Rabu, 12 September 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Mei 2010 (Bgn 2)


Bila dibandingkan dengan alam saha ini, Alam Sukhavati memiliki banyak keunggulan, mengapa demikian? Oleh karena Alam Sukhavati merupakan tempat berkumpulnya insan berkebajikan tinggi.

Cobalah kita pikirkan, di dunia kita ini, justru sebaliknya, merupakan tempat berkumpulnya insan berkejahatan tinggi, setiap niat pikiran yang muncul adalah bagaimana merugikan orang lain dan menguntungkan diri sendiri!

Ajaran para Suciwan ditelantarkan, menganggapnya sebagai kepercayaan takhayul, sudah ketinggalan jaman, tidak nge-tren lagi, diabaikan begitu saja, tak punya rasa takut lagi, apapun berani dilakukan.

Etika moral dan Kesusilaan tidak sanggup mengendalikan dirimu lagi, Hukum dunia juga tidak mampu mengaturmu lagi, lantas bagaimana? Alam jadi murka, kini dia yang akan bertindak, perlawananmu takkan berdaya lagi.

Maka itu setelah membaca sutra-sutra Mahayana, memahami dengan jelas Hukum Sebab Akibat, mengerti akan Karma Kolektif yang menimpa orang banyak, melihat hal ini, kami juga tak berdaya, diberi nasehat belum tentu orang lain mau mendengar dan menerimanya.

Namun kami tetap berada di sini, setiap hari memberi ceramah, inilah yang disebut sebagai Buddha menyelamatkan orang yang berjodoh (yang percaya), kami menggunakan siaran televisi, jaringan internet, agar orang yang berjodoh dapat mendengarnya.

Setelah mengerti, mereka akan kembali ke jalan yang benar, takkan melakukan kejahatan lagi, seburuk apapun perlakuan orang lain pada diriku, takkan menghiraukannya lagi, memaafkan dirinya, takkan berseteru dengannya.

Apabila saya membalasnya, maka kelahiran demi kelahiran saling balas membalas, dendam ini takkan pernah usai, lebih baik diakhiri saja, betapa bebasnya.

Orang yang menfitnah diriku, menghina diriku, mencelakai diriku, semua ini usai sampai di sini saja. Mereka itu adalah Bodhisattva, orang yang berbudi padaku, mengapa demikian? Membantuku mengeliminasi rintangan karma. Membantuku meningkatkan kemajuan batin.

Dalam kondisi suka takkan melekat, dalam kondisi duka takkan ada kebencian, selamanya memelihara sebutir hati yang suci, setiap saat meningkatkan kualitas batin.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Mei 2010

極樂世界跟我們世界做個比較,為什麼人家世界那麼好?沒有別的,那個世界居民皆是上善之人俱會一處,不就這麼回事情嗎?我們今天回來想想,看看地球,正恰相反,我們地球上是上惡之人俱會一處,起心動念都是損人利己,這還得了!神聖的教誨拋棄了,說它是迷信;聖賢人的教誨那過去了,不合乎時代,不合乎科學,都不要了,毫無忌憚,任意去作惡。倫理道德不能規範你,法律也不能規範你,政府也管不了你,皇帝對你也無可奈何,最後怎麼辦?最後是山河大地它生氣,它來報復你,你有什麼辦法。所以我們細讀這些大乘經教,對這些因因果果事情全都搞清楚、都明白了,眾生的共業,沒有辦法,我們跟他講,他也不聽。但是我們天天還在此地講,叫佛度有緣人,我們用電視、用網路,到這個時候他打開這個頻道來收看的,這是有緣人。真的明白了,回心向善,再不敢作惡了,別人對我不好,我也不在意了,原諒他了,不能跟他作對。跟他作對,冤冤相報,沒完沒了,不是好事情,不如一筆勾消,這個多自在。毀謗我的人,侮辱我的人,陷害我的人,統統一筆勾消。他們都是菩薩,他們都是我的恩人,為什麼?替我消業障,好事!提升我自己的境界。順境、善緣,不起貪戀;逆境、惡緣,不生瞋恚,永遠保持自己的清淨平等覺,這就上升,不斷上升。所以他們是菩薩,示現這個境界幫助我提升。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十四集)  2010/5/9




 
Apabila anda tidak sanggup menahan diri, dalam kondisi yang serba lancar dan menyenangkan, hatimu jadi serakah, melekat dan mendambakan; sebaliknya dalam kondisi yang tidak menyenangkan, anda jadi marah dan benci, maka orang-orang di sekitarmu adalah Mara, mengapa demikian? Oleh karena mereka mendorongmu ke arah Neraka.   

Buddha dan Mara terletak pada sebersit niat pikiran! Apabila sebutir niat pikiran kita yang muncul adalah bajik, maka orang-orang yang berada di sekitar kita adalah Buddha, sebaliknya apabila sebutir niat pikiran kita yang muncul adalah kebencian, maka orang-orang yang berada di sekitar kita adalah Mara.

Buddha dan Mara bukan berada di luar, namun ada  pada sebersit niat pikiranmu! Setiap hari anda belajar Buddha Dharma, maka seluruh alam semesta dipenuhi Buddha, satu Mara pun takkan ada.

Sebaliknya bila anda menjauhi Buddha Dharma, anda meniru tren dalam masyarakat, acara televisi sekarang mengajarkan membunuh, mencuri, asusila, berbohong, kekerasan, anda belajar yang begini, maka 6 indria (mata, telinga, hidung, lidah, jasmani dan pikiran) melakukan kontak dengan 6 kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), semuanya adalah Mara.

Setelah memahami hal ini, kita dapat memulihkan kondisi batin kita, lingkungan sekitar kita tiada yang bukan merupakan Buddha dan Bodhisattva. Demikian pula Alam Sukhavati juga berada di sini.

Tetapi apabila ketrampilan melatih diri kita belum mencukupi, tidak sanggup mengubah keadaan, juga tidak memiliki kekuatan samadhi yang mendalam, juga tidak memiliki kebijaksanaan yang tinggi untuk mengubah lingkungan kita, lantas bagaimana?

Kurangi berinteraksi dengannya, terutama dengan hal-hal yang berbau negatif. “Mengasihi para makhluk dan mendekati insan bajik”, mendekati dan belajar pada Buddha dan Bodhisattva, inilah yang terbaik.

Kini di dunia ini, kita masih berkesempatan menjalani kehidupan manusia yang lumayan, ini seperti yang disebutkan di dalam Ajaran Buddha sebagai di dalam Karma Kolektif masih ada Karma Individual, demikian pula sebaliknya.

Lantas bagaimana caranya mengurai petaka? Yakni terhadap diri sendiri, tidak timbul niat pikiran, tidak membeda-bedakan, tidak melekat, melafal Amituofo dengan setulusnya; terhadap masyarakat, harus melatih Enam Prinsip Keharmonisan, rendah hati dan tahu menghormati orang lain.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Mei 2010


如果你受不了,順境裡頭起了貪心,惡境裡頭瞋恚,那些人就是魔,為什麼?他把你送到地獄去。外頭是不是真有佛、有魔?沒有!我們一念正確的態度去對他,他都是佛;要是反常的態度,怨恨對待他,他們都是魔。所以境界裡頭無佛亦無魔,全是我們自己善惡的念頭,我們善念起來了,全是佛;惡念起來了,全是魔。魔不在外頭,在你心裡頭!天天接近佛法,天天學習佛法,整個宇宙全是佛,一個魔也沒看到。如果離開佛法,你跟這個社會去學,現在電視裡殺盜淫妄、暴力色情,你跟他們學,那你六根接觸全是魔,要懂這個道理。真搞明白之後,我們的心態恢復正常,山河大地、一切眾生無不是佛菩薩、阿羅漢。極樂世界在哪裡?就在此地。當我們自己功夫還不夠,沒有這麼深的定力,沒有這麼好的智慧來轉變我們的境界,那怎麼辦?少接觸,負面的少接觸,正面的多接觸。「汎愛眾,而親仁」,佛菩薩是仁慈的,宗教裡面神聖是仁慈的,那些神職人員是仁慈的,跟他們多親近,向他們學習,那就好。在現前這個世間,我們還是過一種非常幸福圓滿的人生,這就是佛家常講的,共業裡頭有別業,別業裡頭有共業。如何化解劫難?對自己來說,不起心、不動念、不分別、不執著。對自己,老實念佛,用持名念佛,暗合道妙;對社會一般大眾,決定要修六和敬,自己學謙卑,學恭敬別人。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十四集)  2010/5/9




 

Buddha Amitabha telah mencapai kesempurnaan, makanya kita melafal Amituofo dengan tujuan supaya dapat mencapai kesempurnaan serupa dengan Buddha Amitabha, mungkinkah tercapai? Tentu saja, asalkan anda menggunakan sepatah Amituofo, menggantikan segala bentuk-bentuk pikiran, perbedaan dan kemelekatan dalam menjalani kehidupan keseharianmu, begini sudah berhasil.

Begitu niat pikiran muncul, langsung melafal Amituofo, segala bentuk-bentuk pikiran diarahkan ke lafalan Amituofo, jangan biarkan khayalan, perbedaan dan kemelekatan muncul keluar. Gunakan sepatah Amituofo untuk meredamnya, lama kelamaan tanpa disadari anda telah mencapai tingkatan kesucian Arahat, Bodhisattva dan mencapai KeBuddhaan.

Setiap butir niat pikiran yang muncul adalah Amituofo, yang merupakan pencerahan tanpa batas, inilah maknanya, jadi anda harus tahu cara melafal Amituofo itu. Begitu muncul kemelekatan, segera lafallah Amituofo, menyatu dengan pencerahan tanpa batas.

Begitu perbedaan muncul, segera lafallah Amituofo, setiap butir pikiran sesat muncul, segera juga melafal Amituofo. Sepatah Amituofo ini sungguh bermanfaat, benar-benar efektif!

Jangan dikelabui orang lain, sekarang tukang tipu itu banyak sekali, Mara, siluman dan setan jahat lainnya ada di mana-mana, kalau anda tidak sudi ikut dengan Buddha, lantas mau ikut siapa?

Jangan coba-coba bergaul dengan Mara, siluman dan setan jahat lainnya, pertama-tama anda harus bijaksana dalam melihat orang, amatilah dengan jelas, barulah takkan masuk jebakannya.

Maka itu sepatah Namo Amituofo ini, takkan mengelabuimu, nyata dan tidak semu, pasti mencapai keberhasilan terunggul.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 9 Mei 2010

阿彌陀佛證得究竟圓滿,我們念這一句佛號,目的在哪裡?希望我們跟阿彌陀佛一樣的證得圓滿,這就對了。能行嗎?行,只要你用這一句阿彌陀佛,把你在日常生活當中起心動念、分別執著取而代之,就成功了。念頭才一動,阿彌陀佛,全歸在阿彌陀佛上,不要讓起心動念、分別執著冒出來。用這句佛號把它壓住,把它控制住,久而久之沒有了,不知不覺你就成阿羅漢、成菩薩、成佛了。念念無量覺,覺而不迷,就這個意思,你得會念。一有執著,我迷了,阿彌陀佛,回歸無量覺。一有分別,我迷了,這一起心動念,我迷了,用什麼方法破迷開悟?一句阿彌陀佛,真管用,真有效!不要被別人騙了,現在這個世間騙人的人太多太多了,妖魔鬼怪到處都是,你不跟佛走,你跟誰走?千萬不能跟鬼神走,千萬不能跟邪魔走。首先你要有慧眼,你要把人把事看得清清楚楚、明明白白,你才不會上當。所以所有名字,這就是六字洪名,一一不虛,究竟成就,蓋其所召,所召就是感應,皆極真故,它與自性相應,它跟別的不相應,跟自性相應,跟自性裡頭本有的智慧德相相應。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十四集)  2010/5/9