kadang kala demi gengsi, padahal tidak tahu, dia juga terpaksa berbohong mengaku serba tahu, lalu asal tebak saja, kalau anda percaya maka makanlah kerugianmu sendiri.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Mei 2010

變成宗教,我想應該是乾隆以後,乾隆時代還是學術,每一個寺廟庵堂都是學校,用現代話是什麼?專科學校,他們通常一個道場就是學習一部經或者一部論。你喜歡學這個,你都可以到他那邊去報名,你去參加,去跟他學習。大概真正變質,把教學廢除,我想應該是慈禧太后,在她手上真正變成宗教了。這時間並不長,充其量是兩百多年,不到三百年,變成宗教了。因為慈禧太后她相信宗教,相信鬼神。前清,我們看清朝歷史,從開國到咸豐,咸豐是慈禧的丈夫,朝廷裡面,就是皇宮裡面,經常是邀請儒釋道三家的學者在宮廷裡面講學,皇帝帶著嬪妃、文武大臣天天在學習,非常認真。所講的這些東西都有講義,講義現在還保存著,《四庫全書》裡面。我有的時候我喜歡翻翻,看看宮廷裡面講些什麼,《四書》怎麼講的?《五經》怎麼講的?這個《四庫全書》裡有,都保存在。

這個制度被慈禧廢除了。咸豐死了以後,兒子繼承王位,兒子是同治,就是慈禧太后的兒子,年歲很小,也不懂事,所以實際的政權掌握在慈禧手上。慈禧把這個制度廢除。廢除之後,她也有她喜歡的東西,她喜歡扶鸞。所以宮廷裡面,這些大事不請教這些專家學者,就向鸞壇裡請教這些神仙,最後把國亡掉了。這樁事情是章嘉大師告訴我的,因為世世代代的章嘉都是清朝帝王的國師,就給我講到扶鸞這個事情,慈禧太后相信這個。章嘉大師告訴我,扶鸞裡面有神仙菩薩來降臨,他說那都是假的,都不是真的,是些靈鬼冒充佛菩薩、冒充神仙,但是也是行好事。小的這些事情,他真的有神通,他講得很靈,他不靈沒人相信;大事情他就亂說了,你吃虧上當,你也找不到他。所以他告訴我,扶鸞這個事情是真的。如果你邀請他們來聊聊天,說說笑話,沒問題,你可不能跟他談正經事,談正經事,有的時候他為了面子問題,強不知以為知,他就胡說八道,你上當吃虧的時候,你找不到他了。所以這是個常識,我們應該要知道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十六集)  2010/5/21


 

 
 
Guru Li mengajari kami, dalam memberi ceramah, hendaknya menggunakan penjelasan sutra yang ditulis praktisi senior tempo dulu.

Penjelasan sutra yang ditulis praktisi senior terdahulu, isinya sangat mendalam, kadang kala ada kata atau kalimat yang tidak dipahami, apa yang harus dilakukan?

Guru Li mengajari kami caranya, kalau ada bagian yang tidak dipahami, berhentilah membaca, lalu pergi melakukan namaskara pada rupang Buddha. Setelah bernamaskara 300 hingga 400 kali kemudian, mendadak jadi mengerti. Cara ini cukup ampuh!

Jadi kalau ada yang tidak dipahami, janganlah dipikir terus, mengapa demikian? Kalau dipikir-pikir, maka ini adalah khayalan, perbedaan dan kemelekatan, ini tidak berdaya menjelaskan makna sutra.

Hanya dengan melepaskan bentuk-bentuk pikiran, memusatkan perhatian melakukan namaskara, maka samadhi (konsentrasi) dan prajna (kebijaksanaan) jadi efektif. Cara ini bukanlah hasil penemuan Guru Li, tapi warisan dari Guru Sesepuh.

Hati yang makin suci kian memahami ajaran sutra, semakin memahami makna yang tersirat dibaliknya. Maka itu betapa pentingnya hati yang suci, setara dan tercerahkan, meskipun kita tidak mampu mewujudkannya dalam waktu singkat, namun kita harus berusaha, tahun demi tahun hati harus kian suci, setara dan tercerahkan.

Hati yang tidak setara memunculkan keangkuhan, kadang kala kita tidak menyadari kesombongan diri sendiri, tetapi orang lain dapat merasakannya. Sikap yang pongah, ucapan yang pongah akan jadi rintangan bagi diri sendiri, maka itu mesti belajar rendah hati.

Bernamaskara pada Buddha adalah belajar untuk rendah hati, lima titik tubuh menyentuh permukaan lantai, demikian pula terhadap semua makhluk, kita juga belajar rendah hati, melenyapkan tabiat pongah diri sendiri yang telah dipelihara sejak kalpa tanpa awal.

Maka itu ketahuilah bahwa rendah hati membawa manfaat besar bagi diri sendiri.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Mei 2010

老師教給我們的,我們在講經的時候,當然都是參考古人的註解,古人註解註得很深,看到那裡看不懂,怎麼辦?老師教我們的方法好,看不懂的地方,看到這裡就不看了,去拜佛,拜個三、四百拜,忽然就通了。這是我們做學生學習講經常幹的事情,很靈!你別去想它,你愈想就愈想不通,為什麼?你想是用妄想分別執著,這個沒有辦法解釋經義。只有把一切念頭放下,一心去拜佛,在這裡面定慧就起作用。這個方法也不是李老師發明的,祖傳的,在佛教裡面世世代代祖師大德把這個方法傳下來,管用。所以心愈清淨,你看經就愈明瞭,愈能夠看到它的意思,要清淨心,要平等心。覺,這個大徹大悟我們做不到,清淨平等也不能到圓滿,但是努力去做,愈清淨愈好,愈平等愈好。清淨平等要年年有進步,染污要放下,傲慢要放下,不平等最大的障礙就是傲慢。傲慢這個習氣有的時候自己不知道,但是別人能感觸出來。態度的傲慢、言語的傲慢都成障礙,所以要學謙卑。拜佛就是學謙卑,我們對佛五體投地,對每一個眾生都五體投地,把你無始劫來的傲慢習氣斷掉了。你不這樣做,斷不掉!所以謙卑對自己的利益太大了。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十六集)  2010/5/21








Anda berhasil merampas barang orang lain, mencuri barang orang lain, itu karena memang sejak semula sudah ada di dalam garis hidupmu; kalau di dalam garis hidupmu tidak ada rejeki begini, anda takkan berhasil mencuri dan merampasnya. Meskipun anda berhasil mendapatkannya dengan cara tidak halal, petaka pun segera menyusul, musibah mengikutimu.

Lantas mengapa ada orang yang sudah merampas dan mencuri, tapi hidupnya aman-aman saja? Hukum Sebab Akibat menyatakan, bukannya tidak ada pembalasan, hanya saja waktunya belum tiba, begitu waktunya tiba, pembalasan itu pasti ada.

Kenapa dikatakan waktu belum tiba? Oleh karena pada masa kehidupan lampau, anda menimbun berkah yang sangat besar, berkah tersebut sedang melindungimu, tetapi berkah ini bisa habis dinikmati, setelah berkah ini nihil, maka pembalasan tersebut segera tiba.

Ini merupakan hal yang pasti, maka itu buat apa melakukan perbuatan dungu!

Anda beralasan demi mencari sesuap nasi, lantas apakah demi keberlangsungan hidupmu sehingga harus mengorbankan keberlangsungan hidup orang lain? Anda hidup lantas bagaimana dengan orang lain? Mana ada aturan begini? Hukum Alam takkan memaafkan-mu.

Maka itu mesti yakin pada Hukum Karma, menanam benih baik pasti akan memperoleh buah yang baik.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Mei 2010

我們搶別人的東西、偷別人的東西,命裡有的;你命裡沒有的,偷都偷不到,搶也搶不到。你東西得來,禍害跟著就來了,災難跟著就來了。為什麼有人搶了、偷了,他不遭災難?這因果裡面講,不是不報,時候未到,時候一到這是一切總報。為什麼時候沒到?因為你過去生中修的很大的福,那個福在支持著你,但是你那個福很快會享盡,享盡之後,這個果報馬上就現前。一定的道理,何必幹這個傻事!你為了要生存,人家也要生存,為了我的生存,不讓別人生存,這是沒有道理的,這會有好報嗎?天理不容。人家是個弱小國家,沒有辦法抵抗你,你強大了,老天來收拾你,這是天理不容,你能逃得掉嗎?現在人不講這些,社會上已經聽不到了。我在年輕的時候常常聽到,社會上還有人講,六十年前。現在的社會聽不到這個聲音了,所以真的叫無法無天,這個問題很嚴重。所以一定要相信因果,你種好因,一定得好報。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十六集)  2010/5/21