Rabu, 26 September 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Mei 2010 (Bgn 4)


Bumi kita sudah jatuh sakit, andaikata kita memahaminya, menggunakan pendidikan kesusilaan untuk mengurai bencana, maka pasti efektif.

Selama lima ribu tahun perjalanan sejarah Tiongkok, leluhur kita menata masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur. Meskipun bencana kecil tak terhindarkan, namun minimal bencana besar dapat terurai. Bagaimana caranya? Yakni dengan pendidikan etika moral.

Maka itu selama beribu-ribu tahun, leluhur kita menggaungkan “Untuk membangun negara dan menata masyarakat, pendidikan harus diutamakan”, kalimat ini berdasarkan pada “Sifat manusia yang sesungguhnya adalah bajik”, lantas kenapa sekarang jadi jahat?

Jahat itu bukanlah sifatnya, namun merupakan tabiatnya, dia meniru kebiasaan-kebiasaan jelek, akibatnya tabiatnya jadi buruk, namun sesungguhnya sifatnya adalah baik. Sifat aslinya takkan berubah, sedangkan tabiat itu berubah mengikuti lingkungannya.

Bila lingkungan-nya buruk, maka dia akan mengejar ketenaran dan keuntungan, jadi rakus, mengumbar amarah dan dungu, ini adalah tabiat; sedangkan di dalam sifat aslinya tidak ada yang dinamakan ketenaran dan keuntungan, lobha, dosa maupun moha.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Mei 2010

地球現在生病了,說老實話,原因也不出這三大類。如果我們明瞭了,用這些原理原則來幫助化解災難,能不能做到?能,答案是肯定的。所以災難再多,我們老祖宗五千年來,這個國家長治久安,大災難沒有什麼,小災難也常常有,懂得處理,真能化解。化解最重要的方法,根本法是講經教學。所以我們老祖宗,千萬年前就提出來,「建國君民,教學為先」,這句話的道理太深太深了,這個方法所依據的理論是什麼?它依據的理論是人性本善,「人之初,性本善」,你看在教學裡頭,《三字經》上把這個放在第一句,教學為先。什麼最重要?最重要的先說、先學,肯定人性本善。他為什麼變得不善?不善不是本性,是習性。習性,學壞了,習性不善,本性是本善的,本善是真的,永恆不變的;習性,隨著外面習慣他就染污了,所以接著才講「性相近,習相遠」。性相近是什麼意思?性是跟本善接應的、相應的,習性跟本善相違背,習性裡頭有自私自利、有名聞利養、有貪瞋痴慢,習性;本性裡頭沒有,本性裡頭沒有自私自利、沒有名聞利養、也沒有貪瞋痴慢。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十九集)  2010/5/14




 
 
Buddha Sakyamuni membabarkan bahwa jiwa sejati para makhluk sedang tersesat. Jiwa sejati atau Jiwa KeBuddhaan telah sempurna akan kebijaksanaan, kemampuan kebajikan, rupa yang bagus.

Avatamsaka Sutra menyebutkan : “Semua makhluk memiliki kebijaksanaan, kemampuan kebajikan dan rupa yang sama dengan Tathagata”. Tetapi setelah tersesat, kebijaksanaan berubah jadi kekotoran batin, kebajikan berubah jadi kejahatan, rupa yang bagus berubah jadi tumimbal lahir, tiga alam sengsara, sehingga membawa beragam penyakit dan bencana.

Buddha dan Bodhisattva ber-Maitri Karuna menasehati kita supaya kembali ke jalan yang benar, asalkan bersedia melenyapkan kekotoran batin, maka anda akan kembali menemukan sifat asli yakni bajik.

Setelah kembali pada kebajikan, maka jiwa raga jadi sehat, rumah tangga harmonis, karir lancar, masyarakat damai sejahtera, cuaca bersahabat, bencana tidak ada lagi.

Solusinya adalah pendidikan etika moral, lihatlah masyarakat Tiongkok jaman dulu, keluarga mana yang tidak menjunjung tinggi pendidikan moral? Keluarga mana yang tidak mengutamakan pendidikan kesusilaan?

Sejak berada di dalam kandungan, bayi mulai dididik oleh Ayahbundanya. Hidup sampai tua, belajar sampai tua, sepanjang hayat mengecap pendidikan moral, setiap hari meningkatkan kualitas batin, akhirnya menemukan kembali jiwa sejati, mencapai kesempurnaan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Mei 2010

佛講得好,眾生迷失了本性,這些不善的習性那個根還是本性,本性變質了,迷了之後它就變質。佛家講得清楚,本性裡面有三寶,智慧、德能、相好,三寶,佛在《華嚴經》上講,「一切眾生皆有如來智慧德相」。我們《無量壽經》上三寶,「大乘」就是智慧,是你的本性,「無量壽」是德,「莊嚴」是相好,你看不是三寶嗎?可是迷了之後,智慧就變成煩惱,德就變成造業,相好就變成輪迴、變成三途,變質了,這就帶來很多病痛,帶來很多災難。佛菩薩慈悲教導我們,把事實真相告訴我們,讓我們回頭。我們放下煩惱,煩惱三大類,見思煩惱、塵沙煩惱、無明煩惱,你把它放下,你就又回歸到本善。回歸到本善,身心健康,家庭幸福美滿、事業順利,社會祥和,風調雨順,一切自然災害統統沒有了。歸功在教育,你看看中國古時候,哪一家不重視教育?哪一個人不是把教育擺在第一?小孩從懷孕,父母就開始教他,胎教,教育擺在第一。活到老,學到老,一生都在受聖賢教育,不斷向上提升,最後的大圓滿是回歸自性。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十九集)  2010/5/14




 
 
Ajaran Konfusius, Buddha dan Tao bukanlah agama, namun merupakan pendidikan, hal ini harus dipahami. Di dalam “Ksitigarbha Sutra” tercantum tentang kisah Putri Brahmana, Putri Brahmana menganut ajaran Brahmana, namun Sang Buddha tidak menyuruhnya supaya meninggalkan keyakinan yang dianutnya selama ini. Sang Buddha menghormati para Dewa dalam ajaran Brahmana.   

Ajaran Buddha di dunia ini, terhadap agama dan keyakinan manapun, selalu menghormati dan menyarankan agar para pemeluk agama juga menghormati pendiri agamanya masing-masing, mematuhi ajaran agama masing-masing.

Jadi Buddha dan Bodhisattva takkan mengatakan keyakinan yang anda peluk itu sudah salah, atau anda harus percaya pada AjaranKu.

Ajaran Buddha adalah pendidikan, yang memperkenalkan padamu fakta tentang alam semesta dan kehidupan manusia, Sang Buddha mengajarimu untuk menemukan kembali jiwa sejati, mengembangkan kebijaksanaan.

Ajaran Buddha diterima dengan baik oleh masyarakat Tiongkok, sehingga ikut memperkaya kebudayaan Bangsa Tiongkok, boleh dikatakan, sampai dimanapun Ajaran Buddha tersebar, akan ikut memperkaya budaya setempat. Ajaran Buddha hanya akan membawa manfaat dan takkan merugikan.

Ajaran yang sedemikian bagusnya, hari ini malah mengundang salah paham dari kalangan masyarakat, hal ini bukan tanggung jawab Buddha, juga bukan tanggung jawab Guru Sesepuh, namun salahkan saja diri kita ini yang “mengecewakan”.  

Generasi kita ini, seperti yang disebutkan di dalam Sutra Usia Tanpa Batas sebagai : “Generasi terdahulu tidak bajik (tidak tahu), tidak mengenal etika moral, oleh karena tidak ada yang mendidiknya”.

Semasa kecil, saya tidak mengenal Buddha Dharma, tidak ada orang yang menjelaskannya padaku. Andaikata tidak bersua dengan Mr.Fang Dong-mei, maka sepanjang hayatku takkan mengenal Buddha Dharma.

Saya mengikuti Mr.Fang belajar Filsafat, beliau memperkenalkan Ajaran Buddha kepada diriku, berkata padaku, “Buddha Sakyamuni merupakan Filsuf (ahli filsafat) teragung, sutra Buddha adalah ilmu filsafat tertinggi tiada taranya di seluruh dunia, belajar Ajaran Buddha merupakan kenikmatan hidup tertinggi”, demikianlah saya memasuki Pintu Buddha.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 14 Mei 2010

儒釋道三家,嚴格的講,三家都不是宗教,三家都是教學,這是我們要認識清楚的。三家對宗教都尊重、都禮敬、都讚歎,沒有排斥的,在佛經裡面看不到排斥宗教的。而釋迦牟尼佛學生當中,不同國籍的人很多,不同族群的人很多,不同宗教信仰的人也很多,這在經典裡面都有記載。你看《地藏經》上婆羅門女,那是婆羅門教的,佛沒有叫她放棄婆羅門教,沒有這個說法,而佛還尊敬婆羅門教的神。所以佛法在世間,對於任何學派、宗教都沒有破壞的,而且是建設的,都是禮敬讚歎,勸導一切信教的人要尊敬他們的教主,要認真聽教主的教誨去學習,這是佛菩薩。沒有說你這個教不好,要信我的,佛沒這個說法。佛是教育,佛是教你認識宇宙人生真相,佛是教你回歸自性,開智慧。在中國,豐富了中國文化,我們可以說這麼一句話,它在任何國家會豐富那個國家的文化,它在任何宗教裡面也會豐富它宗教的內涵,這肯定的。無論在哪一個境緣當中,有百利而無一害,這是佛法。

這麼好的一個東西,今天在社會上造成這麼多的誤會,這個責任不是佛的,佛沒有責任,古來祖師大德也沒責任,這個責任是我們這一代不爭氣。我們這一代,真的像佛在這個經上所講的,「先人不善(無知),不識道德,無有語者」。我們從小沒有接觸到佛法,沒有人教導我們,沒有人給我們說明。我這一生要是沒有遇到方東美先生,這一生都不會知道。我跟他老人家學哲學,他把佛教介紹給我,告訴我,「釋迦牟尼佛是大哲學家,佛經哲學是全世界哲學最高峰,學佛是人生最高的享受」,我是這樣子入佛門的。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第三十九集)  2010/5/14