Melatih diri adalah
belajar melepaskan kemelekatan, seperti yang diperagakan oleh Bhiksu Kantong
Kain. Pada jaman dulu di Provinsi Zhejiang, muncul Bhiksu Kantong, beliau
tinggal di Vihara Xuebao, orangnya gendut dengan muka penuh tawa, setiap hari dia
keluar berpindapatra, tak peduli orang lain memberinya apa saja, semuanya
dimasukkan ke dalam kantong kainnya.
Suatu hari di
tengah jalan, dia bertemu dengan sekelompok orang yang bertanya padanya, apa
yang dimaksud dengan Buddha Dharma? Dia segera meletakkan kantong kainnya ke
permukaan tanah, sepasang telapak tangan dihadapkan ke bawah, cuma menampilkan
peragaan sedemikian rupa, tanpa berkata apa-apa.
Namun orang lain
yang melihatnya paham maksudnya yaitu melepaskan kemelekatan, kemudian mereka
bertanya lagi, setelah melepaskan kemelekatan, apa lagi yang harus dilakukan
selanjutnya? Bhiksu Kantong memikul kantong kainnya sambil beranjak pergi.
Maksudnya adalah setelah
melepaskan kemelekatan, mencapai KeBuddhaan, setelah mencapai KeBuddhaan, harus
memikul tanggung jawab menyelamatkan para makhluk, membantu semua makhluk agar
tercerahkan. Dengan cara apa supaya para makhluk dapat tercerahkan? Dengan
memberi ceramah Dharma.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 19 April 2010
佛法修行沒有別的,就是放下,徹底放下。布袋和尚表法表到位了,這五代後梁時候,布袋和尚,是彌勒菩薩,我們中國人稱他叫歡喜佛。這是個傳奇人物,但是《高僧傳》上有他的傳記,傳記裡不知道他的姓名,沒人知道,哪裡人也不知道,出現在浙江奉化。他居住的地方是雪竇寺,這個寺廟現在是彌勒菩薩的道場,他在那邊住過。胖乎乎的、笑眯眯的,每天到外面去化緣,不管人家給什麼東西,都往布袋上放在裡面。有一次在路上,遇到幾個人向他老人家請教,什麼是佛法?他把布袋往地上一放,兩個手垂下來,做出這麼一個姿勢,一句話也不說。人家看了一看,這是放下,放下之後怎麼辦?他把布袋背上就走了,理也不理人。他真的答覆了,真的講清楚了,什麼是佛法?放下是佛法。你看看,我們在大乘教裡,放下執著就證阿羅漢,放下分別就是菩薩,放下起心動念你就成佛,自始至終就是教你放下,放到什麼都沒有了,連放下也放下,你成佛了。
成佛之後怎麼樣?提得起,放得下,提得起。提起來什麼?提起來是普度眾生。這個「度」用現在話來說就是幫助,幫忙、協助,眾生有苦難,你得幫他,眾生在迷惑沒有覺悟,你得幫助他覺悟。用什麼方法?講經教學。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十五集) 2010/4/19
Kemelekatan membawa
pada kita penderitaan yang sedemikian besarnya, berputar di lingkaran enam alam
tumimbal lahir, betapa sengsaranya. Lantas apakah kemelekatan ini dapat
dilepaskan serta merta? Tidak bisa, masih saja tetap melekat. Apa sebabnya?
Tabiat yang
terlampau berat, waktunya yang sudah terlampau lama, sudah dipelihara jadi
kebiasaan, jadi sengaja maupun tidak sengaja, dia akan muncul dengan
sendirinya.
Lantas apa yang
harus kita lakukan untuk melatih diri? Setiap saat dapat menyadarinya, seperti
yang diucapkan oleh praktisi senior jaman dulu sebagai “Tidak takut pada bentuk-bentuk
pikiran yang bermunculan, hanya saja takut terlambat menyadarinya”.
Mengapa tidak takut
pada niat pikiran yang timbul? Niat pikiran yang timbul itu bermunculan tanpa
henti, sambung menyambung, sudah terpelihara jadi kebiasaan. Maka itu, niat
pikiran apapun yang muncul, jangan takut, asalkan anda jelas dan tercerahkan,
jangan sampai disesatkan olehnya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 19 April 2010
執著對我們的傷害多大,給我們帶來多大的痛苦,六道太苦了。佛說得這麼清楚,我們現在也知道,我們能不能把執著放下?還是不行,還是要執著。這什麼原因?習染太重,時間太久,養成了習慣,有意無意它就起現行。修行怎麼個修法?時時刻刻能警覺到,宗門大德說得好,「不怕念起,只怕覺遲」。為什麼不怕念起?念念相續,它怎麼會不起來?它成習慣,它會起來。起來不怕,問題是你要覺悟,你要清楚,你不能被它迷了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十五集) 2010/4/19
Apabila pada satu masa kehidupan ini kita dapat menggenggam
kesempatan ini dengan erat, melepaskan segala kemelekatan, menfokuskan pikiran
melafal Amituofo, saat menjelang ajal pasti terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.
Apakah upaya kita ini baru dimulai sejak masa kehidupan sekarang ini?
Tentu saja bukan, sesampainya di Alam Sukhavati, anda memiliki kemampuan
melihat kembali masa kelahiran lampau diri sendiri, barulah mengetahui ternyata
pada masa kelahiran-kelahiran lampau, anda telah belajar Ajaran Buddha, sudah
berapa banyak kelahiran demi kelahiran, anda berdaya upaya, akhirnya pada satu
masa kehidupan ini anda meraih keberhasilan, terbebas dari enam alam tumimbal
lahir.
Anda akan merasa sungguh beruntung, anda juga akan sangat berterimakasih
pada Buddha Amitabha, mengapa demikian? Kalau bukan Pintu Dharma ini, kalau
anda masih bersikeras mempelajari 84 ribu pintu Dharma lainnya, maka dalam satu
masa kehidupan ini, upayamu masih saja sia-sia. Apa alasannya?
Untuk melatih pintu Dharma lainnya, anda harus bisa melenyapkan
kekotoran batin barulah dapat memperoleh kemajuan batin, sedangkan Pintu Dharma
Tanah Suci, tidak diharuskan demikian. Yang penting anda menfokuskan pikiran
melafal Amituofo maka anda dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Ini juga bentuk
kemelekatan, yakni melekat pada Buddha Amitabha.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 19 April 2010
我們如果在這一生把機會抓到,什麼都放下,一心念佛,真的往生淨土,是不是這一生才開始的?不是的,往生到極樂世界你就看到,過去生生世世都在學佛,學了多少世,這一生成功了,脫離六道輪迴。你就感到非常幸運,你會很感恩阿彌陀佛,為什麼?如果不是這個法門,你要搞其他的八萬四千法門裡任何一個法門,你這一生決定不能成就。為什麼?任何一個法門都要放下煩惱,你才能上升,這個法門不必,煩惱習氣不必放下,這就容易。死心塌地跟阿彌陀佛跟定了,一步也不肯捨,就到極樂世界去了。你看這是執著。所以淨宗不怕執著,執持名號,這是執著,持是保持,不能失掉,堅固的執著,執著阿彌陀佛,其他的都不要。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第十五集) 2010/4/19