“Demikianlah yang
saya dengar”, kata “saya” di sini adalah menunjuk pada Y.A.Ananda. Jadi di
dalam setiap judul sutra, kalimat pembukanya mengungkapkan bahwa Y.A.Ananda
memberitahu kita semuanya, apa yang dia sampaikan adalah yang dia dengar langsung
dari ajaran Buddha Sakyamuni.
Setelah Buddha
Sakyamuni memasuki Parinirvana, siswa-siswaNya menyelenggarakan Sidang Agung
Sangha, dimana Y.A.Ananda mengulangi Sutra Pitaka, mengulang kembali seluruh
sutra ajaran Buddha Sakyamuni.
Kegiatan ini sangat
penting sekali, dengan demikian barulah Buddha Dharma dapat dilestarikan dari
waktu ke waktu, jasa kebajikan ini adalah tak terhingga dan tanpa batas!
Maka itu ketika Y.A.Ananda
duduk di atas podium, bukan saja memperoleh pemberkatan dari Buddha Sakyamuni,
tetapi juga dari semua Buddha. Makanya saat itu kewibawaan rupa Ananda tak beda
dengan Sang Buddha, hingga hadirin menduga-duga apakah Ananda telah mencapai
KeBuddhaan? Atau Buddha yang datang dari penjuru alam lainnya?
Maka itu ada tiga
butir keraguan yang timbul di benak para hadirin saat itu, yang pertama adalah
menduga Buddha Sakyamuni yang datang; yang kedua adalah Ananda telah mencapai
KeBuddhaan; yang ketiga adalah menduga Buddha dari penjuru alam lainnya yang
datang.
Namun begitu Y.A.Ananda
mengucapkan kalimat “Demikianlah yang saya dengar”, semua keraguan hadirin
pupus sudah, barulah mereka menyadari yang duduk di atas podium adalah Ananda.
Maka itu para
penceramah yang memberikan ceramah di atas podium, ada memperoleh pemberkatan
dari Buddha dan Bodhisattva, tanpa pemberkatan ini, penceramah tidak mungkin
dapat mengemukakannya keluar.
Dengan demikian
ketika seorang penceramah berada di atas podium, baik kewibawaan, rupa maupun
semangatnya, penampilan ini berbeda ketika dia turun dari podium. Kalau diamati
dengan seksama pasti akan menemukannya, ini dikarenakan adanya pemberkatan dari
Triratna (Buddha, Dharma dan Sangha).
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 Juli 2010
「如是我聞」,這個「我」字就是阿難。阿難一開口告訴大家,如是是指我所聽的,佛陀的教誨,就是這一部經,佛講這一部經的時候,是我親自聽佛說的。「表如是法門乃我阿難所聞於釋尊者也。此正可破當時之疑」。因為結集經藏的時候,阿難尊者複講,把釋迦牟尼佛所講的經重複講一遍。複講這是大事,佛法才能夠流傳於十方三世,這功德是無量無邊!所以阿難升座,不但釋迦牟尼佛加持,一切諸佛都加持他。所以阿難在台上那個相就像成佛的樣子,所以大家懷疑,是不是阿難成佛了?或者是他方佛來了?所以第一個是疑佛,釋迦牟尼佛再來了,又來了,第二個是疑阿難成佛,第三個懷疑他方佛來了。阿難一說「如是我聞」,這個疑問就解決了,就曉得台上是阿難尊者。所以同學們常常聽經,有時候你會能夠發現,講經的人在講台上講經都有佛菩薩加持,沒有佛菩薩加持他講不出來。所以在講台上,他的威儀,他的相貌神情,跟在台下不一樣。細心去觀察能夠發現,這就是真的是有三寶加持。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十二集) 2010/7/17
Mazhab Mahayana
berkembang di Tiongkok menjadi 10 aliran, cara pengajaran tiap aliran tidaklah
sama. Aliran Zen menyuruhmu melatih diri sendiri, tidak ada buku pedomannya. Setelah
mencapai pencerahan agung barulah memperbolehkan dirimu membaca sutra; sebelum
mencapai pencerahan, tidak diperbolehkan membaca sutra. Jadi praktisi Zen harus
merupakan sosok yang berbakat istimewa, bukanlah praktisi biasa.
Waktu itu saya
masih merupakan seorang praktisi pemula, sepanjang hidupku, saya memiliki 3
orang guru, ketiga-tiganya tidak pernah bersua, namun ada satu hal yang sama
yang mereka sampaikan padaku yakni jangan coba-coba mempelajari Aliran Zen, oleh
karena metode Zen hanya cocok buat praktisi yang memiliki akar kebijaksanaan
yang tinggi, yang merupakan insan yang memiliki bakat istimewa.
Bila anda
bersikukuh ingin belajar pintu Dharma ini, beginilah yang disebut sebagai satu
langkah ingin langsung naik ke langit, alias ingin mencapai pencerahan seketika
atau pencerahan mendadak, jadi kalau dalam satu langkah ternyata gagal naik ke
langit, maka akan jatuh terhempas hingga tulang pun hancur lebur, tamatlah
riwayatmu.
Saya mengikuti
Profesor Fang Dong-mei selama setengah tahun, kemudian mengikuti Master
Zhangjia selama 3 tahun, Master Zhangjia membangun landasanku dalam belajar
Buddha Dharma, beliau mengajarkan padaku “Mengikhlaskan dan melepaskan”, ini
merupakan prinsip umum, tak peduli pintu Dharma manapun yang dipelajari, mesti
memulainya dari prinsip umum ini yakni “Mengikhlaskan dan melepaskan”.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 Juli 2010
在中國有十個宗,禪宗稱為宗門,其他九個宗派都叫教下,這是教學的方式不一樣。宗門是先叫你參究,沒有課本的。悟後起修,大徹大悟之後,才准許你看經;沒有開悟之前,不准看經。這是特殊天才人物,不是普通人。所以我那個時候剛剛接觸到佛法,三個老師都警告我,三個老師都沒有見過面,但是警告我是一樁事情,叫我千萬不要去碰禪宗,那是上上根人,是佛門裡面的天才人物。你要想學這個法門,那是叫一步登天,這一步要是登不上天,掉下來就粉身碎骨,你就完了。所以方東美先生他指導我,法相唯識,他指點我是這個路子。我學佛之後就親近章嘉大師,我跟方先生大概是半年,跟章嘉大師三年,我的基礎是章嘉大師奠的。章嘉大師教我,看破放下,這是通途法門,總原則、總綱領,無論修哪個法門都要從這裡下手。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十二集) 2010/7/17
Kini Ajaran Buddha
telah berubah menjadi kepercayaan, sebagai siswa Buddha kita memiliki dosa, Guru
kita merupakan seorang tenaga pendidik yang agung, merupakan Maha Suci Maha
Bijaksana, mana boleh kita kaitkan ajaranNya dengan kepercayaan takhayul?
Setelah kita
memahaminya, maka kita harus giat memberitahukan kepada setiap orang bahwa
Buddha Dharma bukanlah kepercayaan. Ajaran Buddha merupakan pendidikan, hal ini
pertama kali diungkapkan oleh Master Ouyang Jingwu pada tahun 1923, ketika
menjadi pembicara di seminar yang diselenggarakan oleh Universitas Zhongshan (sekarang dikenal sebagai
Universitas Normal Nanjing). Topiknya adalah: "Buddha Dharma adalah
non-religius, non-filosofis, dan diperlukan untuk dunia saat ini."
Apa itu Ajaran Buddha? Ajaran Buddha
merupakan ajaran yang dibabarkan Buddha Sakyamuni, ajaran merupakan pendidikan
dan bukan kepercayaan, hal ini mesti dipahami. Lantas apa isi ajaran Buddha
Sakyamuni? Sang Buddha mengajarkan kita tentang kebenaran dari alam semesta dan
kehidupan manusia.
Secara garis besarnya tak
terpisahkan dari lima topik yakni etika,
moralitas, sebab akibat, filsafat, sains. Kelima topik ini telah
dibabarkanNya dengan sempurna, sungguh berharga sekali. Di kemudian hari,
generasi penerus menyebut semua materi pengajaranNya sebagai Mustika Dharma (Dharma
Ratna), sungguh beralasan!
Maka itu kita harus belajar dengan bersungguh-sungguh,
meluruskan kembali pandangan salah masyarakat terhadap Ajaran Buddha, ini
merupakan tanggung jawab kita, misi kita bersama.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 Juli 2010
現在佛教變成宗教,我們佛門弟子有罪過,我們老師是大教育家,是大聖大賢,怎麼給他從宗教掛上勾,宗教是迷信?我們明白了,搞清楚了,在任何地方我們都要告訴人,佛法不是宗教。這個話不是我先說的,歐陽大師先說的。那好像是在民國十二年,我還沒出生,他在第四中山大學,就是現在的南京師範大學,做了一次很有名的講演,題目是「佛法非宗教非哲學,而為今時所必需」,做了這麼個講題。佛教是什麼?佛教是佛陀的教育,釋迦牟尼佛的教育,這得搞清楚。我們學佛,接受釋迦牟尼佛的教育。他的教育教什麼?用一句話說,經典裡面的話,「諸法實相」。這句話解釋開來,宇宙人生的真相,他教我們是這個。具體的給你說,現在人講的是,他內容說的是什麼?具體來講不外乎五大項目,這五大項目就是倫理、道德、因果、哲學、科學。五個項目都講到究竟圓滿,太珍貴了。後人把他老人家的教學,這些典籍,就是當時這些教材,稱為法寶,有道理!所以我們自己要好好學,要認真的學,要把社會這些誤會把它糾正過來,這是我們的責任、使命。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十二集) 2010/7/17
“Maha-prajna-paramita-sastra”
menyebutkan bahwa akar pelatihan diri adalah keyakinan, segala jasa kebajikan
muncul dari keyakinan hati.
Kalau
tidak yakin maka anda tidak mempunyai jasa kebajikan, anda hanya bisa menimbun
berkah kebajikan, anda tak berdaya memupuk jasa kebajikan, oleh karena jasa
kebajikan berasal dari keyakinan hati, hal ini tidak boleh tidak dipahami.
Kita
belajar Buddha Dharma, apakah ada mengalami kemajuan batin? Cobalah amati
dengan seksama, apakah anda yakin pada Buddha? Apakah anda yakin pada Dharma? Apakah
anda yakin pada Kalyanamitra? Bila terhadap ketiga hal ini, keyakinan anda
tidak mencukupi, maka di dalam pintu Buddha, hanya bisa menimbun pahala dan
berkah kebajikan, sedangkan untuk jasa kebajikan, tidak punya bagian.
Tetapi
berkah kebajikan tidak dapat mengatasi permasalahan, berkah kebajikan hanya
dapat menyelesaikan persoalan di depan mata, dengan timbunan pahala, anda dapat
memperoleh ketenaran dan keuntungan, tetapi untuk mengakhiri samsara, terbebas
dari tumimbal lahir, terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan, sama
sekali tidak ada kaitannya, hal ini mesti dipahami.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 17 Juli 2010
Artikel terkait :
Apa beda jasa kebajikan, berkah kebajikan dan pahala?
《大智度論》,都說「信為道元功德母」,道的根源是信,一切功德都是從信心裡頭生的。不信,你沒有功德,你可以修福德,你沒有辦法修功德,功德一定要從信心,這是我們不能不知道的。我們學佛,在佛法上有沒有成就?實在講,你細心去觀察,你對佛信不信?你對法信不信?你對善知識信不信?如果對這三個信心不足,你在佛門只能修到福報、福德,功德就沒分。但是福德不能解決問題,福德可以解決眼前生活,有福報,名聞利養可以得到,與了生死、脫輪迴、往生成佛毫不相關,這個要知道。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第八十二集) 2010/7/17