Minggu, 28 Oktober 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juni 2010 (Bgn 2)


Bagaimana cara Buddha Sakyamuni memberkati diri kita? Yakni dengan membabarkan Dharma. Demikianlah cara Buddha dan Bodhisattva memberi pemberkatan bagi kita semuanya, adalah dengan cara memberi pengajaran, serupa dengan seorang guru yang mengajar di sekolah.

Guru hanya menyampaikan materi pelajaran kepada kita, sedangkan ketekunan belajar adalah tergantung pada masing-masing individu, kalau kita malas belajar maka tidak ada yang bisa diperoleh.

Guru menyampaikan pelajaran kepada kita, setelah mengerti dan meyakininya, kita melatih diri sesuai dengan petunjuk ajaran-Nya, barulah ada hasilnya.

Guru hanya mengajarkan teori, urusan melatih diri dan tercerahkan, tetap harus mengandalkan diri sendiri. Guru mengajarkan teori lalu memperlihatkan-nya dalam bentuk tindakan nyata, kata dan perbuatannya dapat selaras. Guru hanya dapat menampilkan sampai di sini saja.

Melihat penampilan yang diperagakan guru, murid harus segera tercerahkan; setelah tercerahkan hendaknya meneladani guru, mengamalkannya, dengan mengamalkannya barulah anda dapat menyelaminya.

Maka itu pencerahan merupakan urusan masing-masing individu, guru tidak bisa membantumu.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juni 2010

釋迦牟尼佛示現在我們這個世間,對我們的加持是什麼?講經教學,真的,佛菩薩對我們的加持,就跟在教室的老師對我們的加持,一個道理。老師教了,我們自己不認真學,什麼都得不到。老師教導我們,我們聽明白,真正相信了,依教奉行,你就得到了。老師只能做到開示,悟入是自己的事情。開是開啟、是開發,是這個意思;示是示現,表演給你看。開是言教,示是身教,老師言教身行,做出榜樣來給你看,老師只能做到這個地步。學生要悟,看了之後要覺悟;悟了之後要向老師學習,要行,行你才能入進去。所以悟入,學生的事情,那個老師一點也幫不上忙。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十集)  2010/6/17

  

 

Budi kebajikan guru adalah setara dengan budi kebajikan Ayahbunda, jiwa raga kita berasal dari Ayahbunda, membesarkan dan mendidik diri kita. Guru berjasa mengembangkan jiwa kebijaksanaan kita.

Terhadap Ayahbunda kita harus berbakti, terhadap guru kita harus menghormati, kedua sosok ini memiliki kebajikan besar pada diri kita, sepanjang sejarah beribu-ribu tahun, Bangsa Tiongkok sangat menjunjung tinggi sikap berbakti dan sikap menghormati ini.

Jaman dulu profesi guru sungguh sengsara, kehidupannya tidak memiliki jaminan, tidak seperti sekarang ini, negara membangun sekolah, guru diberi gaji setiap bulannya, diberi fasilitas kesehatan, setelah pensiun dipelihara oleh negara.

Jaman dulu guru mengajar tidak menerima iuran, juga tidak menetapkan besarnya iuran, Konfusius telah menampilkan teladan buat kita semuanya, hanya menerima persembahan dari orang tua murid secara sukarela. Keluarga yang agak mampu akan mempersembahkan lebih banyak, sebaliknya keluarga yang kurang mampu, selain gratis, ketika guru memiliki kelebihan, digunakan untuk membantu murid yang kurang mampu.

Maka itu sejak jaman dulu hingga sekarang, di dalam masyarakat Tiongkok, ada dua profesi yang paling dihormati, yakni yang pertama adalah guru, yang berjasa mendidik; yang kedua adalah dokter, yang berjasa menolong nyawa manusia, dan bukan ditujukan untuk mencari keuntungan semata.

Setelah mengobati penyakit pasien hingga benar-benar sembuh, barulah keluarga pasien akan mengantar hadiah kepada tabib, sesuai kemampuan yang ada. Lain halnya dengan jaman sekarang, sudah berubah jadi lahan bisnis.

Maka itu kehidupan kedua profesi di atas pada masyarakat jaman dulu di Tiongkok, adalah sangat bersahaja, meskipun dari sisi kehidupan materi tidak terlalu bagus, namun dihormati orang banyak, tujuan mereka adalah demi menolong orang, mereka datang untuk menyelamatkan dunia ini.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juni 2010

老師的恩德跟父母恩德是相等的,我們的身命得自於父母,養育之恩,老師有教誨之恩。我們對父母要孝順,對老師要尊敬,孝親尊師,這是大德,這是所有一切德行的大根大本,中國幾千年對這個是非常重視,孝道跟師道非常重視。從前做老師的人很辛苦,老師的生活沒保障,不像現在國家立學校,老師每個月訂上薪水,有待遇,退休的時候還有國家照顧。以前老師沒人照顧,老師教學不收學費,沒有訂學費的,孔夫子給我們做了個示範,是接受學生家長的供養,是隨緣的,沒有定額的。學生家庭富有,多送一點,多供養一點;學生家境非常清寒,完全免費,有時候老師有多餘的還幫助學生。所以中國自古以來,社會上兩種人是最受人尊敬的,第一個就是老師,一生從事於教學;第二種是醫生,醫生是救人的,他不是賺錢的,他是救人的。一定是把人病治好了,救活了,在病患恢復健康之後,送一點禮給醫生,給大夫,都是隨分隨力,跟現在不一樣,現在完全變成商業行為。所以古人這兩種人在社會上都是很清寒的,物質生活不是很好的,最受人尊敬,他們是救人的,是來救世的。這個諸位要是看看古禮,你就明瞭。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十集)  2010/6/17




 

Niat pikiran mampu mengubah segalanya, kekuatan pikiran terlampau besar, segala sesuatu muncul dari hati dan pikiran. Hari ini kita berkesempatan terlahir jadi manusia, juga diciptakan oleh hati dan pikiran.

Andaikata niat pikiran kita ini murni sepenuhnya adalah suci dan bajik, maka kita dapat mencapai KeBuddhaan. Manfaat pertama yang diperoleh adalah jasmani dan rohani yang sehat, tidak menderita penyakit, tidak menua dan tidak melemah.

Meskipun sudah berusia seabad, namun masih tampak serupa usia muda, ini merupakan pahala, darimana asalnya? Diciptakan diri sendiri. Buddha Sakyamuni memberitahu kita caranya, setelah anda memahaminya, maka anda dapat menciptakannya.

Saya selalu mengatakan berulang kali bahwa bila anda memahami ajaran sutra lalu mengamalkannya, maka sejak usia berapa anda mulai belajar Ajaran Buddha, anda akan mempertahankan keadaan anda seperti usia tersebut.

Umpamanya anda mulai belajar Ajaran Buddha pada usia 30 tahun, maka walaupun usia anda sudah mencapai seabad, namun kondisi anda masih serupa dengan saat anda masih berusia 30 tahun; kalau anda mulai belajar Ajaran Buddha pada usia 20 tahun, meskipun anda sudah mencapai usia seabad, anda masih tampak serupa dengan saat anda masih berusia 20 tahun. Anda mampu mempertahankan kondisi diri sendiri.

Apabila bukan sedemikian rupa, maka niat pikiran itu tidak lagi merupakan hal yang menakjubkan, bayangkan kekuatan niat pikiran mampu menciptakan alam semesta, apalagi cuma tubuh kasarku ini. Bagaimana anda bisa mencapai KeBuddhaan? Dengan mengandalkan sebersit niat pikiran ini, yang murni sepenuhnya suci dan bajik.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 17 Juni 2010

意念能轉變一切,這個意念的能力太大,意念是造物主,我從哪來的?誰造的我?意念造的,我的意念造我的這個人身。如果這個意念要是純淨純善,那還得了!你真的成佛了。第一個好處,身心健康,沒有疾病,老而不衰。年歲大,活個一百、二百歲,還像年輕人一樣,這是福報,從哪來的?你自己造的。佛告訴我們這個方法,你能把這個學會了,你就能造成。我在過去曾經說過,說過不少次,如果你真的會學佛,你把佛在經上講的這些道理都明白了,方法全用上了,你是哪一年學佛的,你會永遠保持那個狀況。你三十歲學佛的,你年年都是三十歲,活到一百歲的時候還是三十歲;你二十歲學佛的,活到一百歲還是二十歲,你能把它保住。如果不能保住,這個念力就不稀奇,念力能造宇宙,我的身體還不得自在的話,還有障礙的話,那怎麼行?怎麼講得通?佛怎麼成佛的?靠意念,純淨純善。

文摘恭錄 淨土大經解演義  (第六十集)  2010/6/17