Negeri Buddha yang tersebar di sepuluh penjuru, ruang lingkup ini
sangat luas sekali, bukan hanya para siswa Buddha Sakyamuni yang berasal dari
alam saha saja yang melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati, bahkan juga
para siswa Buddha yang berasal dari alam para Buddha yang tersebar di sepuluh
penjuru dari tiga masa, yang tak terhingga, tanpa batas dan tak terhitung.
Ketika kita tiba di Alam Sukhavati, bersua dengan penduduk di sana,
kita pasti akan bertanya, anda berasal dari alam mana? Kalau Buddha Amitabha
sih, tak perlu bertanya lagi, Beliau dapat mengetahui keseluruhannya, jadi bisa
anda bayangkan betapa ramainya Alam Sukhavati itu.
Lagi pula penduduk Alam Sukhavati merupakan insan berkebajikan
tertinggi, bukan saja tidak berperilaku buruk, bahkan niat buruk juga tidak ada
sama sekali. Kalau bukan insan berkebajikan tertinggi, mana mungkin bisa ke
sana?
Semuanya adalah Bodhisattva, yang telah membangkitkan Bodhicitta,
menfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan, begini barulah dapat
terlahir ke Alam Sukhavati.
Maka itu para Bodhisattva yang mendengar nama Buddha Amitabha,
semuanya memperoleh kesucian, pembebasan dan samadhi pelafalan Amituofo, mereka
memperoleh keseluruhannya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 28 Agustus 2010
十方佛剎,這範圍太大了,不只是我們娑婆世界釋迦牟尼佛這些佛弟子,念佛求生淨土這一處來的,十方三世諸佛剎土無量無邊無數無盡。我們到極樂世界會問,你是哪個世界來的?他是哪個世界來的?阿彌陀佛不要問,他全都知道,你就曉得極樂世界多熱鬧。而且到極樂世界的都是諸上善人,那些人不但沒有惡劣的行為,惡劣的念頭都沒有,上善!不是上善怎麼能去?統統是菩薩,都是發菩提心、一向專念,這才能往生。所以諸菩薩眾,聞我名已,聽到阿彌陀佛的名號,皆悉逮得清淨、解脫、普等三昧,他們統統都得到。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一二六集) 2010/8/28
Apabila saya tidak memutar kondisi (lingkungan luar), maka saya-lah
yang akan diputarnya, yakni lingkungan luar dapat mempengaruhi dirimu. Jadi
apabila saya dapat memutar lingkungan luar, maka saya takkan dipengaruhi
olehnya, sebaliknya diriku dapat mempengaruhi lingkungan luar.
Sutra mengatakan “Jika dapat memutar kondisi maka serupa dengan
Tathagata”, apabila anda dapat memutar kondisi luar, maka anda adalah
Tathagata, dengan perkataan lain, anda telah mencapai KeBuddhaan.
Maka itu kita harus belajar memutar kondisi, jangan terpengaruh oleh
lingkungan luar, kalau terus menerus diputar oleh kondisi luar, ini tandanya
keterampilan melatih diri kita masih belum efektif.
Apabila keterampilan melatih diri kita efektif, maka tidak perlu
takut menghadapi kondisi luar, lingkungan luar yang bagaimana pun juga takkan
bisa mempengaruhi diriku.
Apa yang saya andalkan untuk memutarnya? Yakni tidak timbul niat
pikiran, tidak membeda-bedakan, tidak melekat, dengan demikian saya dapat
memutar kondisi.
Maka itu praktisi sekalian, cobalah renungkan, selama ini kita selalu
terpengaruh oleh lingkungan luar, diputar olehnya, selalu saja timbul niat
pikiran, membeda-bedakan dan melekat, apakah boleh begini?
Seorang praktisi hendaknya memiliki kemampuan untuk memutar kondisi
luar, barulah dapat memperoleh pembebasan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 28 Agustus 2010
我要沒有轉,會被外面環境轉,就是說環境會影響你,我自己要能夠轉過來,環境不能影響我,我能影響環境。經上講「若能轉境,則同如來」,你要是能轉境界,你就是如來,換句話說,你就成佛。所以我們要學習轉環境,總不能還被環境影響,那說明什麼?說明我們學習功夫不得力。功夫得力不怕環境,什麼環境到我這裡來就轉掉了。我用什麼能力轉?我不起心、不動念、不分別、不執著,就轉掉了。所以諸位想想,我們還受環境影響,還被它轉,我還是起心動念、分別、執著,這靠得住嗎?學佛要學這個本事,這才能真正解脫,得自在了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一二六集) 2010/8/28
Meskipun cuma memiliki secuil kemelekatan, ini juga termasuk sesat,
kekotoran batin pun bermunculan. Praktisi senior zaman dulu berkata, “Tidak
takut pada niat pikiran yang bermunculan, cuma takutnya terlambat menyadarinya”.
Mengapa demikian?
Kita adalah orang awam, selama kalpa yang tak terhingga berputar di
dalam lingkaran samsara, bagaimana mungkin tidak timbul kekotoran batin? Pasti
bisa timbul kekotoran batin, jadi munculnya kekotoran batin ini adalah fenomena
normal, inilah yang disebut sebagai “Tidak takut pada niat pikiran yang bermunculan”,
cuma takutnya apa? Takutnya anda terlambat menyadarinya, jadi harus cepat tercerahkan.
Bagaimana yang dimaksud dengan tercerahkan? Melafal Amituofo adalah
tercerahkan, begitu niat pikiran timbul, segera menyadarinya, melafal Amituofo,
dengan sepatah Amituofo untuk mengurainya.
Baik berada dalam suasana suka maupun duka, berhadapan dengan jodoh
baik maupun jodoh buruk, semuanya ini dituang ke dalam sepatah Amituofo, inilah
samadhi pelafalan Amituofo.
Makanya mengapa seluruh pintu Dharma lainnya tak sebanding dengan
Pintu Dharma Pelafalan Amituofo, oleh karena melafal Amituofo cepat
tercerahkan, begitu niat pikiran timbul, kekotoran batin muncul, tabiat mulai show-off,
segeralah melafal Amituofo.
Sepatah Amituofo merupakan gelar kebajikan dari jiwa sejati setiap
insani, dengan melafal Amituofo adalah menemukan kembali jiwa sejati, jiwa
sejati adalah suci, setara dan tercerahkan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 28 Agustus 2010
我們才有一點點執著,那就是迷,錯了,煩惱起現行了。古大德告訴我們,「不怕念起,只怕覺遲」。為什麼?我們是凡夫,無量劫來在生死輪迴裡頭打滾,怎麼會不起煩惱?他當然起煩惱,所以起煩惱是個正常現象,這就叫不怕念起,正常現象。怕的是什麼?你覺得太遲,要覺得快。什麼是覺?阿彌陀佛就是覺,我這個念頭才起,立刻就覺悟,阿彌陀佛,用一句阿彌陀佛把它化解了,統統都落在阿彌陀佛上就是普等三昧。順境、善緣,阿彌陀佛,逆境、惡緣,也是阿彌陀佛,不就擺平了嗎?這在所有法門裡面都不能跟念佛相比,念佛覺得快,前念一迷,心一動,我們一般講,煩惱起來了,習氣現前了,阿彌陀佛,就回歸到正。阿彌陀佛是自性的德號,念這一句阿彌陀佛是回歸自性,自性是清淨平等覺。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第一二六集) 2010/8/28