Jumat, 31 Mei 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Agustus 2010 (Bgn 2)


Kondisi kita di dunia ini sungguh memprihatinkan, untuk bersua dengan seorang Kalyanamitra Sejati adalah sungguh langka adanya, walaupun sudah bertemu, kita pun ragu, entah itu yang tulen atau tiruan.

Lain halnya kalau di Alam Sukhavati, setiap hari dapat bersua dengan para Buddha yang tak terhingga dan tanpa batas, pahala ini terlampau besar!

Insan yang memiliki pahala besar, bila terlahir di dunia ini maka akan jadi kaisar, kalau lahir di Surga akan jadi Raja Dewa, atau menjadi hartawan yang menikmati harta berlimpah, pahala yang begitu besar, dari mana dia menimbunnya? Di dalam pintu Buddha, terpisah dari pintu Buddha, bagaimana anda dapat menimbun pahala yang sedemikian besar!

Bukanlah sembarangan orang bisa menjadi Kaisar, kalau tidak punya pahala yang sedemikian besarnya, bagaimana dia bisa menduduki tahta? Apabila kedudukan-mu melampaui pahala-mu, maka kedudukan-mu itu takkan kokoh.

Sebelum meninggalkan keduniawian, saya pernah bekerja di bagian militer, kami melihat seorang jenderal, yang berasal dari jenderal kecil dipromosikan naik pangkat jadi jenderal menengah, dokumennya sudah disetujui, tinggal diumumkan saja, namun info ini sudah beredar di kalangan internal.

Rekan-rekannya mulai memberi ucapan selamat padanya, dia sangat gembira, lalu mengundang sanak keluarga dan sahabatnya makan bersama untuk merayakannya. Hidangan di atas meja masih belum habis disantap, dia sudah keburu mati di atas meja makan.

Orang-orang yang mengetahui kejadian ini berpendapat dia memang tidak punya peruntungan begini, ini merupakan kejadian nyata.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Agustus 2010

我們在這個世間可憐,見一個善知識都不容易見到,那善知識是真的還是假的不知道,想見一個都見不到。到極樂世界每天見無量無邊諸佛,那個福報多大!修福報,在人間做帝王,在天上做天王,或者是天上人間大富長者,擁有千億萬億的財富,那麼大的福報,在哪裡修的?全是佛門修的,離開佛門你怎麼可能修那麼大的福報!所以諺語才有所謂學佛的人有福報,這個話裡頭意思很深很長,真有福報!在這個世間,人間天上,真的,帝王不是隨便人可以做的,沒有大福報他怎麼能有這個地位?在這個社會上,位置超過你的福報,你那個位置坐不穩。我在沒學佛之前,我曾經在軍中服務,我們看到一位將軍,少將升中將,文件批准了,還沒有發布,內幕的消息透出來,恭喜,某人你升中將。他聽到了非常快樂,邀請親戚朋友來慶賀吃飯,這一餐飯還沒有吃完,他就死在桌子上、死在飯桌上。所以人家一想,他沒有這個命,你看一顆星,兩顆星就壓死了,這真的不是假的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二六集)  2010/8/28


 

 

Kalau di dalam garis hidup, kita tidak punya harta kekayaan yang sedemikian besarnya, mendadak jadi kaya raya, maka musibah pun ikut membuntuti dari belakang, kalau bukan mati diserang penyakit parah, maka mati secara tidak wajar, atau tewas dalam bencana.

Maka itu apabila manusia memahami kebenaran ini, hatinya akan tenang dan tenteram, takkan bersaing dan berebutan dengan orang lain, juga takkan mendambakan dunia ini, alangkah bahagianya!

Yang pasti bukan dengan bersaing maka bisa mendapatkannya, andaikata bisa berhasil mendapatkannya, maka Buddha Sakyamuni juga ikut memperebutkannya, Konfusius juga ikut memperebutkannya, namun Mereka sadar hal ini adalah mustahil bisa diperebutkan!

Oleh karena tidak bisa diperebutkan, buat apa memikirkan dan merisaukan-nya? Lebih baik tidak berebut. Maka itu masyarakat hari ini menggalakkan persaingan, betul-betul mencelakai orang, justru inilah sumber kekacauan dalam masyarakat.

Apa yang berhasil direbutnya memang sudah ada di dalam garis hidupnya, jika tidak ada di dalam garis hidupnya, walaupun dia memikirkan segala cara juga takkan bisa berhasil merebutnya. Bila kita amati dengan seksama, kejadian di sekitar kita, maka anda dapat melihatnya, sedikit pun tidak semu.

Maka itu “Setetes air yang diteguk dan sepotong makanan yang dikunyah, semua ini telah ditetapkan sebelumnya”, kalau ada di dalam garis hidup, maka pasti tetap ada, sebaliknya kalau tidak ada di dalam garis hidup, janganlah mendambakannya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Agustus 2010


命裡沒有那麼大的財富,突然之間一下發財,跟著禍害就來了,不是得大病就是橫死,災難當中死掉了,你沒有命。

所以人真正懂得這個道理,他心平靜了,真正能做到於人無爭、於世無求,他多快樂,他多幸福!所以絕對不是競爭能夠爭得到的,如果真能爭得到,釋迦牟尼佛也去競爭了,孔老夫子也去競爭了,這他們都曾經講過的,爭不到!爭不到那我何必操這種心?不如不爭。所以今天社會提倡競爭,這兩個字害死人,這兩個字把社會搞亂了。他爭到的都是他命裡有的,命裡沒有的,想什麼方法去爭都爭不到,這一點都不錯。細心觀察我們周邊一切人事物,這些道理你統統都可以看到,一點都不假。所以一飲一啄莫非命中注定的,命裡有一定有,命裡沒有求不到。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二六集)  2010/8/28




 

“Di dalam pintu Buddha, segala permohonan pasti terkabul”. Segala sesuatu yang tidak ada di dalam garis hidupmu, di dalam pintu Buddha, pasti dapat diwujudkan.

Bukanlah Buddha dan Bodhisattva yang menganugerahkan padamu, namun atas daya upayamu sendiri, Sang Buddha cuma menyampaikan caranya saja.

Kalau mau jadi kaya, harus tahu dari mana harta benda itu berasal? Kekayaan berasal dari Amisa Dana (dana materi), makin berdana makin banyak yang diperoleh. Orang kikir yang tidak sudi berdana, meskipun di dalam garis hidupnya terdapat sejumlah harta benda, namun juga terbatas.

Dharma Dana membuahkan kecerdasan dan kebijaksanaan. Abhaya Dana (menghilangkan ketakutan di hati para makhluk) membuahkan kesehatan dan usia panjang.

Hal ini dijelaskan di dalam ajaran sutra, asalkan anda dapat menimbun ketiga jenis dana, maka akan memetik buah akibatnya, siapa yang menabur, dialah yang akan menuai hasilnya, makanya mesti mengamalkannya dengan serius.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 28 Agustus 2010


佛門裡又說,「佛氏門中,有求必應」。那個有求必應是你命裡沒有的,你命裡沒有的在佛門當中可以求到。不是佛菩薩賜給你,這個你要知道,佛菩薩教給你修因,你能修因,果報就現前,這是佛菩薩告訴你的,這不是假的,不是迷信。發財的人,財從哪裡來的?財從財布施來的,愈施愈多。不肯修財布施的人,那個人命裡的財就有限,無限量的布施,他就有無限量的獲得,一點都不假。法布施得聰明智慧,無畏布施得健康長壽。這經教裡講得很清楚、很明白,你能修這三種布施,這三種果報你都會得到,公修公得,婆修婆得,不修就不得,你得真幹。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第一二六集)  2010/8/28