Pada
jaman berakhirnya Dharma, sutra yang dibabarkan oleh Buddha Sakyamuni akan lenyap
satu persatu dari peredaran. Pada akhirnya yang tersisa satu-satunya adalah
Sutra Usia Tanpa Batas yang masih akan bertahan selama seratus tahun di dunia
ini.
Sutra
Usia Tanpa Batas ada 9 versi, lantas versi mana yang akan bertahan di dunia
ini? Kami dapat memastikan versi rangkuman Upasaka Xia Lianju yang akan
bertahan di dunia ini. Apa alasannya?
Bila
kita membandingkan 9 versi tersebut, hanya versi rangkuman Upasaka Xia Lianju
yang sangat nyaman dibaca, juga lancar bacanya, semua orang menyukainya, dapat
dipastikan pembaca sutra ini kian hari kian bertambah, praktisi yang
mempelajarinya juga kian lama kian meningkat, demikian pula orang yang
menyebarluaskan-nya makin lama juga makin banyak.
Lagi
pula sutra versi rangkuman ini memiliki jodoh yang unggul tiada bandingnya,
saya telah menceramahkannya sebanyak 11 kali, tak peduli dimanapun saya
menceramahkannya, jumlah pendengarnya pasti melampaui ceramah judul lainnya,
saya dapat merasakan jodoh Dharma ini sungguh tak terbayangkan.
Maka
itu kita tahu bahwa masa keberlangsungan Dharma Buddha Sakyamuni yang masih
tersisa 9 ribu tahun lagi, Sutra Usia Tanpa Batas versi rangkuman Upasaka Xia
Lian-ju ini akan terus beredar dan bertahan sampai detik terakhir,
menyelamatkan para makhluk secara menyeluruh, praktisi yang karena sutra ini
sehingga melafal Amituofo bertekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, entah sudah
berapa banyak jumlahnya.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 24 Mei 2010
世尊在末法的後期,佛法的經典都在這個世間消失,再也找不到。最後還特留此經,就是《無量壽經》住世百年,釋迦牟尼佛的經典到最後只剩下這部經。《無量壽經》現在我們知道,一共有九種不同的版本,將來留在世間的是哪個版本?我們可以肯定是夏蓮居老居士會集的本子。為什麼?九種本子我們展開來看,這個本子裡面的經文非常通暢,念起來爽口,人見人歡喜,肯定往後讀誦的人多,學習的人多,流傳的人多。而這部經的法緣無比的殊勝,我講過很多次,這是第十一次,無論在什麼地方講,聽眾總是比講其他經典多,深深感到這法緣不可思議。所以我們知道,這部經得流傳往後九千年,廣度含識,因這部經念佛求生淨土的人不知道有多少。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四十九集) 2010/5/24
Urusan terlahir ke Alam Sukhavati tiada kaitannya dengan status
pendidikan seseorang, apakah mengenal huruf atau tidak, justru semakin banyak
membaca semakin banyak keraguannya.
Oma Opa yang berada di dusun tak pernah bersekolah, tapi begitu
mendengar Ajaran Sukhavati, mereka langsung meyakini dan tidak ragu sama
sekali, disuruh melafal Amituofo langsung mengamalkannya, membulatkan tekad
terlahir ke Alam Sukhavati, akhirnya mereka berhasil terlahir ke Negeri Buddha
Amitabha.
Justru kaum intelek di dunia ini yang suka curiga berlebihan,
terhadap Alam Sukhavati masih suka timbul tanda tanya, akhirnya cuma bisa
mengikuti kekuatan karma berputar-putar di lingkaran enam alam tumimbal lahir.
Coba kita pikirkan, diantara 2 sosok di atas, siapa yang lebih punya
kebijaksanaan? Siapa yang lebih punya berkah? Kembali kita merenungkan diri
sendiri, apakah saya memiliki akar kebajikan dan berkah kebajikan? Faktor
pendukung atau jalinan jodohnya sudah saya temukan, masalahnya apakah saya memiliki
akar kebajikan dan berkah kebajikan?
Akar kebajikan adalah dapat meyakini, memahami, keyakinan benar,
pemahaman benar. Berkah kebajikan adalah dapat mengamalkan, insan yang memiliki
berkah kebajikan besar pasti akan melepaskan kemelekatan pada jiwa dan raga,
ini barulah merupakan berkah kebajikan yang sesungguhnya.
Hari ini kita tidak bisa dibilang tidak yakin, tidak paham, juga
tidak bisa dikatakan tidak bertekad, lantas kenapa ketrampilan melatih diri
kita tak kunjung efektif? Oleh karena di dalam keyakinan, tekad dan pengamalan
kita masih mengandung keraguan, masih bercampur keraguan di dalamnya.
Mengapa masih bercampur dengan keraguan di dalamnya? Belum sanggup
melepaskan jalinan jodoh duniawi. Terhadap ketenaran dan keuntungan di dunia
ini, lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dan enam
kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran),
masih begitu mendambakannya, kemelekatan yang paling sulit dilepaskan tak lain
adalah kemelekatan pada perasaan.
Apabila anda berhasil melepaskan kemelekatan pada perasaan, maka ini sungguh
merupakan akar kebajikan besar, berkah kebajikan besar, mengapa demikian? Prestasi
anda pasti melampaui sebagian besar praktisi lainnya.
Kemelekatan pada perasaan bila tidak sanggup dilepaskan, walaupun
berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, namun juga hanya bisa terlahir pada Tanah
Suci tingkatan pertama yakni Fan-sheng-tong-ju-tu (tempat kediaman orang awam
dan insan suci), hal ini mesti kita pahami.
Kita berharap dapat terlahir di Alam Sukhavati pada Tanah Suci
tingkatan atas, memangnya anda ikhlas terlahir pada Bunga Lotus tingkatan
paling bawah?
Lagi pula, kemelekatan pada perasaan bila sudah terlampau berat, maka
dikhawatirkan gagal terlahir ke Alam Sukhavati, makanya mesti dilepaskan,
sekarang juga mesti belajar melepaskannya.
Jangan bilang tunggu saya tua dulu masih sempat untuk melepaskannya,
atau tunggu saya sekarat dulu; takutnya nanti sudah tidak sempat lagi, saat itu
anda sendiri saja sudah panik setengah mati, mana sanggup lagi mengendalikan
diri sendiri, makanya sekarang juga harus melatihnya menjadi kebiasaan.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 24 Mei 2010
Empat
tingkatan Tanah Suci di Alam Sukhavati :
這樁事情與有沒有讀過書、認不認識字,給諸位說,沒有關係,書念多了反而產生懷疑。鄉村裡面沒有念過書、不認識字的阿公阿婆,他們聽了相信,他們不懷疑,肯念佛,願意往生都成就,都到極樂世界去作佛去。我們世間有許多學者專家對它還懷疑,對極樂世界打很多問號,依舊搞六道輪迴。我們想一想,誰有智慧、誰有福不就清清楚楚嗎?我們看清楚一定要回過頭來想一想自己,我有沒有善根福德?緣是遇到了,有沒有善根福德?善根是能信、能解、真信、真解,福德是真幹,大福德的人一定是放下身心世界,那真的福德。我們今天不能說不信,不能說不解,不能說沒有願,為什麼功夫不得力?我們信願解行裡面有疑問、有夾雜。為什麼會夾雜?世緣放不下。對這個世間的名聞利養、五欲六塵還有貪戀,貪戀裡面最重要的無過於情執。能夠超越情執真正是大善根、大福德,為什麼?他決定成就,而且成就肯定比一般人高。情執太深不肯放下,縱然往生還是凡聖同居土,這個我們要搞清楚、搞明白。我們是希望自己生到極樂世界品位增高,還是真的甘心下品下生就滿足?我們必須要認識清楚。果然情執太重,恐怕到時候往生不了,要放下,什麼時候放下?現在就要放下。不要說是現在我還年輕,等我老了再放下,等我快死的時候再放下,恐怕到那時候來不及,那時候你自己做不了主,現在就要養成習慣。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四十九集) 2010/5/24
Meskipun dari sekian banyak orang, cuma anda satu-satunya orang yang
memiliki pengetahuan benar dan pandangan benar, sementara itu di sekeliling
anda adalah orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan benar dan pandangan
benar, pepatah Tionghoa berkata : “Sesat tak mungkin menang melawan yang Benar”.
Seseorang yang berpengetahuan benar dan berpandangan benar, di
sekitar anda mungkin ada beribu-ribu bahkan beratus-ratus ribu orang yang tidak
memiliki pengetahuan benar dan pandangan benar, namun anda satu orang dapat
mempengaruhi mereka.
Dalam mempengaruhi orang lain, ada yang dangkal, dalam, luas, sempit,
semua ini berbeda-beda, tidak semua gampang dipengaruhi, mengapa demikian?
Setiap orang memiliki rintangan karma dan tabiat yang berbeda-beda, karma itu
juga ada karma baik dan karma buruk.
Yang pasti anda dapat mempengaruhi mereka, hanya saja kadarnya itu
berbeda-beda. Apabila kita mempengaruhi secara terus menerus tak terputus, anda
tinggal di lingkungan tersebut untuk jangka waktu yang lama, maka orang-orang
yang tinggal di lingkungan tersebut pasti terpengaruh oleh dirimu; setelah satu tempat tersebut terselamatkan,
maka lambat laun pengaruh ini akan meluas ke tempat-tempat lainnya.
Fakta ini dapat kita temukan pada tempat kediaman insan suci dan
bijak jaman dulu, tempat mereka memberi ajaran, seperti tempat kediaman para
Guru Sesepuh dan praktisi senior tempo dulu, coba amati dengan seksama, semasa
hidup mereka, masyarakat yang tinggal di sekitar kediamannya, apakah mereka
ikut menikmati pahala?
Para penduduk setempat melewati hari-hari bahagia, pahala ini dari
mana asalnya? Para ilmuwan yang mendalami Mekanika Kuantum menjelaskan bahwa
niat pikiran yang timbul dapat mempengaruhi orang lain.
Jika niat pikiran anda adalah baik, meskipun dia adalah orang yang
tidak baik, bila niat pikiran baik itu dipancarkan terus menerus untuk jangka
waktu panjang, maka niat baik ini pasti akan efektif.
Ini merupakan daya upaya para insan suci dan bijak yang agung, para
kalyanamitra agung, untuk mendidik semua makhluk.
Kutipan
Ceramah Master Chin Kung 24 Mei 2010
你雖然只有一個人正知正見,周邊的人,那麼多人知見都不正,中國古人有一句話說「邪不勝正」。一個正知正見的人,你周邊可能有幾千個不是正知正見,有幾萬個乃至於幾十萬個知見不正,你這一個正會感化他們。感化別人淺深廣狹也不相同,那是什麼原因?每個人業障習氣不相同,業裡面有淨業、有染業、有善業、有惡業,不一樣,肯定會感受,但是感受的成分不相同。如果我們在這一生、這一世念茲在茲永無間斷,你在這個地方住久了,這個地方就被感化;一個地方感化了,慢慢就會影響其他地區。這樁事情如果我們細心去觀察,過去大聖人所居住的地方、所教化的處所,像佛門裡面祖師大德的祖庭,你細心觀察,當年他在世,他那個地區範圍的人有沒有福報?那些人能夠過得很幸福,這些福報從哪裡來的?現在世界上研究量子力學的這些科學家,他們知道,在量子力學裡有這個理論,感染,你的起心動念別人感染了。你起心動念是善的,他雖然是不善的,這兩個一交流的話就緩和,把不善的意念逐漸逐漸給它軟化,長時薰修,效果就非常顯著。這都是大聖大賢、大善知識對於一切眾生教化的苦心。
文摘恭錄 — 淨土大經解演義 (第四十九集) 2010/5/24