Selasa, 28 Agustus 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Mei 2010 (Bgn 1)


Ada orang yang sepanjang hayatnya tidak percaya pada Ajaran Buddha, tetapi saat menjelang ajal bertemu dengan Kalyanamitra yang menasehatinya melafal Amituofo dan bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, setelah mendengarnya, dia menerima dan mengamalkannya, akhirnya dia berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.

Bila dipikir-pikir, bukankah hal ini bertentangan dengan “Amitabha Sutra” yang menyebutkan “Tidak boleh kekurangan akar kebajikan, berkah kebajikan dan faktor pendukung, barulah dapat terlahir di Negeri Buddha Amitabha”?

Sesungguhnya sama sekali tidak bertentangan, mengapa demikian? Oleh karena pada masa kelahiran ini dia memang tidak melatih diri, tetapi pada masa kelahiran lampau, dia telah melatih diri, selama kelahiran demi kelahiran, dia menimbun akar kebajikan, berkah kebajikan dan faktor pendukung, pada masa kehidupan ini dia tidak berjodoh bertemu dengan Buddha Dharma, sehingga hampir saja masa kehidupan ini dilewatkan sia-sia.

Tak diduga pada saat menjelang ajal dia bertemu dengan Kalyanamitra, begitu Kalyanamitra mengingatkan dirinya, sehingga membangkitkan benih akar kebajikan dan berkah kebajikan yang tertanam di Alayavijnana-nya.

Dia telah berhasil, apakah karena faktor kebetulan? Bukan. Master Huineng baru berusia 24 tahun, cuma mendengar sepenggal bait sutra, langsung mencapai pencerahan sempurna, menemukan kembali jiwa sejati, apakah ini karena faktor kebetulan? Kalau memang faktor kebetulan, mengapa murid-murid Sesepuh ke-5 yang lainnya yang sudah belajar selama bertahun-tahun, masih belum mencapai pencerahan?

Praktisi hendaknya tahu bahwa Hukum Sebab Akibat mencakup tiga masa kehidupan, akar kebajikan dan berkah kebajikan serta faktor pendukung yang ditanam pada masa kehidupan lampau, pada satu masa kehidupan sekarang ini jodoh sudah masak, dia memetik manfaatnya; andaikata pada satu masa kehidupan sekarang ini ternyata jodohnya belum masak, maka harus menanti lagi di kehidupan berikutnya, yang pasti bisa bertemu dengan jodoh Dharma, hanya saja entah kapan dan pada masa kelahiran yang mana.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Mei 2010

一生不相信宗教、不相信佛法,可是在臨命終的時候,偶爾遇到這麼個緣分,遇到一位善友勸他念佛、勸他求生淨土,他在這個剎那之間,聽了之後他就相信、他就接受、他就發願求生淨土,居然也能往生。這跟《彌陀經》上講「不可以少善根福德因緣得生彼國」不就衝突了嗎?我們凡夫是感覺得這裡有問題,可是真正有功夫的人,他看起來不但沒有問題,跟經上講的完全相應。這什麼原因?這一生他沒有修,人家前世修的,過去生生世世累積的善根福德因緣,這一生當中沒有機緣遇到佛法,幾乎空過一生。沒有想到在臨命終時他遇到善友,這一提醒,把他阿賴耶識裡善根福德的種子引發起來,他成就了。是不是偶然?不是。惠能大師二十四歲,在五祖方丈室裡面就聽那麼一點點經,就大徹大悟,明心見性,這是偶然嗎?如果是偶然,五祖會下那麼多學生,跟他那麼多年,為什麼不開悟?學佛的人必須知道,因果通三世,過去生中種的善根福德因緣,這一生緣成熟,他就享受到了;如果這一生沒有緣,那還要來生後世,總會有遇到緣的時候,不定在什麼時候,這個我們不能不知道。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十七集)  2010/5/2


 

 

Pikiran terfokus, di dalam hati hanya ada sepatah Amituofo, selain sepatah Amituofo tidak ada lagi bentuk-bentuk pikiran, inilah yang disebut sebagai pikiran terfokus. Pikiran terfokus ini disebut sebagai pikiran tulus, setiap lafalan Amituofo terjalin dengan Buddha Amitabha.

Amitabha Sutra menyebutkan bahwa bila dalam tempo sehari, anda dapat mempertahankan pikiran terfokus ini, maka insan yang memiliki akar kebijaksanaan tertinggi dapat mencapai pencerahan sempurna, menemukan kembali jiwa sejatinya, ini yang dinamakan insan yang memiliki akar kebijaksanaan tertinggi, hanya dalam tempo sehari sudah bisa berhasil.

Sedangkan insan yang memiliki akar kebijaksanaan terendah, membutuhkan waktu tujuh hari barulah dapat berhasil. Dapat bertahan hingga tujuh hari, menfokuskan pikiran melafal Amituofo, di dalam hatinya benar-benar dapat mewujudkan tiada keraguan, tiada bentuk-bentuk pikiran, tidak terputus, tujuh hari sudah bisa berhasil.

Maka itu ada sejenis retret yang disebut “Jing Jin Fo Qi”, yakni kegiatan pelafalan Amituofo selama tujuh hari 24 jam tanpa “istirahat”. Saya tidak berani menyelenggarakan kegiatan begini.

Tempo dulu di Taichung, Guru Li (Upasaka Li Bing-nan) pernah menyelenggarakan kegiatan semacam ini sebanyak dua kali, beliau langsung memimpin kegiatan ini. Pesertanya cuma belasan orang.

Akhirnya muncul masalah, oleh karena kalau anda tidak tekun, musuh kerabat penagih hutang akan cari masalah denganmu; anda menjadi peserta “Jing Jin Fo Qi”, kalau anda tekun mungkin saja hari ke-7 sudah berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, maka itu musuh kerabat penagih hutang sengaja datang mengganggu, sehingga ada peserta yang kesurupan.

Dua kali Guru Li menyelenggarakan kegiatan ini, dua kali pula ada kejadian peserta yang kesurupan. Orang yang ikut itu mulanya normal-normal saja, baru beberapa hari ikut kegiatan sudah jadi setengah waras, anda jadi penyelenggaranya harus ikut bertanggungjawab.

Guru Li tidaklah mudah, menghabiskan waktu setengah tahun barulah dapat menyembuhkan peserta yang kesurupan, selanjutnya tidak berani lagi menyelenggarakan kegiatan ini.

Di sini dapat disimpulkan bahwa bila ingin melatih diri dengan ketekunan ekstrim, membutuhkan akar kebajikan, berkah kebajikan dan faktor pendukung yang sempurna; kalau tidak memiliki akar kebajikan dan berkah kebajikan yang sempurna, sedikit saja ada keraguan, sedikit saja ada niat pikiran mementingkan diri sendiri, ini tidak diperbolehkan, yakni tidak melepaskan hingga tuntas; jadi mesti melepaskan hingga sebersih-bersihnya, barulah boleh mengikuti kegiatan retret semacam ini.

Maka itu Guru Li bilang padaku, selanjutnya beliau tidak berani menyelenggarakan kegiatan serupa ini, yang sekaligus juga memberi peringatan pada diriku.

Jalinan jodoh Guru Li lebih unggul daripada diriku, beliau pernah belajar pada Master Yin Guang, Master Yin Guang adalah Guru Sesepuh Aliran Sukhavati ke-13. Bayangkan, sosok sehebat Guru Li yang menyelenggarakan saja bisa muncul masalah, apalagi kami ini. Generasi demi generasi makin merosot, ini nyata adanya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Mei 2010

一心,心裡面只有一句佛號,除一句佛號什麼都沒有,這才叫一心。這個一心叫真誠心,一念相應一念佛,念念相應念念佛。你能夠把真誠保持,《彌陀經》上講的,你能保持一天,上根的人就開悟了,大徹大悟,明心見性,這叫上上根人,一天成就。經上講得好,最下的根性,七天也能成就。能夠執持到七天,一心念佛,心裡真正做到不懷疑、不夾雜、不間斷,七天成就。所以,精進佛七它的目標就在這裡。精進佛七我沒打過,我也不敢打。早年我在台中親近李老師,李老師告訴我,他曾經打過兩次,他主七,參加的人大概只有十幾個人。這個佛七打下來之後,出了事情。因為你不用功,說老實話,你的冤親債主不來找你,到時候來找你算帳;你精進佛七,真用功想走了,他就特別注意你,這個時候他來擾亂,他來擾亂你就著魔。所以李老師兩次佛七當中都遇到這個事情,有學生著魔。著魔這問題嚴重,人家參加佛七是個正常的人,這幾天佛一念就變成神經病,你得要負責任。李老師很不容易,費了半年多的時間才把他恢復正常,所以以後不敢再打了。這就是講,這種精進修行必須善根福德因緣具足,你沒有那個善根福德,你只有一點點懷疑、有一點點自私自利念頭都不行,就是你放下沒放得乾淨;真正徹底放下,才能夠參加這種修行方法。所以老師告訴我,他以後再不敢做,也提醒給我。他的緣比我殊勝,他親近過印光老法師,這是一代祖師,我們的緣就比不上他,他做了都出問題,何況我們。往後真的是一代不如一代,這是真的,不是假的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十七集)  2010/5/2





 

Hari ini cara apa yang kita gunakan dalam melatih diri? Kita butuh cara yang aman-aman saja, tetapi harus cukup efektif, yakni berceramah. Tahun depan merupakan tahun ke-10 berdirinya “Pure Land Learning College Association”, adakah kita mencapai kemajuan batin?

Praktisi senior jaman dulu berkata “Guru menuntunmu masuk ke Pintu Buddha, pelatihan diri tergantung pada diri masing-masing individu”, terutama pada era sekarang ini, dimana kebebasan masyarakat dijunjung tinggi.

Masyarakat sekarang ini, Ayahbunda tidak dapat mengurus putra-putrinya, Guru tidak dapat mengurus murid-muridnya, mengapa demikian? Hak asasi manusia. Tidak serupa dengan masyarakat tempo dulu, hari ini kita cuma boleh menasehati saja, melatih diri merupakan urusan pribadi masing-masing individu.

Sutra dibabarkan oleh Buddha, penjelasan sutra ditulis oleh Bodhisattva, Buddha dan Bodhisattva senantiasa mengingatkan diri kita, asalkan kita menerima dan mengamalkan sesuai dengan ajaran sutra, maka pasti berhasil.

Keberhasilan itu ada yang mendalam dan dangkal, ada yang besar dan kecil, kuncinya bukan terletak pada seberapa lama anda sudah melatih diri, juga bukan berapa besar ketekunan anda dalam melatih diri, tetapi terletak pada seberapa banyak anda melepaskan kemelekatan.

Tempo dulu ketika saya masih merupakan praktisi pemula, hal ini disampaikan oleh Master Zhangjia kepada diriku, setelah melewati pelatihan diri selama 59 tahun, saya menemukan bahwa cara ini adalah tepat adanya, berapa banyak yang sudah anda lepaskan!

Kalau tidak sanggup melepaskan kemelekatan, meskipun sudah melatih diri selama 300 tahun, tetaplah makhluk awam, apakah ketrampilan melatih dirimu mengalami kemajuan? Tidak sama sekali, selangkah pun belum maju.

Ibarat menaiki tangga, anda harus mengikhlaskan anak tangga di bawah, barulah dapat menginjak anak tangga di atas. Ketika salah satu kakimu menginjak anak tangga di atas, maka kaki lainnya harus diangkat dan melepaskan anak tangga di bawah, kalau bukan demikian, maka selamanya anda takkan mencapai lantai atas.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 Mei 2010

我們今天用什麼方法?說實在的話,最穩當、最安全、也最有效果的就是講經教學,這是屬於漸修,決定不會有過失的。諸位在此地,我們學院到明年是十週年,「學記」裡面說得好,世出世間法是一樣的,「七年小成,九年大成」,我們有沒有成就?古大德說過,「師父領進門,修行在個人」,特別是現代這個時代,社會上提倡民主自由開放。現在社會,父母不能管兒女,老師不能管學生,為什麼?有人權。跟過去社會不一樣,我們今天只能夠勸導,真的是修行、成就都在個人自己。經教是佛說的,註解是菩薩作的,佛菩薩處處在提醒我們,我們如果依教奉行肯定有成就。成就的淺深、大小,關鍵不是你學的時間長短,不是你用的功夫淺深,而是在你放下多少。我早年學習的時候,這個話是章嘉大師告訴我的,通過五十九年學習的檢驗,證明這句話是正確的,你放下多少!你放不下,你修三百年還是凡夫,你功夫能不能提升一步?不能,一步都不能提升。像走台階一樣,你必須把第一層放下,你才能到第二層,二層再放下,你才能到第三層,你得徹底放下。你一隻腳踏到上面,那一隻腳不肯放下,你永遠沒有辦法提升。所以你就是三百年,你也沒有辦法提升一級。放下重要!為什麼放不下?

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十七集)  2010/5/2