Jumat, 23 November 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Juni 2010 (Bgn 4)


 Saya memiliki sebuah kelebihan, yakni patuh pada perkataan guru, makanya saya berjodoh bersua dengan 3 orang guru di Taiwan, saya sangat bersyukur!

Waktu itu saya tidak mempersembahkan dana kepada 3 orang guruku, dengan kata lain, belajar gratis. Mr.Fang Dong-mei sengaja meluangkan waktu setiap Hari Minggu selama 2 jam, khusus mengajari diriku seorang saja.

Waktu itu kehidupanku begitu susah, Guru Fang tahu akan keadaanku, saya tidak pernah mempersembahkan dana kepada beliau, hanya ungkapan terima kasih.

Demikian pula dengan Master Zhangjia, saya juga tidak pernah mempersembahkan dana sepeser pun kepada beliau, saya mengikutinya belajar selama 3 tahun.

Setelah Master Zhangjia wafat, saya belajar pada Upasaka Li Bing-nan. Waktu itu saya mengundurkan diri dari pekerjaanku, kadang kala Guru Li masih harus membantu diriku, ketika saya kekurangan pakaian, beliau membelikannya buatku, sungguh tidak mudah.

Guruku menunjukkan padaku Jalan menuju pencapaian KeBuddhaan, saya yakin sepenuhnya pada materi pelajaran yang disampaikan guru, juga yakin diri sendiri pasti berhasil menguasainya.

Semua ini adalah jodoh, ketiga orang guruku, tidak boleh kurang salah satunya, kalau kurang salah satunya, maka saya takkan mengalami kemajuan.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Juni 2010

我有一個好處就是聽老師話,所以在台灣能認識三個老師,三個老師教我,我感恩!我那個時候對三個老師沒有供養,就是沒有繳一分錢學費。方老師是特別撥出時間利用星期天,每個星期天兩個小時,學生就我一個人。我那個時候生活很清苦他知道,沒有一分錢的供養,感恩。跟章嘉大師亦是如此,也沒有一分錢供養過他,跟他三年。他老人家走了,以後跟李老師。那時候我工作辭掉,有時候李老師還得幫助我,我缺衣服缺什麼他給我買,不容易。老師給我指的是成佛之道,憑什麼?沒有別的,聽話,百分之百的服從。對老師有信心,對所學的這些教材有信心,對自己有信心能學得好;學得很好不敢說,可以能學得好。這都是講的緣,我這三個老師缺一個都不行,我都不會有成就。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十六集)  2010/6/23


         

 
 
Masa kini untuk belajar jadi jahat adalah gampang sekali, banyak orang yang akan membantumu jadi berperilaku buruk; sebaliknya untuk belajar jadi baik tidaklah gampang, banyak orang yang iri hati padamu, berupaya merintangimu, memikirkan segala cara untuk menjatuhkan dirimu, ini merupakan masalah besar. Untunglah saya dapat bersua dengan seorang pendukung Dharma yang baik.

Setelah meninggalkan keduniawian, saya tinggal di vihara setahun lamanya, kemudian saya harus angkat koper karena tidak diberikan ijin tinggal lagi, apa alasannya?

Mereka tidak menghendaki saya berceramah, oleh karena vihara tersebut tidak menyelenggarakan kegiatan ceramah, mereka hanya mengadakan upacara ritual.

Asalkan bersedia mengikuti mereka melakukan upacara ritual, barulah mereka akan menyukaimu, sebaliknya kalau anda ingin memberi ceramah, maka silahkan angkat kaki dan pergi ke tempat lainnya.

Setelah meninggalkan vihara, saya tidak memiliki tempat berteduh. Untunglah saya diberi kesempatan berceramah di sebuah vihara kecil milik Venerable Huiren. Dari usahanya melakukan upacara ritual, dia berhasil mengumpulkan sejumlah uang untuk membeli sebuah vihara kecil di Taipei, mengundang diriku memberi ceramah.

Saya tinggal di sana sekitar 10 bulan lamanya. Upasaka Li Bing-nan pernah berkata padaku, niat pikiran manusia tidak kekal dan senantiasa berubah-ubah. Suatu hari Ven.Huiren berkata padaku, dia ingin belajar berceramah. Saya pernah mengikuti Upasaka Li Bing-nan belajar Buddha Dharma dan berceramah 10 tahun lamanya di Taichung.

Ven.Huiren berharap semua materi yang telah saya pelajari selama 10 tahun di Taichung, dalam kurun waktu 3 bulan harus mengajarinya sampai dia berhasil, mana mungkin saya memiliki kemampuan begini? Meskipun saya mempunyai kemampuan begini, belum tentu dalam waktu 3 bulan, anda bisa menguasainya. Lantas bagaimana? Tidak bisa yah angkat kaki.

Selama memberi ceramah di vihara kecil tersebut, ada sejumlah pendengar setia, salah satunya adalah Pengurus Han (Upasika Han Ying), beliau menerimaku tinggal di rumahnya.

Rumahnya bertingkat dua lantai, di lantai atas dihuni putranya sendirian, ada 3 kamar. Setelah melihat keadaan rumahnya, saya membawa Pengurus Han ke Taichung guna bersua dan minta petunjuk Guru Li. Setelah mendapat persetujuan dari Guru Li, saya tinggal di rumahnya.

Saya tinggal di rumahnya selama 17 tahun, dia membantuku mencari tempat berceramah, menyewa ruangan kantor sahabatnya, maka itu saya berceramah tidak punya tempat yang tetap. Menetap di satu tempat, sekitar 2-3 bulan sudah harus angkat kaki.

Menyewa rumah, para sahabat Pengurus Han mengundang sejumlah orang datang mendengar ceramah. Akhirnya jumlah pendengar ceramah kian lama kian banyak, 17 tahun kemudian, barulah kami memiliki sebuah perpustakaan mungil.

Luas perpustakaan mungil tersebut kira-kira 3x luas studio rekaman ini. Inilah vihara kecil yang kami miliki sewaktu berada di Taipei. Pengurus Han mendukung diriku 30 tahun lamanya.

Selama tinggal di rumahnya, tiap hari memberi ceramah, latihan ini mengasah ketrampilanku. Andaikata tidak ada jodoh begini, saya juga tak berdaya lagi, waktu itu saya cuma ada 2 pilihan, pertama, mengikuti rekan-rekanku melakukan upacara ritual, yang kedua, lepas jubah.

Saya mengalami begitu banyak kesengsaraan, makanya saya berniat membantu generasi muda yang memiliki bakat berceramah. Mereka datang belajar berceramah padaku, saya akan memberi persembahan dan dukungan kepada mereka.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Juni 2010

現在學壞容易,很多人幫助你;學好可不容易,很多人嫉妒你,很多人障礙你,總想把你整垮,所以這個麻煩大了。這是遇到一個好的護法。

所以我這一生出家的時候只在寺廟住了一年,以後怎麼樣?以後寺廟不能住了,不讓我住。為什麼?我學講經他不要,因為我們這個道場不是講經的,做經懺佛事的。你來做經懺佛事我們歡迎,你要想講經教學,你到別的地方去。沒地方去。在台北一個小道場講經,也是個同學出家人慧忍法師,香港人知道他,以後他搬到香港,前幾年往生了。他建了一個小道場,很小,他做經懺佛事賺了一些錢,買了一個幼稚園,在台灣台北木柵,邀我去講經。我在他那裡住了大概有十個月,你看看念頭就變了,李老師常常講情多變,凡夫那個情緒變化無常。有一天他來告訴我,他想學講經,那個時候我在台中學了不少年,將近有十年了,在台中。他希望我在台中這麼多年所學習的,必須在三個月把他教會,我哪有這個能力?我縱然有這個能力,你三個月未必能學得會。那不行怎麼樣?不行,我就得走路。

  在那個時候我在那邊講了幾部小部經,有一些聽眾,韓館長就是那個時候的聽眾。我發生這個困難,我告訴她,她很有義氣,北方人,有一點打抱不平,她就給我商量到她家去住行不行,帶我到她家去看。它是一個獨立的小洋房,獨棟的小洋房兩層樓,樓上她小兒子一個人住,有三個房間,我去看了。看之後我就帶她到台中去見李老師,問問李老師的開導,李老師同意了,所以我就住她家裡。諸位要知道,我在她家住了十七年,她替我找講經的地方,借朋友的辦公室,就是租別人的地方,所以我們講經沒有固定場所,一個地方大概二、三個月就要搬家了。租房子,她的朋友邀請一些人來聽經。以後聽經慢慢人就多了,十七年之後我們才有一個小圖書館。圖書館大概比我們這個攝影棚,三個攝影棚這麼大,我們在台北就這麼一個小道場。她幫助我三十年,照顧三十年才有這樣的成就。住她家裡,人就干涉不到了,天天上講台,天天在練習,千錘百鍊。要沒有這個緣的話,也沒有辦法,那時候只有兩條路,一個就是去趕經懺,另外一個就還俗,就兩條路,沒有辦法,你說多困難。我受了這麼多辛苦,所以我就發心幫助年輕人,哪個年輕人真正喜歡講經說法我供養、我來護持。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十六集)  2010/6/23



 
 

 

Masa kini orang yang mendukung calon penceramah sudah tidak ada lagi. Melakukan upacara ritual bisa menghasilkan uang dan duit merupakan pujaan hati semua orang.

Leluhur kita begitu bijaksana, koin jaman dulu dicetak dalam bentuk bulatan, di tengahnya ada lubang bentuk segi empat. Ini menyerupai alat penyiksaan, yakni sebilah papan untuk memborgol terpidana.

Anda harus memahami bahwa uang bukanlah benda yang baik, tetapi anda juga tidak bisa hidup tanpa benda ini, hanya saja anda harus bermawas diri padanya, inilah makna dari koin tersebut.

Lihatlah aksara mandarin “Uang ()”, di sisi kirinya adalah aksara “Emas ()”, di sisi kanannya adalah dua bilah pedang, artinya dua orang sedang berebutan, melihat aksara ini, anda harus meningkatkan mawas diri, uang bukan benda yang baik.

Di tengah koin ada lubang segi empat, kalau manusia bernafsu mengejar uang sampai di tepi lubang, itulah gerbang Neraka Avici. Kenapa anda meraup keuntungan sampai ke sana?

Masa kini, uang telah dicetak berbentuk lembaran kertas, siapa yang menggunakan uang kertas? Setan. Dengan demikian barulah anda menyadari betapa bijaksananya orang tempo dulu, orang jaman sekarang tak berdaya menyamainya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 23 Juni 2010

所以真正成就你講經說法學習的人沒有了。經懺佛事是分錢的,都向錢上去看,完了。古時候的銅錢,我們老祖宗有智慧,古時候銅錢圓的,當中有個方方的洞,那個樣子像什麼?樣子像刑具,犯罪的時候套在頭上的枷鎖,這種造型叫你看到那個錢,你就曉得那不是好東西,你不能不要,你要小心謹慎,所以它有用意的。你看錢這個字,在文字上,中國人造字,這邊是個金,那邊是兩把刀,兩把刀是什麼?兩個人在搶,看到文字就是叫你小心謹慎,不是好東西。人要鑽到錢眼裡就完了,錢眼那邊,那邊是阿鼻地獄。你就曉得,圓圓當中這個方孔,那是地獄門,你怎麼往那裡面鑽?現在印成鈔票,紙錢,紙錢是誰用的?鬼用的,不是人用的。所以你才曉得古人多麼有智慧,現在人沒法子比。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十六集)  2010/6/23