Selasa, 02 April 2019

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Juli 2010 (Bgn 4)


Kita telah bahas sebelumnya bahwa Kaisar Han Wudi dalam menyeleksi insan berbakat adalah dengan menggunakan dua aksara yakni “berbakti dan jujur”, di dalam Pintu Buddha juga tak terkecuali, dua aksara ini, kurang satupun tidak boleh.

Ajaran insan suci dan bijak, ini merupakan budaya warisan leluhur Tiongkok, ajaran insan suci dan bijak, termasuk di dalamnya adalah Ajaran Buddha, juga tanpa pengecualian.

Bila ajaran Konfusius, Ajaran Buddha dan ajaran Tao ingin berhasil, maka mesti menanam akar “berbakti dan jujur” dengan sangat mendalam, dengan memiliki akar yang sangat mendalam ini, barulah anda dapat mengamalkan sila, mematuhi peraturan, barulah kemudian anda dapat bersabar.

Dalam kehidupan keseharian mesti tahu berhemat, ini berguna untuk memupuk berkah, berkah hendaknya disalurkan agar semua makhluk dapat ikut menikmatinya, jangan dinikmati sendiri, orang yang kesusahan di dunia ini masih begitu banyak, selalulah teringat pada mereka yang hidup dalam kesusahan.

Mesti rendah hati, segala keangkuhan diri hendaknya dipadamkan. Setiap insan pasti memiliki tabiat pongah, tidak dapat dikatakan bahwa saya tidak punya. Kalau anda mengatakan bahwa anda tidak memiliki tabiat pongah, ini berarti dirimu penuh dengan keangkuhan, hanya saja tidak menyadarinya.

Kenapa dikatakan dirimu penuh dengan keangkuhan? Oleh karena tabiat pongah itu memang bawaan lahir. Kelahiran yang mana? Sejak kehidupan bermula.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Juli 2010

剛才跟諸位說過,漢武帝以後國家取才,取孝廉,佛門裡頭也不例外,這兩個字差一點點都不行。聖賢之道,這是中國傳統文化,聖賢之道也包括佛道,沒有例外的。儒釋道要成就,孝廉這個根要紮得深,有這個深根,你才能持戒,持戒是什麼?守規矩,你才能忍辱。具備這些條件,你算具備成功條件的一半了。日常生活當中要節儉,就是要培福,有福,有福要給大眾去享,不要自己享,這個世間苦難的人太多,常常想到他們。要謙虛,要卑下,把自己傲慢的習氣,真的把它融化掉。人都有傲慢習氣,不能說我沒有,那個我沒有裡頭就充滿了傲慢,自己不知道。為什麼說充滿傲慢?因為佛講的,佛說這個傲慢是與生俱來。哪一生?生命起源的那個開頭。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第八十六集)  2010/7/21

  


 

Hendaknya meneladani Sudhana Kumara, siapa sajakah yang termasuk Kalyanamitra? Selain diriku, semua orang adalah Kalyanamitra, demikianlah cara Sudhana Kumara meraih keberhasilan.

Baik dalam kondisi senang maupun susah, bertemu jodoh baik maupun buruk, semua ini adalah kalyanamitra. Sudhana Kumara mengunjungi 53 orang Kalyanamitra, Master Qingliang mengemukakannya dengan sangat jelas, menempa hati dari permasalahan yang dihadapi, sehingga memperoleh hati yang setara, suci dan tercerahkan.

Keadaan itu ada suka dan duka, manusia itu ada yang baik dan jahat, semua ini adalah kalyanamitra. Bagi Sudhana Kumara baik dan buruk merupakan kalyanamitra, Kalyanamitra ini merupakan jelmaan Buddha yang datang untuk membimbing diriku, memberikan teladan dalam bentuk tindakan nyata, jadi bukan hanya menyampaikan teori.

Andaikata kita melihat orang yang baik pada kita, hati kita merasa senang dan suka padanya, maka celakalah, oleh karena perasaan suka itu termasuk ke dalam “Tujuh Perasaan Emosional (suka, marah, sedih, senang, sayang, benci, nafsu keinginan) dan Lima Nafsu Keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan, tidur)”, bagaimana hatimu takkan goyah? Begitu hatimu goyah maka sudah tercemar oleh kekotoran batin.

Melihat perbuatan baik, hendaknya membangkitkan perasaan hormat dari dalam hati, jangan sampai melekat padanya. Orang itu betul-betul menyebalkan, begitu melihat dirimu langsung memarahi dan memakimu, ini juga adalah Kalyanamitra, jangan sampai timbul kebencian.

Begitu muncul kebencian hati, maka celakalah, lagi-lagi muncul “Tujuh Perasaan Emosional dan Lima Nafsu Keinginan”. Maka itu dalam segala keadaan dan ketika berinteraksi dengan orang lain, mesti dapat melenyapkan Tujuh Perasaan Emosional dan Lima Nafsu Keinginan hingga ke akar-akarnya, dengan demikian bukankah anda telah mencapai KeBuddhaan?

Selama anda masih memiliki Tujuh Perasaan Emosional dan Lima Nafsu Keinginan, maka anda takkan dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Juli 2010

要學善財童子,什麼人是善知識?除我之外每個人都是善知識,善財童子就這麼成就的。順境逆境、善緣惡緣,統統是善知識。五十三參,清涼大師說得很清楚,歷事鍊心,鍊什麼心?鍊清淨平等覺。環境有順有逆,人事有善有惡,環境跟人事全部都是善知識。善財童子心目當中的善友,那個善友是佛,不是菩薩,諸佛如來示現來教導我的,這是活的道學,不是文字上的。他表現得很好,善人,我們看他們,心裡喜歡,完了。喜是什麼?喜是感情,七情五欲,喜怒哀樂愛惡欲,你怎麼動心?動心就被染污了。看到善行,內心真正起效敬之心,不能有貪戀。那個人表現得很可惡,見了你恨你、罵你、揍你,那是善知識,不能有怨恨心。一有怨恨心,完了,你又動了七情五欲。所以在環境、在人事裡面斷什麼?七情五欲斷乾淨,你不就成佛了嗎?你有七情五欲的話,你出不了六道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第八十六集)  2010/7/21




 

Kita belajar Ajaran Buddha, terpaku oleh teori di dalam buku, bagaimana anda bisa tercerahkan? Padahal buku hanyalah penuntun, serupa dengan kita bepergian membutuhkan peta, anda hendak menuju ke sebuah tempat, tetapi anda tidak bergerak sama sekali, matamu hanya memandangi peta saja, kalau begini, apakah anda bisa sampai ke tempat tujuan?

Ketika anda telah menguasai jalur yang ditunjukkan oleh peta, maka anda tidak membutuhkan peta lagi, oleh karena sekarang anda harus jalan ke sana. Orang sekarang bilang belajar itu harus fleksibel sehingga terasa manfaatnya secara langsung.

Buddha Dharma ada di mana? Buddha Dharma ada dalam kehidupan keseharian, dalam aktivitas sehari-hari misalnya berpakaian dan makan, dalam berinteraksi dengan orang lain. Mahayana ada di mana? Ada dalam pekerjaan.

Maka itu Buddha Sakyamuni dihormati oleh manusia, lihatlah mereka yang menghadiri persamuan Sutra Usia Tanpa Batas, mencapai lebih dari 20 ribu orang.

Angka 20 ribu lebih ini merupakan jumlah manusia yang hadir dalam persamuan, sedangkan makhluk yang tidak kasat mata, masih ada lagi yang berasal dari ruang dimensi yang berbeda.

Yang berasal dari ruang dimensi yang berbeda adalah para Bodhisattva Mahasattva, Sravaka, Arahat. Sedangkan yang berasal dari enam alam tumimbal lahir yakni para Dewa, baik yang berasal dari Kamaloka, Rupaloka atau Empat Tingkatan Alam Jhana, yakni para Brahma.  

Sedangkan Arupaloka, penghuni Arupaloka memiliki usia yang sangat panjang, mereka takkan datang mendengar pembabaran Dharma.

Sedangkan Delapan Makhluk Pelindung Dharma, berasal dari Kamaloka, mereka juga merupakan makhluk yang tidak kasat mata, kita tidak dapat melihatnya.

Para makhluk yang tidak kasat mata ini, jumlahnya melebih jumlah manusia berkali-kali lipat! Mereka datang belajar Buddha Dharma yang fleksibel, yang tidak kaku, hal ini mesti dipahami.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 21 Juli 2010

我們學佛,死在書本裡,你怎麼會開悟?所以書本是個引導,好像我們走路一樣要看地圖,這個地圖不是那裡,你想去的地方不在那裡,只要你看著,你就到了嗎?你把地圖丟掉,走出去才能到達。現在的人講求活學活用,這話很有味道,咱們要活學活用。佛法在哪裡?佛法在生活,在穿衣吃飯,在待人接物。大乘在哪裡?大乘在工作。所以釋迦牟尼佛在當時被那麼多人尊敬,你看這個法會兩萬多人,兩萬多是人,人之外我們眼睛看不見,還有不同維次空間。不同維次空間的,那就是諸大菩薩,聲聞也算,聲聞阿羅漢,這不是六道裡面的;六道裡面還有諸天,欲界天、四禪天,梵眾是四禪天。不說四空天,四空天他不來了,四空天叫長壽天,他不會來聽法的。八部鬼神,這也是欲界的,這都是我們看不見的。看不見的眾生比我們現前看得見的不曉得多多少倍!來學,都是來學活的佛法,不是學這死東西,這個一定要知道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第八十六集)  2010/7/21