Jumat, 31 Agustus 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Mei 2010 (Bgn 3)


Penduduk Alam Sukhavati, sebagian besarnya telah mencapai tingkatan Bodhisattva Calon Buddha, jumlah Mereka sangat banyak! Bagaimana banyaknya? Tak terhitung, hanya dapat diungkapkan sebagai “Asamkheya tak terhingga dan tanpa batas”, Asamkheya artinya tak terhitung, tak terhingga.

Praktisi yang terlahir di Alam Sukhavati semuanya merupakan siswa Buddha Amitabha, dibimbing langsung oleh Buddha Amitabha sendiri, para Bodhisattva Calon Buddha setiap hari mengelilingi dan menemanimu belajar, bagaimana anda tidak meraih keberhasilan dalam waktu singkat?

Di Alam Manusia ini, untuk bersua dengan seorang Srotapanna saja rasanya mustahil, sementara di Alam Sukhavati, kita justru dikelilingi oleh para Calon Buddha yang jumlahnya tak terhitung.

Maka itu kita harus membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, menyadari bahwa dengan terlahir di Alam Sukhavati, pasti menyempurnakan KeBuddhaan.

Sebaliknya kalau tidak terlahir ke Alam Sukhavati, tak peduli pintu Dharma manapun yang dipelajari, kekotoran batin dan tabiat tidak sanggup dilenyapkan, belum dapat terbebas dari enam alam tumimbal lahir.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Mei 2010

極樂世界既然是一生補處,是等覺菩薩,這是菩薩地位裡最高的,再向上就是究竟圓滿佛,這樣的人多!多到什麼程度?沒法子計算,只可以用「無量無邊阿僧祇說」,阿僧祇是單位名稱,印度十大數之一,多少阿僧祇?無量無邊,何況等覺以下的更多!十地菩薩、十行菩薩、十迴向菩薩、十住菩薩,不知道有多少!這些人全是阿彌陀佛的學生,等覺菩薩是阿彌陀佛的助教。實際上,阿彌陀佛天天不離開你,每天親自給你講經說法,你看這麼多等覺菩薩在旁邊幫助你,你怎麼會不成就?哪有這種道理!我們在這個世間,親近一個小乘須陀洹,這種緣分都沒有,都找不到,在極樂世界親近等覺菩薩這麼多。不要看別的,單單看這一條,我們就應該死心塌地去修淨土,知道往生西方極樂世界,一生決定證得究竟圓滿的佛果。如果不去,無論修學哪個法門,煩惱習氣斷不了,還是出不了六道輪迴。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十八集)  2010/5/3





 
 
Pendidikan etika moral merupakan landasan pendidikan yang wajib dipelajari setiap insan! “Risalah Balasan dan Ganjaran Setimpal” merupakan pendidikan Hukum Karma yang harus senantiasa diingat di dalam hati, berbuat baik mendapat balasan baik, demikian pula sebaliknya, Hukum Sebab Akibat tidak pernah meleset!

Setelah memahaminya barulah anda percaya, betapa pentingnya menyingkirkan kejahatan memupuk kebajikan, menghapus rintangan karma. Mengapa hari ini anda belajar Buddha Dharma, namun belum mencapai kemajuan batin? Atau kemajuannya begitu lamban?

Ini karena rintangan karma yang menghambat kemajuanmu, ini adalah alasan pertama. Musuh kerabat penagih hutang datang cari gara-gara, yang juga menghambat kemajuanmu, ini adalah alasan kedua.

Asalkan menghapus rintangan karma diri sendiri, maka musuh kerabat penagih hutang di luar mudah diurai; sebaliknya bila rintangan karma tidak dieliminasi, musuh kerabat penagih hutang takkan sudi memaafkanmu, oleh karena anda masih hobi berbuat jahat.

Penampilan luarnya saja mirip praktisi, tapi memakai Buddha Dharma sebagai topeng, musuh kerabat penagih hutang makin meremehkan dirimu, inilah masalah besar.

Seabad yang silam, praktisi yang belajar Ajaran Buddha, banyak yang berhasil! Mengapa demikian? Oleh karena mereka memiliki landasan pendidikan etika moral.

Masih jelas dalam ingatanku, semasa kecil saya tinggal di dusun petani, anak-anak ketika bermain bersama, kadang kala bertengkar dan hendak berkelahi, orang dewasa yang kebetulan lewat akan segera melerai lalu memberi nasehat pada kami.

Waktu senior memberi nasehat, anak-anak akan mendengarnya dengan penuh perhatian, tidak ada yang berani membantah! Ketika Ayahbunda mengetahui kami diberi wejangan oleh senior itu, Ayahbunda akan berbondong-bondong mengucapkan terima kasih padanya.

Bayangkanlah, masyarakat begini betapa harmonisnya! Semasa kecil, ada Ayahbunda yang mengatur dan memperhatikan dirimu, di rumah ada yang memperhatikan dirimu, di luar juga ada yang memberi perhatian padamu, ke mana pun anak kecil bermain, ada orang dewasa yang mengawasi dan memberi nasehat.

Lain halnya dengan masyarakat sekarang ini, Ayahbunda sudah malas mengurusi anak-anaknya, guru tidak mampu lagi mengatur murid-muridnya, bayangkan betapa mengerikannya masa depan mereka!  

Kita jadi sadar, mengapa insan suci dan bijak jaman dulu begitu menitikberatkan pendidikan etika moral. Manusia dapat dididik jadi baik, tapi juga bisa diajari jadi jahat, semuanya terpulang kembali pada bagaimana cara anda mendidiknya.   

Anak-anak masa kini jadi jahat, siapa yang mengajarinya? Siaran televisi dan internet, Ayahbunda tidak mengontrolnya. Sekarang anda masih melihatnya begitu mungil, lucu dan lincah, nanti 10 tahun atau 20 tahun mendatang, petaka besar akan menyongsong, saat itu menyesal pun sudah terlambat.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Mei 2010

倫理的教育,道德的教育,而且是基礎必修的教育,人不能不學!《感應篇》是因果教育,要時時刻刻放在心上,善有善果,惡有惡報,因緣果報絲毫不爽!你真參透,你才相信,你才知道斷惡修善、懺除業障的重要。你今天學佛為什麼沒有進步?或者說為什麼進步那麼慢?都是你的業障在作祟,業障障礙住你,這是第一個因素。冤親債主來找麻煩,也來障礙你,那是第二個因素。只要把自己的業障消除,外面冤親債主很容易化解;業障不除,你的冤親債主不會原諒你,你還繼續在作惡。假名學佛,拿佛法做掩飾,人家更瞧不起你,麻煩在這個地方。有儒跟道的底子,十善業就很容易做到。古人學佛,一百年前的人,我們講一個世紀,一百年前學佛,學佛的人成就的人多!為什麼?他們受過這個教育,從小父母、大人就教!我記得我小時候,我們生長在農村,小朋友在一起玩的時候,有時候要打架,也吵吵鬧鬧的,路上的行人,走路的行人看到了,就來教訓我們。我們那個時候,大人教訓都乖乖的聽著,不敢反抗!等我們父母發現了,對待那些客人感恩、感激。你說那個社會多和諧,那個社會多好!孩子,父母管你,你家裡面的人管你,外人一樣也管你,小孩走到哪裡,大人都管你。在今天社會沒有了,現在父母管不了小孩,老師管不了學生,這怎麼得了,這個現象多可怕!讓我們深深體會到,世出世間古聖先賢那麼樣重視教育,我們明白了。人是教得好的,也是教得壞的,看你怎麼教法。現在小孩都學壞了,誰教他?電視教他,網路教他,家裡人不管。現在教的小孩很可愛,很活潑;十年、二十年之後麻煩就來了,到那個時候後悔莫及。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十八集)  2010/5/3




 

Enam alam tumimbal lahir merupakan lautan samsara, ibarat kita tenggelam di dalam lautan luas, ketika kita terlahir di tiga alam bajik adalah ibarat kepala kita naik ke atas permukaan laut dan menghirup udara segar sejenak, tidak lama kemudian tenggelam kembali.

Maka itu berputar di enam alam tumimbal lahir, waktu anda berada di tiga alam bajik adalah sedemikian singkatnya, sementara waktu berada di alam penderitaan adalah sangat panjang.

Lihatlah, ketika berada di tiga alam bajik, berapa banyak anda menciptakan karma buruk, sehingga jatuh ke tiga alam penderitaan untuk menjalani siksaan atas karma buruk yang diperbuat, sampai masa hukuman usai, kemudian anda keluar dan menciptakan karma buruk lagi, waktu keluar yang begitu singkat, tapi menciptakan banyak karma buruk, lagi-lagi kembali dihukum dan menjalani siksaan.

Maka itu di dalam enam alam tumimbal lahir, yang mana merupakan rumahmu? Di tiga alam penderitaan, waktu keluar adalah ibarat sedang bertamasya. Kali ini anda sedang bertamasya dan sungguh beruntung dapat bertemu dengan Buddha Dharma, sungguh luar biasa!

Apabila anda menggenggam kesempatan ini dengan erat, maka anda dapat selamanya terbebas dari tiga alam sengsara, bahkan juga bisa melampaui enam alam tumimbal lahir.

Andaikata tidak menggunakan kesempatan ini dengan baik, maka anda akan melanjutkan pertualangan anda di enam alam tumimbal lahir dan menjalani siksaan di tiga alam penderitaan, kurun waktunya akan panjang sekali, sungguh merupakan siksaan yang tak terungkapkan dengan kata-kata.  

Setelah memahaminya, barulah bersedia membangkitkan Bodhicitta, serius melafal Amituofo dan melepaskan kemelekatan! Dalam melatih diri mesti mengandalkan diri sendiri, kalau diri sendiri tidak bersungguh-sungguh, tidak membulatkan tekad, maka Buddha dan Bodhisattva juga tidak berdaya membantumu.

Melatih diri dengan kesungguhan hati, barulah dapat menggugah Buddha dan Bodhisattva, para Buddha dan Bodhisattva Maha Maitri Maha Karuna, menyelamatkan para makhluk yang berjodoh. Berjodoh artinya yang bersedia membulatkan tekad. Bila tekad hati itu tidak sanggup dibangkitkan, ketulusan hati itu juga tidak ada, maka betapapun Maha Maitri Maha Karuna-Nya Buddha Amitabha, juga tak berdaya membantumu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 3 Mei 2010

我們這個世間,我們這個世間眾生,六道輪迴就是生死大海,頭出就好像你在海裡面,頭冒出來呼吸一口新鮮空氣,這是什麼?三善道,立刻就沈下去了。所以在六道裡面,你一定要曉得,你在善道的時間很短,你在惡道的時間很長。你看,善道裡頭造了多少惡業,到三惡道把這些惡業消清了,然後你才出來,出來時又造惡,出來的時間短,造作的惡業多,又下去了。所以六道裡面的眾生,你家在哪裡?家在三惡道,出來是旅遊,是出來觀光旅遊。這一次出來觀光旅遊的時候遇到佛法,無比的殊勝!你要能真正掌握住,那你就永離三惡道,永遠超越六道輪迴,這就對了。如果不能把這個機緣把握住,那你就一定要知道,你還要繼續搞六道,還要繼續在三惡道裡去待,待的時間非常非常之長,苦不堪言。真正覺悟到這個,才真正會發菩提心,真正肯念佛,真正肯放下!菩提道上要靠自己,自己不真正發心、真正發願,佛菩薩都幫不上忙。真正發心,就感動諸佛菩薩,諸佛菩薩大慈大悲,找有緣眾生,什麼是有緣?真正發心發願的就是有緣人。那個願心發不起來,真心發不出來,阿彌陀佛再慈悲也沒法子幫助你。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第二十八集)  2010/5/3