Minggu, 09 September 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Mei 2010 (Bgn 3)

 

Setiap hari kita belajar ajaran sutra, apakah dapat keluar dari tumimbal lahir? Apabila anda belajarnya dengan menggunakan hati tumimbal lahir, maka Ajaran Buddha berubah jadi ajaran tumimbal lahir, ingatlah kalimat ini : “Segala sesuatu tercipta dari hati dan pikiran”.

Anda menggunakan hati tumimbal lahir membaca Tripitaka, maka Tripitaka juga berubah jadi ajaran tumimbal lahir, menciptakan karma baik di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, betapapun bagusnya pelatihan dirimu, kelak anda hanya bisa terlahir di Alam Surga, tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir.

Bagaimana caranya keluar dari enam alam tumimbal lahir? Yakni melepaskan perbedaan dan kemelekatan, barulah dapat melampaui enam alam tumimbal lahir.

Makhluk awam di enam alam tumimbal lahir, hatinya tidak suci, mengapa demikian? Oleh karena tidak menghapus kemelekatan pada keakuan. Kemelekatan pada keakuan menimbulkan niat mementingkan diri sendiri, mengejar ketenaran dan keuntungan, ketamakan, kebencian, kebodohan, kesombongan, lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan, tidur) dan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), kekotoran batin ini takkan meninggalkan dirimu, anda juga tidak sanggup melepaskannya, bagaimana akhirnya?

Akhirnya kalpa demi kalpa anda cuma bisa berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, mengikuti kekuatan karmamu, sungguh merupakan penderitaan yang tak terungkapkan dengan kata-kata.

Niat pikiran muncul dan lenyap silih berganti, yang di depan baru lenyap, yang di belakang segera muncul lagi, cobalah amati dengan seksama, niat pikiran mana yang bukan mementingkan diri sendiri? Bentuk pikiran mana yang bukan memikirkan keserakahan, kebencian, kebodohan dan keangkuhan? Ini adalah menciptakan karma tumimbal lahir, meskipun tubuh tidak melakukannya, mulut tidak melakukannya, namun pikiran anda melakukannya, inilah yang disebut sebagai Mano-Kamma (perbuatan yang dilakukan melalui pikiran).

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Mei 2010

我們每天在研究經教,研究經教能不能出輪迴?沒這個道理。你用輪迴心研究佛教,佛教也是輪迴教,記住一句話「一切法從心想生」。我們是什麼樣的心就生什麼樣的法,你用輪迴心看《大藏經》,《大藏經》是輪迴法,是六道裡面的善法,修得再好,你將來都是生六道二十八層天,出不了六道輪迴,這要知道。怎麼出六道輪迴?放下分別執著就超越輪迴,就超越六道。還用分別執著心出不了六道,這點不能不知道,佛在經上的話句句都是真話。

  我們再看下面,又:「何況輪轉生死垢心曾未清淨,觀佛圓覺而不旋復」。這幾句經文是《圓覺經》上經文,輪轉生死垢心,這是講六道凡夫,六道凡夫心不清淨,為什麼?我執沒破。隨著我執生起的,就是自私自利、名聞利養、貪瞋痴慢、五欲六塵,這個東西不能離開你,你也捨不得放下,結果呢?結果你就長劫流轉。輪迴任何一道你不能長住,都是短暫的,隨著你的業力牽引,你在六道裡頭打轉,真的是苦不堪言。你的妄念前念滅後念生,一個接著一個,你細心去觀察一下,哪一個妄念不是自私自利?哪一個妄念不是貪瞋痴慢?這是什麼?這叫造輪迴業,身沒有去造,口沒有去造,念頭在造,這叫意業。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十三集)  2010/5/8





 

Ketika menderita sakit ringan, bila anda melafal Amituofo dengan setulusnya, maka dalam kurun waktu seminggu bisa sembuh, mengapa demikian? Oleh karena niat pikiran telah berubah.

Dari mana sumber penyakit? Dari kekotoran batin, yakni ketamakan, kebencian, kebodohan, kesombongan dan kecurigaan, lima racun ini adalah sumber penyakit, dendam, benci, cemas, marah, risau, ini merupakan 5 faktor pendukung, di dalam tubuh kita ada 5 sebab penyakit, ditambah 5 faktor pendukung, maka sel normal akan berubah menjadi sel yang terinfeksi virus, sehingga anda jatuh sakit.

Asalkan niat pikiran itu diluruskan, dendam, benci, cemas, marah, risau, semua ini dilepaskan, berapapun kerugian yang diterima, juga takkan membenci orang lain, juga takkan emosi, mempertahankan hati yang tenang, melepaskan ketamakan, kebencian, kebodohan, keangkuhan, maka penyakit tak perlu diobati juga bisa sembuh.

Kalau anda pergi berobat, penyakit juga lekas sembuh, oleh karena 70 persen penyembuhan tergantung pada sikap mental, 30 persen tergantung pada obat; jadi obat boleh diabaikan, asalkan memiliki sikap mental yang positif.

Dengan mental yang sehat, fisik pun ikut jadi sehat, sebaliknya bila mental tidak sehat maka kesehatan fisik pun jadi terganggu. Bagaimana pun giatnya anda berolahraga juga tiada gunanya, mengkonsumsi segala jenis makanan bergizi juga takkan efektif.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 8 Mei 2010

身上得個一點小毛病,你真念佛的話,一個星期準好了,為什麼?心態轉好了。疾病是什麼?疾病是煩惱引起來的,貪瞋痴慢疑五毒是病根,怨恨惱怒煩五種病的緣,裡面有病因,再加上這五種緣,你的正常細胞就變成病毒的細胞,你就得病,你就有痛苦。你那個念頭轉過來,怨恨惱怒煩放下,吃再大的虧也不怨恨人,也不發脾氣,保持著心平氣和,裡面貪瞋痴慢放下,你的病不必治就好了。你看醫生,醫生給你治療很容易,很快就好,所以病的好七分是心態,三分是醫藥;醫藥三分不要,心態好也能好,是這麼個道理。這裡頭沒有神祕,這是給你講生理、給你講心理,心理影響生理。所以心理健康生理一定健康,心理不健康要想身體健康是非常困難。怎麼運動都沒用,運動、滋補都達不到效果,佛法給我們講道理。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十三集)  2010/5/8