Setelah memasuki
gerbang vihara kita akan melihat ruang pemujaan “Empat Raja Langit”, mereka
merupakan pendukung Buddha Dharma, bagaimana cara mereka mendukung Ajaran
Buddha, hal ini tidak boleh tidak dipahami.
Mereka mengajarkan
pada kita bagaimana cara melindungi diri sendiri (supaya jangan sampai
melakukan karma buruk). Insan yang tahu cara melindungi dan menyayangi diri
sendiri, barulah disebut mengasihi diri sendiri.
Dengan mengasihi
diri sendiri barulah tahu mengasihi orang lain; sebaliknya kalau diri sendiri
saja tidak tahu mengasihi diri sendiri, bagaimana dia dapat mengasihi orang
lain, mana ada aturan begini?
Empat Raja Langit
melambangkan mengasihi diri sendiri, yang tersebar di empat arah, yakni Timur,
Selatan, Barat dan Utara.
Raja Langit arah
Timur bernama Dhrtarastra, dalam Bahasa Mandarin-nya adalah ”護國天王 = hu guo tian wang = Raja Langit
Pelindung Negara”. Pelindung Negara dapat bermakna : melindungi diri sendiri,
melindungi keluarga, melindungi masyarakat, melindungi negara dan melindungi
dunia.
Dalam hal ini, leluhur Bangsa Tiongkok menggunakan ajaran
Zhong Yong (Doktrin Jalan Tengah), yakni tidak boleh terlampau, juga tidak
boleh mengabaikan, jadi harus pas dan tepat komposisinya, ambil jalan
tengahnya, inilah yang terbaik. Zhong Yong adalah salah satu dari empat klasik
ajaran Konfusius.
Raja Langit arah
Timur bernama Dhrtarastra, tangannya memegang alat musik Pipa, Pipa adalah alat
musik tradisional Tiongkok yang terbuat dari kayu. Tapi janganlah beranggapan
bahwa Raja Langit ini suka menyanyi, bukan begini artinya, Pipa melambangkan
Jalan Tengah.
Senar Pipa, tidak
boleh ditarik terlalu ketat, kalau terlalu ketat maka mudah putus, juga tidak
boleh terlalu longgar, karena terlalu longgar tidak dapat mengeluarkan suara, jadi
harus pas, sehingga dapat mengeluarkan irama yang indah, inilah maknanya.
Dalam Buddha Dharma
Mahayana, dia melambangkan Jalan Tengah. Siapakah yang dapat mewujudkan Jalan
Tengah? Para Buddha Tathagata dan Bodhisattva Dharmakaya.
Tidak menyimpang
dan tidak sesat disebut Jalan Tengah, para makhluk di enam alam tumimbal lahir
tidak sanggup mewujudkannya, mengapa demikian? Oleh karena masih memiliki
khayalan, perbedaan dan kemelekatan.
Khayalan, perbedaan
dan kemelekatan adalah menyimpang dan sesat, makanya tidak memperoleh kebenaran.
Makna Jalan Tengah dan kebenaran adalah sama.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010
既然在天王殿,我們就順便也介紹一下四大天王的表法,他護持佛法,他怎麼護持我們不能不知道。他護持是教導我們,我們如何護持自己,自己的身心。能夠護持自己的身心,這種人叫自愛。自愛才能夠愛人,自己不自愛,他怎麼會愛人,哪有這種道理?四大天王就是代表自愛,這是分東南西北四天王。東方天王他的名號叫持國(護國天王),護國意思引申:護自、護家、護族、護你的鄰里鄉黨、護社會、護國家、護民族、護整個世界,你要懂得這個意思。護國最重要的一樁事情,我們中國古老的祖先教我們中庸之道,最重要的一個條件要懂得用中,不能過之也不能不及,就是恰到好處,這就是最善的,止於至善。中的標準是什麼?在佛法裡深淺不同,那就太多了。中國哲學裡面四書的《中庸》就是講中,那裡面是我們中國老祖宗所講的標準。
天王給我們代表的名字意思懂得了。他手上拿的琵琶,琵琶是樂器,不是說這個天王喜歡唱歌,不是這個意思,琵琶代表中道。弦樂器,弦不能太緊,緊了它就斷掉,也不能太鬆,鬆了就不響,要調到適中,音色就美了,取這個意思,你要把它調和適中。在大乘佛法裡面叫中道第一義諦,它表這個意思。能夠行中道第一義諦是什麼人?諸佛如來法身大士,十法界裡面的佛菩薩都做不到。中,諸位要曉得,不偏不邪這才是中,六道裡面的人做不到,為什麼?他有妄想分別執著。妄想分別執著就偏就邪,就不得其正。中跟正的意思是一樣。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第九十二集) 2010/8/1
Raja Langit arah
Selatan bernama Virudhaka, dalam Bahasa Mandarinnya adalah增長天王 = zeng zhang tian wang, 增長 = zeng zhang = tumbuh berkembang, artinya
tiada henti mengejar kemajuan batin.
Dalam Enam
Paramita, salah satu butirnya adalah Virya Paramita atau ketekunan, takkan
mengalami kemunduran batin, beginilah maknanya.
Tangannya memegang
pedang pusaka, pedang pusaka melambangkan kebijaksanaan, hanya kebijaksanaan
yang dapat membantu kita mencapai kemajuan batin, tanpa disertai adanya efek sampingan.
Baik di Tiongkok
maupun India, tujuan dari pendidikan adalah guna mengembangkan kebijaksanaan. Dari
mana kebijaksanaan berasal? Sutra memberitahukan pada kita, kebijaksanaan itu
sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan) kita.
Di dalam “Avatamsaka
Sutra”, Buddha Sakyamuni memberitahukan pada kita, “Semua makhluk memiliki kebijaksanaan,
kemampuan kebajikan, rupa yang bagus yang serupa dengan Tathagata”.
Lantas kenapa
sekarang kondisi kita malah bedanya jauh sekali? Jika diri kita dibandingkan
dengan para Buddha dan Bodhisattva Dharmakaya, maka bedanya itu bagaikan Langit
dan Bumi, apa alasannya?
Buddha Sakyamuni
memberitahukan pada kita, “Oleh karena khayalan, perbedaan dan kemelekatan,
makanya tidak dapat memperolehnya kembali”. Dikarenakan kita mempunyai
khayalan, perbedaan dan kemelekatan, makanya kebijaksanaan, kemampuan kebajikan
dan rupa bagus, yang sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati, tidak dapat
muncul ke permukaan, oleh karena dihalangi oleh khayalan, perbedaan dan
kemelekatan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010
南方天王德號叫增長,他的名號增長。增長的意思是不斷向上提升,進步,求進步!中國老祖宗教我們「茍日新,日日新」,就是這個意思。佛法裡面跟我們講的精進波羅蜜,精進就是絕不退轉,取這個意思。他手上拿的是劍,寶劍,寶劍代表智慧,只有智慧才能真正幫助我們進步,進步沒有後遺症。在古印度、在古老的中國,教育它的宗旨,它的終極目標是求智慧。佛法傳到中國之後帶動儒跟道,都是追求智慧。智慧從哪來的?經典上告訴我們,智慧是我們自性裡本來具足的。《華嚴經》上佛告訴我們,「一切眾生皆有如來智慧德相」,講得很清楚、很明白。如來是講自性,不是別人,我們自性裡有圓滿的智慧、圓滿的德能,今天我們講的能力,技術能力;相好,我們現在一般人講福報,沒有一樣不圓滿。現在為什麼我們會有差別?我們跟佛、跟法身菩薩相比天壤之別,這是為什麼?佛告訴我們,「但以妄想執著而不能證得」,這一句話道破了。真的,我們有妄想、有分別、有執著,所以自性裡本具的智慧德相就不能現前,這個東西把它障礙掉了。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第九十二集) 2010/8/1
Seluruh jagat raya muncul dari citta (hati) kita sendiri, apabila
alam semesta ini mengalami masalah, apakah diri kita sanggup mengatasinya?
Mesti punya keyakinan hati, jangan ada keraguan sama sekali. Namun kekuatan seorang
diri saja tidaklah mencukupi! Ucapan ini memiliki alasan yang kuat, jadi bukan
tidak masuk akal.
Andaikata hari ini kita telah mencapai tingkatan Bodhisattva
Dharmakaya, maka untuk mengandalkan kekuatan sendiri saja, bukanlah masalah,
satu orang saja sudah sanggup mengatasinya.
Mungkin ada yang bertanya, para Buddha dan Tathagata jumlahnya banyak
sekali, para Bodhisattva Dharmakaya lebih banyak lagi jumlahnya, mengapa Mereka
tidak menggunakan kemampuan gaib saja untuk mengurai segala bencana alam? Kalau
Mereka tidak bersedia, lantas dimanakah hati Maitri Karuna Mereka?
Kalau anda tanya-nya begini, maka Buddha dan Bodhisattva akan
menjawabnya, “Hati, Buddha dan makhluk, ketiga-tiganya tiada bedanya”, kekuatan
ini adalah setara, yakni Hati, Buddha dan makhluk.
Balasan karma yang kita terima hari ini adalah akibat perbuatan yang
dilakukan diri sendiri, apa yang ditabur itulah yang dituai. Karma buruk yang
anda ciptakan, orang lain tidak dapat mewakilimu menerima balasannya.
Anda yang membuat kesalahan, jadi anda sendiri juga yang harus menebusnya,
mengurainya, Buddha dan Bodhisattva tidak dapat mewakilimu. Buddha dan
Bodhisattva hanya dapat menjelaskan padamu caranya, setelah anda memahaminya, melakukannya
menuruti cara tersebut, maka masalah pun dapat teratasi, begini barulah
merupakan kebenaran.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 1 Agustus 2010
整個宇宙是我們自己心現識變的,我要想改正它一點毛病不是輕而易舉的事情嗎?我能創造它,我怎麼不能改變它?這個要相信,在淨土宗講的信願行,絕對相信,沒有絲毫懷疑。我們一個人的力量不夠!是的,這個話講的有道理,不是沒有道理。如果我們今天真正證得法身菩薩的地位,我們行,我們有能力,一個人就行。也許有人要問,諸佛如來很多,法身菩薩那就更多,為什麼他們不用神通、法術把我們的災難化解?那他要不把我們災難化解,他慈悲何在?我們會問。佛菩薩會告訴我們,「心佛眾生,三無差別」,這個力量是平等的,心、佛、眾生。我們這個業是自作自受,你造的罪業別人不能、不會代你受,你出的這個紕漏要得你自己去彌補、化解,佛菩薩不能替你化解。佛菩薩把化解的理論、化解的方法告訴你,你要明瞭這個理論,依照這個方法,問題真能化解,這是正理。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第九十二集) 2010/8/1