Kita melafal
Amituofo mesti menyalurkan jasa kebajikan ke tempat atau kawasan yang tidak
berpahala, apakah mungkin bisa membantu mereka? Tentu saja. Kemajuan ilmu dan
teknologi telah membuktikan pada kita, bila niat pikiran kita tertuju pada
tempat tersebut, maka jasa kebajikan yang kita salurkan juga akan sampai di
tempat tujuan.
Apakah masyarakat
di sana dapat menerimanya atau tidak, hal ini tidak perlu kita risaukan. Yang
pasti mereka dapat menerima pesan-pesan yang kita kirim buat mereka, hanya saja
besar kecilnya faedah yang diperoleh adalah tergantung pada tebal tipisnya
kekotoran batin masing-masing.
Kalau kekotoran
batin mereka sangat tebal, rintangan karma terlampau berat, meskipun telah
menerima penyaluran jasa kebajikan darimu, tetapi dia tidak dapat merasakan
faedahnya, umumnya kita bilang sebagai mati rasa. Sebaliknya jika kekotoran
batinnya ringan, dia memiliki kebijaksanaan, maka dia dapat merasakan
faedahnya.
Inilah yang
dimaksud dengan pemberkatan kekuatan Buddha, sebagai orang awam, kita juga
memiliki kemampuan sedemikian rupa, asalkan hati kita suci dan hening, asalkan
kita memiliki kemampuan begini, kita menyalurkan jasa kebajikan dari pelatihan
diri kita, maka dia dapat menerima dan memperoleh manfaatnya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 14 Juli 2010
我們念佛的人要把自己念佛的福報迴向給那邊,要幫助那個沒有福報的地方、地區。能幫得上嗎?能。現在科學證明了,我們的意念常常想著那個地方,這個意念就到達,我們的福報、我們的智慧、我們的功德也就是送到那邊去了。那邊人能不能接受,我們不要去管他。肯定他收到我們的信息,但是起不起作用那要看他煩惱的厚薄。他煩惱太厚,業障太重,雖然收到,他沒有感覺,我們所謂麻木不仁;如果他煩惱輕,他有智慧,他就能感覺得到。這個在佛菩薩叫佛力加持,我們凡夫確實也有這種能力,只要我們的心清淨,只要我們真正有這個願力,我們把自己所修學的迴向給他,他真能得到受用。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十九集) 2010/7/14
Manusia mesti memperbaiki diri sendiri, kembali ke jalan yang benar.
Eksperimen pertama yang harus dilakukan adalah terhadap diri sendiri. Jika diri
sendiri memiliki niat pikiran yang baik, tidak memiliki niat jahat, maka takkan
ada kerisauan, tidak ada kekhawatiran, tidak ada tekanan, hidupmu terasa bebas
dan ringan, jiwa raga sehat dan panjang umur, tidak menua dan melemah, tidak
butuh segala makanan bergizi.
Penyakit berasal dari niat pikiran buruk. Buddha Sakyamuni
membabarkan pada kita, lobha (ketamakan), dosa (kebencian), moha (kedunguan)
adalah tiga racun. Di dalam dirimu ada tiga racun ini, di luar mudah terinfeksi
virus penyakit.
Lantas bagaimana cara menyembuhkannya? Dengan mengubah niat pikiran
buruk jadi niat pikiran yang baik, sehingga sel-sel tubuh yang terinfeksi
segera pulih dan sehat kembali.
Hal ini sungguh beralasan, para ilmuwan telah membuktikannya melalui Mekanika
Kuantum, tanpa pembuktian ilmiah, teori di atas hanya akan menjadi kepercayaan
takhayul.
Buddha Sakyamuni menyampaikan Dharma kepada kita sejak lebih dari
tiga ribu tahun yang silam, orang barat mengatakannya lebih dari 2500 tahun
silam, hal ini tidak perlu diperdebatkan, oleh karena selamanya takkan ada
jawaban yang pasti, terkecuali tanyakan langsung pada Buddha Sakyamuni sendiri!
Maka itu tidak perlu diperdebatkan.
Mengapa praktisi tempo dulu bisa memperoleh faedah Buddha Dharma?
Oleh karena mereka itu tulus dan yakin sebagaimana adanya, mereka berhasil
mendapatkan faedahnya.
Orang sekarang suka berdebat, minta bukti ini dan bukti itu, tanpa
bukti tidak mau percaya. Maka itu kita mesti berterimakasih pada para ilmuwan
Mekanika Kuantum, yang telah membuktikan ucapan Buddha, terutama membuktikan
bahwa pikiran mengendalikan segalanya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 14 Juli 2010
Dasar perhitungan tiga ribu tahun
:
人要改變自己,佛法修學頭一個,實驗,做實驗,就是自己。自己的念頭善,我們現在講,心態好、心態善良,沒有惡念、沒有煩惱、沒有憂慮、沒有牽掛、沒有壓力,你這個人就得自在,健康長壽,不會衰老,用不著任何東西來滋補,不需要,不需要用醫藥,有病,有病自己會好。病是什麼?病是從不善的念頭生的。佛給我們講,貪瞋痴叫三毒,這最厲害的,你裡面有三毒煩惱,外面就很容易感病痛。如果明白這個道理,我這病怎麼來的?是我細胞裡有了病毒,我把念頭轉一轉,我所有帶著病毒的細胞就能夠恢復正常。不是沒道理,現在科學家從量子力學談到這個,這有科學證明,不是迷信。佛教了我們三千年,我們中國歷史上記載,釋迦牟尼佛滅度到今年三千零三十七年,外國人講的是二千五百多年。這不必去爭論,這個要爭論,永遠得不到答案,除非把釋迦牟尼佛找來,要不然誰知道!所以用不著爭論。從前人能得佛法的利益,什麼原因?他老實、他真信,他得受用。現在人,這要拿證據來我才相信你,沒有證據不相信,說你是迷信。我們學佛同學要感激近代的量子科學家,他在微觀世界裡面把佛講的這些東西統統證明了,特別證明意念主宰一切。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十九集) 2010/7/14
Dari mana kebijaksanaan Buddha berasal? Buddha Sakyamuni membabarkan,
kebijaksanaan Buddha dimiliki oleh setiap makhluk, tidak ada istimewanya, semua
makhluk memiliki kebijaksanaan, kemampuan kebajikan dan rupa yang sama dengan
Tathagata.
Maka itu tujuan Ajaran Buddha tak lain adalah membantumu memulihkan kebijaksanaan,
kemampuan kebajikan dan rupa yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa
sejatimu.
Lantas bagaimana kebijaksanaan, kemampuan kebajikan dan rupa kita
yang sejati ini bisa terkubur? Oleh karena tiga jenis kekotoran batin, yakni
kekotoran batin pandangan dan pemikiran, kekotoran batin yang banyaknya
bagaikan debu pasir, kekotoran batin Avidya, ketiga jenis kekotoran batin ini
telah menghalangi kita.
Maka itu Buddha mengajari kita cara menghapus kekotoran batin
pandangan dan pemikiran, yakni dengan melepaskan kemelekatan, tak peduli
terhadap orang, persoalan, makhluk hidup maupun benda mati, jangan ada niat
pikiran berseteru.
Jangan menyikapi segala hal dengan niat berseteru, namun tanggapilah
dengan keharmonisan, di dalam jiwa sejati hanya ada keharmonisan, tidak ada
perseteruan, tidak ada niat ingin mengendalikan, juga tidak ada niat untuk
menguasai.
Setiap niat pikiran yang muncul adalah demi kepentingan orang banyak,
jangan mengutamakan kepentingan diri sendiri, mengapa demikian? Oleh karena
semua makhluk merupakan satu kesatuan, jadi memberi manfaat bagi orang lain
adalah sama dengan memberi manfaat bagi diri sendiri, menguntungkan orang lain
adalah sama dengan menguntungkan diri sendiri. Memberi faedah bagi masyarakat,
sesungguhnya adalah memberi faedah bagi keluarga sendiri, anda sedang menimbun
pahala.
Pengertian ini sungguh
mendalam, setelah mempelajarinya selama 59 tahun, barulah saya memahaminya
dengan jelas, petaka dan berkah merupakan hasil perbuatan sendiri, tidak ada
kaitannya dengan orang lain.
Maka itu di sini menasehati anda supaya melafal Amituofo, manfaat
dari melafal Amituofo banyak sekali, takkan habis disebutkan satu persatu! Manfaat
yang diperoleh sekarang ini adalah sehat secara jasmani maupun rohani, bagi
orang yang telah berusia paruh baya, kesehatan merupakan hal yang paling
membahagiakan.
Anda punya harta berlimpah, kedudukan tinggi, tapi sakit-sakitan, hidup
tanpa makna. Kaya tapi sengsara, bangsawan tapi merana, tak sebanding dengan orang
miskin yang hidup tanpa beban, manusia hidup di dunia ini mesti bahagia.
Kebahagiaan tidak ada hubungannya dengan kekayaan dan kedudukan,
tetapi berkaitan dengan kebijaksanaan, anda memahami kebenaran alam semesta dan
kehidupan manusia, serta Hukum Sebab Akibat, setelah memahaminya betapa bahagia
terasa!
Saya berasal dari mana dan kelak akan menuju ke mana, dapat
dimengerti dengan jelas, takkan bingung sama sekali, hal ini sulit diwujudkan
oleh sebagian besar manusia di dunia ini.
Maka itu Pintu Dharma Tanah Suci betapa bagusnya, betapa sempurnanya,
sungguh pantas dipelajari.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 14 Juli 2010
Tiga jenis kekotoran batin :
佛的智慧從哪裡來?佛說,佛的智慧是我們每個人共同都有的,一點都不稀奇,一切眾生皆有如來智慧德相。所以佛的教學沒有別的,是把你自性裡頭本有的智慧德相恢復,他講的是這個。我們這個東西怎麼丟掉的、怎麼迷失的?他說就是見思煩惱、塵沙煩惱、無明煩惱,這三種煩惱障礙住了。所以佛教人放下,放下見思就是不執著,無論對人、對事、對物,沒有對立的念頭。你有對立就錯了,沒有對立的,它是和諧的,自性是和諧的,沒有對立的,沒有控制、沒有佔有。起心動念為別人想,不要為自己想,為什麼?自他不二,利益別人就是真正利益自己,利益社會就是真正利益你的家庭,這是佛法講的福報,你修福。這個道理很深,我們學了五十九年,才搞清楚、才搞明白,吉凶禍福有,自己的因、自己的果,與別人毫不相關。所以今天我們讀到這個地方,教你念阿彌陀佛,念阿彌陀佛的好處太多了,說不盡!頭一個給你講的好處,身心健康,這是中年以上,真正幸福就是身體健康。你錢多、地位高,你身體不健康,常常有病,這是苦。富而不樂,貴而不樂,不如貧而樂、賤而樂,快樂,人生在這個世間要快樂。快樂與富貴不相干,與什麼相干?智慧,你對宇宙人生的性相、理事、因果都徹底了解,這多快樂!我生從哪裡來,我將來死了到哪裡去,清清楚楚明明白白,一點不糊塗,這是一般世間人沒法子的。佛告訴我們,這是真的是假的?千真萬確,一點不假。你說這門學問多好,多圓滿,值得學習。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第七十九集) 2010/7/14