Selasa, 02 Oktober 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Mei 2010 (Bgn 2)


Kesuksesan seseorang tergantung pada Ayahbunda dan gurunya. Maka itu orang yang tidak berbakti pada Ayahbunda-nya, di dunia ini pasti tidak punya keberhasilan apapun; orang yang tidak tahu menghormati guru, sepanjang hayatnya takkan berhasil mempelajari apapun, baik pengetahuan duniawi maupun Buddha Dharma juga tak terkecuali.

Orang sekarang memandang rendah pada guru, maka itu ketrampilan dalam Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, cepat lambat akan terputus!

Apabila ajaran insan suci dan bijak sempat terputus, masyarakat akan diliputi kegelapan, inilah petanda dunia akan menghadapi hari kiamat. Betapa mengerikannya.

Lantas bagaimana cara menyelamatkan dunia ini, tak lain adalah berbakti pada Ayahbunda dan menghormati guru, giat mempelajari ajaran insan suci dan bijak, menyelamatkan diri sendiri.

Meskipun dalam satu masa kehidupan ini tidak berkeinginan terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, minimal juga bertumimbal lahir di Alam Surga atau Alam Manusia.

Apabila melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, maka tekad ini pasti terwujud, dalam satu kelahiran mencapai KeBuddhaan, ini barulah merupakan keunggulan nan sempurna.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Mei 2010

人的一生成就靠父母、靠老師。所以不孝父母的人,在這個世間肯定是一無所成;不懂得尊師重道的,他一定學不到東西,無論是世法、佛法,沒有例外的。現代的人對老師輕慢,所以世出世間的學術會斷掉!如果這個聖學斷掉之後,這個社會就一片黑暗,這就是世界末日的徵兆,世界末日的現象,你說多可怕。怎麼樣拯救這危機,沒有別的,孝順父母、尊敬師長,認真努力學習古聖先賢,救了自己。自己這一生即使不求生西方淨土,來生也在天上不是在人間,人間沒有那麼大的福報,你的福報,欲望沒斷你在欲界天,五欲要是很淡薄的話,你會生色界天。如果是念佛遇到淨土法門,你肯定到極樂世界,一生作佛去了,這是究竟的圓滿。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十一集)  2010/5/16




 
 
Kita tidak boleh sesat dan diputar oleh kondisi luar, bila masih terpengaruh oleh kondisi luar, berarti belum tercerahkan. Dengan kata lain, bagaimana kondisi hati yang sesat tersebut? Yakni mementingkan diri sendiri, mengejar ketenaran dan keuntungan, serakah akan lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dan enam objek (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), dalam hati masih ada ketamakan, kebencian, kebodohan, keangkuhan, inilah yang dimaksud dengan sesat.

Dengan hati yang sesat belajar Ajaran Buddha, hati yang sesat adalah hati tumimbal lahir, maka takkan bisa keluar dari enam alam tumimbal lahir, sebagus apapun pelatihan diri yang dimiliki, namun hasilnya cuma bisa terlahir di Alam Surga dan Alam Manusia, tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir. Hal ini tidak boleh tidak dipahami.

Kalau tidak bisa keluar dari enam alam tumimbal lahir, maka kurun waktu berada di tiga alam sengsara pastinya lebih panjang daripada waktu berada di tiga alam bajik. Ibarat tenggelam di dalam lautan penderitaan yang luas, sebentar-sebentar dia menyembulkan kepalanya dari dalam air untuk menghirup udara segar, lalu tenggelam lagi ke dalam air.

Demikian pula di dalam enam alam tumimbal lahir, terlahir di tiga alam bajik ibarat menyembulkan kepala dari dalam air, waktunya hanya sebentar saja, sedangkan tenggelam di tiga alam sengsara, waktunya sangat panjang.

Maka itu di dalam enam alam tumimbal lahir, tiga alam sengsara bagaikan rumah kediaman, sedangkan tiga alam bajik bagaikan sedang pergi bertamasya, baru keluar sebentar saja sudah harus pulang ke rumah. Sungguh merupakan penderitaan yang tak terungkapkan dengan kata-kata.

Maka itu Buddha Amitabha bertekad membebaskan para makhluk dari penderitaan berkepanjangan ini. Dengan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, para makhluk dapat melampaui enam alam tumimbal lahir dan Dasa Dharmadhatu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Mei 2010

Dasa Dharmadhatu baca di :


我們不能夠迷,真的不迷你就不會逐境,逐境是你不會被外面境界所轉;你還會被境界所轉,你迷而不覺。換句話說,迷心的現象是什麼?是自私自利,是搞名聞利養,是貪愛五欲六塵,心裡面還是貪瞋痴慢這是迷。迷心學佛,迷心就是輪迴心,學佛出不了六道輪迴,修得再好,果報在人天,人天福報出不了六道輪迴,這不能不知道。出不了六道,在六道裡面,肯定是三惡道的時間長,三善道的時間短,就沉淪苦海,頭出頭沒。在六道裡面,你生到三善道好比是頭出,時間很短,沉淪到三惡道時間很長。所以六道裡,三惡道是老家,三善道是出來觀光旅遊,時間很短暫,你說這多苦,佛要救度這些苦難眾生。若無此十念必生之大願,這就是究竟方便法門,發菩提心、一向專念,後面會跟你講得很清楚、很明白,眾生真的因這個法門,而超越輪迴、超越十法界。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十一集)  2010/5/16




 

Masa keberlangsungan Dharma Buddha Sakyamuni adalah 12 ribu tahun, sekarang sudah melewati sekitar 3000 tahun, masih tersisa kira-kira 9000 tahun lagi.

Pada jaman berakhirnya Dharma, seluruh sutra akan lenyap dari peredaran, satu-satunya sutra yang masih bertahan adalah “Sutra Usia Tanpa Batas”, dapat dipastikan itu adalah versi rangkuman Upasaka Xia Lian-ju.

“Sutra Usia Tanpa Batas” akan bertahan hingga 100 tahun kemudian lalu lenyap dari peredaran, dan masih tersisa sepatah “Namo Amituofo”, pada masa itu bila ada orang yang mendengar lafalan ini, membangkitkan keyakinan dan tekad, masih dapat terlahir ke Alam Sukhavati, sungguh menakjubkan tak terbayangkan.

Kita hidup pada era ini, bila ingin terhindar dari musibah, mewujudkan keluarga yang harmonis, masyarakat yang sejahtera, dunia diliputi perdamaian, selain cara yang satu ini, tidak ada lagi cara kedua. Bagaimana cara mengurai bencana? Yakni dengan menceramahkan Buddha Dharma. Apa alasannya?

Manusia bila tercerahkan maka bencana pun lenyap; hati manusia yang sesat mengundang datangnya bencana. Lingkungan berubah menuruti perubahan hati dan pikiran, wajah merupakan cerminan hati, inilah prinsip yang takkan berubah selamanya, kita mesti mengingatnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 16 Mei 2010

釋迦牟尼佛的法滅盡,他老人家的法運一萬二千年,現在已經過了三千多年,大概還有八千九百多年,世尊的法運。那個時候佛法經教統統在世間消失掉,這部經還在,這部經最後滅,《無量壽經》還在。《無量壽》哪個本子?肯定是這個會集本,肯定是黃念祖老居士這個註解,這本書是最後滅的。這個書滅了之後,多住一百年滅了之後,只剩下南無阿彌陀佛,只剩下這六個字,還要傳一段時間,在那個時候有人聽到這六個字名號,能夠發願執持也能往生,真正不可思議。我們今天在這個時代,要想自己免於患難,要想家庭幸福,要想社會安定,世界和平,除這個方法之外沒有第二個方法。怎麼樣化解災難?在佛法裡是講經教學。為什麼?人覺悟,災難就沒有了;人迷惑了,災難現前。境隨心轉、相由心生,這是原理,永遠不變的原理原則,我們要記住。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第四十一集)  2010/5/16