Jumat, 05 Oktober 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2010 (Bgn 2)


Mengurai musibah diri sendiri, menghapus kemiskinan diri sendiri, kesusahan dan penyakit, segala kesialan di rumahmu, ajaran sutra akan mengajarimu cara mengurainya.

Hari ini keadaan masyarakat yang bergolak, bencana alam yang menyerang bertubi-tubi, apabila anda serius mendengarkan ceramah, maka anda dapat mengurainya.

Maitri Karuna Buddha terhadap semua makhluk adalah tanpa batas, kebijaksanaanNya yang tak terhingga tertuang di dalam ajaran sutra, jika anda tidak mendengar ceramah maka tidak memahami kebenaran, bila tidak mendengar ceramah maka tidak tahu melepaskan kemelekatan.

Apabila anda sudah memahami dengan jelas Ajaran Buddha itu, maka tak perlu lagi dinasehati, dengan sendirinya anda akan melepaskan kemelekatan, takkan mendambakannya lagi, oleh karena anda telah tercerahkan.

Setelah melepaskan kemelekatan, barulah anda kembali pada ketulusan, kesucian, kesetaraan, Maitri Karuna, semua ini sejak semula telah sempurna di dalam jiwa sejati.

Ketika kebijaksanaan anda muncul ke permukaan, barulah anda memiliki kemampuan untuk membantu seluruh makhluk yang menderita. Bila dapat membantu orang lain, maka tentu saja dapat membantu diri sendiri, membantu diri sendiri dalam satu kelahiran menyempurnakan KeBuddhaan.
 
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2010

化解你自己的災難,你的貧窮、困苦、疾病,你家裡面種種不幸的遭遇,經典會教你。今天社會混亂,今天災變異常,你要真正聽經你能夠化解。佛對一切眾生無盡的慈悲、無盡的智慧都在經典裡面,你不聽經你不懂,你不聽經你不會放下。你要真把經典、佛法給搞清楚、搞明白了,不要勸,你自然放下,你不會留戀,因為你明白、你覺悟了;你不肯放下,那些東西全是垃圾,那些東西全是錯誤。你放下了,你就回歸到真誠、清淨、平等、慈悲,你就回歸了,那是自性本有的。你智慧現前,你才真正有能力幫助一切苦難眾生。能幫助別人,當然能幫助自己,幫助自己在一生當中圓成佛道,我們不必拖那麼長的時間。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十三集)  2010/5/18


 

 

Jika kebenaran telah dipahami dengan jelas, maka sekarang juga kita dengan Buddha Amitabha adalah sehati, bagaimana hati Buddha Amitabha itu? Yakni hati yang tulus, hati yang suci, hati yang setara, hati yang tercerahkan, hati Maitri Karuna, inilah hati Buddha Amitabha, kini daku sehati dengan Buddha Amitabha; satu harapan dengan Buddha Amitabha, yakni “Bertekad menyelamatkan para makhluk yang tanpa batas”. Harapan ini tertuang dalam 48 tekad agung Buddha Amitabha, kini tekadku serupa dengan tekad Buddha Amitabha; satu pemahaman dengan Buddha Amitabha, memahami kebenaran yang terkandung di dalam ajaran sutra; segera menfokuskan diri melafal Amituofo, satu pengamalan dengan Buddha Amitabha.

Lihatlah anda dengan Buddha Amitabha memiliki empat persamaan, yakni hati yang sama, tekad yang sama, pemahaman yang sama, pengamalan yang sama, sehingga terjalin dengan Buddha Amitabha secara menyeluruh. “Setiap lafalan terjalin dengan Buddha Amitabha, lafalan demi lafalan terjalin dengan Buddha Amitabha”, kalau bukan dirimu yang terlahir ke Alam Sukhavati, lantas siapa lagi!

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2010

今天果然搞清楚、搞明白了,我們跟阿彌陀佛現在就同心,阿彌陀佛是什麼心?真誠心、清淨心、平等心、正覺心、慈悲心,這是阿彌陀佛的心,我跟他相同;跟阿彌陀佛同一個願望,「眾生無邊誓願度」,這個願望具體就是這部經上講的四十八願,第六品所說的,跟阿彌陀佛同願;跟阿彌陀佛同解,這部經真正明白了,真搞清楚了;一向專念,跟阿彌陀佛同行。你看你跟阿彌陀佛四同,心同、願同、解同、行同,這就是完全相應,完全相應,「一念相應一念佛,念念相應念念佛」,你不往生誰往生!

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十三集)  2010/5/18


 

 

Di Alam Sukhavati ada empat tingkatan tanah suci dan sembilan tingkat Bunga Teratai. Anda ada di tingkatan ke-berapa, semua ini terpulang kembali pada berapa luas kelapangan hatimu, kalau masih mementingkan diri sendiri, mengutamakan kepentingan penduduk Bumi saja, maka cuma bisa terlahir di Tanah Suci tingkat pertama atau yang paling rendah, yakni Fan-sheng-tong-ju-tu (Tanah suci kediaman bersama orang awam dan insan suci).

Jika anda melebarkan kelapangan hati, setiap niat pikiran yang muncul adalah demi Alam Semesta beserta seluruh isinya, bukan demi Galaksi Bima Sakti, juga bukan demi tata surya dan planet yang kita diami, dengan kelapangan hati sedemikian rupa, anda pasti terlahir di Tanah Suci tingkat ketiga, yakni Shi-bao-zhuang-yan-tu, butuh kelapangan hati yang besar.

Hati yang sempit, yang hanya memikirkan Bumi ini saja, tidak menjangkau semesta alam, hanya bisa terlahir di Tanah Suci tingkatan paling rendah yakni  Fan-sheng-tong-ju-tu (Tanah suci kediaman bersama orang awam dan insan suci).

Maka itu terlahir pada sembilan tingkatan Bunga Teratai juga melihat seberapa luas kelapangan hatimu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 18 Mei 2010

Empat tingkatan tanah suci di Alam Sukhavati :

四土三輩九品,那看你的心量,你還是為自己、為地球上眾生,你生凡聖同居土,小!如果你現在心量就拓開,我念念是為遍法界虛空界一切眾生,我不是為銀河系,我不是為太陽系,我絕不只為這一個地球,你到西方極樂世界肯定生實報莊嚴土,那麼大的心量。小心量,只有地球,地球之外還沒想到,這凡聖同居土。所以三輩九品是看你的心量,不是看別的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十三集)  2010/5/18